Rekomendasi Menu Makanan di Prasmanan Nikahan - Wedding Market

Rekomendasi Menu Makanan di Prasmanan Nikahan

20 Apr 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 408
Rekomendasi Menu Makanan di Prasmanan Nikahan
Foto: LElik83 on iStock

Dalam menyiapkan pesta pernikahan tentunya akan banyak menguras pikiran, tenaga dan materi. Disamping menyiapkan persiapan pernikahan seperti gaun pernikahan, makeup, dekorasi, kamu juga harus menyiapkan memilih aneka menu makanan prasmanan nikahan.

Prasmanan merupakan sebuah cara makan dimana untuk makannya bisa mengambil sendiri makanan yang diinginkan dan diperbolehkan memilih mana jenis makanan yang disukai untuk dinikmati di pesta pernikahan. Menu yang disediakan tentunya akan sangat beragam, untuk mempermudahnya kamu bisa menggunakan jasa catering pernikahan.

Dengan memilih menu yang tepat saat prasmanan sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir, tentunya kamu tidak ingin membuat tamu undangan kecewa dengan memilih makanan yang kamu sediakan kurang berkenan bagi tamu. Bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan, bisa memilih beberapa menu makanan prasmanan nikahan di bawah ini.

Deretan Menu Makanan Prasmanan Nikahan

Rekomendasi Menu Makanan di Prasmanan Nikahan
Foto: LElik83 on iStock

1. Nasi

Menyajikan nasi menjadi hal wajib yang harus disediakan di atas meja menu prasmanan pernikahan sebagai salah satu menu makanan pokok di Indonesia dan menjadi menu makanan sehari-hari. Banyak yang beranggapan belum makan jika tidak mengkonsumsi nasi.

Nasi putih menjadi pilihan yang banyak digunakan karena rasanya yang mudah diterima oleh lidah Indonesia, namun kamu juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan mudah dikombinasikan dengan berbagai lauk lainnya.

2. Sup

Aneka sayuran masih menjadi prasmanan yang disukai banyak orang dengan disajikan dalam bentuk sup yang menyegarkan. Kamu bisa menambahkan berbagai menu makanan lain di dalamnya agar rasanya tidak tawar, misalnya dengan daging dan bakso.

sup yang disajikan akan lezat selagi masih hangat, karenanya kamu bisa sediakan pemanas agar sup tersebut tetap hangat, sehingga para tamu undangan akan senang menikmati makanan yang tidak hanya lezat, namun juga masih segar dan hangat.

3. Olahan Daging atau Ayam

Di berbagai menu prasmanan nikahan, aneka masakan olahan daging atau ayam masih menjadi olahan primadona. Cara penyajian catering pernikahan yang satu ini juga bisa beraneka ragam, seperti ayam goreng, panggang, atau hidangan lain yang enak dan lezat.

4. Olahan Ikan

Selain menyajikan aneka olahan makanan daging atau ayam, kamu juga bisa membuat alternatif menu lainnya seperti menyajikan aneka olahan ikan. Kamu bisa memilih menu ikan misalnya gurame asam manis, atau pepes ikan.

5. Mie Goreng Seafood

Selain nasi, kamu juga bisa menyajikan menu tambahan mie goreng. Jika sudah bosan dengan menu olahan mie goreng yang dicampur dengan olahan ayam goreng atau bakso goreng dengan sayur kol, dan daun pok coy. Kamu bisa mengganti olahan mie goreng tersebut dengan menggunakan olahan seafood seperti udang, cumi atau seafood lainnya..

Mie goreng seafood ini sangat jarang ditemui di acara pernikahan, dan tentunya ini menjadi alternatif pilihan bagi para tamu undangan yang tidak ingin makan nasi.

6. Lotek atau Karedok

Ketika datang ke acara pernikahan dan menikmati prasmanan nikahan tidak semua tamu undangan ingin mengkonsumsi nasi, karena itu kamu harus menyiapkan menu makanan lain yang bisa menggantikan nasi putih, sehingga tamu undangan bisa tetap menikmati hidangan yang disediakan.

Selain menyajikan olahan mie goreng seafood, kamu juga bisa memilih karedok atau lotek. Campuran antara sayuran dengan bumbu sambal kacang yang lezat ini dijamin bisa menggugah selera tamu undangan dan dapat disajikan di berbagai konsep pernikahan, dari pernikahan adat hingga pernikahan minimalis.

7. Menu Aneka Sate

Selain menu masakan bakso, aneka sate masih menjadi menu makanan pernikahan yang lezat dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Kamu dapat memilih pilihan menu sate ayam atau sapi untuk menyediakan sate sebagai menu prasmanan.

Sate ayam dan sate sapi tersebut mempunyai rasa gurih dan bisa disajikan dengan berbagai menu lain tanpa rasa perbedaan rasa yang terlalu kontras. Sebaiknya kamu tidak menyajikan aneka makanan dengan menu daging berbau tajam seperti sate kambing.

Test Food Gratis Lewat Vendor Catering di WeddingMarket, Yuk!



Makanan Pelengkap di Prasmanan

Foto: kckate16 on iStock

Setelah kamu mengetahui berbagai rekomendasi menu yang bisa dihidangkan saat prasmanan, kamu juga bisa menambahkan menu pelengkap di bawah dan menjadi pilihan bagi para tamu undangan. Menu atau makanan pelengkap misalnya kerupuk dan sambal yang banyak digunakan sebagai pelengkap makanan catering pernikahanNamun selain itu, berikut merupakan makanan prasmanan nikahan yang bisa ditambahkan, di antaranya:

1. Bakso

Menu catering pernikahan yang satu ini merupakan menu yang tidak boleh kamu lewatkan karena disukai oleh lidah masyarakat Indonesia. Bakso dapat kamu sajikan dengan mangkuk kecil yang sudah diatur sehingga para tamu undangan dapat  mengambil sendiri bakso tersebut.

2. Siomay

Menu makanan khas Bandung ini bisa memberikan pilihan yang lebih variatif kepada tamu undangan dan menjadi camilan yang enak untuk disajikan dalam meja prasmanan sebagai menu makanan yang ringan.

Untuk mempermudah para tamu undangan memakannya sebaiknya gunakan mangkuk kecil yang sudah diatur sehingga tamu hanya perlu mengambil langsung makanan tersebut. Tidak lupa sediakan serbet atau tisu saat menyajikan siomay, karena saos atau toppingnya bisa membuat baju ternoda.

3. Zupa Sup

Pada setiap prasmanan nikahan biasanya tidak ketinggalan menu yang satu ini. Zupa sup menjadi makanan yang bisa diterima oleh setiap kalangan. Dengan teksturnya yang kental, isian dari zupa sup ini beraneka ragam seperti potongan ayam, jagung manis atau topping lain sesuai kreasi si koki.

4. Aneka Olahan Salad Buah dan Sayur

Di menu prasmanan kamu juga dapat menyajikan buah-buahan sehingga tamu undangan mendapatkan sajian yang lengkap dan segar. Kamu bisa memotongnya menjadi ukuran yang kecil agar memudahkan tamu undangan mengkonsumsi buah yang kamu sediakan.

Pilih beberapa buah kemudian campurkan dengan buah yang lain bisa menjadi campuran yang tepat sehingga dapat menambah cita rasa yang kamu sediakan di meja prasmanan.

Kamu juga bisa menyajikan menu olahan seperti salad buah dan juga salad sayuran, dibandingkan menu lainnya menu ini sangat bergizi. Kamu bisa menambahkannya dengan tambahan yogurt, agar-agar bening, dan juga susu low fat. Pastikan salad tersebut diberi es balok agar terlihat jauh lebih segar sebelum disajikan.

5. Air Mineral

Jangan lupakan minuman air mineral ketika menyajikan makanan prasmanan nikahan, dengan menyediakan dalam bentuk gelas atau botol, sehingga dapat membebaskan tamu undangan untuk memilih yang sesuai dengan selera.

6. Teh

Selain menyajikan air mineral kamu juga bisa menyajikan minuman teh yang disajikan dengan berbagai cara, baik panas atau dingin. Jika cuaca sedang panas, kamu bisa memberikan es teh dengan potongan lemon yang dapat menyegarkan.

7. Es Krim

Menu tambahan yang tidak boleh terlewatkan adalah menu es krim. Tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, es krim juga disukai oleh semua umur.

Masih banyak menu lain yang bisa kamu masukkan selain beberapa menu prasmanan di atas tersebut. Untuk menentukannya kamu bisa berdiskusi dengan vendor catering makanan yang sudah kamu pilih.

Itu dia beberapa menu prasmanan nikahan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi, sehingga kamu dapat menyajikannya untuk para tamu undangan yang sudah hadir di pernikahanmu.

Test Food Gratis Lewat Vendor Catering di WeddingMarket, Yuk!

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us