Pilih Kategori Artikel

Tuksedo atau Jas Untuk Pengantin Pria? Kenali Perbedaannya, Yuk!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara tentang baju pengantin pria, tentunya istilah tuksedo dan jas sudah tak asing lagi di telinga, bukan? Kedua jenis busana pria formal ini memang menjadi pilihan banyak pengantin untuk dikenakan di acara pernikahannya. Selain untuk mendapatkan kesan resmi, pria yang mengenakan jas atau tuksedo tampak lebih gagah dan berkharisma. Tak heran bila kedua pakaian ini menjadi item wajib untuk para pengantin pria.

Apabila dilihat sekilas, kedua jenis pakaian pria ini terlihat serupa. Namun, sebenarnya tuksedo dan jas pria adalah dua jenis busana yang berbeda. Sebelum menentukan mana yang paling cocok dikenakan oleh pengantin pria, yuk kenali dulu perbedaan tuksedo dan jas yang wajib untuk diketahui!

Desain: detail tuksedo lebih kompleks daripada jas 

wm_article_img

Dari segi desain, tuksedo memiliki detail yang lebih kompleks daripada jas. Dimana, kerah pada tuksedo didesain berbentuk shawl (melengkung) yang terbuat dari bahan satin khusus yang mengkilap. Sementara itu, pada suit atau jas, kerah umumnya berbentuk notched-lapel. 

Aksesori tambahan: pada jas bersifat opsional, untuk tuksedo wajib dipadukan dengan dasi kupu-kupu

wm_article_img

Para pengguna jas bisa memilih mengenakan aksesori tambahan ataupun tidak, karena sifatnya opsional. Adapun aksesori yang umumnya dipadukan dengan jas yakni dasi, tetapi ada pula yang memadukannya dengan dasi kupu-kupu. Lain halnya dengan tuksedo, dimana pemakaiannya wajib dipadukan dengan dasi kupu-kupu. Selain itu, ada juga vest atau cummerbund, aksesori busana pria lainnya yang juga digunakan untuk melengkapi pemakaian tuksedo. 

Penggunaannya:  Jas dikenakan untuk acara resmi, tuksedo dipakai di acara yang super resmi

wm_article_img

Hal yang paling membedakan jas pria dan tuksedo adalah dalam hal penggunaannya. Suit atau setelan jas adalah busana yang digunakan untuk menghadiri acara resmi maupun kenegaraan. Sementara itu, tuxedo atau tuksedo dikenakan untuk acara yang bersifat lebih resmi lagi, seperti gala dinner, pernikahan atau pesta formal. Bahkan, dahulu di negara Inggris ada aturan dalam penggunaannya, dimana tuksedo hanya dipakai untuk acara yang berlangsung di atas pukul 17.00. Orang-orang yang menggunakannya di luar waktu itu, dianggap tidak pantas. 

Harga: tuksedo relatif lebih mahal daripada suit atau setelan jas

wm_article_imgwm_article_img

Karena umumnya tuksedo digunakan untuk acara yang begitu spesial dan berkelas, material yang dipakai untuk membuatnya pun merupakan bahan berkualitas tinggi, sehingga harganya cenderung menjadi lebih mahal dibandingkan dengan jas. Selain itu, penentuan harga jas ataupun tuksedo juga akan dipengaruhi oleh image dari brand atau desainer yang merancangnya.

Itulah beberapa perbedaan jas dan tuksedo yang wajib diketahui sebelum menentukan mana yang akan dikenakan sebagai busana pernikahanmu nanti. Keduanya, sama-sama memiliki kesan formal meskipun ada beberapa perbedaan. Apabila kamu memiliki dana lebih, tak ada salahnya mencoba tuksedo karena kompleksitasnya yang membuat penampilanmu jadi lebih eksklusif. Namun, memilih setelan jas pengantin pria pun juga tak kalah keren kok untuk tampilan yang macho dan berkharisma.

Jadi, setelah mengetahui perbedaannya, kamu pilih jas atau tuksedo? Apabila kamu masih bingung dalam menentukan, ada baiknya baca dulu Panduan Gaya Busana untuk Pengantin Pria ala WeddingMarket, untuk mendapatkan tips memilih kemeja, jas/tuksedo, hingga vest dan aksesoris lainnya. Demikianlah, semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...