Seserahan Makeup, Pentingkah untuk Pernikahan? - Wedding Market

Seserahan Makeup, Pentingkah untuk Pernikahan?

31 May 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 452
Seserahan Makeup, Pentingkah untuk Pernikahan
Foto: Gift Basket Shop

Pernikahan adalah sebuah momen yang sangat penting bagi semua pasangan. selain itu juga untuk melakukan pernikahan itu tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain dekorasi, gedung dan busana, seserahan makeup juga hal yang sangat penting sekali dipersiapan untuk acara pernikahan nanti.

Berbicara soal seserahan dalam lamaran maupun pernikahan adalah sebuah simbol kesanggupan laki – laki untuk mencukupi kehidupan wanita yang dipinangnya. Kemudian barnag – barang yang dibawa itu mempunyai makna serta doa untuk kesejahteraan kedua calon memeplai di kehidupan nanti. 

Sekarang ini dalam pemilihan benda seserahan tersebut, pihak dari mempelai wanita bisa meminta dan memilihkan langsung benda – benda yang ingin dibawa saat lamaran serta pernikahan. Nah dengan demikian benda – benda tersebut memang benar sesuai dengan kebutuhan dari calon istri.

Sejarah Seserahan Pernikahan

Seserahan adalah salah satu ritual maupun sebuah acara yang paling penting dalam pesta pernikahan baik itu tradisional maupun modern. Mengingat kembali bahwa acara tersebut adalah warisan dari nenek moyang yang sudah diturunkan secara turun menurun sampai sekarang masih tetap bertahan.

Disisi lain seseran tersebut adalah sebuah acara simbolik yang memang dilakukan oleh mempelai pria sebagai bentuk tanggung jawab ke keluarga dari calon pengantin wanita. Bisanya acara tersebut dilakukan dalam rangka pesta pernikahan di Pulau Jawa.

Umumnya sesi ini dilakukan pada malam hari sebelum akad nikah dilakukan pada acara midodareni untuk adat Jawa, namun berbeda dengan adat Sunda, mereka menamakan sesi tersebut sebagai ngeyeuk seureuh. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa acara tersebut dilakukan pada acara resepsi pernikahan dimulai.

Akan tetapi sekarang ini prosesi pernikahan tersebut sudah berkembang mengikuti zaman. Terkadang pihak dari wanita yang memilih sendiri barang apa saa yang nantinya akan dimasukkan dalam sesi tersebut. ketahuilah bahwa sejarah dimulainya sesi ini masih belum diketahui sejak kapan dilakukan.

Pasalnya memang tidak ada tulisan yang memang menjelaskan awal mula tradisi tersebut dilakukan. Namun diperkirakan seserahan ini dilakukan sebelum agama islam masuk ke Jawa. Disisi lain tradisi tersebut memang sudah dilakukan oleh para nenek moyang. Kemudian setelah Islam masuk juga prosesi ini hingga sekarang masih dilakukan

 karena memiliki menuimpan nilai luhur serta moral tanggung jawab yang tinggi untuk mengarungi bahtera rumah tangga untuk nantinya. Oleh karena itu, sesi atau acara yang satu ini masih dilakukan hingga saat ini.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Seserahan Pernikahan

Sebelum kamu menyeiapkan apa saja yang akan ada dalam seserahan makeup. Alangkah baiknya kamu membuat daftar barang yang akan dijadikan sebagai seserahan. Selain itu juga kamu bisa diskusikan dengan calon istri. Barang apa saja yang nantinya akan disertakan kedalam prosesi seserahan tersebut. 

Nah dalam adat Jawa sendiri, barang yang dimasukan pada seserahan tersebut itu diberikan dengan ganjil, sedangkan untuk jumlahnya itu kamu bisa tentukan sesuai dengan kesepakatan bersama. Selain itu juga sebagai rekomendasi, kamu bisa meminta saran maupun mengajak mempelai wanita untuk memilih barang apa saja yang mesti ada dalam seserahan.

Pasalnya hal tersebut tentunya akan berhubungan dengan selsera dari mempelai wanita itu sendiri. Namun jangan sampai lupa juga kamu masukan seserahan makeup untuk calon mempelai wanita karena itu sangat penting sekali untuk wanita.

Inilah Beberapa Barang yang Ada di Seserahan Pernikahan

Berbicara soal seserahan tentunya bisa saja dilakukan oleh satu pihak saja dari mempelai pria, namun walaupun demikian, alangkah baiknya kamu mendiskusikan mengenai isi seserahan pernikahan itu bersama mempelai wanita, nah dengan demikian dia tahu apa saja yang mesti ada di seserahan tersebut selain itu juga bisa saja sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Kemudian biasanya seserahan tersebut akan mencangkup berbagai macam produk maupun barang yang dimana akan membantu rumah tangga kamu nantinya. Nah bagi kamu yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa barang yang biasanya ada di seserahan pernikahan. Simak ulasannya.

1. Seperangkat Alat Solat

Nah, poin ini adalah untuk pasangan muslim. Seperangkat alat solat ini adalah sebuah barang yang memang akan selalu ada dalam daftar seserahan. Selain itu juga barang tersebut menjadi sebuah simbol dalam hubungan rumah tangga.

Pasalnya kita sebagai muslim tentunya harus berpegang teguh pada ajarannya serta disisi lain hal tersebut juga bisa menjadi salah satu simbol untuk mengingatkan kita dengan Alloh S.W.T.

2. Perhiasan

Umumnya perhiasan yang diguanakan dalam sesi seserahan ini adalah emas, akan tetapi hal tersebut bukanlah hal yang wajib harus emas, bisa saja dengan yang lain misalnya seperti berlian maupun intan yang bersinar. Disisi lain sinarnya perhiasan tersebut menharapkan bahwa mempelai wanita akan terus bersinar dalam sebuah hubungan rumah tangga.

3. Cincin Pernikahan

Nah untuk yang satu ini memang tidak dapat dilepaskan. Cincin ini juga menjadi salah satu simbol bahwa dengan adanya cincin ini membuat kedua pasangan tersebut terikat dan juga tidak akan terputus. Disisi lain menjadi sebuah simbol pengikat dimana sebuah hubungan pasangan tersebut akan berjalan selamanya sampai akhir hidup mereka.

4 Pakaian Wanita

Hal yang selanjutnya yang memang tidak boleh lupa adalah pakaian wanita. Perlu kamu ketahui pakaian yang dimaksudkan disini umumnya merupakan busana wanita tradisional. Contohnya seperti batik maupun jarik. Nah seserahan poin ini mempunyai makna bahwa setiap pasangan suami istri tentunya akan menjaga rahasia keduanya dari orang lain.

5. Makanan Tradisional

Kemudian makanan tradisional disini merupakan sebuah makanan yang memang terbuat dari beras ketan. Diantaranya seperti kue lapis, wajik, jenang maupun jadah. Pasalnya makanan tersebut mempunyai makna supaya cinta dari pasangan tersebut akan selalu lengket seperti makanan tradisional yang dijadikan seserahan itu sendiri.

6. Sepatu

Kemudian untuk seserahan sepatu ini merupakan sebuah simbol bahwa pasangan tersebut nantinya akan siap untuk menjalani kehidupan mereka sendiri mulai dari sekarang sampai nanti akhir maut memisahkan.

7. Peralatan Rias

Kemudian yang tidak boleh lupa adalah seserahan makeup. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makeup memang sangat penting sekali bagi semua wanita untuk mempercantik diri serta merawat penampilannya. Selain itu juga artinya adalah sebagai calon suami dia bersedia untuk menjaga penampilan istrinya.

8. Buah Pisang

Kemudian adalah buah – buahan, biasanya mereka menggunaan buah pisang sebagai seserahan. Pasalnya buah pisang tersebut dapat menjadi sebuah simbol kasih sayang serta cinta bagi adat Jawa.

9. Suruh Ayu

Nah untuk yang terakhir ini merupakan daun sirih yang dimana mempunyai makna sendiri yaitu keselamatan serta kebahagian dari pasangan suami istri tersebut. Suruh Ayu ini seringkali ada dalam seserahan pernikahan adat Jawa.

Itulah beberapa barang yang biasanya menjadi barang untuk seserahan nanti di acara pernikahan. Mungkin setiap pasangan tentunya memiliki keinginan yang lain. Selain itu juga seperti yang sudah dikatakan diatas tadi bahwa alangkah baiknya kamu diskusikan dengan calon istrimu untuk barang seserahan.

Jika kamu bertanya kenapa ada seserahan dalam sebuah acara pernikahan maka hal tersebut memang sudah dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang kita, terutama pulau jawa. Salah satu alasan kenapa seserahan yaitu sebagai simbolik dari pihak pria, selain itu juga menjadi wujud tanggung jawab kepada pihak dari keluarga mempelai wanita khususnya orang tuanya.

Disisi lain seserahan sendiri mempunyai filosifi bahwa sebagai calon pengantin pria tentunya harus memenuhi kebutuhan calon pengantin wanita serta keluarganya nanti. Disisi lain seserahan makeup juga diberikanmenjadi bukti keseriusan dai pihak pria untuk setia dan mencintai mempelai wanita sebagai istrinya nanti.

Tips dalam Memilih Paket Seserahan Makeup

Tips dalam Memilih Paket Seserahan Makeup

Foto: Erny's Journal

Seserahan makeup memang sangat penting sekali ada di sesi tersebut karena selain menyimbolkan bahwa mempelai pria siap untuk menjaga penampilan dari istrinya. Namun walaupun demikian kita tidak boleh asal – asalan dalam memilih peralatan rias untik dijadikan sebagai seserahan. Maka dari it perhatikan tips ini sebelum memberikan seserahan pernikahan makeup.

1. Memilih Produk Sesuai dengan Selera Pasangan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di luar sana memang sudah banyak sekali produk makeup. Baik itu produk luar negeri maupun dalam negeri. Produk luar mmang sudah tidak perlu diragukan dalam segi kualitas, akan tetapi kamu juga bisa memilih produk lokal. 

Pasalnya memang saat ini banyak sekali produk lokal yang memiliki kualitas seperti produk luar negeri. Jika kamu ingin tahu apa perbedaan dari produk luar dan dalam negeri, berikut ulasannya.

Produk Luar negeri

Saat ini memang banyak sekali produk makeup luar negeri yang sudah masuk ke Indonesia, bahkan sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sudah bertahan bertahun – tahun karena merupakan produk internasional. Selain itu juga dari warnanya pun disediakan lebih beragam, mulai dari yang soft hingga terlihat mencolok yang memang disesuaikan dengan pasar internasional.

Walaupun demikian, harga sebuah peralatan rias dari luar negeri memang lebih mahal. Disisi lain juga memang banyak sekali produk internasional yang tidak mudah untuk ditemukan di berbagai toko offline. Apabila produk yang digunakan sudah habis maka kamu harus pesan melalui toko online namun harus pastikan dulu apakah produk itu original ataupun tidak.

Produk Makeup Lokal

Selanjutnya adalah produk lokal. Tentunya produk ini berbeda dengan produk diatas tadi, pasalnya produk makeup buatan lokal memang sangat mudah untuk ditemukan di online shop maupu toko offline. Sehingga apabila makeup habis tentunya tidak masalah, pasalnya kamu bisa ke tokonya secara langsung atau pesan via online.

Kita pastinya sudah tahu bahwa produk makeup lokal bisa dibilang lebih ramah dari segi harga. Walaupun harganya terjangkau. Jika bertanya soal kualitas, produk lokal tentunya mampu bersaing dengan brand – brand internasional. Bahkan saat ini banyak sekali orang yang tampil cantik hanya menggunakan produk lokal.

Selain itu, sekarang ini memang banyak sekali produsen menyediakan berbagai warna yang sesuai dengan kulit wanita Indonesia, dan hasilnya tentunya sangat bagus sekali dan tidak kalah dengan brand luar.

2. Memilih Brand yang Biasa Digunakan Oleh Pasangan

Banyaknya brand makeup di pasaran tentunya akan membuat kamu merasa bingung dalam memilihnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu tanyakan saja brand atau merk apa yang biasanya dia gunakan. Selain dari brand. Kita juga harus tahu jenis riasan apa yang sering kali digunakan.

Contohnya seperti eyeliner, blush on, highlighter, lipsik bedak dan lain sebagainya. Namun apabila kamu tidak ingin ribet dan menhindari kesalahan. Lebih baik ajaklah calon istrimu untuk membeli paket seserahan makeup. Nah dengan demikian kamu pun tidak perlu khawatir lagi soal seserahan riasan tersebut.

3. Sesuaikan dengan Budget

Hal selanjutnya adalah kamu mesti pilih makeup yang memang harganya sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai dana yang disiapkan habis hanya untuk makeup saja, ataupun membuat kamu berhutang hanya untuk membeli paket peralatan makeup. Oleh karena itu pisahkan dana untuk membeli produk tersebut.

Disisi lain, untuk paket makeup yang dijadikan sebagai seserahan itu tentunya tidak diharuskan dengan harga yang mahal, bahkan dengan kesanggupan dan niat baik kamu untuk memberikannya sescara tulus tentunya menjadi hal yang utama. 

Apabila diperlukan, kamu bisa berdiskusi mengenai dana paket makeup dengan calon mempelai wanita kamu. Sehingga produk yang akan dipiilih pun tentunya nanti tidak akan memberaykan kamu serta dirinya dan dia pun akan sedang menerimanya.

4. Bungkuslah dengan Rapih

Hal yang paling penting sebagai finishing adalah bungkusan paket dari seserahan makeup tersebut. oleh karena itu, bungkuslah paket makeup yang sudah kamu beli secara rapih. Nah dengan demikian tampilannya pun akan terlihat semakin menarik apabila di bawa kerumah calon istri kamu. Selain itu juga seserahan juga bisa didokumentasikan dengan hasil yang maksimal.

Disisi lain perlu kamu ketahui bahwa paket makeup pastinya berbea dengan membungkus kado ulang tahun seperti biasa. Umumnya makeup tersebut akan disusun dalam keranjang yang terbuat dari rotan maupun kotak yang nantinya akan memperlihatkan isinya.

Nah sesudah susunannya rapih, maka dibungkus menggunakan plastik transparan serta dengan tambahan pita maupun bunga sebagai hiasan supaya terlihat lebih manis dan romanis. hal ini tentunya selalu dilakukan supaya paket seserahan terlihat bagus ketika dibawa ke rumah calon pengantin wanita.

Inilah Beberapa Contoh Paket Seserahan Kosmetik

Inilah Beberapa Contoh Paket Seserahan Kosmetik

Foto: Hantaran Pernikahan Kekinian

1. Produk Perawatan kulit

Nah untuk seserahan tentang kosmetik tentunya isinya bisa beragam. Mulai dari produk untuk perawatan kulit. Hal ini tentunya sangat penting sekali agar nanti istri kamu lebih memperhatikan kesehatan kulitnya baik itu sudah menikah maupun nanti pada saat mempunyai anak.

Isi dari perawatan kulit tersebut bisa saja berupa lulur, body srub dan lain sebagainya. Selain itu juga jangan lup untuk memberikan beberapa produk lain seperti bodylotion serta parfum . untuk brandnya sendiri kamu bisa bertanya pada mempelai wanita supaya tidak salah.

2. Perlengkapan Untuk Mandi

Selain untuk perawatan kulit tentunya kamu juga sebagai calon suami harus menyediakan perlengkapan mandi. Sebagai aktivitas untuk merawat tubuh tentunya peralatan mandi harus dipenuhi contohnya sabun, sikat gigi, produk pembersih mulut dan lain sebagainya.

3. Produk Makeup

Terakhir adalah produk makeup. Selain hal – hal diatas tadi, makeup juga sangatlah penting kamu siapkan. Pasalnya kita sebagai suami ingin sekali istrinya tampil cantik begitu juga bagi istri mereka selalu ingin terlihat cantik. Maka dari itu peralatan makeup pun tidak boleh kamu lewatkan.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk kamu mengenai seserahan makeup. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi inspirasi dan juga referensi untuk kamu yang berencana akan menikah.

Bagi kamu yang sedang mencari barang-barang untuk seserahan pernikahan, kamu bisa mendapatkan vendor makeup, perhiasan, hingga souvenir di WeddingMarket. Temukan ratusan vendor terpercaya yang bisa kamu bundling untuk memudahkan kamu mempersiapkan pernikahan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us