Pilih Kategori Artikel

Mengintip Detail Pesta Prewedding Spektakuler ala Crazy Rich Indian, Anant Ambani & Radhika Merchant
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Apa yang kamu  pikirkan ketika mendengar kata prewedding? Sebagian besar kita tentu membayangkan prewedding adalah sebuah sesi pemotretan yang dijalani oleh pasangan sebelum menggelar pesta pernikahan. Tujuan utama dari foto prewedding itu adalah untuk mengabadikan momen indah dan romantis sebelum pernikahan. Foto-foto prewedding tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari undangan, dekorasi, hingga video pernikahan. 

Namun, definisi prewedding ternyata lebih luas tak hanya sekedar sesi pemotretan saja. Serangkaian prosesi yang dilakukan oleh pasangan sebelum pernikahan juga bisa dikatakan pre-wedding. Seperti halnya prosesi adat di Indonesia, seperti siraman, midodareni dan sebagainya.

Nah, baru-baru ini dunia jagad maya  dihebohkan dengan berita pernikahan anak konglomerat India Mukesh Ambani, yakni Anant Ambani dan Kekasihnya Radhika Merchant yang menggelar pesta prewedding super megah dan mewah. Tak tanggung-tanggung pesta ini dikabarkan menghabiskan biaya hingga triliunan rupiah, loh.

Banyak hal-hal menarik dari pesta prewedding anak Mukesh Ambani ini, selain pestanya dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut, dan juga bertabur bintang papan atas, seperti penyanyi Rihanna, hingga aktor Bollywood Shah Rukh Khan. Penasaran bukan seperti apa megahnya pesta prewedding anak crazy rich Indian ini? Yuk, bersama WeddingMarket kita lihat fakta-faktanya!

Siapa Anant Ambani dan Radhika Merchant dan bagaimana kisah keduanya terjalin?

wm_article_img

Anant Ambani dan Radhika Merchant, kedua nama ini sontak memenuhi kolom pencarian beberapa hari ke belakang, menghebohkan dengan berita pesta prewedding keduanya yang digelar spektakuler dan mengundang sederet tokoh-tokoh ternama seperti Rihanna hingga Bill Gates. Lantas, siapa sih mereka ini? Sebelum kita membahas pesta prewedding-nya yang begitu megah, yuk sedikit berkenalan dengan duo konglomerat asal India ini.  

wm_article_img

Kita mulai dari sang mempelai pria, Anant Ambani, ia adalah putra bungsu dari seorang konglomerat asal India, Mukesh Ambani. Sang ayahanda, Mukesh Ambani adalah seorang konglomerat yang mana merupakan Chairman dan Managing Director Reliance Industries, perusahaan yang memiliki bisnis lintas sektor, seperti minyak, gas, petrokimia, telekomunikasi hinngga layanan keuangan. Menurut catatan Forbes,  Mukesh Ambani merupakan orang terkaya ke-9 di dunia dengan total kekayaan US$83,4 atau sekitar Rp1.313 triliun (asumsi kurs Rp15.751/US$).

wm_article_img

Selanjutnya sang mempelai wanita, Radhika Merchant adalah putri bungsu dari Viren Merchant, yang merupakan CEO sebuah perusahaan farmasi terkemuka di India, Encore Healthcare. Sebelum bekerja di perusahaan milik keluarganya, Radhika lebih dahulu merintis karier sebagai eksekutif sales dan marketing di perusahaan real estate mewah, Isprava. 

Anant dan Radhika, keduanya ternyata sudah saling mengenal dan berteman sedari kecil. Namun kisah asmara keduanya baru terjalin saat keduanya mengenyam pendidikan menengah di India. Tepat pada tahun 2018 silam, keduanya tampak mempublikasikan hubungan keduanya kepada publik melalui unggahan foto bersama. Meski sempat terpisah karena Radhika bersekolah ke luar negeri, tak menyurutkan rasa cinta diantara pasangan ini. Sebelum merayakan pesta prewedding yang spektakuler ini, pada Januari 2023 silam keduanya telah melangsungkan pertunangan yang juga megah di kediaman keluarga Ambani di Mumbai, India.

Pesta prewedding digelar selama tiga hari berturut-turut

wm_article_img

Melansir Hindustan Times, pesta pranikah pasangan Anant Ambani dan Radhika Merchant diselenggarakan di Jamanagar, India. Pesta tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama, para undangan disuguhkan pertunjukan musik dan tarian tradisional khas India. Pada hari kedua, diadakan pesta koktail yang diiringi dengan "wisata" alam liar, termasuk pengalaman menunggang gajah. Sementara itu, pada hari terakhir, digelar upacara pernikahan yang kental dengan nuansa sakral dan penuh dengan tradisi khas India.

wm_article_img

Ambani dan Radhika juga menyelenggarakan acara makan malam bersama untuk 51 ribu warga setempat di Gujarat, India. Pesta makan malam tersebut diselenggarakan di desa Jogwad, yang berlokasi dekat dengan Reliance Township di Jamnagar. Hal tersebut merupakan tradisi turun-temurun di keluarga besar Ambani. Dikabarkan, pesta pra-pernikahan yang diadakan secara meriah dan spektakuler ini  menelan biaya sekitar 120 juta poundsterling, atau setara dengan Rp2,6 triliyun, loh! 

Mengundang tamu-tamu VVVIP dan bintang-bintang dunia

wm_article_img

Menjadi salah satu dari sepuluh orang terkaya di dunia, tak heran bila Ambani mengundang tamu-tamu istimewa dalam acara pra-nikah anaknya. Mulai dari miliader, para pemimpin perusahaan teknologi, hingga selebriti dunia. Diantara tamu-tamu VVVIP tersebut antara lain ada Pendiri Microsoft, Bill Gates;  CEO Meta, Mark Zuckerberg beserta istri; Ivanka Trump; CEO Google, Sundar Pichai; hingga Bob Iger, CEO Disney, menjadi salah satu yang diundang. Dari kalangan selebriti ada Rihanna, hingga artis terkemuka India turut hadir, seperti Shah Rukh Khan, Amir Khan, Salman Khan, Kareena Kapoor, Deepika Padukone, Ranveer Singh, Ranbir Kapoor, Alia Bhatt dan lain-lain. 

wm_article_img

Dalam acara tersebut, Rihanna tampil di panggung utama membawakan 19 lagu selama delapan jam menghibur para tamu undangan. Dalam penampilannya, penyanyi asal Barbados ini mengenakan busana khas India berwarna hijau lime. Kabarnya, honor Rihanna untuk penampilannya ini mencapai US$6 juta hingga US$9 juta atau sekitar Rp94,50 miliar hingga Rp141,71 miliar, loh! Wow! 

Membangun 14 Kuil Suci Sebelum Pernikahan

wm_article_img

Jika di Indonesia ada cerita legenda Roro Jonggrang yang meminta membangun 1000 candi dalam semalam sebagai syarat untuk meminangnya, maka lain halnya dengan kisah Anant dan Radhika.  Alih-alih 1000 candi, Reliance Foundation, yayasan amal yang dikelola oleh keluarga Ambani membangun 14 kuil suci di Jamnagar menjelang pernikahan Anant dan Radhika. Dalam rekaman siaran pers dalam kanal Youtube resminya, pendiri dan ketua Reliance Foundation, Nita Ambani, yang juga merupakan istri dari Ambani, terlihat berkomunikasi dengan berbagai jemaah dan seniman yang terlibat dalam perancangan kuil tersebut. Orang kaya mah bebas, ya!

Megahnya Gaun Pesta Mempelai dan Busana Para Tamu Undangan

wm_article_img

Meriahnya gelaran acara prewedding Anant dan Radhika, mulai dari dekorasi hingga pengisi acaranya, tentu diimbangi pula dengan parade busana mewah yang dikenakan oleh kedua mempelai dan para undangan di pesta tersebut. Kabarnya, busana yang dikenakan oleh Radhika Merchant ditaksir mencapai 120 juta pound sterling atau sekita Rp2,4 triliun, loh

Radhika mengenakan gaun merah muda dari Versace yang dirancang khusus untuk Blake Lively saat ia menjadi salah satu ketua Met Gala 2022, pada hari pertama pesta. Mengambil inspirasi dari keindahan arsitektur Kota New York, busana tersebut pertama kali diciptakan pada tahun 2022 dengan kombinasi warna tembaga dan pirus. Sementara untuk gaun Radhika Merchant ini, diatur oleh Rhea Kapoor, menampilkan perpaduan warna merah muda yang lembut dengan sentuhan metalik, memberikan penampilan yang lebih unik.

wm_article_img

Selanjutnya, gaun kedua  yang dikenakan calon menantu Mukesh Amani ini pada malam itu adalah gaun multi-warna yang lebih cerah. Gaun tanpa lengan yang dihiasi dengan manik-manik ini merupakan hasil karya dari desainer India yang berbasis di London, Ashish Gupta. Pakaian ini mencerminkan gaya dari koleksi Spring/Summer 2024 desainer tersebut, yang mengambil inspirasi dari budaya disko, Studio 54, dan seorang penyanyi India yang menjadi ratu disko di New York City, Asha Puthli.

wm_article_imgwm_article_img

Sebagai pelengkap penampilannya, Radhika Merchant memakai sepasang mules berwarna hijau yang cerah dari Manolo Blahnik dan sepasang kacamata berbentuk hati dari koleksi Cartier. Pada hari kedua dari rangkaian acara tiga hari tersebut, pakaian pertama yang dikenakan oleh Merchant mengadopsi gaya yang lebih tradisional dengan set lehenga, rancangan Manish Malhotra.

Dengan menambahkan sentuhan yang lebih modern, Radhika Merchant mengenakan choli yang terinspirasi dari korset yang dipasangkan dengan jubah bertali yang berfungsi sebagai dupatta. Pakaian jubah seperti ini semakin menjadi tren di kalangan selebritas India sebagai opsi alternatif untuk dupatta tradisional, dan calon istri Anant Ambani ini sepertinya juga memilihnya.

Busana yang dikenakannya didominasi oleh warna sampanye, dihiasi dengan sulaman payet yang rumit. Aksesori yang dipakainya meliputi kalung berlian polki dua tingkat, anting-anting dengan desain tiga lapis yang serasi, serta gelang dan cincin yang dipadukan secara bertumpuk.

wm_article_img

Itu dia beberapa fakta menarik dari momen pesta prewedding Anant Ambani dan Radhika Merchant yang spektakuler. Perayaan yang mewah dan megah semacam ini tentunya tak semua orang bisa mewujudkannya. Namun, kembali lagi kepada kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing, mau pesta mewah atau yang sederhana saja, yang penting esensinya tetap lebih penting, ya. Untuk jadikan momen penyatuan cinta kamu dan pasanganmu lebih berarti dan bermakna!

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_img


Foto: Epic Stories, Joseph RadhikStories by Joseph RadhikNitika Bhasin, Raj Mohapatra, Dinesh Ahuja, via Vogue Weddings, Reuters

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...