Pilih Kategori Artikel

Foto Bagus dan Estetis! 9 Tips Memilih Fotografer Pernikahan yang Tepat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Momen pernikahan yang sakral tentunya tak boleh berlalu begitu saja tanpa diabadikan. Segala kesempurnaan di hari penyatuan janji suci tersebut rasanya kurang afdhol apabila tak terekam dalam potret gambar pernikahan yang berkesan. Untuk itu, dokumentasi atau foto pernikahan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan dengan matang. 

Foto pernikahan tersebut nantinya akan menjadi sebuah kenangan berharga yang akan diingat sepanjang masa, baik ketika merayakan anniversary pernikahan maupun suatu saat nanti untuk diceritakan kembali kepada anak dan cucu. Oleh sebab itulah, memilih fotografer pernikahan yang tepat adalah suatu keharusan bagi pasangan calon pengantin.

Nah, dalam artikel ini WeddingMarket akan memberikan kamu beberapa tips dalam memilih fotografer pernikahan. Ikuti tips ini supaya nantinya hasil foto-foto pernikahanmu akan berkesan dan sesuai dengan harapan.   

Cari referensi fotografer pernikahan terbaik 

wm_article_img
Fotografi: Too.lus

Kunci utama untuk mendapatkan hasil foto pernikahan yang apik tentu adalah memilih fotografer yang andal. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan referensi tentang fotografer wedding yang akan digunakan untuk acaramu kelak. Bisa dimulai dengan mencari informasi jasa fotografer pernikahan terdekat dari lokasi tempat tinggalmu atau meminta rekomendasi dari keluarga atau teman. Selain itu, kamu juga bisa mengulik informasi wedding photographer ini di internet untuk dipelajari lebih lanjut.  

Pelajari portofolio fotografer 

wm_article_img
Fotografi: Clay Photo & Cinema

Langkah selanjutnya setelah kamu memperoleh sederet daftar nama fotografer pernikahan yang direkomendasikan, pelajarilah portofolio atau hasil foto-fotonya. Selain mengunjungi website atau laman media sosial sang fotografer, kamu juga bisa memanfaatkan wedding platform yang menaungi berbagai vendor-vendor fotografer pernikahan. 

Setiap fotografer biasanya memiliki ciri khas atau signature baik dari segi warna maupun gaya pengambilan gambarnya masing-masing. Dari potofolio atau hasil-hasil foto pernikahan yang ditampilkan tersebut pilihlah yang sekiranya sesuai dengan preferensimu. Baik dari segi komposisi warna, hasil editing dan sebagainya. Gaya foto pernikahan seperti apa yang akan kamu pilih bisa disesuaikan dengan selera pribadi.  

Temukan fotografer yang benar-benar 'klik'

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Selain mempelajari portofolio, variabel lainnya yang juga perlu jadi bahan pertimbangan kamu dalam menentukan vendor fotografi untuk hari pernikahanmu kelak adalah kesesuaian dengan sang fotografer itu sendiri. Untuk itu, diperlukan kecocokan dengan fotografer yang kamu pilih, agar nantinya suasana pada saat sesi pemotretan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Jika sudah 'klik' dengan fotografernya, besar kemungkinan foto-foto pernikahan yang dihasilkan pun akan lebih memuaskan. 

Memahami esensi dan filosofi foto

wm_article_img
Fotografi: Yourmatepics

Seperti yang diketahui, pada dasarnya fotografi juga merupakan bagian dari seni. Foto-foto yang diabadikan hendaknya memiliki esensi atau filosofi yang apabila dipadang seolah 'bercerita'. Apalagi jika pernikahan menggunakan prosesi adat yang sakral, penting untuk memastikan fotografer yang kamu pilih setidaknya harus memahami tahapan-tahapan apa saja yang perlu diabadikan.

Pilih yang sesuai dengan konsep pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Pertimbangan lain yang tak kalah penting saat akan memilih fotografer pernikahan yakni memastikan bahwa yang akan kamu pilih sesuai dengan konsep pernikahan. Hal ini terkait dengan alat-alat pendukung dan skill yang dimiliki fotografer.

Sebagai contoh, untuk pernikahan indoor cenderung memerlukan pencahayaan tertentu, akan berbeda halnya dengan garden party wedding yang digelar di alam terbuka. Begitupun dari segi teknik pengambilan gambarnya, tentu juga akan ada perbedaan. Oleh karena itu, pastikan fotografer yang dipilih memiliki kemampuan untuk mendokumentasikan foto dengan baik sesuai dengan konsep pernikahan yang akan kamu gunakan, ya!

Pelajari jenis paket foto pernikahan yang ditawarkan

wm_article_img
Fotografi: Yourmatepics

Selanjutnya, pelajari juga jenis paket pernikahan yang ditawarkan oleh vendor fotografi. Cermati setiap detailnya mulai dari harga, lama waktu pemotretan, jumlah album foto yang akan diterima, dan lain sebagainya. Apabila dirasa ada informasi yang kurang jelas, jangan segan-segan untuk bertanya kepada fotografer atau menghubungi kontak yang tersedia, supaya tidak terjadi kesalahpahaman nantinya setelah kontrak ditandatangani. 

Mengecek skill dan kemahiran dari sang fotografer

wm_article_img
Fotografi: Too.lus

Zaman sekarang ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercantik suatu foto. Bahkan, proses editing-nya dapat dilakukan dengan instan. Memang sih terkadang editing diperlukan, akan tetapi jika hanya mengandalkan itu saja tidak akan cukup.  Sebagai seorang pelanggan yang akan memakai jasa fotografer untuk hari penting, sebaiknya kamu lebih cermat.

Akan lebih baik sebelum menggunakan suatu jasa fotografer pernikahan, kamu memastikan terlebih dahulu bahwa mereka benar-benar memiliki skill dan mahir dalam memotret. Oleh karena itu, jika memungkinkan uji skill dan kemahiran si fotografer dalam berbagai kondisi. Lihat hasil-hasil fotonya, misalnya disaat kurang pencahayaan atau di tempat yang sangat terang. Fotografer yang baik tentu paham betul bagaimana teknik terbaik untuk memotret di kondisi-kondisi tersebut. 

Mengenali jenis alat fotografi yang akan digunakan fotografer

wm_article_img
Fotografi: Yourmatepics

Akan lebih bagus lagi apabila kamu juga mengetahui alat-alat fotografi apa saja yang akan digunakan oleh fotografer. Tidak ada salahnya bertanya tentang hal tersebut. Misalnya jenis kamera yang digunakan, lensa tambahan jika ada, dan sebagainya. Jika kamu tidak memahami mengenai fotografi, maka bisa meminta bantuan pada teman yang memiliki pengetahuan tentang itu. Dengan demikian, kamu bisa yakin foto-foto pernikahanmu kelak akan memuaskan.  

Bandingkan harga yang ditawarkan

wm_article_img
Fotografi: Lunaphotography.id

Jika kamu menemukan beberapa opsi fotografer pernikahan yang sesuai dengan preferensi pribadimu, maka selanjutnya bandingkan harga yang ditawarkan keduanya. Pilihlah yang sesuai dengan budget yang dimiliki serta memberikan layanan atau fasilitas yang cocok dengan kebutuhanmu. Ingat, harus sesuai dengan alokasi budget pernikahan yang sudah direncanakan ya!

Memilih fotografer pernikahan perlu cermat, lantaran ini akan sangat menentukan bagaimana hasil foto-foto pernikahan kamu nantinya. Jangan sungkan untuk menyampaikan keinginan kamu kepada fotografer wedding yang akan dipilih. Karena pernikahan ini adalah momen berharga yang tak dapat diulang kembali, oleh sebab itu segala sesuatunya harus benar-benar dipastikan dan dimatangkan agar hasilnya tidak mengecewakan.

Berbagai pilihan fotografer pernikahan profesional berpengalaman juga dapat kamu temukan di WeddingMarket store mulai dari budget 1 jutaan, loh! Selain itu, cari tahu juga penawaran menarik lainnya di WeddingMarket venue deals untuk mendapatkan tempat pernikahan dengan fasilitas terlengkap dan harga terbaik! Good luck!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...