Berencana Menggunakan Paket Catering Pernikahan di Rumah? Perhatikan Plus dan Minusnya! - Wedding Market

Berencana Menggunakan Paket Catering Pernikahan di Rumah? Perhatikan Plus dan Minusnya!

05 Jun 2020 | By Wedding Market WeddingMarket | Viewers: 1258
Berencana Menggunakan Paket Catering Pernikahan di Rumah? Perhatikan Plus dan Minusnya!
Foto: thecateringconnection

Memilih untuk melaksanakan pernikahan di rumah, banyak dijadikan solusi bagi pasangan yang punya anggaran terbatas atau ingin keintiman lebih terjaga. Alhasil para penyedia jasa wedding organizer hingga paket catering pernikahan di rumah tak pernah sepi order.

Banyak kelebihan dari catering pernikahan di rumah, yang pastinya membuat acara jadi lebih berarti. Apalagi kalau kamu bisa menempatkan spot makanan catering di tempat terbaik dengan dekorasi indahnya, resepsi di gedung akan kalah jauh!

Kelebihan Memilih Paket Catering Pernikahan di Rumah

Dari berbagai sisi, memilih paket catering untuk pernikahan di rumah punya kelebihan yang tak bisa diabaikan. Karena mampu memberikan kepuasan tersendiri, mulai dari anggaran, hingga dekorasi. Berikut beberapa kelebihannya:

Biaya Murah

Kalau dibandingkan dengan pernikahan di gedung, memilih paket pernikahan dan catering di rumah jauh lebih menghemat biaya. Sebab tidak perlu sewa gedung yang harganya fantastis, kamu cukup mendekorasi rumah secantik mungkin untuk dijadikan tempat resepsi.

Biaya catering juga lebih murah, sebab kamu tak perlu memesan yang satu paket dengan gedung. Cukup catering sesuai jumlah tamu dan jenis menu yang disesuaikan dengan anggaran.

Menghemat Tenaga

Kalau masak sendiri untuk pernikahan di rumah, tentu banyak tenaga yang dibutuhkan. Seperti anggota keluarga, tetangga hingga tukang masak pernikahan yang disewa. Tapi dengan memesan paket catering pernikahan di rumah, kamu tinggal pesan menu dan tahu beres di hari pernikahan.

Karena pastinya tak ada tenaga dari pihak keluarga dan kerabat yang harus dipakai, semua diserahkan kepada pemilik jasa catering. Tapi tentunya kamu wajib mengontrol persiapannya hingga hari resepsi tiba.

Menghemat Waktu

Masak sendiri di rumah, perlu banyak waktu untuk membeli semua bahan yang dibutuhkan. Belum lagi kalau jumlah tamunya banyak, tentu akan butuh ekstra waktu saat memasak hingga proses menghidangkan. Tapi dengan membeli paket catering, kamu tinggal duduk manis menunggu pesanan tiba saat hari resepsi digelar.

Efektif dan Efisien

Terbilang efektif karena kamu tak harus melihat rumah berantakan karena proses masak didapur. Dan efisien karena kamu cukup memilih menu catering pernikahan di rumah, melakukan test food kemudian bayar biaya catering sesuai pesanan.

Bebas Padu Padan Menu

Biasanya penyedia jasa catering memiliki banyak paket makanan yang siap kamu pilih untuk jadi menu saat pernikahan. Kamu bisa kolaborasikan menu apapun yang kamu inginkan tanpa harus berfikir apa bahannya, bagaimana cara memasaknya.

Kekurangan Memilih Paket Catering Pernikahan di Rumah

Walaupun banyak kelebihan dari pembelian paket catering pernikahan di rumah, kamu juga harus siap dengan kekurangan yang bisa saja kamu dapatkan nanti. Diantaranya adalah:

Kualitas Sesuai Anggaran

Biasanya kualitas berbanding lurus dengan biaya, jadi ketika anggaran untuk konsumsi menggunakan catering terbatas untuk pernikahanmu maka kualitasnya akan menyesuaikan.

Tidak mungkin dengan biaya terbatas, kamu mendapatkan menu makanan mewah ala hotel bintang lima. Atau menu western ternama yang pastinya perlu anggaran besar untuk disajikan saat pernikahan.

Sering Tak Sesuai Ekspektasi

Ini adalah keluhan yang sering disampaikan pasangan menikah, usai mendapati menu catering mereka tidak sesuai harapan. Misalnya ukuran potongan ayam bakar yang lebih kecil karena harus memenuhi porsi jumlah tamu yang datang. Makanya ada calon konsumen paket pernikahan di rumah tanpa catering Jakarta

Tips Menata Menu Catering Dengan Cara Terbaik


Setelah mengetahui menu apa yang akan dipilih dengan segala kelebihan dan kekurangannya, saatnya kamu menemukan spot terbaik untuk menata makanan. 

Karena resepsi akan digelar di rumah, dengan biaya catering pernikahan di rumah yang tentunya sudah kamu siapkan sebelumnya, sehingga kamu sudah tahu menu apa saja yang akan disajikan nantinya. Berikut dekorasi catering pernikahan yang bisa kamu lakukan:

1. Posisi Terbaik Setiap Makanan

Kamu harus menempatkan semua jenis makanan pada posisi terbaiknya, kolaborasikan dengan pemilik catering. Biasanya, urutannya adalah karbohidrat, kemudian protein, diikuti sayur dan pelengkap lainnya. Jangan lupa untuk memastikan tamu nyaman mengambil menu yang mereka inginkan.

 Seperti memastikan tinggi meja, jarak antara tempat makanan  dengan posisi tamu mengambil makanan, hingga praktis atau tidaknya letak setiap menu sehingga tidak mempersulit tamu saat berada di meja prasmanan.

2. Letakkan di Lokasi Luas

Sebaiknya letakkan paket catering pernikahan di rumah pada bagian yang luas, misalnya di dekat pagar masuk ke rumahmu. Bisa juga di bagian teras yang luas, atau di salah satu kebun depan rumahmu yang luas.

Kalau ukuran rumahmu terbatas cukup sesuaikan dengan kondisi, misalnya beberapa meja di dekat pintu masuk. Atau terpaksa mengambil sedikit bagian akses jalan di depan rumahmu, setelah meminta izin pada pihak terkait untuk penggunaan akses jalan tersebut.

3. Pisahkan Minuman dan Makanan

Kalau memungkinkan, pisahkanlah meja makanan dan minuman. Gunanya untuk menghindari penumpukan tamu saat mengambil makanan dan minuman. Sebab tak jarang tamu undangan pernikahan harus antri saat mengambil air minum, sebab tangannya sudah penuh dengan piring dan makanan pelengkap.

4. Perlengkapan Makan Di Ujung Meja

Meletakkan sendok dan garpu di ujung meja yang berisikan paket catering pernikahan di rumah,  adalah hal wajib. Gunanya untuk mempermudah tamu meletakkan perlengkapan itu di atas piring yang sudah berisi makanan.

5. Buat Beberapa Jalur

Jika tamu yang akan datang jumlahnya diperkirakan ratusan orang, maka sebaiknya di meja makanan dibuat beberapa jalur pengambilan. Hal ini untuk menghindari antrian, apalagi tamu biasanya datang bersama-sama yang pastinya akan mengambil makanan secara bersama pula.

Itulah informasi seputar paket catering pernikahan di rumah yang bisa kamu jadikan acuan. Karena catering sangat menentukan kesuksesan sebuah acara pernikahan, tak masalah acara akan dilakukan di gedung ataupun hanya di rumah. Selama menunya disiapkan dengan matang dan penataannya benar-benar tepat, tak akan ada keluhan yang akan disampaikan tamu.

Karena catering ini sangat vital dalam penentuan kesuksean acara, kamu perlu mencari vendor catering yang tepat. Temukan vendor terbaikmu di Wedding Market, tidak hanya untuk catering, kamu juga bisa menemukan vendor dekorasi, venue, hingga undangan. Klik Disini

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?