Pilih Kategori Artikel

Tips Agar Make up Pernikahan DIY Tampil Paripurna, Tahan Lama, dan Anti Crack
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menggelar pesta pernikahan tentu membutuhkan banyak sekali persiapan. Semua detail pernikahan tersebut akan membuat kamu mengeluarkan banyak biaya dan waktu. Dua hal inilah yang membuat pasangan membutuhkan waktu berpikir berkali-kali sebelum memutuskan untuk menikah.

Salah satu detail pernikahan yang paling krusial adalah make up pengantin wanita. Lantaran selama pesta pernikahannya, ia akan diperhatikan banyak orang. Tampilannya tentu harus tampak cantik di hari bahagia tersebut.

Tanpa riasan, gaun pengantin juga tidak bisa memancarkan keindahannya. Oleh karena itu, banyak pasangan mempersiapkan budget yang tidak tanggung-tanggung untuk make up pengantin. Mereka ingin mempercayakan tampilannya pada make up artist profesional yang memiliki segudang pengalaman.

Tidak heran, biaya make up pengantin akan semakin besar jika penata riasnya memiliki kualitas tinggi. Selain keahlian mereka, produk make up berkualitas tinggi yang digunakan juga sangat menentukan tarif.

Namun, tidak menggunakan make up artist profesional untuk merias wajah kamu juga bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Apalagi kalau kamu memiliki kemampuan untuk melakukannya. Merias wajah sendiri di hari pernikahan menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan look yang kita inginkan sekaligus menghemat biaya.

Sebagai insight kamu, WeddingMarket akan memberikan tips agar make up tampil paripurna hingga akhir acara, tanpa drama luntur dan anti crack.

  1. Jangan malas latihan

wm_article_img
Foto: Lalanindita Makeup

Walaupun persiapan pernikahan cukup menguras emosi dan tenaga, jangan malas untuk terus melatih kemampuan make up kamu. Jika kamu belum sampai di tahap mahir tetapi ingin melakukannya sendiri, latihan merupakan bagian terpentingnya.

Mulai latihan dengan mencari banyak informasi dari make up artist profesional melalui media sosial dan bertanya pada teman yang sudah berpengalaman. Sudah banyak make up artist profesional atau influencer yang dengan senang hati membagikan tips mereka.

Sisihkan waktu kamu di tengah padatnya persiapan untuk melatih tangan agar tidak gugup saat hari pernikahan nanti. Banyaknya latihan akan membuat kamu berhasil mewujudkan look yang kamu dambakan.

  1. Persiapkan kulit kamu

wm_article_img
Foto: Pexels/Ekatarina Bolovtsova

Skin preparation sebelum menempelkan semua produk make up di wajah kamu sangat penting. Jika tidak ingin make up luntur, persiapkan kulit sebaik mungkin. Persiapan dapat dilakukan beberapa minggu sebelumnya.

Beberapa make up artist profesional melarang pengantinnya melakukan perawatan kulit seperti facial beberapa minggu sebelumnya. Karena facial akan membuat kondisi wajah menurun dan tidak prima ketika hari pernikahan.

Selain itu, buat kamu yang sedang melakukan perawatan dokter, sebaiknya menghentikan pemakaiannya agar make up pengantin dapat bekerja dengan maksimal. Kulit wajah yang sedang menggunakan produk perawatan dari dokter cenderung lebih kering dan sensitif. 

Penggunaan produk dokter ini paling berpengaruh pada complexion make up (foundation dan primer). Make up pengantin kamu bisa retak atau creasing. Namun, untuk menjaga kesehatan wajah kamu tetap bisa menggunakan produk perawatan kulit lainnya yang bersifat gentle tanpa campuran bahan-bahan berbahaya. 

  1. Pilih primer terbaik

wm_article_img
Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Pemilihan primer adalah salah satu kunci jawaban kenapa make up pengantin bisa bertahan lama di wajah. Pilih base primer tipe matte sebagai dasar yang akan membuat make up menempel dengan sempurna.

Primer memiliki peran menyamarkan garis-garis halus dan menutup pori-pori di atas permukaan kulit. Kedua hal ini menjadi penghalang yang bisa membuat make up kamu gampang luntur dan retak.

Kamu juga memerlukan eye primer terpisah berwarna netral. Penggunaan eye primer ini dapat membantu meratakan perubahan warna yang akan terjadi di kelopak mata.

  1. Perhatikan pemilihan make up complexion

wm_article_img
Foto: Pexels/Mart Production

Peran penting produk riasan tidak hanya dipegang oleh primer. Sebelum kamu menghias wajah, dasar tempat riasan tersebut menempel harus berkualitas. Inilah peran dari make up complexion.

Perhatikan pemilihan foundation yang memegang peran penting dalam mempertahankan make up di wajah. Terdapat beberapa foundation yang merangkap fungsi sebagai sunscreen dan hal tersebut dapat merusak look kamu ketika proses dokumentasi. 

Penggunaan foundation ber-SPF akan membuat kamu terkena pantulan cahaya flashback ketika di foto. Kamu hanya perlu menggunakan sunscreen sebelum melakukan make up untuk terhindar dari pengaruh sinar matahari yang tidak baik untuk wajah.

Selain foundation, pemilihan concealer sebagai complexion juga harus diperhatikan. Gunakan concealer berbasis cream formula untuk membantu kamu menyamarkan kantung hitam di sekitar mata.

Concealer berbasis cream ini juga akan menyembunyikan bitnik hitam, kerutan, dan ketidaksempurnaan wajah lainnya. Sebagai tahap akhir, make up complexion kamu memerlukan setting powder agar tidak bergeser.

Kamu bisa mempertimbangkan penggunaan setting powder yang bersifat translucent. Setting powder ini memiliki sifat tidak berwarna dan transparan yang akan membantu meratakan warna hingga tekstur kulit wajah. 

  1. Pilih eye make up berwarna netral

wm_article_img
Foto: pexels/Akash Singh

Keindahan mata akan memancarkan kecantikan wajah kamu. Gunakan produk eye make up berwarna netral, matte eyeshadow, dan subtle tones agar mata kamu tetap terlihat cantik ketika terkena cahaya blitz fotografi.

  1. Menggunakan produk tahan air

wm_article_img
Foto: Freepik

Sepanjang hari pernikahan, kamu akan banyak mengeluarkan keringat dan air mata. Bener, kan? Karena itulah dibutuhkan produk make up yang waterproof atau tahan air. Agar make up complexion kamu tetap tampil sempurna, wajib menggunakan maskara, eyeliner, dan pensil alis dengan klaim waterproof.

  1. Layering lip color

wm_article_img
Foto: pexels/Anastasiya Lobanovskaya

Sebagai persiapan awal, kamu bisa melapisi bibir dengan lip balm untuk melembutkan dan melembabkan. Kemudian, kamu bisa menimpanya dengan lapisan tipis lipstick dengan formula cream atau satin.

Kemudian, kamu bisa menggambar garis tepian bibir menggunakan lip liner untuk menambahkan volumenya. Dengan menambahkan garis di tepian bibir, lipstick kamu akan terlihat lebih alami. Jika sudah sesuai keinginan, sebagai sentuhan akhir kamu bisa menambahkan lip gloss agar bibir terlihat lebih plump dan segar.

8. Jangan lupa menggunakan setting spray

wm_article_img
Foto: Pexels/Karolina Gabowska

Seluruh riasan kamu dapat bertahan lama jika dikunci dengan setting spray ini. Jadi, jangan pernah lupa menggunakan setting spray setelah semua riasan sudah melekat di wajah dengan sempurna.

Penggunaan setting spray akan menghindarkan kamu dari re-touch make up yang mungkin hasilnya tidak akan sama dengan sebelumnya.

  1. Siapkan blotting sheet

wm_article_img
Foto: Freepik/Jcomp

Khusus pemilih kulit berminyak, wajib siapkan blotting sheet (kertas minyak). Karena, kamu tidak bisa kembali mengoleskan bedak padat untuk mengontrol minyak di wajah. Cukup gunakan blotting sheet untuk menyerap minyak tanpa merusak make up.

  1. Make up di ruangan yang tenang

wm_article_img
Foto: Irwan Riady

Seringkali ruang make up dipenuhi oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Hal ini sudah sering menjadi kendala bagi banyak make up artist profesional. Jika mereka saja terganggu, apalagi kamu yang akan melakukannya sendiri. 

Kamu akan memerlukan tempat yang lebih tenang saat melakukan make up. Beri penjelasan pada seluruh keluarga, teman, atau tamu lainnya agar tidak mengganggu privasi tersebut. Dengan pikiran tenang, proses make up kamu akan jauh lebih mudah.

Itu dia 10 tips make up pengantin DIY kamu tahan lama dan nggak mudah luntur. Sudah siap tampil cantik dengan hasil tangan sendiri?

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...