Pilih Kategori Artikel

8 Tips Memilih Menu Catering Pernikahan yang Cocok di Lidah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Melakukan pernikahan dan merayakannya adalah hal yang diinginkan setiap orang. Menu hidangan pernikahan menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan acara pernikahan. Tak heran jika kamu harus memperhatikan tips memilih menu catering pernikahan.

Sebenarnya simple sekali untuk menjalankan tips dan trik memilih menu catering pernikahan. Agar semuanya berjalan lancar dan menjadikan acara pernikahan meriah, kamu harus memperhatikan tips berikut ini. 

1. Sesuaikan Budget

Sebenarnya menikah itu sangat sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang berlebih. Namun karena ini adalah acara yang dilakukan seumur hidup sekali, mau tidak mau harus menjadikannya mewah

Apakah hidangan yang mewah dan mahal dapat menentukan kemeriahan acara pesta pernikahan? Yang harus kamu garis bawahi adalah sebisa mungkin menyediakan menu catering hemat namun tetap cocok di lidah para tamu. 

Lalu bagaimana caranya? Sesuaikanlah terlebih dahulu budget yang kamu miliki. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa catering, carilah jasa catering yang memberikan harga pas di kantong. Selain itu, sesuaikanlah menu dengan jumlah para tamu. 

Bukan hanya itu saja, menu yang dihidangkan pun jangan terlalu berlebihan, karena itu malah mubazirCukup dengan menentukan menu utama, lauk, sayuran, dessert atau food stall saja sudah cukup. Kamu juga bisa melakukan penyesuaian harga dengan jasa catering yang kamu pilih. Itu akan lebih menghemat pengeluaranmu di pesta pernikahan. 

2. Menghidangkan Menu Khas Daerah? Tak Ada Salahnya

Hampir semua masakan nusantara, cocok dengan lidah para tamu. Selain menambah nilai tambah dan menjunjung kuliner daerah, tak ada salahnya untuk menghadirkan menu khas daerah.

Selain bertujuan untuk menjunjung kuliner daerah, dengan menghadirkan menu ini di pesta pernikahan, secara tidak langsung kamu mempromosikan makanan asal daerahmu. Apalagi jika kamu memiliki usaha kuliner daerah dan kamu hadirkan di pesta pernikahanmu, tentu kamu bisa sekalian mempromosikan usahamu. 

Ketika kamu menyajikan menu khas daerah, pastikan buatlah semenarik mungkin. Atau mintalah ke vendor catering untuk melakukan test rasa, jika cocok kamu bisa melanjutkannya. 

3. Sesuaikan dengan Tema Pernikahan

Sangat lucu jadinya jika konsep pernikahanmu bernuansa adat jawa namun kamu menghadirkan kuliner khas papua. Ini sangat bertolak belakang dan atmosfer dari konsep pernikahan tidak akan terasa.

Memang boleh boleh saja ketika kamu menghadirkan menu yang berbeda dengan konsep pernikahan, asalkan masih dalam satu “rasa”. Semisal konsep pernikahanmu menghadirkan suasana china, kamu bisa memilih hidangan melayu-china. Asalkan tetap menghadirkan nuansa ikon kamu dan pasanganmu.

4. Pastikan Makanan Halal

Menu halal merupakan sebuah kewajiban bagi kamu yang mengadakan pesta pernikahan yang bersifat umum. Menu yang halal dapat memberikan rasa nyaman bagi tamu yang beragam islam. Ini adalah tips memilih menu catering pernikahan yang bersifat mutlak.

Bagaimana cara mendapatkan menu halal di menu catering pernikahan modern?  Kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu, dengan vendor catering pernikahan yang kamu pilih. Tapi rasa-rasanya, hampir seluruh catering di indonesia 100% halal. Walaupun ada beberapa yang menyediakan menu khusus.

5. Tentukanlah Jumlah Porsi yang Dihidangkan

Agar tidak mubazir, kamu harus menentukan jumlah porsi yang hendak dihidangkan. Jumlah ini bisa kamu sesuaikan dengan jumlah hadirin yang kamu undang di acara pesta pernikahanmu. Semisal, kamu mengundang sebanyak 1000 orang, maka kamu bisa memilih paket catering untuk 1000 porsi.

Ini merupakan cara memilih menu catering pernikahan agar pas di kantongmu. Sehingga nantinya daripada kamu menghabiskan uang untuk porsi dalam jumlah besar yang tidak akan habis oleh seluruh tamu, lebih baik kamu memberikan hidangan yang sedikit berkelas.

6. Pilihlah Menu yang Bervariatif

Menu yang bervariatif mencegah tamu undangan bosan ketika menghadiri pesta pernikahanmu. Tips memilih menu catering pernikahan ini memang jarang orang yang memperhatikan, namun ternyata memiliki dampak yang luar biasa. 

Hadirkanlah menu yang dimana akan cocok dilidah orang. Misal, selain menghidangkan menu yang berasa pedas, tak ada salahnya untuk menghidangkan juga menu yang manis atau asam. Variasi menu yang beragam membuat tamu undangan tidak merasa bosan. 

7. Pilih Dessert yang Banyak Peminatnya

Dessert atau makanan penutup menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang hadir di acara pernikahan. Jadi memilih dessert pernikahan menjadi langkah yang krusial dan benar benar kamu perhatikan. Biasanya dessert yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia adalah es krim, coklat, permen, kue dan lain lain. 

Jika kamu bingung dalam memilih dessert atau menu catering pernikahan, tak ada salahnya melakukan survey dengan memberikan angket atau kuesioner kepada rekan rekanmu yang hendak kamu undang.

8. Pilihlah Menu yang Banyak Disukai Kerabatmu

Tips memilih menu catering pernikahan selanjutnya adalah memilih menu yang banyak disukai orang. Apa jadinya jika kita menghidangkan menu, namun orang orang merasa asing dengan menu tersebut.

Misal kamu menghidangkan menu ala jepang yang sejatinya lidah orang jepang berbeda dengan lidah orang indonesia. Tentu para tamu tidak familiar dengan menu tersebut. 

Ada berbagai macam pilihan menu yang disukai oleh orang, misal seperti olahan daging kecap, sayur, ikan presto, dan lain sebagainnya. Menu menu yang seperti ini justru lebih disukai oleh masyarakat indonesia. 

Di atas merupakan 8 tips memilih menu catering pernikahan yang harus diperhatikan oleh pasangan pengantin yang hendak mencari catering.  Tips tersebut bisa menjadi tolak ukur kesuksesan dalam mengadakan pesta ulang tahun.

Namun, sebelum kamu menentukan menu catering, yang pertama harus kamu lakukan adalah memastikan berapa jumlah tamu yang akan kamu undang dan segala persiapan pernikahan lainnya yang detail dan tidak boleh kamu lewatkan. Untuk membantu kamu mempersiapkan pernikahan dengan detail, Wedding Market memberikan fitur gratis untuk kamu mengelola pernikahan secara detail, yuk klik link berikut ini: Wedding Tools

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...