Pilih Kategori Artikel

Inilah Rekomendasi 10 Menu Catering Pernikahan Mewah, Mulai dari Kambing Guling hingga Steak Salmon!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hidangan pernikahan menjadi salah satu kunci kelancaran pesta yang digelar. Mengapa demikian? Pasalnya, kualitas dan porsi menu makanan yang disajikan akan diingat oleh para tamu. Hal ini akan membuat calon pasangan pengantin mendapatkan respons positif atau negatif, tergantung pelayanan yang diberikan ke tamu. 

Agar tak mengecewakan tamu yang hadir di pesta pernikahan kalian, menu catering haruslah bervariasi dan tersedia dalam beragam pilihan. Beberapa jenis hidangan, mulai dari tradisional, western, hingga Asia bisa kalian pertimbangkan, agar tamu memiliki banyak pilihan yang bisa mereka nikmati. 

Menu catering pernikahan mewah bisa dijadikan sebagai referensi, terlebih jika tamu yang kalian undang banyak dari kalangan pejabat atau orang penting lainnya. Pilihlah vendor catering yang sudah berpengalaman dalam menyajikan menu mewah, agar rasa dan kualitasnya terjamin. 

Jika ingin menu catering pernikahan mewah dalam pesta yang kalian selenggarakan, ada beberapa rekomendasi yang bisa dicoba, nih, Dears! Simak, yuk!

1. Kambing guling 

wm_article_img
Foto: Kambing Guling Ajiib

Kambing guling bisa dibilang merupakan menu catering pernikahan mewah, karena harganya berkisar 1,6 juta atau lebih per ekor, tergantung ukuran kambing. Rasanya gurih dan sedikit manis membuat siapa saja menyukainya. Sambal kecap dan nasi kebuli menjadi perpaduan sempurna untuk hidangan ini. 

Tidak semua pesta pernikahan menyajikan hidangan ini, sehingga banyak pengunjung yang merasa senang saat kambing guling tersaji. Jika tamu yang kamu dan pasangan undang cukup banyak, sebisa mungkin sediakan kambing guling lebih dari 1 ekor agar tidak kehabisan sebelum acara usai, ya. 

Pro tip: Saat test food, pastikan menu kambing guling yang kalian cicipi tidak berbau prengus yang dapat menurunkan selera makan.  

2. Lasagna

wm_article_img
Foto: cupcakesandkalechips.com

Hidangan asal Italia ini juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Lapisan pasta yang lembut berpadu dengan daging cincang serta saus Bolognese yang gurih, asam, dan manis sangat cocok untuk menjadi menu catering pernikahan mewah. Apalagi, jika lasagna yang disajikan dilengkapi dengan irisan keju mozzarella yang semakin menambah kenikmatan. 

Lasagna kerap menjadi hidangan pembuka sebelum tamu undangan mencicipi hidangan utamanya. Agar tidak enek, pastikan komposisi dari saus, pasta, dan keju mozzarella seimbang. 

Pro tip: Lasagna sangat lezat jika dinikmati dalam keadaan hangat. Oleh karena itu, kalian dapat meminta vendor catering untuk menempatkan display dengan penghangat atau microwave di venue pernikahan. 

3. Steak salmon

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Bagi penyuka hidangan western, steak salmon ini wajib banget masuk ke dalam menu catering pernikahan mewah. Rasanya yang gurih dan lembut serta dihidangkan dengan mashed potato dan saus steak membuat lidah siapa pun akan bergoyang. Nggak akan ada yang menolak kelezatan steak salmon di pesta pernikahan kalian, Dears!

Pro tip: Pastikan potongan salmon pas, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Ketebalannya juga harus proporsional, jangan terlalu tipis ataupun terlalu tebal. 

4. Steak daging 

wm_article_img
selerasa.com

Setelah tadi steak salmon, saatnya steak daging beraksi! Menu yang satu ini nggak pernah ketinggalan dalam pernikahan mewah, Dears! Steak dengan tingkat kematangan tertentu, seperti rare, medium, atau well done, akan dipadukan dengan saus nikmat yang bikin perut bahagia. Pilihan daging yang digunakan bisa bervariasi, mulai dari tenderloin, sirloin, rib eye, flank, tomahawk, hingga wagyu.  

Pro tip: Berikan tampilan terbaik pada setiap piring dengan tambahan karbohidrat (mashed potato, potato wedges, atau potato chips) dan berbagai olahan sayuran segar. Pastikan pula tingkat kematangan daging pada steak sesuai dengan keinginan tamu undangan. 

5. Roasted duck dan nasi Hainan

wm_article_img
Foto: experiencesunnybank.com.au

Roasted duck atau bebek panggang dengan nasi Hainan ini bisa menjadi salah satu menu catering pernikahan mewah, lho, Dears! Daging bebek yang lembut dan kulit yang lumayan krispi menghasilkan rasa gurih dan manis, membuat hidangan ini cocok untuk semua kalangan. 

Dilengkapi dengan nasi Hainan yang gurih, roasted duck benar-benar menjadi hidangan yang sempurna dalam pesta pernikahan kalian.

Pro tip: Daging bebek bisa menjadi alot jika pengolahannya tidak tepat. Jadi, pastikan daging bebek pada roasted duck yang kalian cicipi saat test food memiliki keempukan yang pas dan bumbunya meresap sempurna. 

6. Salmon en croute

wm_article_img
Foto: thefatduckgroup.com

Salmon en croute pernah menjadi perbincangan khalayak ramai, saat salah satu tayangan kompetisi masak di Indonesia mengangkat hidangan ini. Tak ayal, salmon en croute menjadi begitu populer, termasuk dalam menu catering pernikahan mewah. 

Hidangan ini terdiri dari salmon dan en croute bayam yang dilapisi kulit pastri. Rasanya gurih dan creamy, ditambah lagi kulit pastri yang lembut dan renyah. Satu potong salmon en croute ini sudah cukup mengenyangkan, lho, Dears!

Pro tip: Salmon en croute lebih nikmat saat dimakan dalam kondisi hangat. Oleh karena itu, mintalah pihak vendor catering untuk menyediakan display penghangat makanan atau microwave dalam venue pesta pernikahan kalian, ya. 

7. Nasi Kapau komplet

wm_article_img
Foto via tangerangcorner.com

Siapa bilang nasi Kapau tidak bisa menjadi menu catering pernikahan mewah? Salah satu rangkaian acara pernikahan aktris cantik Nikita Willy menjadikan nasi Kapau sebagai menu utamanya. Dengan menu-menu lezat, seperti gulai tunjang, tambusu, rendang, dendeng cabe ijo, dan sambal balado membuat hidangan di pesta pernikahan kamu dicintai oleh banyak tamu undangan. 

Pro tip: Kamu dan pasangan dapat memilih masakan Kapau yang bisa dinikmati dengan sendok dan garpu, karena biasanya tamu undangan kurang suka makan pakai tangan saat menghadiri acara besar. Kalian bisa memilih menu, seperti rendang, dendeng, atau tunjang, tetapi pastikan semua hidangan daging empuk dan lembut, ya, Dears!

8. Pesto pasta

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Pesto pasta cocok untuk jadi jamuan pesta pernikahan pilihan vegan, karena menggunakan sayur-sayuran hijau seperti bayam dalam pembuatan saus pastanya. Pasta ini juga bisa ditambahkan pelengkap seperti paprika dan daun bawang panggang yang membuat rasanya semakin gurih, segar, dan beraroma. 

Pro tip: Jika dihidangkan dalam porsi yang banyak di meja prasmanan, pastikan wadah pesto pasta dilengkapi dengan penghangat, agar rasanya tidak berubah dan tetap lezat. 

9. Baklava

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Baklava merupakan hidangan penutup asal Turki dan negara-negara bekas Kesultanan Utsmaniyah, yang memiliki cita rasa manis. Dessert ini terbuat dari campuran kacang walnut dan pistachio, serta diberi pemanis berupa gula atau madu dan dibungkus dengan kulit pastri tipis. Teksturnya renyah dan membuat kalian jatuh cinta dalam sekali gigitan. 

Nggak hanya kamu dan pasangan yang akan jatuh cinta, tamu undangan juga pasti merasakan hal yang sama saat baklava pecah di dalam mulut mereka. Jadi, hidangan ini patut dimasukkan dalam menu catering pernikahan mewah kalian, ya! 

Pro tip: Karena hidangan ini bercita rasa manis, pastikan baklava yang kalian cicipi saat test food memiliki rasa manis yang pas agar tidak giung. Jika terlalu manis, sampaikan kepada vendor catering pernikahan untuk mengubah takaran pemanisnya hingga sesuai yang kalian inginkan. 

10. Sate maranggi 

wm_article_img
Foto via piknikdong.com

Satu lagi menu khas Indonesia yang bisa menjadi menu catering pernikahan mewah, yaitu sate maranggi. Sate khas Sunda, tepatnya dari daerah Purwakarta ini memiliki cita rasa manis gurih dengan sambal tomat yang segar. Selain itu, dagingnya juga terkenal empuk dengan paduan lemak sapi yang gurih dan kenyal. 

Membayangkan hidangan ini ada dalam daftar menu makanan pesta pernikahan kalian saja sudah membuat air liur menetes, ya, Dears? Sate maranggi akan semakin lengkap jika dinikmati bersama nasi putih hangat dan pastinya sambal tomat. Jadi, jangan sampai 2 pelengkap tersebut ketinggalan, ya!

Pro tip: Keempukan daging sapi menjadi hal yang krusial dalam hidangan ini. Jadi, pastikan vendor catering pilihanmu memberikan daging sapi berkualitas yang rasanya gurih dan dagingnya empuk serta effortless saat dikunyah. 

Gimana? Sudah cukup memberi inspirasi, kan, ragam menu catering pernikahan mewah ala WeddingMarket ini? Selain memberi banyak pilihan bagi para tamu, variasi menu juga bisa menghindari antrean panjang yang kerap terjadi di pesta pernikahan. Apabila antrean sudah mengular, banyak tamu yang enggan untuk mengambil makanan dan berakhir pulang tanpa mencicipi satu jenis hidangan pun. Tentu saja kamu dan pasangan tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Banyak vendor catering menu pernikahan mewah yang tersedia di WeddingMarket, dan bisa dipilih sesuai konsep pernikahan dan hidangan favoritmu. Segera booking vendor catering pilihan dan tentukan menu spesial yang ingin kamu sajikan untuk para tamu di hari bahagia nanti. Selamat menikmati, ya, Dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...