Jenis-jenis Makanan dalam Paket Catering Pernikahan Tradisional

11 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 322
Jenis-jenis Makanan dalam Paket Catering Pernikahan Tradisional
Foto: Singapore Ctaering

Menciptakan pernikahan bertema tradisional memang menghabiskan biaya yang tidak sedikit, untuk menekan budget kamu bisa memilih paket catering pernikahan tradisional yang kini mulai banyak disediakan oleh para vendor catering pernikahan.

Salah satu harapan terbesar dalam hidup seseorang adalah menggelar pesta pernikahan sesuai dengan apa yang selama ini diimpikan. Konsep yang biasanya menjadi favorit bagi sebagian orang adalah pernikahan dengan tema tradisional. Alasannya tentu saja ingin terus melestarikan budaya leluhur. Selain itu pernikahan dengan konsep tradisional juga akan terasa lebih hikmat dan juga unik. 

Agar semua itu terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan, segala persiapan harus dilakukan dengan matang. Persiapan utama yang wajib diperhatikan adalah mengenai menu makanan. Pilih paket catering pernikahan tradisional untuk disajikan dalam menu, agar konsep yang diusung semakin sempurna. Agar menu makanan di resepsi pernikahanmu bervariasi dan sedikit berbeda dari yang lain, tidak ada salahnya mencoba menu tradisional. Dengan racikan bumbu khas Indonesia yang terkenal enak dan gurih, diharapkan para tamu dapat menikmati pesta sekaligus memanjakan lidah.

Tidak ada salahnya mencoba menu satu ini, apalagi menu tradisional biasanya digemari semua masyarakat dari segala lapisan. Saat ini pun vendor catering terus melakukan inovasi untuk menghadirkan makanan tradisional sebagai pilihan menu dalam acara pesta pernikahan. Terdapat beragam pilihan menu bagi kamu yang ingin menghadirkan makanan tradisional sebagai sajian untuk para tamu undangan, berikut ini beberapa diantaranya.

Menu Terpopuler dalam Paket Catering Pernikahan Tradisional


1. Rendang

Salah satu makanan terenak di dunia ini wajib ada dalam menu untuk sajian pesta pernikahan. Rasanya yang lezat membuat makanan khas padang ini memiliki banyak penggemar. Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan menu ini ke dalam paket catering pernikahan tradisional yang kamu pilih.

2. Tumis Daun Pepaya

Selain rendang, tumis daun pepaya juga banyak digemari. Dengan dicampur teri ataupun ebi, menu satu ini sudah pasti mampu menggugah selera makan tamu undangan. Tumis daun papaya sangat nikmat meskipun hanya dinikmati dengan nasi saja. Jadi menu ini bisa pula dimasukan ke dalam list.

3. Soto

Indonesia memiliki beragam jenis soto. Ada yang dikombinasikan dengan ayam ataupun daging sapi dan keduanya sama-sama memiliki rasa yang enak. Ada baiknya untuk memasukan soto ke dalam pilihan menu tradisional pada pesta pernikahanmu nanti.

4. Rawon

Selain soto, rawon juga bisa kamu masukan ke dalam list paket catering pernikahan tradisional. Rasanya yang khas pastinya akan semakin membuat sajian makanan lebih berwarna. 

5. Nasi Pecel

Menu satu ini jelas Indonesia banget. Campuran berbagai jenis sayuran yang disiram dengan bumbu kacang ini pas sekali untuk disajikan dalam pesta pernikahan bernuansa tradisional.

6. Urap

Urap umum disajikan di atas meja prasmanan pesta pernikahan karena rasanya yang begitu enak. Sayuran yang dicampur dengan kelapa berbumbu khas Indonesia ini salah satu menu yang wajib ada dalam menu. Kamu bisa memilih antara urap atau tumis-tumisan untuk mengisi meja prasmanan atau bahkan kedua-duanya.

7. Sate

Menu satu ini juga cukup banyak diburu oleh para tamu undangan pada setiap pesta pernikahan. Sate memang tidak perlu lagi diragukan rasanya. Sudah pasti lezat dan menggugah selera. Sate termasuk menu best seller dalam paket catering pernikahan tradisional.

8. Jajanan Pasar

Beragam jajanan pasar juga menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi meja prasmanan pada pesta pernikahan. Tamu dapat memilih sendiri jajanan yang ingin dinikmati dari meja yang telah disediakan. Konsep pernikahan tradisional yang kamu usung pun akan semakin hidup suasananya dengan menghadirkan menu satu ini ke atas meja.

Selain makanan kamu juga bisa memilih beberapa jenis minuman, seperti:

Es Cendol

Untuk melengkapi makanan yang ada, biasanya vendor catering juga akan memberikan beberapa pilihan minuman tradisional. Kamu bisa memilih cendol untuk disajikan. Sajian tradisional pun akan semakin lengkap dengan minuman satu ini. 

Jamu

Kamu juga bisa menambahkan jamu-jamuan khas Indonesia ke dalam daftar pilihan dari paket catering pernikahan tradisional. Pilih jamu yang segar dan bisa dinikmati semua orang, seperti kunyit asam, beras kencur, dan jahe. Pilihan ini akan membuat ragam sajian yang hidangkan menjadi semakin unik dan berbeda dari kebanyakan orang.

Es Mambo

Pilihlah es mambo sebagai pengganti es krim. Kreasikan dengan berbagai macam buah-buahan agar rasanya semakin menyegarkan. Es mambo bisa menjadi makanan penutup yang pas untuk tamu undangan.

Banyak bukan pilihan yang ada? Kamu bisa memilih beberapa menu sesuai dengan paket yang akan diambil. Sebaiknya pilih menu tradisional yang paling digemari di daerahmu untuk menyesuaikan sajian masakan dengan selera kebanyakan tamu undangan yang ada.

Cara Menyajikan Menu Makanan Tradisional

Untuk pernikahan tradisional, menu catering pernikahan dapat disajikan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan prasmanan atau buffet. Penyajian dengan cara prasmanan dilakukan dengan meletakan berbagai jenis makanan di meja. Tamu undangan dapat memilih sendiri makanan yang diinginkan dari paket catering pernikahan tradisional yang disajikan. 

Cara kedua adalah menyajikan makanan dengan menggunakan gubukan. Untuk cara ini, penyajian makanan dilakukan dengan memisahkan makanan sesuai dengan jenisnya. Anda bisa mengunakan gubukan untuk menyajikan menu yang istimewa seperti soto, sate, ataupun makanan khas lainnya.

Cara menyajikan makanan menggunakan gubukan terbilang cukup unik, karena dekorasinya yang menarik. Dekorasi tempat makanan disajikan biasanya berbentuk seperti gubuk ataupun joglo. Hal ini akan menghadirkan kesan mewah pada resepsi yang digelar.

Pernikahan yang selama ini kamu cita-citakan dapat terwujud dengan mudah jika menggunakan jasa vendor catering untuk mengurus semua masalah hidangan yang akan disajikan. Kamu dan keluarga tidak perlu repot untuk memasak sendiri, apalagi masih banyak hal lain yang harus diurus agar pesta berjalan lancar. 

Selain itu vendor menawarkan beragam jenis makanan yang bisa dipilih dalam paket catering pernikahan tradisional. Hidangan makanan dalam suatu pesta pernikahan merupakan salah satu yang paling disorot oleh tamu yang datang. Oleh karenanya, penyajian makanan harus terlihat sesempurna mungkin. 

Dengan bantuan vendor sudah pasti sajian di meja nanti tidak akan monoton dan dapat diisi dengan beragam menu sesuai dengan apa yang telah dipilih. Kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai hidangan yang disajikan. Bahkan kamu juga bisa meminta rekomendasi mengenai makanan best seller dan yang paling disukai oleh para tamu. 

Pesta pernikahan akan semakin mengesankan jika hidangan yang disajikan bisa memuaskan tamu undangan yang datang. Pastikan untuk memilih menu makanan sesuai dengan konsep serta tema pesta pernikahan yang diusung. Tujuannya adalah agar pesta pernikahan impian dapat terwujud. Meskipun terlihat sepele, namun memilih tema sajian makanan agar sesuai dengan konsep yang ada sangatlah penting. Agar pesta pernikahan terlihat lebih terstruktur dan menghadirkan kesan yang elegan.

Jadi pastikan untuk memilih paket catering pernikahan tradisional jika tema tradisional lah yang dipakai. Dengan paket ctaering pernikahan yang tepat, pesta pernikahan akan terlihat lebih menarik dan menjadi pesta yang tidak bakal dilupakan seumur hidup.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket