Jenis-jenis Perawatan Pra Nikah yang Wajib Dilakukan

29 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 146
Jenis-jenis Perawatan Pra Nikah yang Wajib Dilakukan
Foto: miljko on iStock

Setiap wanita pasti ingin tampil seperti ratu di hari pernikahannya. Persiapan hari pernikahan tidak hanya melibatkan dekorasi, undangan, baju dan rencana bulan madu, tapi juga perawatan pra nikah. Perawatan kecantikan apa yang harus dilakukan calon pengantin sebelum menikah?

Kemudian kapan waktu yang tepat untuk memulai perawatan tersebut? Yuk, simak beberapa tips perawatan yang wajib dilakukan sebelum hari pernikahan berlangsung, yaitu sebagai berikut:

Perawatan Pra Nikah yang Harus Dilakukan

1. Perawatan Rambut

Jenis-jenis Perawatan Pra Nikah yang Wajib Dilakukan
Foto: AleksandarNakic on iStock

Pada hari paling istimewa dalam hidupnya, tidak ada wanita yang menginginkan "mahkota" di kepalanya terlihat redup dan tak berdaya. Dari enam bulan sebelum pernikahan, disarankan agar kedua mempelai mendapatkan perawatan hair mask dan hair spa di salon untuk merestorasi rambut mereka.

Dua hingga tiga hari seminggu atau setiap tiga minggu sekali perawatan pra nikah pada rambut ini perlu dilakukan. Gunakan bahan alami yang mudah ditemukan seperti lidah buaya, madu, atau minyak asam. Kamu juga bisa merawat rambut dengan memperhatikan makanan.

Kamu juga perlu menambah asupan gizi yang cukup dengan banyak makanan mengandung vitamin B seperti misalnya dari telur, kacang-kacangan, serta ikan yang akan membuat rambut berkilau secara alami sehingga akan membuat kamu tampak semakin menawan.

2. Perawatan Wajah

Foto: chee gin tan on iStock

Sebelum pernikahan, wajah merupakan bagian terpenting dan paling membutuhkan perhatian dalam perawatan kecantikan. Dianjurkan agar calon pengantin memulai perawatan sebelum menikah pada wajah satu tahun sebelum hari-H. Perawatan wajah secara teratur yaitu setiap tiga bulan sekali.

Perawatan kecantikan terakhir hingga 12 hari sebelum hari H, kemudian gunakan masker kecantikan dengan bahan alami dua hingga tiga kali seminggu. Jika kamu membutuhkan perawatan pra nikah dengan wajah yang bersinar bisa juga berkonsultasi dengan Dermatologist profesional untuk mendapat fungsi perawatan kulit yang lebih kuat.

Sekalipun tampaknya kamu sedang dalam proses terasing dari dunia, kamu tidak bisa kemana-mana dulu bukan berarti tidak perlu mencuci muka secara rutin yang tentunya berlaku baik bagi pria dan wanita. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu juga bisa menggunakan metode double cleansing untuk membersihkan wajah.

Cara ini membersihkan wajah dalam dua tahap. Pertama dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih berminyak. Baru setelah itu gunakan facial wash yang dibilas air. Eksfoliasi wajah dua kali seminggu menggunakan scrub dan krim peeling kimiawi juga dapat membuat wajah kamu semakin bersinar dan lembut.

Selain itu jangan lupa banyak minum air putih agar kulit kamu terlihat segar dan berkilau di pelaminan. Membersihkan alis dan merapikan wajah dengan es batu di salon pada hari H juga menjadi dua hal yang direkomendasikan banyak MUA. Namun paling penting yaitu menggunakan pelembab wajah karena memang wajib dilakukan setiap orang.

Tidak hanya harus digunakan di pagi hari, perawatan pra nikah dengan menggunakan pelembab juga harus dilakukan secara teratur pada malam hari sebelum tidur. Penggunaan pelembab secara teratur membantu melembabkan wajah tanpa mengering. Menggunakan produk perawatan kulit jenis ini juga dapat membuat wajah kamu terlihat lebih terawat dan sehat.

3. Perawatan Tubuh

Foto: vgajic on iStock

Lulur, pijat, dan mandi aromaterapi adalah persiapan wajib, dan calon pengantin harus selalu melakukannya dari dua hingga tiga bulan sebelum menikah. Pastikan menggunakan minyak alami (minyak zaitun atau minyak kelapa) untuk memijat seluruh tubuh guna memperlancar peredaran darah dan mengurangi stres yang akan menutrisi kulit wanita.

Langkah perawatan kecantikan sebelum menikah berikutnya bungkus tubuh dengan scrub untuk mengeringkannya, lalu rendam dalam air yang dicampur dengan bumbu aromatik seperti daun salam, jahe, serai, kunyit, cendana atau pinang untuk membersihkannya. Rutinitas ini dilakukan setiap dua minggu sekali.

Selain itu, gosok tubuh dengan kopi atau cengkeh seminggu sekali terutama di bagian bokong, paha dan punggung agar kulit halus dan bebas lemak. Meski tidak jelas, namun merawat ketiga bagian tubuh ini tak kalah pentingnya dalam persiapan pernikahan, apalagi calon pengantin akan menyambut banyak tamu undangan.

Lakukan juga perawatan pra nikah berupa manikur dan pedikur secara teratur (sekali atau dua kali dalam sebulan) untuk menjaga kulit kaki dan tangan tetap halus hingga H-2. Di hari pernikahan akan banyak sekali foto yang difokuskan pada bagian jari manis sehingga perlu perawatan kuku yang intens agar tampak semakin berkilau.

Gigi juga menjadi salah satu bagian yang membutuhkan waktu lama untuk disiapkan. Jika kamu ingin meluruskan bentuk gigi, sebaiknya temui dokter tiga hingga dua tahun sebelum pernikahan. Membersihkan benang gigi, membersihkan plak yang menempel, dan memutihkan gigi bila perlu.

Selanjutnya yaitu perawatan organ intim yang juga harus dipersiapkan sebelum pernikahan. Biasanya, calon pengantin dengan hati-hati mempersiapkan waxing di salon enam bulan sebelum hari H, dengan ratusan pijatan payudara. Ini dilakukan untuk membuat organ dalam menjadi kencang, kencang dan halus.

Jika memiliki dana lebih, tak ada salahnya melakukan perawatan rambut laser untuk menghilangkan organ dalam, rambut di sekitar kaki dan tangan. Gantilah pakaian dalam secara rutin, terutama saat haid, jaga kebersihan kedua bagian tubuh ini.

4. Perbanyak Olahraga

Foto: t:staticnak1983 on iStock

Kamu tidak bisa mendapatkan sosok cantik dalam waktu satu atau dua bulan. Oleh karena itu perlu perawatan pra nikah dengan senam aerobik, yoga, zumba atau renang selama setahun yang sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum pernikahan agar tubuh terlihat sehat, sehat dan bugar.

Kemudian jaga juga konsumsi makanan serta minuman yang masuk ke dalam tubuh. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan lemak, serta memperbanyak serat, vitamin dan mineral. Selain membantu membentuk tubuh, olahraga juga bisa meredakan stres dari segala persiapan pernikahan, yang biasanya membuat calon pengantin merasa lelah.

Tak hanya olahraga, tidur yang cukup juga bisa menjadi aktivitas atau perawatan tubuh satu bulan sebelum menikah. Walaupun sulit untuk tertidur sebelum hari pernikahan, mohon diusahakan untuk melakukan aktivitas ini sekali dalam sehari.

5. Perbanyak Minum Air dan Kurangi Konsumsi Gula

Jenis-jenis Perawatan Pra Nikah yang Wajib Dilakukan
Foto: LightFieldStudios on iStock

Seperti kita ketahui bersama, minum air yang cukup juga merupakan salah satu bentuk perawatan kesehatan yang sangat penting bagi tubuh dan harus dilakukan secara rutin satu bulan sebelum menikah setiap bulannya. Saat minum cukup air setiap hari, racun di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine dan keringat untuk tubuh dan kulit yang terlihat lebih sehat menjelang pernikahan.

Jelas masalah kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan. Saat akan menikah terutama di hari pernikahan, ada sebaiknya mengurangi makanan tinggi gula. Kamu bisa makan makanan rendah gula.

Triknya adalah suka makan buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran. Makanan ini membantu kamu terhindar dari kerusakan kulit, seperti penuaan. Tentunya hal ini karena antioksidan yang terkandung dalam makanan tersebut dapat meningkatkan regenerasi kulit.

Penting untuk menata tubuh dan wajah dengan hati-hati untuk memastikan bahwa pengantin terlihat tak tertandingi di hari-H. Apakah kamu akan membiarkan tamu atau pengiring pengantin terlihat lebih cantik? Perawatan ini juga bertujuan agar kamu tampil lebih cantik dan menawan.

Sekian ulasan mengenai jenis-jenis perawatan pra nikah yang wajib dilakukan oleh calon pengantin. Semoga perawatan wajib jelang pernikahan di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi terkait hal tersebut. Hal ini juga tentu masih banyak penambahan dari segi tradisi seperti berbagai prosesi yang harus dijalankan sebelum hari pernikahan tiba.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket