Pilih Kategori Artikel

11 Ide Foto Prewedding Studio dengan Lighting Game, Yuk Bikin Fotomu Naik Kelas!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika membicarakan tentang prewedding, banyak tema yang akan muncul di kepala. Sayangnya, saat sudah akan mengeksekusinya, keinginan yang muluk-muluk sering terlupakan karena sudah ada terlalu banyak hal lain untuk persiapan pernikahan yang juga mesti dipikirkan. Akhirnya, banyak pasangan yang merelakan konsep yang sudah ada di kepala mereka menjadi sesuatu yang lebih sederhana.

Salah satu konsep prewedding yang dianggap sederhana adalah melakukan foto studio karena semua bisa dilakukan di satu tempat saja sehingga tak perlu banyak berpindah. Selain itu, ada beberapa keuntungan memilih foto studio daripada foto di luar ruangan. Apa saja? Simak yuk selengkapnya!

Kelebihan foto di dalam studio

wm_article_img
Fotografi: Cerita Tentang Senja

Foto studio memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sesi foto prewedding di luar ruangan (outdoor). Pertama, kita bisa mengontrol pengaturan pencahayaan dan latar belakang, yang memungkinkan fotografer untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan tema dan konsep yang diinginkan oleh calon pengantin. 

Kedua, di dalam studio, kita tak perlu begitu memusingkan bagaimana cuaca dan suhu di sekitar karena hal ini juga bisa diatur. Hujan ataupun panas tak akan memengaruhi pengambilan foto yang akan dilakukan saat itu.

Ketiga, studio juga memberikan privasi bagi pasangan untuk mengambil foto tanpa adanya gangguan atau interferensi dari luar. Terakhir, studio juga dapat memberikan berbagai pilihan yang lebih banyak mengenai gaya, tata letak, dan perlengkapan yang disediakan. Dengan semua keuntungan ini, studio fotografi menjadi pilihan yang ideal untuk pasangan yang ingin memastikan bahwa foto prewedding mereka akan terlihat indah tanpa harus banyak ribet memikirkan segala sesuatunya.

Ide foto prewedding studio dengan lighting game

Foto di studio dianggap memiliki berbagai keterbatasan karena ruang yang relatif sempit dan properti yang itu-itu saja. Namun, dengan variasi yang kreatif, kamu bisa membuat sesi prewedding-mu dan pasangan menjadi lebih menyenangkan dan berbeda dari biasanya. Salah satunya, kamu bisa menerapkan lighting game seperti beberapa inspirasi berikut ini. 

1. Background artistik berwarna jingga

wm_article_img
Fotografi: LigArt Photography

Pencahayaan dengan bentuk bulat ini akan membingkai posemu dan pasangan menjadi lebih menarik. Warnanya yang bernuansa jingga juga membuat foto secara keseluruhan menjadi lebih romantis. Mintalah untuk melengkapi set fotomu dengan bunga-bunga kecil berwarna senada, seperti kuning untuk memperindah foto.

Jika kamu dan pasangan adalah orang yang canggung saat berfoto, kalian tidak perlu berpose menghadap ke kamera, kok. Pose pada foto ini yang berhadapan sambil tertawa bisa membuat hasilnya tampak lebih natural.

2. Pose berdansa yang lebih cheerful

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

Sekilas foto ini mungkin mirip dengan pose sebelumnya. Namun, jika diperhatikan lagi, latar belakang foto ini tidak berbentuk bulat sehingga memang berfokus pada kamu dan pasangan yang ada di dalamnya. 

Warna-warna cerah pada pakaian yang dipilih membuat foto ini tampak lebih ceria, apalagi didukung dengan pose berdansa bersama dengan senyum lebar yang menggambarkan kebahagian bersama pasangan.

3. Monokromatik dengan warna putih

wm_article_img
Fotografi: Ruang Photoworks

Foto studio memang cocok untukmu yang suka hal-hal minimalis, termasuk foto dengan konsep monokromatik. Sayangnya, foto seperti ini biasanya akan menimbulkan kesan yang membosankan. Makanya, perlu ada inovasi yang diterapkan, misalnya pencahayaan atau pakaian yang dikenakan oleh pasangan.

Kamu bisa memasukkan konsep foto vintage ke dalam foto ini, lo. Salah satunya dengan mengenakan gaun dan setelan klasik yang sangat khas. Gaun dengan puffed sleeve dan ruffle yang dikenakan oleh calon mempelai perempuan dan setelan berwarna beige atau khaki yang dikenakan calon mempelai pria akan membuat foto jadi lebih bervariasi.

4. Konsep formal yang elegan

wm_article_img
Fotografi: Cerita Tentang Senja

Konsep foto hitam putih adalah salah satu yang tak pernah lekang dimakan zaman. Hal yang satu ini bisa kamu terapkan juga di foto prewedding dalam studio. Untuk menambah kesan elegan dalam foto, kamu dan pasangan bisa mengenakan outfit yang formal berupa setelan jas dan gaun. Warna dari pakaian yang dikenakan pun bisa disesuaikan dengan memilih warna hitam dan putih. Pose yang diterapkan tentu juga perlu disesuaikan dengan raut wajah serta gestur yang lebih serius.

5. Background dengan motif

wm_article_img
Fotografi: Alinea.

Jika background studio yang polos terasa biasa saja untukmu, kamu juga bisa mencoba membuat background yang lebih ramai dengan motif. Ada berbagai motif yang bisa dipilih, salah satunya jika ingin memberikan sentuhan kembali ke alam, kamu bisa memilih motif berbentuk daun seperti pada gambar. Tambahan properti seperti bunga juga bisa ditambahkan. Selain membuat foto lebih cantik, buket ini akan membantumu jika kamu cukup canggung saat berpose. Tanganmu menjadi tidak terlalu kosong. 

6. Pose misterius bernuansa gelap

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Permainan pencahayaan dalam foto studio bisa menimbulkan kesan yang berbeda. Salah satunya untuk memberikan kesan misterius dengan warna yang pekat seperti ini.Untuk membuatnya terlihat tajam dan kontras dengan background, pilih outfit berwarna gelap seperti hitam. Buat raut wajah dengan serius untuk membuat foto ini semakin misterius dan seolah memiliki cerita yang dalam. Tanpa tambahan properti apapun, fotomu sudah terlihat cukup.

7. Foto dengan fokus pada bayangan

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Jika diperhatikan, foto-foto sebelumnya memiliki komposisi unik yang di dalamnya terdapat bayangan-bayangan di belakang objek. Namun, bayangan ini tak begitu ditekankan pada foto-foto tersebut. Sementara itu, ternyata kamu bisa menekankannya pada foto dan mendapatkan hasil yang maksimal seperti foto yang satu ini. Outfit yang dikenakan bisa dipilih yang berwarna gelap juga untuk hasil yang paripurna.

8. Gaya vintage di ruang tamu

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

Jika kamu ingin membuat foto prewedding yang lebih ramai walau di dalam ruangan, kamu bisa menyontek konsep yang satu ini. Konsep foto di dalam ruangan yang dipadukan dengan properti vintage akan membuat foto prewedding semakin unik. Warna-warna neon menciptakan ambience yang juga menarik serta penuh dengan nostalgia. Kamu bisa menyesuaikan ambience di sekitar dengan pakaian yang memiliki konsep vintage serupa.

9. Bayangan di proyektor

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

Salah satu lighting yang bisa dimanfaatkan untuk konsep foto yang kekinian adalah dengan memanfaatkan layar proyektor seperti ini. Setting bisa disesuaikan dengan ide yang ingin diterapkan, seperti di ruang makan, ruang tamu, atau ruang yang lain. Pose dari pasangan tentu saja juga perlu disesuaikan. Untuk mewujudkan konsep ini, kamu perlu banyak mengobrol dengan fotografer. Jika kamu dan pasangan sedang menjalani cinta jarak jauh, konsep ini ditujukan untukmu.

10. Foto dengan background film favorit

wm_article_img
Fotografi: Bare Odds

Memiliki film atau serial favorit? Kamu bisa menjadikannya background foto prewedding yang menarik seperti ini, lo. Pilih salah satu scene paling berkesan dan gunakan tembok sebagai layar proyektor di belakangmu. Kamu dan pasangan juga bisa meniru pose dari scene lain di depannya untuk membuat foto prewedding terlihat semakin menarik dan bermakna. Untuk pilihan outfit, kamu bisa memilih yang satu tema dengan yang dipakai di film atau sama sekali berbeda.

11. Bayangan jendela

wm_article_img
Fotografi: Bare Odds

Selain memanfaatkan bayangan sendiri, kamu dan pasangan juga bisa memanfaatkan bayangan dari objek lain untuk berfoto. Misalnya, objek yang membuat bayangan bergaris-garis seperti ini. Biasanya bayangan ini muncul dari jendela. Jadi, kamu bisa melihat ke sekitar dan memanfaatkannya jika ada. Supaya tidak terlalu tenggelam di kegelapan, kamu bisa mengenakan pakaian formal seperti baju pengantin yang sederhana.

Ternyata foto prewedding di studio pun bisa membuat hasil foto-fotomu menjadi indah dan berbeda dari foto yang lain, kan. Kuncinya adalah melakukan eksplorasi dan banyak berdiskusi dengan fotografer pilihanmu. Nah, kamu dapat menemukan fotografer profesional terbaik serta berbagai vendor pernikahan lainnya di WeddingMarket Store. Melengkapi segala kebutuhan untuk pernikahan impianmu kini jadi lebih mudah!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...