Pilih Kategori Artikel

Ring Bearer Itu Apa Sih? Ini Dia Penjelasan Selengkapnya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ketika mendengar tentang Ring Bearer, apa yang pertama kali muncul di benakmu? Apakah kotak perhiasan, atau anak laki-laki yang membawakan cincin pernikahan di pada prosesi pemberkatan? Ring Bearer ini memang memiliki dua makna yang berbeda. Namun dalam artikel ini, kami akan membahas hal yang kedua, yaitu mengenai pembawa cincin. Yuk, simak!

Apa Itu Ring Bearer

wm_article_img
Foto: Irena Mandel

Ketika berbicara tentang ring bearer, kita perlu membahas tentang upacara pernikahan Kristen karena biasanya ring bearer ada pada pernikahan Kristiani. Kamu juga pasti sudah tidak asing bukan dengan istilah Best Man dan Bridesmaid? Kedua posisi ini bertugas untuk membantu kedua pasangan pengantin untuk mempersiapkan pernikahan mereka hingga acara pernikahan dilangsungkan.

Jika Best Man dan Bridesmaid dilakukan oleh orang dewasa, maka berbeda dengan Ring Bearer yang dilakukan oleh anak-anak. Ring Bearer biasanya dilakukan oleh anak laki-laki berusia sekitar tiga hingga sepuluh tahun. 

Lalu, apakah Ring Bearer boleh dilakukan oleh anak perempuan? Untuk anak perempuan sendiri biasanya memiliki tugas dan sebutan yang berbeda, yaitu mereka akan menjadi Flower Girl yang bertugas untuk menaburkan bunga sepanjang jalan menuju altar sebelum pengantin wanita menghampiri pengantin pria di altar.

wm_article_img
Foto: Shelly Anderson Photography

Sesuai namanya, Ring Bearer diartikan secara harfiah sebagai pembawa cincin. Jadi kamu sudah terbayang, ya, tugas dari Ring Bearer ini adalah untuk membawakan cincin kedua calon pengantin ke altar untuk diserahkan dan disematkan kepada satu sama lain.

Setiap orang pasti akan terkesima dan gemas ketika melihat anak laki-laki membawakan plakat cincin menuju altar. Tapi tujuan dari adanya Ring Bearer ini bukan hanya untuk lucu-lucuan semata, loh. Tradisi Ring Bearer sudah dilakukan sejak zaman Mesir Kuno yang melambangkan kepolosan dan rasa cinta untuk masa depan kedua pengantin yang akan membangun rumah tangga bersama.

Siapa yang Menjadi Ring Bearer?

wm_article_img
Foto: Shutterstock

Setelah mengetahui penjelasan dan sejarah singkat mengenai Ring Bearer, mungkin kamu bertanya-tanya siapa yang bisa menjadi Ring Bearer. Biasanya yang menjadi Ring Bearer dalam pernikahan adalah saudara atau kerabat dekat keluarga. Namun ada juga yang menawarkan jasa Ring Bearer yang bisa kamu sewa beserta perlengkapan pakaian dan alat pembawa cincinnya.

Jika kamu tidak memiliki kerabat anak kecil laki-laki, kamu juga bisa memilih anak perempuan sebagai Ring Bearer. Atau mau upacara pernikahan semakin terlihat unik dan menarik? Kamu juga bisa memilih bayi hingga remaja sebagai Ring Bearer. 

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan hewan peliharaan sebagai Ring Bearer mengingat dewasa ini beberapa upacara pernikahan bisa mengikuti sesuai perkembangan dan sumber daya yang ada. Jadi kamu tidak harus memilih Ring Bearer berupa anak laki-laki berusia antara 3-10 tahun jika memang tidak ada, karena masih ada alternatif lainnya.

Apa Tugas dari Ring Bearer?

wm_article_img
Foto via jenningstrace.com

Sesuai namanya, Ring Bearer bertugas untuk membawakan sepasang cincin pernikahan dan menyerahkannya kepada Best Man. Kamu bisa mempercayakan Ring Bearer untuk membawa cincin pernikahan asli. 

Namun tidak sedikit juga yang memutuskan untuk memberikan Ring Bearer cincin palsu demi keamanan upacara pernikahan. Jadi tradisi ini dilakukan secara simbolik namun tetap tidak kehilangan maknanya.

Ring Bearer sendiri biasanya akan membawakan cincin dengan menggunakan kotak atau tatakan khusus agar terlihat indah dan elegan. Wadah cincin ini juga biasanya dibuat dari bahan yang membuat para tamu undangan dapat melihatnya. Namun ada juga yang menggunakan kotak kayu dengan bentuk seperti koper kecil agar cincin tidak terjatuh dan tetap aman sampai ke altar.

Ring Bearer biasanya juga akan didandani menggunakan jas dan tuxedo sebagaimana tampilan pengantin pria dan para pendampingnya agar terlihat rapi dan elegan. Jadi pastikan juga agar kamu memilih bahan pakaian yang nyaman untuk digunakan oleh Ring Bearer, ya.

Rekomendasi Tatakan Ring Bearer

Ring bearer sering juga diartikan sebagai kotak cincin. Tapi bentuk kotak cincin yang digunakan sebagai seserahan biasanya berukuran besar dengan bahan yang berat. Tentunya hal ini akan menyulitkan pembawa cincin untuk mengantarkan cincin. Jadi, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tatakan cincin yang bisa kamu gunakan di pernikahan.

1. Bantal kecil

wm_article_img
Foto via atodoconfetti

Yang pertama ada bantal kecil dengan lekukan di bagian tengahnya untuk menjaga cincin agar tidak mudah jatuh. Untuk bahan dan warnanya sendiri beragam dan bisa kamu pilih sesuai dengan tema pernikahan. Pilih warna polos dan netral untuk memberikan tampilan mewah dan elegan.

Kamu juga bisa menggunakan kain batik untuk memberikan kesan unik dan tradisional. Agar terlihat lebih cantik, kamu juga bisa menambahkan hiasan seperti renda, pita, bunga, atau ornamen lainnya untuk mempercantik tampilan tatakan cincin ini. Jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran bantal ini tidak terlalu besar untuk dipegang oleh Ring Bearer agar mereka bisa membawanya tanpa kesulitan.

2. Koper kecil

wm_article_img
Foto: VinnyD. Photography 

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan koper kecil yang bisa dibawa anak-anak untuk membawa cincin dengan lebih aman. Desainnya juga bisa kamu sesuaikan dengan tema pernikahan. Buat koper dengan handle yang nyaman agar Ring Bearer tidak kesulitan dan kesakitan saat menjalankan tugasnya sebagai pembawa cincin di prosesi pernikahanmu.

3. Tas kecil

wm_article_img
Foto: Aaron Watson Photography

Jika kamu takut Ring Bearer akan menjatuhkan cincin karena tidak bisa membawa tatakan cincin dengan baik, kamu bisa memberikan tas selempang atau tas pinggang kecil untuk dipakai oleh Ring Bearer. Tentunya ini akan memudahkan mereka untuk menjalankan tugasnya mengingat mereka hanya perlu berjalan sampai ke altar dan menggunakan tasnya. Jadi nanti Best Man bisa membantu Ring Bearer untuk mengeluarkan cincin dari tasnya.

4. Kotak kayu

wm_article_img
Foto: Shutterstock 

Ring Bearer juga bisa membawa kotak cincin untuk mengantarkan cincin hingga ke altar. Pastikan kamu memilih bahan yang aman dan desain yang tidak memiliki banyak sudut tajam agar tidak beresiko melukai Ring Bearer yang bertugas. Alangkah baiknya jika kotak cincin dibuat dengan desain yang simpel dan minimalis agar memudahkan Ring Bearer untuk membawanya.

5. Papan tulis

wm_article_img
Foto: via huffingtonpost.com

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, tidak sedikit pengantin yang memutuskan untuk tidak menyerahkan cincin pernikahan asli kepada Ring Bearer. Jadi kamu bisa menggunakan cincin palsu atau tiruan untuk dibawakan oleh Ring Bearer. Ada juga yang memutuskan untuk memberikan papan tulisan untuk dibawa.

Papan tulis ini bisa kamu isi dengan tulisan menarik dan lucu seperti contoh di atas. Tentunya hal ini membuat upacara pernikahan kamu semakin lucu dan berkesan, bukan?

6. Sangkar burung

wm_article_img
Foto via mountainmodernlife.com

Desain tatakan cincin lainnya yang tidak kalah populer adalah bentuk sangkar burung ini. Untuk bagian luarnya biasanya menggunakan anyaman bambu dengan bentuk sangkar buruk yang unik. Untuk bagian dalamnya bisa kamu tambahkan alas berupa tumpukan bunga, daun, atau bantal kecil agar cincin tidak tersangkut pada anyaman bambu dan mudah untuk diambil.

7. Hewan peliharaan

wm_article_imgwm_article_img

Foto via instagram/nolatheiggy

Untuk kamu yang memilih untuk menggunakan hewan peliharaan sebagai Ring Bearer, kamu bisa memesan tambahan kotak cincin yang bisa dikaitkan pada kalung hewan peliharaanmu. Dengan begitu hewan peliharaan bisa langsung berjalan menuju ke altar dan mengantarkan cincin dengan baik.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai Ring Bearer mulai dari sejarah, siapa yang melakukannya, tugas, hingga rekomendasi desain kotak cincin yang bisa kamu pilih. Baca juga artikel lainnya seputar pernikahan dan perlengkapannya di WeddingMarket biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...