Pilih Kategori Artikel

Sewa Jas Pengantin atau Buat Sendiri, Mana yang Lebih Bagus?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Jas pengantin merupakan hal yang wajib digunakan oleh mempelai pria di setiap acara pernikahan. Penggunaan jas itu sendiri guna menampilkan kesan resmi, gagah, dan tegas dalam satu waktu. Jika Kamu tidak mempunyai jas tenang saja, ada dua pilihan yaitu seperti sewa jas pengantin atau membuat sendiri jas pengantin agar kamu tampil maksimal di hari pernikahan nanti.

Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah apakah perlu memakai jas untuk pengantin di acara pernikahan? Jawabannya adalah tentu iya,  memakai jas pengantin dalam acara pernikahan merupakan hal wajib. Hal itu dikarenakan konsep dari pesta pernikahan itu sendiri adalah formal dan ada sebagian semi formal. Meski begitu pernikahan tanpa mengenakan jas merupakan hal yang dirasa kurang.

Menggunakan jas itu sendiri pada hari pernikahanmu guna memberikan kesan yang begitu memukau. Apalagi jika jas yang digunakan dipadukan dengan kemeja berwarna putih. Terdapat banyak pilihan gaya jas yang bisa Kamu pilih sesuai dengan selera kamu, entah itu gaya Italian, gaya Amerika, gaya British, atau lainnya sama-sama memberikan kesan memukau.

Namun, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apakah lebih baik menyewa jas pengantin atau membuatnya sendiri. Kedua opsi tersebut merupakan hal yang paling lumrah dilakukan pada saat pernikahan. Tapi kamu tidak perlu bingung dalam menentukan apakah lebih baik melakukan sewa jas pengantin atau membuatnya sendiri, karena kamu bisa menentukannya setelah menyimak beberapa hal di bawah ini.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai jas pengantin dalam memilih untuk menyewanya atau membuat sendiri. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan tersebut tak lain adalah sebagai berikut ini:

Tips Memilih Jas Pengantin Pria Terbaik

wm_article_imgFoto: imgimages on iStock

  • Menyewa Jas Pengantin

Pastikan vendor yang kamu datangi memiliki pelayanan serta kualitas yang bagus mengenai bahan dan jahitan jas. Cobalah dulu sewa jas pengantin yang disediakan apakah sesuai ukuranmu atau tidak.

Tanyakan dahulu pertimbangan harga dari jas pengantin yang akan kamu sewa. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kualitas bahan dan jahitan sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sesuaikan dengan warna gaun pengantin yang di pakai oleh pasanganmu, jangan sampai jas yang Kamu gunakan tidak sepadan dengan gaun pengantin sang pasangan. Pilih model jas yang bagus dan memiliki kualitas bahan kain adem, sehingga kamu tidak akan kegerahan.

  • Membuat Sendiri Jas Pengantin

Pilihlah butik yang memiliki kredibilitas tinggi namun dengan kualitas jahitan yang mumpuni. Kemudian pilihlah kain yang memiliki kualitas bagus, nyaman digunakan dan tidak gerah. Jika tidak tahu memilih kain, kamu bisa serahkan pada butik yang kamu mintai untuk menjahit jasmu.

Sama seperti pilihan dalam sewa jas pengantin, pilihlah model jas pernikahan yang sesuai seleramu untuk menggunakannya. Pastikan penjahitan jas kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum hari H, agar jika ada kesalahan atau kekurangan seperti ukuran yang masih kurang pas masih bisa diperbaiki. Jangan lupa untuk tanyakan kisaran harga terlebih dahulu agar nantinya kamu bisa menyesuaikan dengan budget.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu mau menyewa jas ataupun menjahitnya sendiri. Pastikan kamu harus benar-benar teliti dalam melihat kualitas jahitan dan bahan kain yang digunakan untuk jas pengantinmu nanti. Sebab jika bahan yang digunakan tidak bagus serta jahitannya tidak tepat, akan beresiko pada diri Kamu sendiri seperti mengalami kerugian karena merasa ditipu.

Selanjutnya kita beralih pada lebih bagus mana antara sewa jas pengantin dengan menjahitnya sendiri. Semua orang pasti mengalami kebimbangan dalam dua hal tersebut, namun kamu tidak perlu terlalu membingungkan hal tersebut berikut ini akan dibahas beberapa keunggulan dan kekurangan mengenai keduanya.

Sewa Jas Pengantin

wm_article_imgFoto: Bogdan Kurylo on iStock

  • Kelebihan

1. Menyewa jas untuk acara pernikahan dinilai lebih praktis dan relevan karena tidak perlu terlalu lama menunggu, hanya mendatangi vendor lalu mencari yang sesuai dengan setelan pengantin.

2. Harga sudah dipatenkan, jadi Kamu tidak perlu menerka-nerka atau menyiapkan biaya tambahan untuk sewa jas pengantin.

3. Lebih banyak pilihan jas pengantin yang bisa Kamu pilih secara langsung dan hanya tinggal mencocokkan dengan postur tubuh.

4. Kamu tidak perlu repot-repot menempatkan jas di bagian lemari khusus, karena jas pengantin yang Kamu sewa akan sampai pada hari menjelang pernikahan dan ketika selesai akan langsung diambil tanpa perlu kamu repot-repot mengembalikannya.

  • Kekurangan

1. Jas pengantin yang kamu pakai pada waktu acara pernikahan tidak akan bisa kamu simpan sebagai kenang-kenangan. Hal ini karena kamu menyewanya bukan membeli atau membuat sendiri.

2. Kamu harus berhati-hati dalam menggunakan jas dari sewa jas pengantin karena jika ada kerusakan Kamu harus menanggungnya.

3. Kebersihan jas juga perlu dijaga. Jika Kamu menggunakan jas pengantin yang di sewa, kebersihan dari jasnya harus dijaga karena apabila sangat kotor Kamu sendiri yang repot, meskipun pihak dari penyewa jas tidak mengharuskan Kamu mencucinya, namun jas yang Kamu gunakan nanti masih disewakan untuk orang lain.

Itulah di atas mengenai kelebihan dan kekurangan dari menyewa sebuah jas pengantin. Meski masih ada kekurangan, tapi itu adalah hal yang wajar karena Kamu menyewa atau dengan kata lain kamu meminjam hanya saja masih membayar. Penjagaan kebersihan dan kualitas tersebut merupakan kesadaran diri yang perlu karena sewa jas pengantin yang kamu gunakan masih akan disewakan lagi.

Membuat Jas Pengantin Sendiri

wm_article_imgFoto: kenzaza on iStock

  • Kelebihan

1. Kamu bisa mencari model yang kamu inginkan ataupun membuat rancangan jas sendiri, termasuk jas pengantin modern.

2. Jas pengantin yang kamu miliki tidak memiliki kesamaan dengan orang lain, hal ini jika kamu termasuk orang yang paling tidak suka menggunakan pakaian yang sama dengan pengantin pada umumnya.

3. Jas yang kamu buat akan dimiliki oleh kamu sendiri serta bisa disimpan sebagai kenangan untuk anak cucu kelak, atau bisa saja digunakan turun temurun.

4. Bisa menyesuaikan dengan ukuran badanmu serta bisa memperbaikinya apabila ada kekurangan dalam pembuatan jas berbanding dengan ketika Kamu melakukan sewa jas pengantin yang tidak bisa melakukan sesukamu terhadap jas yang dikenakan.

5. Kamu bisa menyesuaikan jas pengantin yang kamu buat sesuai dengan karakter dirimu. Selain itu kamu bisa melakukan konsultasi mengenai pemilihan warna, desain, dan bahan.

  • Kekurangan

1. Biaya yang dikeluarkan cukup besar sehingga apabila kamu tidak mempunyai budget lebih akan beresiko pada keperluan lainnya.

2. Pembuatannya akan sangat lama, jadi pastikan kamu melakukannya dari jauh hari agar tidak terjadi kesalahan fatal seperti model jas pernikahan berbeda dari yang diinginkan atau belum sampai di tempat tujuan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai jas pengantin yang dibuat sendiri. Perlu diingat bahwa dalam membuat sebuah jas pengantin diperlukan waktu dan biaya yang tidak cukup sedikit. Sedangkan acara pernikahan bukan hanya mengenai pakaian saja. Jadi jika kamu memiliki budget yang minim, sebaiknya melakukan opsi pertama yaitu sewa jas pengantin.

Nah itulah tadi ulasan mengenai sewa jas pengantin beserta kekurangan dan kelebihannya dibandingkan dengan membuat jas pengantin sendiri.  Kedua opsi yang ada tersebut bisa kamu lakukan tergantung dengan keinginan dan budget yang ada. 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...