Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Model Kebaya untuk Seragam Orang Tua Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat diselenggarakannya pesta pernikahan, bukan hanya pengantin yang ingin tampil cantik dan menawan, tapi orang tua dari kedua mempelai juga harus tampil anggun di pesta pernikahan anaknya. Oleh karena itu, dibuatlah baju seragam keluarga untuk pernikahan terutama untuk para ibu dari kedua mempelai. Baju seragam keluarga ini bisa model kebaya, gamis atau gaun yang cocok dikenakan untuk orang tua.

Sebenarnya, seragam keluarga tidak terbatas digunakan oleh para orang tua saja, tapi juga digunakan oleh kerabat pengantin. Namun secara khusus, dalam artikel ini WeddingMarket akan membahas mengenai tips memilih model kebaya untuk seragam orang tua pengantin modern maupun tradisional, agar ibu-ibu juga tampil cantik dan anggun ketika mendampingi kamu duduk bersanding di pelaminan. Berikut beberapa tips sebelum menentukan model kebaya untuk ibu-ibu tersayang.

Tips Memilih Model Kebaya untuk Seragam Orang Tua Pengantin

1. Melakukan Riset Bahan, Desain, dan Harga

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memilih model kebaya untuk seragam orang tua adalah melakukan riset terlebih dahulu. Hal satu ini sangat penting untuk dilakukan, agar kamu bisa mendapatkan banyak referensi antara lain tentang bahan kebaya yang bagus, penjahit yang kompeten, model yang sedang tren, supaya  seragam yang kamu dapatkan pun hasilnya bisa maksimal.

Kamu perlu mencari tahu terkait model seragam yang banyak digunakan oleh orang tua zaman sekarang, pasalnya banyak sekali model dan desain baju orang tua yang beredar di pasaran. Namun, model seragam tersebut belum tentu cocok untuk kedua orang tuamu.  Riset ini bisa lakukan dengan mencari tahu melalui berbagai sumber, mulai dari internet, buku, majalah hingga bertanya kepada para desainer. 

Dari sumber-sumber tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak referensi model kebaya atau seragam untuk ditawarkan pada para ibu-ibumu. Selain mendapatkan referensi model seragam keluarga, kamu juga mendapatkan informasi terkait harganya. Nah, dengan demikian kamu bisa memperkirakan besaran budget yang akan dikeluarkan.

2. Menentukan Dress Code

wm_article_img

Baju Seragam Kebaya Keluarga Pengantin by RumahKebaya.id

Dalam menyiapkan seragam pernikahan, kamu tidak boleh asal. Sebab, kamu harus mencocokkan juga dengan tema pernikahanmu. Oleh karena itu, sebelum membeli seragam keluarga pengantin, sebaiknya ditentukan dulu dresscode-nya. Misalnya, tema pernikahan tradisional, maka dresscode seragamnya pun bergaya tradisional. Seragam dengan konsep tradisional ada banyak macamnya, kamu bisa memilih model kebaya, baju kurung atau pun baju adat yang lain. Begitu pula dengan konsep modern, alih-alih model kebaya tradisional, kamu bisa membuat gaun yang terbuat dari kain satin atau silk, yang cocok digunakan oleh orang tua.

3. Membuat Seragam yang Sama Untuk Ibu dan Mertua

Ketika kamu membuat seragam keluarga pengantin, terutama untuk para orang tua, kamu harus menyamakan entah dari segi bahan ataupun desainnya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kecemburuan yang bisa terjadi antara ibumu dan ibu mertua, juga supaya semakin serasi dan kompak. Maka dari itu, sebisa mungkin disamakan model kebaya atau gaun untuk seragam orang tua pengantin ini, ya

4. Membeli atau Menyewa

Sebagian besar orang mengira bahwa seragam keluarga pengantin hanya bisa didapatkan melalui membeli atau menjahit sendiri. Namun ternyata, ada pilihan yang lebih praktis dan ramah di kantong, loh, yakni dengan menyewa seragam. 

Sebagai informasi, ada banyak tempat yang menyediakan sewa seragam keluarga untuk pesta pernikahan. Salah satunya, di salon kecantikan. Beberapa salon kecantikan tidak hanya menyediakan jasa rias dan sewa baju pengantin saja, tapi juga menyediakan sewa seragam keluarga pengantin. Model yang dapat dipilih pun beragam, namun rata-rata seragamnya model kebaya tradisional atau modern.

Selain salon, kamu juga bisa menyewa seragam di tempat khusus penyewaan gaun pengantin dan baju seragam keluarga pengantin. Biasanya, tempat tersebut memang khusus menyediakan jasa sewa baju dengan desain dan model yang beragam. 

Jangan lupa, ketika ingin menyewa seragam untuk orang tuamu, persiapkanlah dari jauh-jauh hari. Sebab, di beberapa tempat, tidak bisa menyediakan seragam secara instan. Apalagi jika kamu meminta model kebaya dengan desain yang unik dan sulit ditemukan. Jadi, alangkah baiknya apabila kamu bisa meluangkan waktu tiga hingga dua bulan sebelum pesta pernikahan, untuk mencari tempat sewa entah baju pengantin maupun seragam keluarga.

5. Menanyakan Pendapat Orang Tua dan Mertua

Tips terakhir dalam memilih seragam keluarga pengantin adalah menanyakan pendapat dari kedua orang tua dari dua belah pihak, baik itu ibumu dan ibu mertua.  Hal tersebut harus kamu lakukan, mengingat seragam yang disiapkan akan digunakan oleh mereka. Kamu bisa menanyakan pendapat orang tua sebelum dan sesudah memilih seragam. Misalnya sebelum memilih seragam, kamu bisa menanyakan terkait seragam impian yang ingin digunakan oleh para orang tua. 

Jika orang tua belum mempunyai gambaran terkait dengan seragam yang ingin mereka kenakan, kamu bisa memberikan beberapa referensi model kebaya atau gaun yang tengah populer dan banyak digunakan oleh orang-orang. Dari referensi tersebut, orang tua bisa memilih model seragam mana yang ingin mereka gunakan di pesta pernikahan anaknya nanti. 

Setelah proses pembuatan seragam hampir selesai, kamu bisa menanyakan lagi pendapat orang tua, terkait dengan hasilnya. Apakah mereka sudah puas dengan hasilnya, atau mereka ingin menambahkan beberapa aksesoris di seragam tersebut. 

Rekomendasi Model Seragam Pernikahan yang Bisa digunakan Oleh  Orang Tua

Setelah mengetahui tips memilih seragam untuk orang tua pengantin di atas, selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah memilih model seragam yang pas untuk digunakan oleh orang tuamu. Busana untuk para orangtua ini pun terdiri dari banyak jenis dan model, contohnya seragam keluarga pengantin muslimah bisa menggunakan model kebaya gamis, atau jika berkonsep internasional, para ibu-ibu bisa mengenakan gaun modern. Dari desain tersebut, kamu bisa mengambil salah satu yang kamu rasa akan cocok digunakan oleh orangtuamu.

Untuk referensimu, berikut beberapa rekomendasi model kebaya atau gaun untuk baju seragam orang tua pengantin yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Model Kebaya Kutu Baru

wm_article_imgwm_article_img

Photo via tienukriefkimanagement

Rekomendasi model seragam keluarga yang pertama adalah kebaya kutu baru. Model kebaya tradisional yang satu ini tidak lekang oleh waktu. Dengan desain yang unik, membuatnya berbeda dari model kebaya lainnya. Kebaya kutu baru punya desain dimana terdapat kain yang terletak di bagian dada. Kain tersebut tidak hanya berfungsi untuk menutupi belahan dada perempuan, tapi juga menjadi penghubung antara ujung kebaya kiri dengan kebaya kanan. Kebaya kutu baru juga termasuk kebaya yang simpel dengan panjang kebaya yang hanya mencapai pinggang hingga paha saja.

Untuk menambah daya tarik para pemakainya, kebaya kutu baru juga dilengkapi dengan kain yang dililitkan di bagian pinggang, yang membuat penampilannya menjadi lebih modern. Kebaya kutu baru juga ramah bagi wanita berhijab. Kebaya satu ini menggunakan bahan material kain yang tidak menerawang, biasanya dari kain katun. Untuk bagian dada, agar lebih aman kamu bisa menambahkan manset untuk menutupinya. Dengan demikian kebaya kutu baru juga bisa menjadi seragam keluarga pengantin muslimah yang tertutup. 

2. Gamis Brokat

wm_article_imgwm_article_img

Baju seragam keluarga pengantin muslimah by Irna la Perle Official | wirantikurniabride

Rekomendasi seragam untuk orang tua pengantin modern selanjutnya adalah gamis brokat. Sesuai dengan namanya, gamis brokat mempunyai model panjang terbuat dari bahan brokat timbul yang dijahit seperti baju gamis, yang merupakan model baju kesukaan ibu-ibu. Gamis brokat merupakan salah satu desain seragam keluarga pengantin muslimah yang bisa digunakan oleh orang tua yang ingin tampil modis tapi tetap syar’i. Hal ini tidak lepas dari desainnya tidak membentuk badan dan panjangnya sampai ke mata kaki.

Brokat timbul dipasangkan pada sisi bagian depan dan belakang gaun secara full. Penggunaan material brokat pada gamis membuatnya terlihat mahal dan mewah. Kemudian, yang terpenting orang tua tetap bisa tampil sopan tanpa harus memperlihatkan auratnya.

3. Kebaya Kaftan

wm_article_img

Photo via tokopedia.net

Kebaya kaftan merupakan kebaya yang terbuat dari bahan satin atau silk, dimana bentuknya menyerupai jubah panjang, dengan bagian lengan yang lebar. Supaya tampilannya lebih menarik, para desainer menambahkan detail lain berupa outer cape yang terbuat dari bahan brokat. Penambahan outer ini menjadikan kebaya kaftan tampil lebih modern. Selain itu, model kebaya kaftan juga cocok digunakan oleh semua umur, sehingga para orang tua pun tetap bisa menggunakannya sebagai baju seragam keluarga pengantin.

  1. Kebaya Bordir

wm_article_img

Kebaya Bordir Seragam Keluarga Pengantin by Surya Abduh

Salah satu model baju yang disukai oleh orang tua adalah baju yang punya desain tertutup dengan panjang baju hingga kaki dan tidak menampakkan lekuk badan. Beberapa contoh dari baju tersebut adalah gamis dan tunik. Dalam konteks ini, baju yang dibahas adalah model kebaya dengan hiasan bordir yang memiliki desain seperti tunik, dengan panjang hingga selutut dan dilengkapi dengan rok di dalamnya.

Berbeda dengan tunik lain yang punya desain polos tanpa aksesoris apapun, kebaya bordir justru terlihat ramai dipenuhi dengan aksesoris berupa bordiran bunga yang ditempel dan dijahit di beberapa bagian baju. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian orang-orang dan membuat para penggunanya menjadi lebih percaya diri.

Selain dilengkapi dengan bordiran bunga, model kebaya bordir juga menggunakan aksesoris tambahan seperti payet yang ditempel di beberapa bagian kain. Jika orang tuamu tipe yang menyukai baju ramai dan tidak keberatan dengan tampilan baju yang heboh, kamu bisa memilih model kebaya bordir untuk dipakai sebagai seragam orang tua pengantin modern. Pasalnya tidak hanya modelnya yang unik, tapi warnanya yang colorfull juga membuat mood orang tua naik dan menjadi bahagia sepanjang hari.

  1. Gaun A-line Bahan Organza

wm_article_img

Photo via id.carousell.com

Rekomendasi Baju seragam pesta keluarga terbaru tidak hanya berasal dari kebaya saja, tapi gaun yang terbuat dari bahan organza juga cocok digunakan sebagai seragam orang tua di pesta pernikahan. Gaun satu ini terbuat dari bahan organza yang terkenal akan tampilannya yang mewah. 

Bahan organza terbuat dari campuran serat nilon dan polyester. Perpaduan dua serat tersebut akhirnya menghasilkan kain organza yang mempunyai tekstur mengkilap dan cenderung kaku. Walaupun teksturnya kaku, tapi justru itulah keunggulannya. Dengan tekstur kaku yang dimiliki oleh organza, membuat kain tersebut mudah dibentuk. Ditambah lagi, tekstur organza yang mengkilap juga membuat baju yang dihasilkan dari bahan ini jadi terlihat mewah dan glamour.

Salah satu seragam keluarga pengantin yang dibuat dari bahan organza adalah gaun model A-line, yang dibalut dengan renda di bagian dada dan punggung. Gaun ini punya potongan lengan hanya tiga perempat, dan panjang gaun yang semata kaki. Bagi sebagian orang tua, mereka banyak yang tidak terbiasa menggunakan gaun model A-line, dengan detail gaun yang panjang  dan cenderung ribet. Namun percayalah, jika kamu merekomendasikan gaun ini kepada ibu atau mertuamu, penampilan mereka bisa nampak lebih muda sekaligus menawan. 

6. Kebaya dengan Aksen Selendang

  1. wm_article_imgwm_article_img

Kebaya Modern dengan Aksen Selendang by Rika Wirtjes


Sebagian besar orang tua, lebih menyukai penampilan yang sederhana dan terkesan anggun. Oleh karena itu, model kebaya aksen selendang menjadi pilihan tepat untuk digunakan mereka. Kebaya aksen selendang, sebenarnya punya desain seperti kebaya pada umumnya, dimana kebaya tersebut terbuat dari bahan brokat dengan bawahan berupa kain batik. 

Namun, yang membedakannya adalah tambahan aksesoris selendang yang disampirkan di bagian bahu. Selendang ini terbuat dari bahan yang lebih lemas dan mudah dibentuk. Setelah itu selendang ini dijahit di bagian lengan sehingga membentuk seperti sebuah selendang dan nampak terpisah dari baju utama. Penambahan selendang ini membuat tampilan kebaya menjadi semakin manis sekaligus tidak nampak mencolok. Baju seragam keluarga pengantin model kebaya selendang ini cocok sekali digunakan oleh orang tua yang menyukai kesederhanaan tapi tetap ingin tampil anggun.

7. Kebaya Modern dengan Perpaduan Kain Khas Daerah

wm_article_img

Photo via bukalapak.com

Rekomendasi seragam keluarga pengantin terakhir adalah kebaya modern yang dikombinasikan dengan kain khas daerah. Kebaya yang terbuat dari kain kain brokat yang dilapisi dengan furing. Untuk bagian bawah sendiri, dipadu-padankan dengan kain daerah yang dijadikan sebagai rok, bisa kain batik, songket, atau ulos. Kombinasi keduanya membuat penampilan menjadi terlihat tradisional, namun di sisi lain nampak modern. 

8. Qipao dengan detail bordir

wm_article_img

Qipao by Stella Lunardy

Bagi ibu pengantin yang berasal dari keturunan Tionghoa, tentunya menggunakan baju khas Tionghoa atau qipao menjadi baju seragam keluarga pengantin adalah pilihan yang utama. Dengan desain serta hiasan berupa bordiran khas Chinese ini, orangtua sang pengantin akan tampil makin cantik dan anggun. Jangan lupa pakai hiasan kepala atau headpiece khas Tionghoa untuk melengkapi penampilan keseluruhan.

Itu lah beberapa penjelasan terkait dengan tips memilih baju seragam  sekaligus rekomendasi model baju seragam keluarga pengantin yang bisa digunakan oleh orang tua. Dari beberapa referensi di atas, diharapkan kamu tidak lagi bingung lagi dalam memilih busana untuk ibumu dan ibu mertua. Namun, sebelum benar-benar memutuskan, alangkah baiknya jika kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang tua maupun mertuamu, sehingga mereka bisa tahu gambaran baju yang akan mereka gunakan nantinya. Temukan juga berbagai desain kebaya modern dari berbagai desainer ternama Indonesia di WeddingMarket. Selamat memilih, ya.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...