Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Model Sanggul Modern dari Rambut Sendiri yang Cantik dan Modis
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sanggul atau konde merupakan salah satu model tata rias rambut yang sering digunakan untuk menghadiri acara formal, seperti wisuda, lamaran, ataupun pernikahan. Dahulu, tidak banyak model sanggul yang bisa digunakan oleh wanita, pilihannya hanya sebatas sanggul sederhana baik dengan rambut sendiri maupun rambut palsu (wig) atau konde. Namun seiring berkembangnya waktu, para penata rias rambut (hair stylist) berhasil melakukan berbagai inovasi sehingga muncul berbagai pilihan sanggul modern dengan rambut sendiri sebagai opsi yang bisa dipilih. 

Salah satu inovasi yang berhasil dibuat oleh penata rias rambut adalah model sanggul modern dengan rambut sendiri bagi wanita berambut pendek. Tentunya inovasi tersebut sangat berguna bagi para wanita berambut pendek yang juga ingin tampil cantik dan anggun dengan tatanan rambut sanggul modern rambut pendek yang dapat dipergunakan untuk berbagai acara penting seperti lamaran dan pernikahan. 

Model sanggul modern juga bisa disesuaikan dengan karakter wajah si pengguna, tatanan rambutnya bisa dibentuk menurut proporsi wajah, termasuk sanggul untuk wajah bulat tembem agar tampak lebih tirus. Nah, bagi kamu yang berminat untuk menggunakan sanggul modern dengan rambut sendiri, namun masih bingung mengenai model yang harus kamu gunakan, berikut beberapa referensinya untukmu.

  1. Chignon

wm_article_img

Sanggul model chignon | Yudi Purnama Hairstylist

Rekomendasi model sanggul yang pertama adalah sanggul chignon. Nama chignon sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu ‘chinon du cou’ yang berarti tengkuk. Sesuai dengan artinya, sanggul chignon memang sanggul yang dibuat dengan cara dibuat gulungan lalu disematkan di belakang tengkuk.

Sanggul chignon biasa digunakan untuk acara pernikahan. Model sanggulnya yang unik dan memberikan kesan rapi, membuat sanggul chignon cocok digunakan sebagai sanggul pengantin saat resepsi. Selain pesta pernikahan, chignon juga bisa digunakan untuk acara lain seperti wisuda dan pesta ulang tahun.

Selain bisa dibuat rapi, sanggul chignon juga bisa dibuat sedikit berantakan seperti keinginanmu. Caranya adalah dengan mengeluarkan beberapa helai rambut di samping telinga. Hal tersebut tidak saja merubah kesan formal di penampilan tapi juga membuat penampilan kamu menjadi lebih manis.

  1. Side Low Bun

wm_article_img

Model sanggul sided low bun | Yemima Egytha


Rekomendasi sanggul yang kedua adalah side low bun. Dalam pembuatan side low bun, rambut kamu harus dibuat kepangan terlebih dahulu di kedua sisi, setelah itu kepangan tersebut disatukan hingga membentuk sebuah sanggul dan dijepit menggunakan jepitan rambut.

Side low bun termasuk model sanggul klasik yang sudah ada sejak lama. Walaupun model tersebut klasik, namun sanggul yang dihasilkan tetap cantik dan membuat penampilan seseorang menjadi manis. Untuk memberikan daya tarik lebih, kamu bisa menambahkan detail lain seperti poni, agar tampilan kamu lebih imut dan lebih awet muda.

  1. Sleek Low Bun

wm_article_img

Model Sanggul Sleek low bun | Yemima Egytha

Jika kamu ingin menggunakan sanggul dengan proses pembuatan yang mudah namun hasilnya terlihat rumit, kamu bisa menggunakan sleek low bun. Sanggul sleek sendiri bisa kamu buat dengan cara menguncir kuda rambut, kunciran tersebut tidak perlu kamu buat terlalu tinggi, cukup di bagian tengkuk saja. setelah itu, gulung rambut perlahan ke belakang leher. 

Gulung menuju ke arah dalam, mulai dari ujung rambut hingga ke bagian pangkal. Jika sanggul sudah terbentuk, kamu bisa menyelipkan beberapa penjepit rambut, untuk menahan sanggul tidak rusak. Untuk menghindari penampilan terlihat sepi, kamu bisa menggunakan aksesoris lain seperti jepitan berbentuk bunga ataupun yang lain.

  1. Twisted Low Bun

wm_article_img

Sanggul modern | Hairdo by Rose

Jika kamu menyukai sanggul yang menampilkan kesan fresh dan terlihat awet muda, kamu bisa menggunakan twisted low bun. Model sanggul satu ini memang lebih banyak digunakan oleh para remaja. Walaupun begitu, perempuan dewasa tetap bisa menggunakan twisted low bun. Cara membuat twisted low bun termasuk muda. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyisir rambut, agar rambut lebih mudah diatur. Setelah selesai disisir, ambil salah satu bagian rambut, lalu kamu putar bagian tersebut hingga berbentuk gulungan. 

Gulung rambut tersebut hingga mencapai ke bagian lain. Gulungan rambut lalu kamu tarik ke bagian tengah hingga bisa kamu bentuk menjadi cepolan. Jepit cepolan menggunakan jepitan rambut, agar cepolan tidak mudah rusak. Jika dilihat secara sekilas, twisted low bun termasuk jenis sanggul dengan hasil tidak terlalu rapi. Namun, justru itu lah daya tarik utamanya. Dengan hasil yang tidak terlalu rapi, membuat twisted low bun bisa digunakan di acara informal, seperti pergi ke mall, atau rekreasi bersama keluarga.

  1. Messy half knot

wm_article_img

photo via pinterest.com

Model sanggul lain yang cocok digunakan untuk acara informal adalah messy half knot. Sanggul satu ini cocok kamu gunakan untuk pergi bersama teman, liburan keluarga ataupun aktivitas outdoor lain. Selain berfungsi membuat penampilan menjadi lebih cantik, messy half knot juga berfungsi untuk menghindari kamu dari rasa gerah, terutama jika kamu ingin melakukan aktifitas di luar rumah. 

Hal ini sangat wajar terjadi, mengingat aktivitas di luar rumah membutuhkan banyak tenaga dan sering kali mengeluarkan banyak keringat, sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu harus menggulung rambut.

Sesuai dengan namanya, messy half knot memang tipe sanggul yang dibuat setengah, sedangkan rambut yang lain dibiarkan terurai. Walaupun begitu, messy half knot termasuknya mudah dibuat, loh. Kamu hanya perlu mengambil seperempat rambut, setelah itu kamu gulung rambut tersebut hingga membentuk cepolan dan kamu ikat menggunakan karet rambut.

Messy half knot sendiri sebenarnya bisa digunakan oleh semua orang, namun tipe sanggul satu ini sangat direkomendasikan bagi perempuan yang punya tipe wajah bulat. Pasalnya sanggul tersebut bisa menutupi wajah yang bulat dan membuat ilusi wajah terlihat lebih tirus.

  1. Ballerina Bun

wm_article_img

Sanggul modern | Hairdo by Rose

Ballerina bun adalah model sanggul yang terinspirasi dari sanggul para penari balet. Ballerina bun berbentuk cepolan yang terletak di atas kepala. Oleh karena bentuknya yang unik, rapi dan terkesan formal, membuat ballerina bun juga berkembang di kalangan masyarakat biasa. Sanggul satu ini tidak lagi digunakan hanya di kalangan para ballerina tapi masyarakat biasa pun mulai banyak yang menggunakannya.

Ballerina bun sendiri bisa kamu gunakan untuk acara formal seperti pesta ulang tahun, lamaran dan wisuda. Dengan bentuknya yang simpel dan sederhana, pembuatan ballerina bun tidak membutuhkan banyak waktu. Kamu cukup menyisir rambut, lalu mengikat rambut ke atas sampai membentuk cepolan.

Jika rambutmu pendek dan kesusahan dalam membentuk cepolan, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti kuncir donut, yang bisa mempermudah kamu. Selain itu, jika wajah kamu bulat, untuk menutupinya, kamu bisa menggerai beberapa helai rambut di bagian depan.

  1. Side Brided Bun

wm_article_img

Model sanggul side braided bun | Yemima Egytha

Sanggul modern bergaya side brided bun mempunyai konsep yang hampir sama dengan chignon, yaitu sanggul yang diletakkan di dekat tengkuk. Hanya bedanya adalah, rambut dikepang dulu, baru setelah itu disatukan menjadi sanggul yang diletakkan di tengkuk. Sanggul ini cocok digunakan sebagai sanggul pengantin, lamaran atau tunangan, ataupun untuk wisuda.

Dengan sanggul yang ada di tengkuk, membuat sanggul ini juga aman digunakan bagi kamu yang akan wisuda. Hal ini disebabkan karena sanggul terletak di bawah kepala, sehingga tidak akan rusak terkena toga. Jika kamu ingin kesan yang berantakan dan tidak terlalu rapi, kamu bisa mengeluarkan beberapa helai rambut yang ada di kanan dan kiri kepala. Rambut tersebut bisa kamu curly agar lebih cantik. 

  1. Sanggul Kepang

wm_article_img

Sanggul kepang | Melissa

Jika kamu ingin tampil imut di acara formal, kamu bisa sekali menggunakan sanggul model kepang. Berbeda dengan sanggul lain yang dililit atau dicepol langsung, sanggul kepang justru dibuat dengan cara dikepang terlebih dahulu. Hanya saja, bentuk kepangan yang digunakan pada sanggul ini bukan kepangan biasa. Melainkan kepangan yang dibuat dari akar rambut hingga ke ujung rambut yang saling berkesinambungan.

Oleh karena rumitnya pembuatan sanggul kepang, kamu tidak bisa mengerjakannya sendiri. Kamu harus meminta bantuan orang lain untuk membuat bentuk kepangan yang bagus, atau menyewa jasa penata rias rambut untuk hasil yang lebih rapi.

Awal mula munculnya sanggul kepang, berawal dari para artis Hollywood yang menggunakan sanggul tersebut di acara penghargaan. Modelnya yang lucu dan membuat penggunanya nampak awet muda, membuat orang-orang yang melihatnya jadi terinspirasi dan berniat untuk menggunakan sanggul tersebut di acara formal mereka.

Oleh karena itu, tidak heran jika semakin berkembangnya waktu, sanggul kepang tidak hanya digunakan oleh para selebriti, tapi orang-orang biasa juga ikut menggunakannya.

  1. Top Style

wm_article_img

photo via styleweekly.com


Model rambut sanggul modern berikutnya adalah sanggul top style. Sanggul top style adalah sanggul yang cocok untuk kamu yang ingin tampil beda dan menjadi pusat perhatian. Pasalnya, ukuran sanggul yang dimiliki oleh model satu ini tidak main-main, panjangnya bisa melebihi 10 cm.

Hal ini disebabkan karena pada model top style, semua rambut ditarik ke atas kepala, setelah itu baru diikat dan dibentuk menjadi sebuah sanggul. Penarikan rambut ini pun tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus berada di titik tengah kepala, yang segaris dengan ujung telinga kiri dan kanan agar bentuknya sejajar. Dengan penempatan sanggul yang harus sejajar tersebut, membuat sanggul jenis ini dinamakan sebagai top style.

Dalam penerapannya di lapangan, ternyata tidak semua wanita mampu menggunakan sanggul top style. Selain karena bentuknya yang terlalu unik, sanggul ini juga menimbulkan sakit kepala di sebagian wanita. Hal tersebut tidak lepas dari penarikan rambut yang kuat untuk menciptakan sanggul top style yang sempurna. Namun jika kamu tipe individu yang mudah sakit kepala, kamu tidak perlu memaksakan untuk menggunakan sanggul ini. Kamu bisa menggunakan sanggul lain yang lebih nyaman digunakan.

  1. Sanggul Fantasy

Sanggul fantasy merupakan salah satu model sanggul terunik yang punya bentuk dan ketinggian sanggul yang tidak terbatas. Sanggul fantasy sering dibuat secara spontan oleh penata rambut. Biasanya hal tersebut bisa terjadi setelah penata rambut melakukan observasi terhadap bentuk wajah kliennya. Setelah observasi dilakukan, penata rambut baru memutuskan model sanggul apa yang cocok untuk diaplikasikan kepada sang klien. Hal ini mereka lakukan agar klien bisa nampak lebih cantik dan sanggul yang digunakan bisa menutupi kekurangannya.

Sesaat setelah penata rias memikirkan sebuah model, ia lalu akan mendiskusikan kepada sang klien terkait model yang akan ia buat. Jika klien tersebut setuju, maka sang penata rias pun akan langsung membuatnya. Bisa dikatakan bahwa sanggul fantasy merupakan sanggul abstrak yang tidak memiliki standar tertentu yang harus diikuti. 

  1. Sanggul  Gala

wm_article_img

photo via pinterest.com

Sanggul gala merupakan salah satu rekomendasi model sanggul modern yang bisa kamu gunakan untuk acara resmi seperti wisuda ataupun pernikahan. Walaupun sanggul gala terlihat susah dibuat, tapi jika kamu tipe individu yang sabar dan telaten, kamu bisa dengan mudah membuat sanggul ini.

Cara pembuatan sanggul gala terbilang gampang, kamu cukup membentuk rambut ke samping hingga bisa dibentuk menjadi sanggul. Sanggul tersebut bisa kamu tempatkan di belakang ataupun di atas kepala.

Hanya saja jika kamu ingin membuat sanggul di atas kepala, kamu harus memikirkan tinggi sanggul. Pasalnya maksimal sanggul rata-rata di satu setengah jengkal jari tanganmu. Jika tingginya lebih dari itu, tidak hanya bentuk sanggulnya yang terlihat aneh, namun sanggul yang terlalu tinggi juga bisa membuat kepalamu menjadi pusing.

  1. Back Style

Model sanggul modern untuk pesta yang selanjutnya adalah back style. Sanggul back style adalah sanggul dimana titik ikatan dan titik beratnya berada di belakang tengkuk. Dalam membuat sanggul back style, kamu tidak memerlukan sanggul yang terlalu tinggi, cukup dengan ukuran sedang ataupun kecil, sudah cukup membuat tampilanmu lebih menawan. Sanggul back style sendiri bisa digunakan dengan gaya polosan ataupun dengan tambahan aksesoris, seperti tiara atau pun jepitan rambut lain.

  1. Front style

wm_article_img

Model sanggul front style | hji.co.uk

Salah satu jenis sanggul unik lain adalah front style. Jika ada sanggul back style, atau sanggul belakang maka ada pula sanggul depan atau front style. Sesuai dengan namanya, sanggul front style memang ditempatkan di bagian kepala depan. Namun, sekalipun letak sanggulnya berapa di kepala depan, bukan berarti sanggul tersebut dibuat secara asal-asalan. Justru karena letaknya ada di depan, penempatan sanggul harus tepat. Jangan terlalu depan hingga bentuknya seperti jambul. Jika seperti itu, sanggul yang dihasilkan bukannya membuat cantik justru menjadi bahan tertawaan.

Kunci dari pembuatan front style adalah sanggul yang tidak boleh terlalu tinggi dan jangan sampai menutupi alis. Pasalnya jika bentuknya terlalu tinggi ataupun terlalu maju, sanggul tersebut akan terlihat aneh dan membuat pesona si pengguna menjadi tertutup. Biasanya untuk membuat sanggul front style, para penata rias rambut akan membuat sanggul dengan ukuran kecil, dan melilitkan sebagian rambut ke bagian kening. Jika ingin penampilan yang lebih ramai, kamu bisa menyematkan aksesoris seperti tiara di beberapa titik.

Itulah beberapa rekomendasi model sanggul yang bisa kamu buat menggunakan rambut sendiri. Model sanggul sekarang memang berbeda dari sanggul zaman dulu yang lebih banyak menggunakan sanggul palsu atau sanggul tambahan. Berkembang pesatnya model sanggul yang terbuat dari rambut sendiri tidak lepas dari semakin banyaknya masyarakat yang lebih menyukai hal yang bersifat alami tanpa ada tambahan apapun, termasuk dalam hal sanggul. Mereka lebih menyukai sanggul yang terbuat dari rambut sendiri, selain nampak lebih alami juga ukurannya tidak sebesar dari sanggul palsu. Selain karena bentuknya lebih kecil, sanggul zaman sekarang juga mempunyai berbagai bentuk dan model, mulai dari model sanggul sederhana, hingga yang rumit bisa dibuat dari rambut asli kamu.

Baca juga: Rekomendasi Model Sanggul Modern Untuk Wanita Rambut Pendek

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...