Inspirasi Souvenir Pernikahan Kekinian Sesuai Budget Mulai dari Seribuan Aja, Tamu Pasti Suka! - Wedding Market

Inspirasi Souvenir Pernikahan Kekinian Sesuai Budget Mulai dari Seribuan Aja, Tamu Pasti Suka!

13 Jan 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 75
souvenir pernikahan unik
Souvenir by Tea & Co Gift



Siapa sih yang tidak bahagia jika mendapatkan souvenir pernikahan unik dan berkesan? Ya, souvenir atau cinderamata merupakan salah satu item penting dalam resepsi pernikahan. Untuk menghargai para tamu undangan yang telah hadir, sudah selayaknya kamu memberikan kenang-kenangan manis agar mereka bisa selalu mengenang momen istimewa hari pernikahanmu. Jika kamu ingin meninggalkan kesan bagi para tamu undangan,  maka jangan asal pilih souvenir, ya.


Dahulu, variasi souvenir sangat terbatas. Hanya ada beberapa pilihan seperti gantungan kunci atau gelas, sehingga terkesan monoton dan itu-itu saja. Saat ini, ada banyak sekali ragam souvenir pernikahan unik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa cari tahu daftar harga souvenir pernikahan dan disesuaikan dengan budget-mu. Mau itu souvenir pernikahan murah, mewah, yang unik, yang sedang trend, semua tersedia. Kamu bisa temukan beberapa inspirasi souvenir pernikahan menarik yang tidak hanya kekinian, tetapi juga sesuai dengan kantongmu. Apa saja itu? Mari kita cari tahu.


  • INSPIRASI SOUVENIR PERNIKAHAN MURAH (LOW-BUDGET)

Untuk kamu, calon pengantin dengan budget minim, jangan khawatir! Kamu tetap bisa membuat tamu undangan tersenyum sumringah dengan souvenir pernikahan murah meriah berikut ini.


  1. Bibit atau benih tanaman, murah tapi bermanfaat


    Seeds packet (notothehighstreet.com on Pinterest )

Seeds packet (notothehighstreet.com on Pinterest )

Bibit atau benih tanaman sebagai souvenir pernikahan? Why not! Souvenir ini ramah lingkungan, juga ramah di kantong. Kamu bisa memberikan amplop kecil berisi beberapa butir benih untuk tamu undangan di acara spesialmu. Dengan menambahkan sedikit kartu ucapan, voila! Souvenir pernikahan ini akan selalu dikenang. Para tamu bisa menanam benih-benih itu di kebun rumah, bahkan mendapatkan hasil dari tanaman tersebut jika sudah tumbuh besar nanti. 


Pilihlah jenis bibit atau benih yang sesuai dengan budget-mu. Apabila kamu mempunyai dana sangat terbatas, pilihlah benih tanaman yang ekonomis seperti tanaman herba, sayur-sayuran, bunga atau buah. Contohnya, benih tomat, timun, kacang panjang, kangkung, labu, sawi, basil, kemangi, jagung, marigold, dan sunflower. Benih-benih tersebut harganya mulai dari harga sepuluh ribuan saja per kemasan. Satu kemasan benih berisi puluhan, ratusan hingga ribuan butir benih tergantung ukurannya. Kamu bisa repack benih tersebut menjadi puluhan kemasan kecil untuk dijadikan souvenir pernikahan. Lebih murah dan hemat, bukanAgar souvenir pernikahan murah meriah ini jadi lebih menarik, cantumkan juga keterangan cara menanam dan merawat tanamannya, ya.


  1. Pensil kayu estetik dengan ukiran nama kamu dan pasangan


souvenir pernikahan murah - Pensil kayu estetik

  Manta Makes Limited on pinterest  


Memilih pensil sebagai souvenir pernikahan sepertinya ide yang bagus. Sebab, alat tulis pasti selalu dibutuhkan oleh setiap orang, bukanAgar terlihat estetik kamu bisa memilih pensil yang terbuat dari kayu. Harga souvenir pensil kayu ini juga relatif murah, tidak akan menguras dompetmu. Biar semakin berkesan, jangan lupa tambahkan ukiran nama kamu dan pasanganmu pada pensil kayu tersebut, ya! Apabila penambahan ukiran pada pensil  dirasa masih memberatkan kantong, kamu bisa mengakalinya dengan menempelkan kutipan kata-kata romantis atau menambahkan kartu ucapan di bagian pembungkus souvenir pernikahan ini. 


  1. Sabun handmade, souvenir pernikahan yang memberikan kesan eksklusif

    souvenir pernikahan murah
    Souvenir by Nonanistya Souvenir

Sabun handmade cocok untuk kamu yang menginginkan souvenir pernikahan yang sederhana, tetapi tetap terkesan eksklusif. Balok-balok sabun bisa kamu kemas dengan kertas coklat bertuliskan nama kamu dan pasangan, serta ucapan terima kasih. Kamu bisa juga menambahkan kartu ucapan berisi kata-kata romantis agar lebih berkesan.


Harga sabun handmade untuk souvenir pernikahan sebenarnya bervariasi, berdasarkan bentuk, dan komposisi sabun itu sendiri. Pilihlah sabun handmade yang terbuat dari bahan-bahan alami, harganya cukup terjangkau. Biasanya berkisar antara seribu lima ratus sampai enam ribu rupiah per batangnya. 


  1. Lilin aromatherapy, souvenir cantik yang meninggalkan kesan romantis

    Souvenir by E.clat

Lilin juga bisa lho dijadikan souvenir pernikahan. Selain untuk penerangan, lilin juga bisa mempercantik tampilan suatu ruangan dan meninggalkan kesan romantis. Ada berbagai jenis lilin aromaterapi yang bisa dipertimbangkan, berdasarkan kemasan atau bahan pembuatannya. Kamu bisa mencari tahu tips memilih lilin aromaterapi sebagai referensi. Souvenir pernikahan yang satu ini akan membuat tamu undanganmu senang. Selain itu, harganya relatif murah mulai dari tiga ribuan saja. Sangat bersahabat di kantong, ya!


  1. Peralatan makan, bisa dibawa kemana-mana


Aliexpress.com on pinterest


Peralatan makan pasti sangat dibutuhkan oleh semua orang. Apalagi di masa pandemi ini, sepertinya membawa alat makan pribadi akan lebih higienis. Untuk souvenir pernikahan, kamu bisa memilih set alat makan portable yang bisa dibawa kemana-mana mulai harga lima ribuan. Bisa juga memilih salah satu diantara sendok, garpu, atau sumpit dikisaran harga seribu hingga dua ribuan saja.  Harga tersebut masih cukup terjangkau untuk kamu yang punya dana terbatas. Sesuaikan saja ya dengan budget plan-mu.


  1. Bros cantik bikin tamu merasa senang menerimanya

Bros cantik dengan harga yang murah sudah banyak tersedia di berbagai toko souvenir pernikahan. Rata-rata harganya sangat terjangkau, berkisar seribu hingga sepuluh ribu rupiah saja. Dengan harga segitu, kamu bisa mendapatkan bros cantik dengan berbagai macam variasi. Boleh juga, nih!

  • INSPIRASI SOUVENIR PERNIKAHAN MEWAH

souvenir atta aurel (instagram.com/redribbongift)


Kalau tadi kita bahas souvenir pernikahan murah meriah, sekarang sebaliknya. Bagi pasangan yang memiliki budget lebih, tentu tak ada salahnya menghadiahkan souvenir pernikahan mewah nan spesial untuk tamu undangan di hari yang istimewa. Apa saja souvenir pernikahan mewah yang bisa menjadi buah tangan di hari pernikahanmu? Berikut beberapa rekomendasinya.

  1. Tumbler mewah mirip pernikahan artis

Souvenir tumbler adalah souvenir pernikahan mewah yang sering banget kita temukan di pernikahan para artis. Dengan desain stainless yang mewah dan elegan tentunya siapapun tidak akan menolaknya. Selain desainnya yang indah, tumbler juga memiliki fungsi untuk menyimpan air panas atau dingin, bisa dipakai untuk di kantor atau dibawa-bawa saat bepergian. Berikan hadiah souvenir pernikahan mewah berupa tumbler, dijamin tamu undangan pasti suka.


  1. Parfum  wangi

Saat ini parfum juga sedang hits sebagai souvenir pernikahan mewah. Meskipun harus merogoh kocek yang cukup dalam, banyak juga para pengantin yang memberikan parfum bermerek terkenal sebagai souvenir pernikahan mereka. Kamu juga bisa memesan atau custom desain botol parfum untuk souvenir pernikahan kamu sendiri. Penggunaan botol parfum kaca akan memberikan kesan elegan dan mewah. Jangan lupa kartu ucapannya, ya. Souvenir mewah ini bisa kamu dapatkan dengan harga lima puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung merk dan ukuran parfum untuk souvenir pernikahan yang kamu pilih.


  1. Mug dari keramik, eksklusif banget!


    souvenir pernikahan unik

    (marigoldgrey.com on pinterest)


Mug dari bahan keramik bisa menciptakan kesan mewah dan eksklusif. Oleh sebab itu, mug paling sering dijadikan pilihan oleh banyak pengantin untuk dijadikan souvenir pernikahan mereka. Untuk souvenir pernikahan, kamu bisa memilih antara mug keramik berbentuk artistik atau dengan desain gambar dan tulisan yang kamu custom. Agar lebih terlihat mewah,  tambahkan juga gift box dan kartu ucapan yang eksklusif, ya. 


Untuk mendapatkan souvenir pernikahan mewah berupa mug keramik ini, kamu harus mengeluarkan kocek sekitar tiga puluh ribu hingga delapan puluh ribu rupiah per buah. Sedangkan sepasang mug dengan gift box, harganya bisa mencapai seratus ribu rupiah bahkan lebih.


  1. Emas mikro, souvenir pernikahan paling mewah, nih!

Souvenir pernikahan mewah yang sedang trend adalah emas. Yup! Souvenir ini tidak pernah gagal mencuri perhatian, bahkan para artis lho. Sebut saja pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar atau Leslar, kemudian pasangan selebgram Ria Ricis dan Teuku Ryan, mereka menghadiahkan koin emas sebagai souvenir pada hari pernikahannya. Tak heran mengapa emas dipilih sebagai souvenir pernikahan mewah, sebab logam mulia ini punya nilai yang tinggi dan dapat diinvestasikan oleh para tamu undangan yang spesial.


Emas yang digunakan sebagai souvenir pernikahan mewah biasanya emas mikro, fine gold dengan berat kurang dari 1 gram. Namun, harganya tetap cukup tinggi yaitu berkisar dari seratus ribu rupiah ke atas. Kamu bisa juga tuliskan ucapan pada kartu bawaan emas itu, sebagai tanda terimakasih kepada para tamu undangan. 


  1. Kalung kesehatan yang elegan 

Baru-baru ini, kalung juga sering dijadikan souvenir pernikahan. Bukan sembarang kalung, souvenir kalung biasanya merupakan kalung dengan batu permata sebagai liontinnya. Bahkan beberapa pengantin ada yang memilih kalung kesehatan untuk souvenir pernikahan. Seperti yang dilakukan artis Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah di pernikahan keduanya. 


Tamu undangan wanita, pasti sangat menyukai souvenir kalung ini. Sedangkan untuk tamu pria, bisa menghadiahkan souvenir ini untuk pasangannya. Namun, jangan khawatir. Ada juga kok kalung unisex yang bisa dipakai pria maupun wanita. Bisa banget dijadikan souvenir pernikahan, bukanKalung kesehatan yang dihadiahkan Atta dan Aurel pada pesta pernikahannya bernilai cukup fantastis. Souvenir pernikahan mewah ini, harganya lebih dari satu juta rupiah. 


  1. Teko susun mewah dari bahan keramik

Teko susun berbahan keramik dengan desain yang indah merupakan salah satu pilihan souvenir pernikahan mewah. Kamu pasti bangga bisa memberi teko susun cantik ini kepada para tamu yang sudah hadir di hari spesialmu. Tamu senang, pengantin pun senang.


  • INSPIRASI SOUVENIR PERNIKAHAN UNIK

Selain dilihat dari sisi budget yang kamu siapkan, souvenir pernikahan juga harus menarik dan berkesan. Souvenir pernikahan unik dan tak biasa bisa, pasti membuat para tamu undangan merasa senang menerimanya. Berikut beberapa inspirasi souvenir pernikahan unik untukmu.


  1. Teh herbal, jelas beda, souvenir pernikahan ini bisa diminum

Souvenir by Tea & Co Gift

Tren souvenir pernikahan berupa teh di Indonesia, mulai digandrungi sejak pernikahan penyanyi wanita terkenal Raisa dan aktor tampan Hamish Daud. Dalam pernikahan keduanya, mereka memilih teh premium dengan tiga rasa sebagai souvenir pernikahan. Unik sekali, bukan? Saat ini, sudah banyak vendor-vendor souvenir pernikahan yang menjual teh yang dikemas cantik dan menarik. Souvenir pernikahan teh ini terbilang unik dan tak biasa. 


  1. Terrarium, tanaman mini yang cantik untuk dikoleksi


Botanical wedding favours  (brit.co on pinterest)


Apa kamu tau apa itu terrarium? Istilah terrarium mungkin cukup asing bagi kebanyakan orang. Terarium tanaman bisa dikatakan sebagai taman mini, yaitu berupa kotak kaca yang didalamnya terdapat beberapa tanaman hidup. Biasanya, tanaman yang ada di dalam terarium merupakan tanaman-tanaman tropis berukuran mini. Bentuknya yang cantik dan tak biasa tentunya menjadikan terrarium sebagai pilihan bagus bagi kamu yang menginginkan souvenir pernikahan unik.


Namun, perlu hati-hati saat kamu menjadikan terarium sebagai souvenir pernikahan. Sebab, terrarium terbuat dari kaca dan berisi tanaman yang bisa terobrak-abrik bahkan pecah jika tidak berhati-hati. Pastikan souvenir pernikahan unik ini dikemas rapi dan aman, agar para tamu bisa menerimanya dengan perasaan senang.


  1. Kaktus mini, tanaman unik untuk souvenir unik

Souvenir by Ohana Plants

Memberikan tanaman sebagai souvenir pernikahan ramah lingkungan memang tidak pernah salah. Kaktus mini salah satu contohnya, memiliki banyak bentuk dan warna yang unik dan beragam. Selain itu, kaktus mini juga praktis mudah dibawa-bawa sehingga cocok sekali jika dihadiahkan sebagai souvenir pernikahan unik. Kamu bisa pilih pot mini yang juga unik, agar para tamu makin gemas melihatnya.


  1. Souvenir unik berupa Rempah dan Bumbu dapur 

Spice gift set (aromatica.hr)


Berikan tamu undanganmu souvenir pernikahan unik berupa rempah dan bumbu dapur. Selain bermanfaat, bisa digunakan untuk memasak, kemasannya juga unik, ya! Souvenir ini pasti disukai para tamu, khususnya ibu-ibu.


  1. Peralatan menjahit, simpel dan bermanfaat

Sewing Kit (etsy.com on pinterest)


Seperangkat peralatan menjahit juga bisa menjadi souvenir pernikahan unik, loh! Desainer terkenal seperti Dian Pelangi saja memilih peralatan menjahit sebagai buah tangan di pesta pernikahannya. Peralatan menjahit ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki baju yang robek atau kancing yang lepas. Meskipun masih jarang pasangan pengantin memilih souvenir unik ini, kamu boleh mencobanya. Pasti para tamu suka, deh.


  1. Bantal lucu dengan bentuk unik 

Siapa sih yang tidak suka dengan bantal? Bantal yang empuk pasti sangat disukai banyak orang sebagai alas tidur yang nyaman. Bantal berbentuk unik bisa menjadi inspirasi souvenir pernikahan kamu, loh. Selain bentuk yang unik kamu juga bisa memilih bantal dengan sarung bantal yang bertuliskan kata-kata inspirasi. Dijamin para tamu akan menyukai souvenir pernikahanu yang satu ini.


  1. Magnet berbentuk unik 

Magnet hiasan lemari  es juga bisa dijadikan souvenir pernikahan yang unik. Berbagai bentuk magnet kulkas yang lucu bisa membuat para tamu senang menerimanya. Seperti bentuk kartun pasangan pengantin yang lucu, pasti bikin tamu gemas melihatnya.


Nah, ada banyak sekali pilihan, bukan? Mau itu souvenir pernikahan yang unik, mewah ataupun murah. Setelah membaca artikel ini, pastinya kamu sudah memiliki bayangan mau menghadiahkan cinderamata apa untuk tamu undangan di acara pernikahanmu nanti.


Jika kamu berniat menikah dalam waktu dekat, tapi masih bingung mau mulai darimana? Jangan khawatir, kamu hanya perlu mengunjungi website Wedding Market, Smart Platform Wedding yang menyediakan vendor-vendor segala kebutuhan pernikahanmu termasuk souvenir pernikahan. Disini, kamu dapat menemukan banyak vendor terpercaya yang menyediakan berbagai macam souvenir pernikahan unik, bermanfaat dan  pastinya sesuai budget!


Penulis : Fikria Hanifah |Editor : Ade Mutia



Temukan Inspirasi Souvenir Pernikahan Sesuai Budget!

Silahkan Klik Disini

Dapatkan Paket Pernikahan dengan Harga Spesial
di WeddingMarket Store

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?