Pilih Kategori Artikel

12 Pertanyaan yang Harus Diajukan Sebelum Memutuskan Pilihan Jasa Wedding Organizer Untuk Vendor Pernikahan Kamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Apa kamu dan pasangan berencana menikah dalam waktu dekat? Mungkin juga kamu sedang bingung mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk pernikahan? Tidak perlu khawatir, karena persiapan pernikahan akan terasa lebih mudah apabila kamu menggunakan jasa wedding organizer. 

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan apa itu wedding organizer, bukan? Ya, istilah wedding organizer atau WO seringkali kita jumpai apabila berkaitan dengan pesta pernikahan. Pada dasarnya wedding organizer adalah jasa konsultan yang bisa membantu pasangan untuk mempersiapkan pernikahan impiannya. Mulai dari konsep pernikahan, dekorasi, baju pengantin, make up,  catering, fotografi, MC dan lain sebagainya.

Peran wedding organizer dalam mensukseskan acara pernikahanmu tidak bisa disepelekan, sebab selain membantu merencanakan konsep pesta pernikahan impian, WO juga bertindak sebagai koordinator dan penyusun rundown acara agar terstruktur dan rapi. Di sisi lain, vendor wedding organizer juga bertugas sebagai penengah apabila terjadi perbedaan pendapat diantara kedua keluarga. WO yang berpengalaman juga bisa membantumu mengatur budget pernikahan agar lebih optimal.

Nah, sepenting itu ternyata tugas vendor wedding organizer, karenanya kamu tidak boleh asal menetapkan WO untuk pernikahanmu. Sebelum memilih wedding organizer, ada baiknya kamu dan pasangan menanyakan beberapa pertanyaan-pertanyaan penting agar tidak salah pilih nantinya. Selain harus profesional, akan lebih baik apabila WO yang dipilih juga membuatmu nyaman dalam bekerja sama dengannya.

Daftar Pertanyaan-pertanyaan yang Harus Kamu Ajukan Sebelum Memutuskan Pilihan Jasa Wedding Organizer Untuk Pesta Pernikahanmu

wm_article_img

1. Apakah wedding organizer anda tersedia saat tanggal pernikahan saya?

Hal pertama yang harus kamu pastikan saat bertemu wedding organizer adalah memastikan kecocokan jadwal pernikahanmu dengan ketersediaan WO, kecuali bila tanggal pernikahan masih fleksibel. Jangan sampai buang-buang waktu, sudah banyak bertanya tapi ternyata jadwal wedding organizer yang dipilih malah penuh pada saat pernikahanmu.

2. Berapa biaya menggunakan jasa wedding organizer anda?

Setiap wedding organizer memiliki tarif harga yang berbeda-beda, sesuai dengan jam terbang dan pengalamannya. Biasanya, semakin tinggi jam terbang WO itu, semakin mahal pula harga jasanya, karena berbagai pengalamannya menangani banyak acara pernikahan, baik skala kecil maupun skala besar. Sementara itu, vendor wedding organizer yang relatif masih baru, cenderung lebih murah. 

Selain itu, harga jasa WO juga ditentukan berdasarkan paket yang ditawarkan, bisa jadi kamu hanya membayar jasa wedding organizer untuk menjadi koordinator pada hari H saja, sementara persiapan pernikahan lainnya diurus sendiri. Ada pula vendor wedding organizer yang menawarkan paket lengkap, sehingga kamu cukup terima beres. Tentunya, harga yang harus dibayar pun akan berbeda. Agar benar-benar paham, sebaiknya kamu dan pasangan meneliti terlebih dahulu kontrak yang ditawarkan oleh WO tersebut sebelum membuat keputusan.

3. Bagaimana metode pembayarannya? 

Setelah kamu dan pasangan mendapatkan informasi berapa biaya menggunakan jasa wedding organizer itu, selanjutnya juga tanyakan bagaimana prosedur pembayarannya? Apakah sudah mencakup segala sesuatunya termasuk akomodasi, transport, uang makan dan lain sebagainya? Apakah hitungan penggunaan jasanya per proyek/hari/jam kerja? Pembayaran dimuka atau pelunasan di akhir? Ada baiknya kamu pastikan semua pertanyaan itu agar lebih jelas dan tidak terjadi kesalahpahaman kedepannya.

4. Apa spesialisasi WO saudara, dari segi desain, dekorasi atau sebagai koordinator acara?

Untuk mengetahui spesialisasi atau keunggulan dari vendor wedding organizer yang akan kamu gunakan jasanya, maka hal tersebut perlu ditanyakan. Berkaitan dengan kebutuhanmu juga, apakah kamu hanya membutuhkan jasa WO sebagai koordinator saja atau yang juga berkompeten untuk menangani segala urusan termasuk desain dan dekorasi pernikahan.

wm_article_img

5. Apakah anda bekerjasama dengan vendor pernikahan rekanan?

Selanjutnya kamu juga perlu menanyakan perihal rekanan yang bekerjasama dengan wedding organizer tersebut, seperti vendor dekorasi, catering, fotografi, MC dan sebagainya. Jika WO tersebut memiliki database daftar vendor pernikahan, tentunya hal ini dapat memudahkan para calon pengantin untuk mempersiapkan pernikahan. 

6. Apakah pada bulan pernikahan saya diadakan, WO anda juga menangani acara pernikahan lain? 

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengetahui kesibukan wedding organizer di bulan yang sama dengan pernikahan kamu digelar. Apabila ada pernikahan lain yang juga ditangani dalam rentang waktu berdekatan, tentunya perhatian WO akan terbagi antara persiapan pernikahanmu dan client-nya yang lain. Namun, hal ini tidak akan jadi masalah apabila wedding organizer yang kamu pilih memiliki jumlah tim yang mumpuni dan profesional menangani masing-masing client-nya. 

7. Apakah anda pernah menyelenggarakan pernikahan di lokasi yang sama dengan tempat resepsi pernikahan saya nanti?

Akan menjadi suatu keuntungan apabila wedding organizer yang kamu gunakan sudah pernah menangani pernikahan di lokasi yang sama dengan tempat pernikahan yang kamu pilih. Sebab, mereka akan familiar dengan detail-detail di lokasi tersebut, seperti seluk beluk ruangan, staf yang bekerja di sana dan lain sebagainya. 

8. Sebelumnya apakah anda sudah pernah menangani pernikahan dengan budget yang sama seperti pernikahan saya?

Terkait dengan peran wedding organizer yang juga bertindak sebagai ‘penasihat keuangan’ para calon pengantin, maka penting untuk diketahui apakah WO ini bisa membantu kamu menggunakan dana secara efisien, agar pengeluaran pernikahanmu tidak membengkak. Takutnya, vendor wedding organizer ini belum terbiasa menangani pernikahan dengan budget seperti yang kamu miliki. Jika mereka biasanya hanya menangani klien dengan budget jauh lebih besar, pastikan apakah mereka bisa membantu kamu mendapatkan vendor-vendor yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

wm_article_img

9. Apabila dalam persiapan pernikahan ataupun di hari H nanti ada masalah tak terduga, apakah WO punya plan B untuk mengatasinya? 

Kadang ada hal-hal diluar dugaan yang terjadi baik selama persiapan pernikahan maupun pada saat hari H. Maka dari itu, kamu perlu menanyakan rencana cadangan yang dimiliki oleh vendor wedding organizer ini apabila hal tersebut benar-benar kejadian. Cari tahu seberapa siap WO menangani situasi tak terduga, dan apakah mereka siap dengan solusi-solusi terbaik agar acara pernikahanmu kelak tidak terganggu.

10. Bagaimana komunikasi akan dilakukan dan seberapa sering meeting yang akan diadakan di antara pihak WO dan calon pengantin?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui skema kerja wedding organizer yang akan kamu gunakan untuk pernikahanmu. Agar kamu juga bisa memiliki gambaran bagaimana sistem kerjanya.

11. Berapa banyak staf yang akan membantu pada acara pernikahan?

Agar kamu dan pasangan bisa lebih tenang, penting juga untuk memastikan berapa jumlah tim dari WO yang akan bertugas selama acara pernikahanmu. Dengan demikian, kamu bisa yakin bahwa acara pernikahanmu bisa ditangani dengan baik. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menanyakan apakah wedding organizer juga bisa mengatur panitia dari pihak keluarga dan teman, agar semuanya lebih teratur dan acara bisa berjalan dengan lancar.

wm_article_img

12. Apakah ada referensi pernikahan yang sudah pernah ditangani ?

Jika boleh, mintalah referensi atau kontak seseorang yang pernah bekerjasama dengan wedding organizer ini, sehingga kamu dapat mengecek langsung testimoni dari klien-klien sebelumnya. Jika vendor wedding organizer ini bersedia memberikan kontaknya, berarti mereka mempunyai reputasi yang cukup baik, bisa dikatakan WO ini bisa memuaskan klien-kliennya.

Itulah beberapa pertanyaan dasar yang penting untuk kamu pastikan sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu jasa wedding organizer. WO yang terpercaya tentunya akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan tersebut dan memberikan data-data yang kamu butuhkan untuk membuatmu yakin menggunakan jasa mereka. Bahkan, kadang tanpa ditanya pihak wedding organizer yang berinisiatif memberitahu informasi tersebut terlebih dahulu.

Pastikan juga, kamu mempertimbangkan bagaimana komunikasi yang berjalan dengan WO tersebut. Apakah mereka mau mendengarkan pendapatmu, ataukah mereka cenderung mendikte dan mengatur semaunya? Apabila kamu sudah merasa nyaman dengan vendor pernikahan tersebut, mereka mau mendengarkan pendapatmu serta memberikan solusi atau saran-saran yang mendukung, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasanya. Namun, apabila sejak awal sudah tidak kooperatif, cenderung ngotot atau bossy, maka sebaiknya kamu menghindari WO semacam ini agar lebih nyaman kedepannya. 

Untuk mendapatkan jasa wedding organizer terbaik, kamu bisa menemukan berbagai pilihan vendor di WeddingMarket. Pastinya, vendor-vendor tersebut akan siap menjadi konsultan yang akan membantu kamu mewujudkan pesta pernikahan impian. Temukan juga berbagai diskon venue deals dan penawaran menarik lainnya. Yuk, rencanakan wedding dream versimu sendiri bersama WeddingMarket!


Fotografi : Alienco Photo | Wedding Planner : Clara Wedding, WeddingMarket  | Decoration : Flexstudio| Venue & Meals : The Sultan Hotel |  Resepsi Pernikahan : Vinky & Afdha

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...