Pilih Kategori Artikel

Tips Menggelar Pesta Bridal Shower Sebelum Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Momen yang paling dinantikan dalam hidup seseorang adalah pernikahan yang menjadi salah satu perayaan cinta dari sepasang kekasih. Terlebih lagi bagi seorang wanita, saat melepas masa lajang dapat dilakukan dengan berbagi kebahagiaan dengan sahabat, kerabat dan keluarga terdekat. Salah satu acara yang sedang tren di kalangan anak muda milenial adalah dengan mengadakan pesta bridal shower atau melepas masa lajang.

Menjelang hari pernikahan ada berbagai jenis tradisi yang biasanya akan dijalani calon pengantin wanita, misalnya seperti pengajian, sorangan dan yang lainnya. Namun selain hal tersebut saat ini perayaan pesta bridal shower yang identik dengan pesta bersama teman atau sahabat sedang tren di kalangan generasi muda.

Dalam beberapa tahun terakhir acara ini baru mulai dikenal oleh kalangan milenial di Indonesia ini, yang dikarenakan acara ini adalah budaya dari negara Eropa. Sehingga, untuk negara Indonesia  yang memiliki kebudayaan timur kulturnya berbeda sekali dengan budaya barat.

Dalam beberapa tahun terakhir bridal shower banyak dilakukan oleh wanita yang akan mengadakan pesta yang dilakukan secara mewah dan besar-besaran.

Apa itu pesta bridal shower?

wm_article_img
Foto: mangostudios.com

Pesta bridal shower adalah pesta dalam rangka merayakan lepasnya masa lajang sebelum hari pernikahannya tiba khusus untuk calon pengantin wanita . Acara ini biasanya akan dihadiri oleh teman atau sahabat dekat calon pengantin wanita dengan memberikan hadiah untuk ucapan selamat kepadanya yang akan segera menikah.

Diketahui bridal shower sendiri merupakan sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh Bangsa Eropa, dimana acara ini akan dilaksanakan pada dua sampai empat minggu sebelum hari pernikahan akan dilaksanakan. Sementara di Indonesia, pesta bridal shower ini tidak menggunakan kartu undangan karena calon pengantin wanita hanya akan mengundang sahabat atau temannya dan juga bisa dari keluarga untuk berkumpul dan berbagi kesenangan.

Walaupun saat ini venue perayaan pesta bridal shower menjadi lebih bervariasi, tetapi ada beberapa kebiasaan yang masih tidak berubah. Di antaranya seperti memberi hadiah yang bisa dipakai untuk pesta pernikahan kepada calon pengantin wanita.

Bridal shower sendiri terdiri dari dua kata yaitu “bridal” dan “shower”. Bridal diartikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sebuah pesta yang melekat pada mempelai wanita, seperti gaun, riasan hingga tatanan rambut dan lainnya. Kata shower di sini tidak berarti mandi dalam arti yang sebenarnya, akan tetapi , berarti sebuah momen calon pengantin wanita yang dihujani dengan banyak kado dan kebahagiaan dari orang-orang terdekatnya seperti sahabat dan keluarga.

Hadiah pada pesta bridal shower yang diberikan umumnya dipakai sebagai bekal setelah menikah nanti. Seperti peralatan rumah tangga atau kebutuhan calon pengantin wanita dalam mempersiapkan menjadi ibu rumah tangga.

Tujuan dari pesta bridal shower ini sebagai momen pemberian hadiah untuk calon pengantin dan juga untuk bersenang-senang sebelum  memulai kehidupan barunya sebagai seorang istri.

Siapa yang membuat acara bridal shower?

wm_article_img
Foto: northshoreeventcenter.com

Pada acara pesta bridal shower ini para bridesmaid akan merencanakan sekaligus menjadi host-nya. Selain itu anggota keluarga calon pengantin perempuan juga dapat membantu merancang pesta seperti saudara, sepupu dan yang lainnya. Disamping itu bridesmaid juga bertugas untuk mendesain dekorasi dan bertanggung jawab untuk jalannya pesta bridal shower tersebut dengan merancang permainan untuk memeriahkan perayaan bridal shower.

Rangkaian acara bridal shower

Pada umumnya saat pesta bridal shower berlangsung ada tiga aktivitas utama yang akan dilakukan, berikut acaranya:

  • Pesta diawali dengan menikmati aneka makanan dan minuman bersama-sama yang telah disediakan. Umumnya makanan yang disediakan merupakan makanan kesukaan dari pengantin wanita.
  • Setelah acara makan-makan selesai, pesta berlanjut dengan game bridal shower. Banyak permainan yang bisa dilakukan untuk mengetes kekompakan antara calon pengantin wanita dan pria, atau misalnya games truth or dare. Moment games inilah yang akan membuat pesta bridal shower menjadi semakin meriah.
  • Setelah permainan selesai dilanjutkan dengan acara buka kado dari teman dan sahabat-sahabatnya. Konsep dari acara ini harus berbagi kebahagiaan dengan menunjukkan kasih dan cinta yang besar dari teman-teman kepada pasangan yang sebentar lagi akan menikah. Momen ini diperuntukkan bagi pasangan wanita yang akan melepas masa lajangnya, namun jika calon pengantin pria bisa datang ke acara ini, bisa dimunculkan di akhir pesta dengan membawa sedikit kejutan. Tentunya setelah terlebih dahulu membuat kesepakatan.

Makna dari Bridal Shower

Bridal shower merupakan sebuah bentuk rasa kebahagiaan dari para sahabat calon pengantin atas akan dilangsungkannya pernikahan dari sahabat. Saat ini perayaan bridal shower menjadi sebuah tren yang dilakukan generasi milenial. Ditambah lagi itu dengan adanya media sosial perayaan bridal shower seakan menjadi sebuah tradisi yang harus  dilakukan.

Apabila dimaknai dengan tepat momen bridal shower akan memberikan banyak dampak positif bagi calon pengantin wanita. Moment ini juga seharusnya mengikuti norma kesopanan dan menghindari kemubaziran dan kegiatan yang jauh dari bermanfaat.

Selain itu juga moment bridal shower dapat mengembalikan kembali semangat bridal shower untuk upaya bergotong-royong membantu meringankan beban calon pengantin. Makna lainnya juga bahwa sahabat akan selalu ada saat menghadapi situasi apapun termasuk saat persiapan pernikahan dan menuju status baru dalam kehidupannya.

Sejarah dan Asal Usul Bridal Shower

Bridal shower merupakan suatu perayaan yang dilakukan sebelum pernikahan yang diadakan oleh calon pengantin wanita bersama para sahabat dan saudara. Bridal shower juga bisa merupakan pesta kecil-kecilan untuk merayakan masa lajang calon pengantin yang akan segera berakhir sebelum pernikahan berlangsung.

Tradisi perayaan ini, ternyata mempunyai sejarah dan makna yang lebih dibandingkan hanya dengan  merayakan akhir masa lajang saja. Perayaan ini dimulai abad ke-16 di Belanda yang pada saat itu tujuan dari bridal shower adalah untuk membantu calon pengantin yang tidak memiliki mahar pernikahan. Hal tersebut dikarenakan terjadi masalah keuangan yang terbatas atau karena pernikahannya tidak direstui.

Fungsi Bridal Shower

Fungsi dari bridal shower itu sendiri adalah untuk memberikan ucapan selamat, sebelum calon pengantin resmi menikah diberikan waktu untuk bersenang-senang, dan menghabiskan waktu bersama para sahabat.

Selain itu bridal shower juga untuk  merayakan berakhirnya masa lajang seorang wanita yang biasanya akan dirayakan dengan cara berkumpul, saling bertukar cerita, memberi hadiah, dan sampai pergi berlibur..

Adaptasi Bridal Shower yang Berbeda di Indonesia

Perayaan bridal shower di Indonesia tidak kalah ramainya dengan negara lain, dan bagi generasi milenial perayaan tersebut menjadi bagian yang tidak terlewatkan menjelang pernikahan.

Para sahabat-sahabat calon pengantin biasanya akan mempersiapkan perayaan bridal shower dengan cara memesan ruangan di restoran atau di hotel kemudian akan dihiasi dengan menggunakan konsep tertentu. Indonesia termasuk salah satu negara yang mengadopsi tradisi dari luar, dengan adanya pemberian hadiah kepada calon pengantin wanita.

Bridal shower merupakan sebuah kejutan bagi calon pengantin perempuan dan pada acara tersebut, calon pengantin harus siap dan rela dikerjai oleh teman-temannya. Misalnya dengan memakai kostum dan makeup yang menarik perhatian banyak orang, setelah itu difoto dan diunggah di media sosial.

Perlukah Bridal Shower Dilakukan?

wm_article_img
Foto: weddingideasmag.com

Ketika masuk ke Indonesia fenomena bridal shower menjadi bergeser makna dan eksekusinya. Apalagi dalam bridal shower dimaknai berbeda dengan sejumlah momen, yang terkesan menghambur uang untuk kepentingan konten sosial media.

Kemudian dalam bridal shower juga ada momen ngerjain calon pengantin dengan melakukan hal-hal konyol yang memalukan. Akan tetapi perayaan bridal shower tidak semua berlangsung demikian. Sehingga alangkah baiknya pelaksanaan bridal shower harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tidak Mempermalukan Calon Pengantin

Di Indonesia perayaan bridal shower biasanya dimaksudkan untuk memberi kesan tak terlupakan dari para sahabat. Namun justru hal tersebut mempermalukan calon pengantin. Misalnya dengan diberi properti mencolok atau dengan wajah dicoret-coret. Jika calon pengantin tidak suka dengan konsep tersebut dapat membuat aktivitas yang membuat calon pengantin tidak malu dan nyaman.

2. Alihkan dengan Kegiatan yang Bermanfaat

Tema bridal shower dapat dialihkan menjadi kegiatan yang bermanfaat yang terhindar dari kesan hura-hura. Sebagai bentuk dukungan kepada sahabat yang akan melangsungkan pernikahan banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan calon pengantin. Misalnya dengan pergi ke salon atau spa bersama-sama. Dengan pergi ke salon akan membuat santai dan mempercantik diri menjelang pernikahan.

Bahkan dapat diganti dengan mengajaknya mengunjungi panti asuhan dan memberikan santunan kepada yang lebih membutuhkan. Selain itu dapat juga melakukan pengajian dengan mengundang ustadzah, dan melakukan pengajian bersama untuk mendoakan sahabat yang akan menikah.

3. Tidak Harus Membuat Pesta Mewah

Kamu bisa menghindari untuk memaksakan membuat pesta mewah karena point yang paling penting adalah membuat momen berkesan yang bisa dikenang calon pengantin.

4. Jangan Membuat Perayaan yang Merepotkan

Bridal shower seharusnya menjadi momen berkesan bersama sahabat sehingga jangan sampai perayaan tersebut justru merepotkan banyak pihak, baik dari segi finansial maupun persiapan perayaan.

5. Patungan untuk Biaya Bridal Shower

Budget untuk perayaan bridal shower dapat ditanggung bersama untuk mengajak teman-teman merencanakan bridal shower sehingga budget pesta bisa ditanggung bersama.

Waktu Penyelenggaraan Bridal Shower

Sebelum resepsi pernikahan berlangsung bridal shower dapat dilakukan beberapa minggu sebelumnya, namun hal tersebut dapat disesuaikan dengan waktu luang calon pengantin wanita.

Menjelang pernikahan berlangsung biasanya akan ada banyak acara yang harus dijalankan seperti lamaran, pingitan, pengajian, dan lainnya, sehingga jangan sampai calon pengantin tidak bisa hadir pada acara bridal shower yang sudah disiapkan.

Tempat bridal shower

Untuk penyelenggaraan pesta bridal shower bisa dilakukan di tempat yang bervariasi, misalnya seperti di restoran, atau menggunakan tempat berkonsep seperti di ruang terbuka seperti taman.

Selain itu bridal shower juga dapat dilakukan di rumah tempat tinggal si calon pengantin. yang lebih privasi. Untuk pemilihan tempat ini akan disesuaikan dengan konsep bridal shower yang digunakan. 

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan

wm_article_img
Foto: glamcorner.com.au

Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang bridal shower agar acara dapat berjalan dengan sempurna:

1. Dekorasi

Untuk dekorasi bisa disesuaikan dengan hal yang disukai oleh calon pengantin atau bisa juga dengan memakai konsep yang unik dan menarik. Dekorasinya tidak perlu mewah dan mahal asal moment berkumpul para sahabat dan calon mempelai dapat lebih intimate.

2. Lokasi

Untuk perayaan bridal shower lokasinya dapat dilakukan di restoran, kamar hotel, rumah, apartemen, atau taman. Sesuaikan waktunya dengan jadwal calon pengantin dan teman-teman yang akan hadir agar pada saat acara semuanya dapat berkumpul.

3. Makanan dan minuman

Untuk makanan dan minuman dapat memilih hidangan dan camilan kesukaan dari calon pengantin wanita, atau jika bridal shower dilakukan di rumah bisa membuat makanan favorit calon pengantin. Agar lebih menarik, kamu bisa menghadirkan kue bridal shower. Calon pengantin tentu dapat meningkatkan suasana hangat saat pesta dengan mendapat hidangan lezat buatan teman-temannya.

4. Hadiah

Setiap tamu atau para sahabat membawa hadiah baik dengan membawa masing-masing atau dengan cara patungan. Pilihlah sesuatu yang bermanfaat bagi calon pengantin agar dapat memberikan  kesan.

5. Games seru

Dalam acara bachelorette party atau bridal shower, hal lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah adanya games seru. Biasanya games ini akan disusun dengan kreatif seperti berkaitan dengan masa pengenalan calon mempelai. Selain itu bisa juga dengan membahas momen kebersamaan kedua mempelai, dengan permainan "Truth or Dare" atau "Never Have I Ever".

6. Dress code

Hal penting lainnya yang juga harus dipikirkan dalam bridal shower dan dirancang dengan konsep tertentu selain dekorasi pesta yang telah disiapkan adalah dress code tamu dan calon mempelai.

Di Indonesia para sahabat-sahabat identiknya menggunakan pakaian yang senada dengan aksesori flower crown, sedangkan untuk calon mempelai wanita akan disiapkan oleh para sahabat arena pesta bidal shower ini diadakan secara surprise.

Misalnya bridal shower jika menggunakan konsep princess, maka para sahabat akan datang dengan memakai pakaian serasi, dan sudah menyiapkan gaun indah atau aksesori ala princess bagi calon pengantin.

7. Cake

Cake  bridal shower yang sedang hits saat ini diberikan oleh para sahabat mempelai adalah kue dengan berbagai dekorasi fantasi liar atau ada juga cake dengan dekorasi pasangan mempelai yang memakai gaun cantik dan jas gagah.

8. Tumbler

Botol air atau tumbler dapat difungsikan untuk mengisi air minum yang bisa dinikmati selama pesta berlangsung. Karena saat ini sesuai dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup, tumbler menjadi barang yang harus tersedia.

Tumbler disesuaikan dengan konsep bachelorette party yang dipilih seperti memakai unsur modern minimalis, vintage, rustic, dan sebagainya.

9. Tote bag

Tote bag ini biasanya dipilih dan diserasikan dengan konsep pesta bridal shower, dan pada tote bag akan diberikan nama sesuai dengan para peserta pesta hari itu.

Tote bag yang dipilih seperti tas kecil dari kanvas dengan menggunakan warna-warna pastel, atau bisa juga memakai warna-warna terang nan elegan jika memakai konsep glamor.

Tote bag ini bisa digunakan untuk tempat mengemas bahan baju maupun aksesori untuk digunakan pada saat pesta pernikahan nanti yang akan disiapkan busana bagi bridesmaid bagi sahabat-sahabat.

10. Aksesori untuk Calon Pengantin

Aksesoris yang disiapkan untuk calon pengantin seperti, selempang, dan tudung pengantin. Sash atau yang dikenal juga dengan selempang seperti seorang puteri di dalam kontes kecantikan dan perlengkapan ini tidak boleh ketinggalan.

Pada selempang biasanya sahabat-sahabat calon pengantin sudah menuliskan dengan rangkaian kata unik seperti “Bride to be” atau kalimat lainnya seperti “sold out”, atau “calon istri". Selempang atau sash yang digunakan calon pengantin biasanya akan disesuaikan dengan warna dan tema konsep party.

Itu dia beberapa hal terkait dengan bridal shower yang saat ini tengah banyak diminati oleh kalangan milenial menjelang hari pernikahannya. Semoga dapat membantu kamu yang akan merayakan pesta bridal shower dalam waktu dekat. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...