11 Tips Memilih Jasa Rias Pengantin Terbaik yang Membuatmu Tampil Cantik Menawan di Hari Pernikahanmu - Wedding Market

11 Tips Memilih Jasa Rias Pengantin Terbaik yang Membuatmu Tampil Cantik Menawan di Hari Pernikahanmu

27 Jan 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 210
11 Tips Memilih Jasa Rias Pengantin Terbaik yang Membuatmu Tampil Cantik Menawan
make up by Andy Chun Make Up Artist

Dalam pesta pernikahan, tentunya setiap calon pengantin ingin tampil sebaik mungkin, mulai dari atas kepala hingga ke ujung kaki. Terutama bagi pengantin wanita, tata rias wajah merupakan salah satu poin terpenting untuk menunjang seluruh penampilannya. Baik pernikahan dengan konsep tradisional maupun modern, keduanya sangat bergantung dengan riasan wajah atau make up yang dikenakan oleh sang pengantin. Baik dengan gaun pengantin modern maupun pakaian adat, tidak akan lengkap jika tidak didukung dengan tata rias pengantin yang baik.

Demi menunjang kesuksesan acara pernikahanmu, maka kamu perlu mempersiapkan perias pengantin atau make up artist (MUA) untuk hari spesialmu. Namun, tidak bisa asal pilih MUA, loh. Sebab, perihal urusan rias pengantin ini begitu sensitif, salah-salah bisa merusak look kamu di hari bersejarah yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan dengan matang perihal yang satu ini. Memilih tata rias pengantin yang pas dengan kepribadianmu juga perlu waktu, untuk itu persiapkanlah dari jauh-jauh hari. Nah, agar kamu bisa merencanakan semuanya dengan baik, berikut beberapa tips untuk menemukan paket rias pengantin terbaik untukmu.

TIPS MEMILIH JASA RIAS PENGANTIN TERDEKAT YANG MEMBUATMU TAMPIL CANTIK

Make up by Andy Chun Make Up Artist

  1. Persiapkan budget khusus untuk jasa make up pengantin

Tidak bisa dipungkiri bahwa pernikahan membutuhkan banyak biaya, mulai dari memikirkan baju, cincin perkawinan, makanan hingga make up pengantin. Semua keperluan itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka tidak mengherankan apabila sebelum memutuskan menikah, para calon pengantin mengumpulkan biayanya terlebih dahulu. Nah, dari sekian banyak keperluan yang harus dipersiapkan dengan baik adalah make up. Sekalipun kamu mau make up sendiri, tetap ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk-produknya. Apabila kamu ingin menggunakan jasa MUA pengantin yang bagus, tentunya kamu perlu budget yang tidak sedikit.

Biasanya budget menentukan produk dan kualitas yang dimiliki oleh si perias. Sebab MUA yang bagus, mempunyai skill dan produk yang kualitasnya bagus pula. Kalau kamu punya dana yang terbatas, kamu tetap bisa mendapatkan riasan yang bagus. Hanya saja, kamu harus pintar-pintar mengakalinya. Misalnya, kamu bisa memilih perias pengantin yang dekat dari rumah, sehingga tidak perlu ada tambahan untuk biaya transport. Jadi, hasil riasan tetap bagus dan pengeluaran tetap bisa dihemat.

  1. Sesuaikan Riasan Make Up Pengantin dengan Tema Pernikahan

Riasan Pengantin by Vinna Gracia Hair & Make Up

Tahukah kamu ternyata tata rias pengantin juga harus disesuaikan dengan tema, loh. Misalnya, kamu akan menikah dengan konsep adat Jawa, maka riasan yang kamu gunakan juga harus mengikuti tema tersebut. Hal ini dilakukan agar tema dan riasan saling bertaut bukannya bertabrakan. Tema ini juga membuat kamu harus pintar-pintar memilih perias pengantin, karena ternyata perias pengantin mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing. Ada yang skillnya bagus di make up modern, ada yang lebih bagus di make up adat, ada pula yang menguasai keduanya. Maka dari itu, sebelum memilih MUA, kamu harus menentukan baik-baik tema pernikahan yang nantinya akan digunakan. Di Wedding Market kamu juga bisa memilih jasa rias pengantin terdekat dengan kotamu yang hasil make up-nya sudah pasti memuaskan, bahkan MUA terkenal sekali pun juga ada. Konsultasikan saja, ya.

  1. Mencari Referensi

Memilih jasa rias pengantin memang gampang-gampang susah. Gampang karena banyak sekali perias yang menawarkan jasanya di sekitar, tapi di sisi lain juga susah karena saking banyaknya, malah membuat bingung, dan terkadang tidak banyak yang punya kualitas make up yang bagus.

Maka dari itu, sebelum memilih jasa rias pengantin, penting sekali untuk kamu mencari referensi. Pencarian tersebut bisa dimulai dengan cara tanya-tanya teman, tetangga atau bahkan mencari di sosial media. Banyak loh sekarang perias pengantin yang menawarkan jasanya di sosmed, entah itu Instagram, Twitter ataupun situs web. Kamu tinggal cari saja sesuai keyword, misalnya “Sanggar rias pengantin yang bagus di Bekasi”. Nah, dari situ kamu bisa melihat portofolio dari perias, berupa foto-foto pengantin yang berhasil mereka make up. Dari situ kamu bisa tahu apakah make up yang dihasilkan cocok dengan kepribadian kamu atau tidak.

  1. Carilah Perias yang Tidak Jauh dari Rumah

Dalam hal mencari rias pengantin, memang sebaiknya cari yang dekat dengan rumah. Ada dua alasan mengapa hal tersebut harus dilakukan:

  1. Perias yang dekat tidak memerlukan transport

Tidak jarang ketika kamu mencari jasa rias pengantin, kamu tidak hanya mencarinya di dalam kota tapi sampai ke luar kota. Hal ini sangat wajar, mengingat kamu ingin tampil menawan di hari pernikahan. Sebelum kamu memutuskan untuk menyewa jasa perias dari luar kota, kamu harus ingat bahwa ketika kamu menyewa jasanya, artinya kamu tidak hanya membayar jasa dia tapi juga membayar biaya transport dan akomodasi dia di kota kamu.

Kalau kasusnya seperti itu, bukan tidak mungkin budget yang telah kamu anggarkan akan membengkak. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih perias yang dekat dengan rumah. Kalau kamu teliti ketika mencari perias tersebut, kamu bakal mendapatkan perias dengan hasil terbaik dan tentu saja tidak menguras dompet.

  1. Menghindari Kepanikan

Ketika mengadakan pesta pernikahan, baik calon pengantin maupun keluarganya pasti sibuk mengurusi segala macam keperluan pernikahan. Saking banyaknya, terkadang banyak detail-detail kecil yang terlewat. Sekalipun hal kecil, jika ditempatkan di keadaan panik, pastinya akan membuat semua orang ketar-ketir. Jika hal kecil saja bisa membuat orang ketar-ketir apalagi soal perias pengantin yang belum datang. Maka, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu mencari jasa rias pengantin terdekat, sehingga drama soal perias yang tidak kunjung tiba tidak perlu terjadi.

  1. Carilah Perias yang Berpengalaman

Make up by Marlene Hariman

Perias pengantin merupakan sebuah profesi dimana seseorang bertugas untuk mengaplikasikan berbagai produk make up kepada seorang pengantin. Tujuannya adalah membuat pengantin tampil cantik dan dapat memukau para tamu undangan di acara pernikahannya. Dengan melihat semakin banyaknya permintaan orang-orang ingin tampil cantik di pesta pernikahan mereka, maka tidak heran jika banyak orang yang mulai menekuni profesi sebagai perias pengantin atau make up artist (MUA). 

Meskipun jumlahnya banyak, tidak semua MUA punya pengalaman dan kualitas yang bagus. Maka dari itu, kamu perlu bijak dan tidak terburu-buru untuk mencari perias pengantin yang pas dengan kepribadianmu. Carilah penata rias pengantin yang sudah berpengalaman. Perias yang berpengalaman tidak saja punya skill yang mumpuni, tapi dia juga punya stok make up yang banyak, serta tahu  mana produk yang bagus dan tidak untuk diaplikasikan pada client-nya. Dengan jam terbang yang tinggi juga membuat sang perias lebih sabar dalam menghadapi permintaan make up dari pengantin dan keluarganya. Oleh karena itu, penting sekali memilih perias pengantin yang sudah berpengalaman. Meskipun harganya akan lebih mahal dari yang biasa, tapi hasil yang kamu dapatkan tidak akan membuatmu kecewa. Maunya tampil manglingi di hari pernikahanmu, bukan?

  1. Mengenal Jenis dan Warna Kulit

Hasil make up pengantin yang bagus itu tercipta dari beberapa komponen, mulai dari skill perias, produk yang bagus untuk rias pengantin, sampai ke masalah kulit pengantin. Dalam konteks kulit pengantin, sebelum perias mengaplikasikan make up ke wajahmu, biasanya perias akan mengecek warna dan jenis kulit kamu terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar produk make up yang dipakai cocok di kulit kamu serta tidak meninggalkan masalah setelahnya. 

  1. Menanyakan Detail Produk

Photo by Jazmin Quaynor

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan ketika memilih rias pengantin adalah menanyakan detail produk. Maksud detail produk di sini adalah produk apa saja yang biasanya dipakai oleh sang perias. Biasanya, semakin mahal bayaran perias maka semakin berkualitas pula produk yang ia gunakan. Selain itu, stok produk yang dia punya juga banyak macamnya, sehingga sang MUA bisa memilihkan produk mana yang paling pas dengan kulitmu. Menanyakan detail produk juga punya tujuan lain, yaitu menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Apabila kamu punya alergi dengan kandungan bahan tertentu, kamu bisa memberi tahu MUA tersebut, agar sang MUA mengganti produknya dengan merk lain yang lebih nyaman untuk kamu gunakan. Dengan demikian hasil rias pengantin yang dihasilkan akan jadi lebih memuaskan.

  1. Mengenali Kepribadian si Perias

Menjelang jam-jam dilangsungkannya pernikahan, biasanya para calon pengantin akan menjadi lebih gugup dari biasanya. Kadang, saking gugupnya kamu bisa melakukan perilaku konyol yang bisa menghambat proses make up. Maka dari itu, selain punya skill yang mumpuni, carilah perias yang bisa kamu ajak diskusi. Dengan melakukan diskusi ringan dan melontarkan berbagai macam obrolan, bisa mengurangi rasa gugup kamu. Dari obrolan tersebut, kamu bisa saja mendapatkan informasi tentang banyak hal yang mungkin bisa bermanfaat di masa depan. Carilah perias yang cocok denganmu. Nah, apabila sudah saling cocok, proses make up yang panjang pun akan jadi lebih menyenangkan.

  1. Berkonsultasi dengan Rias Pengantin

Sebelum mulai mengaplikasikan riasan ke wajah pengantin, biasanya perias akan bertanya terlebih dahulu tentang model make up yang ingin digunakan. Ketika kesempatan tersebut datang, jangan sia-siakan dan gunakan lah sebaik-baiknya. Kamu bisa berkonsultasi tentang gaya make up yang ingin kamu pakai. Nanti, si perias akan mempertimbangkan usulan tersebut sambil mengobservasi apakah request tersebut cocok untuk diaplikasikan di wajahmu atau tidak. Kalau tidak, nanti perias akan memberikan beberapa usulan lain yang sekiranya lebih cocok dan bisa lebih mengeluarkan aura cantikmu. Kamu juga boleh meminta permintaan tertentu seperti tidak ingin riasan terlalu tebal atau alis dicukur. Nah, nanti si perias akan mengusahakan hasil make up-nya sesuai dengan keinginanmu. Semakin baik komunikasi kamu dengan MUA-mu, maka harapannya hasil riasan pengantin yang dihasilkan pun akan jadi lebih bagus.

  1. Melakukan Tes Tata Rias Pengantin

Make up by Dhirmannputra Hair & Make Up

Tes tata rias adalah tes percobaan dalam mengaplikasikan make up pengantin, sehingga kamu punya gambaran riasan seperti apa yang akan kamu pakai nanti di hari istimewamu. Tes ini seperti melakukan uji coba sehingga kamu bisa tahu apa yang kurang dan perlu ditambahkan di riasan tersebut. 

Saat dilaksanakannya tes, kamu bisa memberikan usulan tentang gaya make up yang ingin kamu gunakan, sekaligus mengkombinasikan gaya make up si penata rias. Setelah prosesnya selesai dan hasilnya sudah nampak, kamu bisa memperhatikannya secara baik-baik. Jangan lupa untuk meminta pendapat kepada orang-orang terdekat terkait hasilnya, dan juga ambillah beberapa foto untuk kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Jika hasil riasan tersebut masih belum sempurna dan masih ada yang perlu diperbaiki, diskusikan saja kepada penata rias. Jadi, dia tahu hal apa saja yang perlu dilakukan ketika hari H nanti.

  1. Menentukan Jumlah Orang yang Dirias

Ketika pesta pernikahan adalah saat dimana orang-orang ingin tampil cantik. Tidak terbatas pada pengantin saja, tapi juga keluarga pengantin. Tak jarang keluarga pengantin ini meminta perias yang sama untuk merias mereka juga. Bahkan ada juga yang meminta sepupu-sepupu pengantin untuk dirias yang nantinya akan bertugas sebagai pagar ayu. Jika hal tersebut terjadi, maka sudah pasti dana yang harus kamu keluarkan juga jadi bertambah. Sebab, semakin banyak jumlah keluarga yang dirias, maka semakin banyak pula usaha yang harus dikeluarkan oleh si perias. Jumlah produk yang digunakan pun semakin banyak. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada biaya yang harus kamu keluarkan. 

Apalagi kalau merk make up yang digunakan untuk rias pengantin adalah merk terkenal. Bisa-bisa tagihanmu jadi tidak tertolong. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus menentukan jumlah orang yang akan dirias. Misalnya yang dirias cuma kamu, orang tua dan mertuamu saja. Jadi pengeluaranmu tidak bertambah dan perias juga nyaman. Pikirkan juga waktunya, sebab untuk merias satu orang saja butuh berjam-jam. Oleh karena itu, lebih baik kamu batasi jumlah orang yang akan dirias oleh MUA-mu ya.

Make up by Arman Armano

Itu lah beberapa tips dalam memilih rias pengantin terbaik untuk hari istimewamu nanti. Meskipun jumlah perias pengantin tidak terhitung banyaknya, tapi ternyata tidak semudah itu dalam memilih MUA yang pas. Apalagi yang hasil riasannya benar-benar cocok dan pribadinya cocok juga dengan kita. Untuk itu, cari lah jasa rias pengantin dari jauh-jauh hari. Agar kamu bisa melakukan riset yang lebih mendalam sehingga bisa mendapatkan perias pengantin dengan kualitas bagus, ramah, dan harganya pun pas dikantongmu. Bagi kamu yang berhijab, lihat juga inspirasi tata rias pengantin hijab yang cantik dan elegan.

Setelah menemukan perias yang tepat, jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dan sampaikan keinginanmu. Pada saat konsultasi tersebut kamu bisa berdiskusi tentang produk yang cocok, gaya make up yang bagus, tata rias rambut pengantin atau gaya rias pengantin hijab yang perlu kamu persiapkan. Dari diskusi tersebut kamu juga bisa mendapatkan informasi serta sudut pandang baru dari perias yang bisa berguna untuk kamu di masa depan. Demikianlah, semoga bermanfaat, ya dears.

Konsultasikan Gaya Riasan Make Up yang Kamu Inginkan Untuk Pernikahanmu

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?