Menentukan Tanggal Baik Untuk Hari Pernikahan ala Orang Jawa

13 Mar 2020 | By Wedding Market | Viewers: 676
Menentukan Tanggal Baik Untuk Hari Pernikahan ala Orang Jawa
Foto: 73Photoworks

Pada dasarnya semua hari adalah baik, tapi ketika membahas tentang hari perniakah harus tetap memilih tanggal baik untuk pernikahan. Banyak yang yang menyambungkan dengan hal-hal mitos dan keyakinan yang ditentukan berdasarkan hitungan. Memilih tanggal pernikahan merupakan hal pertama yang dilakukan sebelum urasan lain dilakukan. Menentukan tanggal baik pernikahan bisa menjadi perkara gampang-gampang susah. Harus mencari tanggal yang baik, ketersedian venue dan yang lainnya.

Bukan hanya orang cina saja bisa menghitung tanggal, tapi sekarang orang jawa juga mempunyai perhitungan sendiri untuk menentukan tanggal yang baik. Pastinya, jika kamu mempunyai perhitungan tanggal, ada baiknya kamu menghitungnya lebih dulu. Apalagi pernikahan yang merupakan salah satu titik terpenting dalam hidup manusia. Adanya hitungan tanggal ini muncul berdasarkan pengalaman para leluhur di masa lalu. Kamu bisa percaya maupun tidak percaya.

Ingin Menentukan tanggal baik untuk pernikahan? Ini langkah yang bisa kamu lakukan

Menentukan Tanggal Baik Untuk Hari Pernikahan ala Orang Jawa

Melihat Neptu

Sebelum kamu melaksanakan akad pernikahan, biasanya akan ada pertemuan antara kedua keluarga. Pertemuan yang dilakukan untuk menentukan tanggal pernikahan yang dilihat berdasarkan neptu. Neptu merupakan sebuah nilai yang didapat dari menghitung huruf pada kedua nama calon mempelai.

Setelah menghitung, hasil hitungan akan dicocokan dengan bulan, tahun serta jam lahir kedua calon mempelai. Untuk adat Jawa yang kental, tradisi perhitungan ini tidak pernah ditinggalkan, karena bisa jadi untuk mengetahui keadaan rumah tangga calon pengantin kedepannya.

Mencocokan Tanggal dengan Primbon

Setelah perhitungan berdasarkan Neptu, selanjutnya akan dicocokan dengan apa yang tertulis dalam buku Primbon Jawa. Buku Primbon merupakan buku panduan yang biasanya digunakan untuk menentukan tanggal pernikahan. Buku Primbon ini berisi tentang ramalan kehidupan dan perhitungan, mulai dari hal yang kecil hingga hal besar yakni jodoh.

Bagaimana Jika Weton Sama?

Setelah adanya perhitungan Neptu dan dicocokkan dengan primbon, bagaimana jika perhitungan yang dilakukan ternyata menghasilkan weton yang sama? Jangan khawatir, karena kamu masih bisa mencari tanggal yang dekat dengan tanggal yang sudah ditentukan.

Memperoleh Keselamatan dan Kelancaran

Manfaat dari perhitungan tanggal pernikahan ini bertujuan baik. Agar pernikahan yang dilakukan bisa langgeng. Manfaat lainnya, berharap akan memperoleh kelancaran dan keselamatan dalam segala hal. Baik berupa sandang, pangan, papan hal lainnya yang mengenai kehidupan dan akhir hidup.

Mungkin, bagi beberapa orang itu sangat tidak masuk akan, setidaknya kamu bisa menghargai dan menjadi penghormatan akan hal tersebut.

Keterkaitan Suku

Perbedaan suku akan selalu menjadi perhatian bahkan keyakinan yang berbeda pada setiap suku. Apalagi, di daerah Jawa, yang paling terkenal adalah tentang keyakinan bahwa suku Jawa tidak boelh menikah dengan suku Sunda. Mengapa begitu? Kamu bisa mengetahuinnya dari sejarah Kerajaan Majapahit zaman dulu. Jika terjadi penikahan antara kedua suku tersebut, maka aka dilakukan perhitungan secara matang. Agar kedepannya suku ini tidak menimbulkan sesuatu yang buruk.

Sebenarnya dalam menentukan tanggal tersebut harus melibatkan banyak orang utama. Orang-orang yang paham betul perhitungan tanggal. Kamu bisa percaya ataupun tidak percaya. Zaman sekarang banyak yang tidak melakukan langkah tersebut. Tapi, jika kamu ingin menghormati adat dan tradisi kamu tetap bisa melakukan perhitungan tanggal. Kalaupun tidak melakukannya kamu harus menghormati adat dan tradisi lainnya dalam beberapa hal.

Langkah-langkah di atas yang biasa digunakan oleh orang Jawa dalam menentukan tanggal baik pernikahan. Bagi kamu yang memiliki keturunan atau adat Jawa, tips diatas merupakan hal yang perlu kamu lakukan, salah satu alasannya adalah untuk menjaga tradisi.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket