Pilih Kategori Artikel

Calon Pengantin Wajib Tahu, Ini Plus dan Minus Beli Baju Pengantin Secara Online
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Belanja gaun pengantin adalah momen paling mendebarkan, menyenangkan, sekaligus memusingkan yang datang bersamaan. Bagaimana tidak, kamu harus memilih gaun terbaik yang sesuai dengan bentuk tubuh, konsep pernikahan, dan tentu saja—budget! Belum lagi jika resepsi digelar beberapa kali, tak mungkin pakai gaun yang sama 'kan?

Memang, sekarang ini untuk mendapatkan gaun terbaik bisa dari mana saja. Tak harus datang ke butik atau berburu kain lebih dahulu untuk dijahitkan, tapi bisa juga belanja secara daring sehingga kamu sebagai customer hanya perlu duduk manis dan menunggu dengan tenang. 

Walau begitu, belanja baju pengantin daring tak melulu mulus. Ada hal-hal di luar kendali yang perlu kamu tahu sebelum memutuskannya. Apa saja ya kira-kira plus dan minusnya? Check this out!

Kelebihan beli gaun pengantin secara daring

wm_article_img
Gaun pengantin: Elsie Chrysila Atelier

  • Tak membuang banyak waktu

Buat kamu yang super sibuk, membeli gaun secara daring adalah hal yang menggiurkan. Kamu bisa tetap bekerja atau melakukan aktivitas domestik lain sambil memilah desain gaun yang sesuai selera. Tentu akan lebih efisien daripada harus menghabiskan berhari-hari, lalu melompat dari satu butik ke butik yang lain. 

Kamu juga bisa memilih gaun di sela-sela jam istirahatmu tanpa harus terburu-buru dengan makan siang. Kemudian, tinggal pilih 3 gaun termanis yang dilihat dari foto, kemudian kirimkan pada sahabat atau pasangan jika memang butuh bantuan mempertimbangkannya.

  • Lebih nyaman untuk si pemalu

Apabila kamu adalah seseorang yang cenderung pemalu, rasanya mungkin tak nyaman harus berganti pakaian berulang kali lalu berdiri di depan beberapa orang untuk menilaikan penampilan. Ah, pastinya juga menghabiskan energi bagi si introvert sepertimu. 

Berbeda jika kamu membeli secara daring. Kamu tak perlu laiknya patung yang berdiri dengan gaun, melainkan hanya perlu diam-diam checkout gaun pernikahan yang diinginkan lalu biarkan orang-orang memandangimu dengan takjub di hari-H.

  • Murah meriah sesuai budget

Bukan rahasia lagi kalau terkadang belanja daring lebih murah dibanding beli langsung di toko. Begitu juga soal belanja gaun pengantin yang di toko daring memiliki variasi harga yang lebih beragam. Jadi jika satu toko menawarkan harga yang kurang bersahabat, kamu bisa berpindah ke toko lainnya tanpa harus merasa terbebani karena menolak toko pertama.   

Tentu lebih menenangkan bagi kamu yang terkendala budget. Harga yang tercantum dalam toko daring pun jelas tanpa ada biaya tambahan lain, berbeda jika kamu menjahit gaun di butik. Gaun cantik tak lagi harus mahal!

  • Pilihan desain yang tak terbatas

Kelebihan lain yang pasti kamu suka adalah pilihannya yang tak terbatas. Di internet kamu akan dengan mudah memilih desain yang sederhana sampai gaun pengantin outdoor hanya dengan mengusap-usap layar ponsel. Hal ini karena kamu tidak hanya terkurung dalam satu toko saja, tapi ada puluhan bahkan ratusan toko yang bisa dipilih. 

Mulai dari kebaya modern atau tradisional, gaun mermaid yang elegan, sampai gaun ball gown yang mewah. Semua tersedia di internet dan ditawarkan serta dengan banyak warna. Pun kini kamu bisa mendapatkan gaun pengantin yang dibeli di luar negeri tanpa harus naik pesawat langsung!

Kekurangan beli gaun pengantin secara daring

wm_article_img
Gaun pengantin: Dinda Firdausa Kebaya

  • Terlalu banyak pilihan justru menyulitkan

Terlalu banyak pilihan baju pengantin pun ternyata tak baik juga. Hal ini bisa membuatmu makin lama memilih dan bisa-bisa, justru menyulitkan untuk konsisten pada satu pilihan awal. Awalnya sudah yakin dengan gaun mermaid tanpa tali, tapi karena kamu terus mencari pilihan lain, kamu terus menunda-nunda pembelian.

  • Penampilan bisa menipu

Harap hati-hati saat membeli busana pernikahan daring. Di gambar mungkin sangat cantik, mewah, dan membuatmu jatuh cinta. Sayangnya, tak ada jaminan bahwa apa yang ada pada gambar akan sesuai dengan kenyataannya. Karenanya, kamu perlu riset panjang untuk mendapatkan gaun dari toko yang menjual barang buatan sendiri, bukan toko yang hanya mencomot gambar milik toko lain.

  • Ukuran baju yang sulit 

Hal yang jelas menyulitkan saat belanja gaun daring adalah soal ukuran yang mungkin kurang tepat. Entah terlalu besar pada bagian lengan, rok yang terlalu sempit, dan masalah ukuran lainnya. Memang kamu sudah menyesuaikan yang paling mendekati ukuran badan, tapi itu bukan jaminan bahwa gaunmu pasti sesuai. Alhasil, kamu jadi harus merombak gaunnya lagi demi fit to body dan menghabiskan biaya lagi.

  • Kemungkinan waktu yang tidak tepat

Apabila memang ingin membeli gaun secara daring, lebih baik dilakukan jauh-jauh hari sebelum pesta pernikahan. Pasalnya, waktu pengiriman bisa jadi terlambat dari jadwal yang diperkirakan. Belum lagi jika gaunmu membutuhkan beberapa  perbaikan, duh, pasti bikin makin panik. 

Itulah kelebihan dan kekurangan belanja gaun pengantin secara daring yang perlu diketahui. Kamu tinggal menyesuaikan apa yang jadi prioritas, apakah harga, desain, atau hasil akhir gaunnya. Tak perlu terburu-buru memilih karena bisa jadi bikin kamu menyesal akhirnya. Buat gaun pengantin yang istimewa, jangan coba-coba!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...