Pilih Kategori Artikel

Tips Melakukan Foto Prewedding Islami Bagi Pasangan Muslim

Hari-hari menjelang pernikahan adalah momen yang berharga bagi para calon pengantin. Tak heran, banyak pasangan yang melakukan sesi pemotretan foto pra-nikah atau yang lebih dikenal sebagai foto prewedding, untuk mengabadikan momen-momen kebersamaan mereka sebelum resmi menjadi sepasang suami-istri.

Namun, pelaksanaan foto prewedding kadang menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang, khususnya pasangan muslim lantaran dinilai kurang sesuai dengan syariat agama Islam. Dimana, ada unsur-unsur dalam pemotretan tersebut yang membatasi seperti kemungkinan untuk ber-khalwat (berdua-duaan) dan melakukan sentuhan fisik selama sesi foto berlangsung.  

Sebagai pasangan muslim, tentu saja kita ingin melakukan sesuatu yang sesuai dengan ajaran agama kita. Oleh karena itu, selain menunda pemotretan hingga setelah akad nikah atau melakukan foto post-wedding, dalam artikel ini juga akan dibahas beberapa tips tentang cara melakukan foto prewedding Islami yang tak bertentangan dengan unsur syar'i. Simak yuk!

Pilih tempat yang bernuansa Islami

wm_article_img
Fotografi: caliphaphoto

Pemilihan tempat merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan foto prewedding Islami. Pilihlah tempat yang memiliki nuansa Islami, seperti masjid, taman yang memiliki air mancur ala arab, atau ruang terbuka. Hindari tempat-tempat yang kurang Islami seperti bar, klub, atau tempat-tempat yang penuh dengan kesenangan dunia.

Kenakan pakaian yang syar'i

Pakaian yang dipakai saat foto prewedding juga harus diperhatikan. Pasangan muslim sebaiknya memilih pakaian yang menutup aurat dan sesuai dengan tuntunan syar'i, seperti gamis atau baju koko. Pastikan juga warna pakaian yang dipilih tidak mencolok dan sesuai dengan tema foto.

Lakukan sesi foto dengan pasangan yang sesuai dengan etika Islam

wm_article_img
Foto: Khalifastudios

Posing juga merupakan hal yang penting dalam foto prewedding, apalagi untuk foto prewedding syar'i. Jika pada saat sesi pemotretan kamu masih belum sah sebagai suami istri, sebisa mungkin hindari sentuhan fisik, pose terlalu dekat dan terkesan vulgar.

Tak melulu harus bersentuhan fisik untuk menampilkan keromantisan dalam sebuah potret foto prewedding, karena ada berbagai cara untuk membuat foto tetap menarik namun tetap halal. Lakukan sesi foto dengan pasangan kamu yang sesuai dengan etika Islam, seperti tidak berpegangan tangan atau melakukan kontak fisik yang tidak pantas.

Pilih fotografer yang paham tentang nilai-nilai Islami

Pilihlah fotografer yang memiliki pemahaman tentang Islam dan tahu bagaimana melakukan foto prewedding Islami. Pastikan fotografer tersebut dapat memberikan arahan dan saran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Pilih kata-kata dan caption yang Islami

wm_article_img
Fotografi: caliphaphoto

Terakhir, apabila hendak mengunggah foto kamu ke sosial media, pilihlah kata-kata dan caption yang Islami untuk foto prewedding kamu. Hindari kata-kata yang tidak pantas atau menyimpang dari nilai-nilai Islami, ya!

Demikianlah beberapa tips tentang cara melakukan foto prewedding Islami bagi pasangan muslim. Ingatlah bahwa dalam melakukan foto prewedding, kita harus tetap memperhatikan tuntunan agama. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan pasangan muslim dapat memiliki kenangan prewedding yang indah dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...