10 Tips Memilih MUA yang Tepat untuk Momen Spesial Kamu

22 Jul 2019 | By Wedding Market | Viewers: 1338

Bagi kamu yang ingin tampil cantik mungkin sangat membutuhkan tips memilih MUA yang tepat untuk momen spesial kamu. Mereka yang tidak memiliki keahlian dalam merias wajah sangat membutuhkan jasa Make Up Artist atau MUA. Riasan yang cantik, anggun, dan manis adalah impian bagi setiap wanita.

Banyak orang ingin tampil berbeda di acara spesial seperti pertunangan, pernikahan, wisuda, pesta, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi jika pada acara nanti, kamu akan berfoto dengan banyak orang. Tentunya kamu ingin memberikan penampilan sebaik mungkin, karena momen tersebut akan diabadikan dalam sebuah foto yang akan dikenang sepanjang masa.

Jasa MUA sudah sangat banyak sekali terutama di kota-kota besar. Hal ini sangat memudahkan kamu yang malas merias wajah sendiri dikarenakan keterbatasan waktu atau tidak memiliki produk make up tertentu di rumah. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jasa MUA menghasilkan riasan make up dengan kualitas yang baik. Ada beberapa langkah yang perlu diambil untuk memilih MUA yang tepat sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan kamu.

Berikut kami memiliki 10 tips memilih MUA yang tepat untuk momen spesial kamu


1. Mencari referensi

Tips pertama dalam memilih MUA yang tepat adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mencarinya di internet, sosial media seperti instagram atau twitter, teman-teman, dan di sekitar tempat tinggal kamu. Perlu diketahui bahwa mencari sumber di sosial media mungkin memiliki resiko yang agak besar berupa penipuan. Hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mencari MUA lewat sosial media adalah melihat jumlah followers-nya, sejak kapan akun tersebut beroperasi, dan apakah akun tersebut aktif atau tidak. Jumlah followers yang kurang dari 300 perlu untuk disikapi dengan hati-hati, terlebih lagi jika akun tersebut bergabung dengan sosial media kurang dari setahun. Tentunya ini sangat beresiko, karena biasanya mereka akan meminta DP transfer terlebih dahulu tanpa adanya keamanan jaminan.

Sumber yang paling terpercaya adalah bertanya pada teman-teman atau kerabat, karena mereka telah merasakan sendiri dan lebih berpengalaman dalam menggunakan jasa MUA tersebut. Mereka yang sudah wisuda atau menikah biasanya menggunakan jasa MUA untuk merias wajah mereka. Tanyakan kepada mereka apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki jasa MUA tersebut, agar menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih MUA yang kamu inginkan.

2. Sesuaikan budget

Tips kedua dalam memilih MUA adalah menyesuaikan budget yang kamu miliki. Biaya MUA sangat bervariasi, berkisar antara 300 ribu hingga puluhan juta tergantung dengan brand, jam terbang, reputasi, dan kualitas yang dihasilkan. Biaya MUA yang mahal belum tentu menghasilkan riasan yang memuaskan, bisa jadi malah terlihat biasa-biasa saja Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, kamu perlu pintar-pintar mencari jasa MUA yang mematok harga murah. Harga murah belum tentu hasil riasannya mengecewakan, bisa jadi mereka memang sedang memasang harga promo atau diskon.

Kamu yang ingin mengeluarkan budget sedikit, bisa menyiasatinya dengan meminta bantuan teman atau keluarga untuk merias wajah kamu. Tentu saja kamu dapat menghemat banyak biaya, bahkan bisa gratis jika kamu pintar mengambil hati mereka.

3. Pertimbangkan fasilitas yang didapatkan

Tips berikutnya dalam memilih MUA yang tepat adalah mempertimbangkan fasilitas yang akan didapatkan. Fasilitas yang kamu dapatkan tergantung dengan paket harga yang kamu pilih. Fasilitas disini dapat berupa cukur alis, maskara, full make up, dan masih banyak lagi. Bahkan ada beberapa jasa MUA yang memberi bonus berupa sewa busana adat, hair do (tata rias rambut), penataan hijab, dan buket bunga. Lebih baik memilih paket yang memiliki banyak fasilitas walaupun perbandingan harganya sedikit lebih mahal.

4. Sesuaikan jarak

Tips selanjutnya dalam memilih jasa MUA adalah menyesuaikan jarak kantor/ rumah MUA dengan tempat tinggal kamu. Jika kamu mencari jasa MUA di internet, kami sarankan untuk mendatangi alamat yang tertera agar menghindari terjadinya penipuan. Kamu juga bisa melihat-lihat deretan toko di sepanjang pinggir jalan menuju tempat tinggal kamu. Siapa tahu salon di dekat tempat tinggal kamu juga menyediakan jasa MUA. Dengan begitu kamu akan lebih hemat waktu tanpa harus mendatangi kantor/rumah penyedia jasa MUA yang kamu temukan di internet.

Hindari menggunakan MUA yang lokasinya terlalu jauh dari wedding venue kamu, karena biasanya mereka akan meminta biaya tambahan untuk transportasi dan cenderung datang terlambat ke lokasi. Tentunya ini akan menyulitkan kamu pada saat momen spesialmu berlangsung. Memilih MUA yang jaraknya cukup dekat dengan tempat tinggal kamu akan memudahkan dalam hal koordinasi saat beberapa hari sebelum acara.

5. Lihat portofolio

Melihat portofolio adalah tips berikutnya dalam memilih MUA. MUA yang memiliki jam terbang yang cukup tinggi biasanya berani memasang hasil karyanya di website atau sosial media. Dari portofolio ini, kamu bisa menilai apakah make up yang mereka hasilkan sesuai dengan keinginanmu atau tidak. Lihatlah siapa saja yang telah mereka rias dan bagaimana hasilnya. Jika kamu berkulit agak gelap, perhatikan apakah mereka pernah merias orang dengan warna kulit yang sama denganmu. Lihat bagaimana hasilnya, apakah terlihat cantik atau justru berlebihan sehingga terlihat aneh.

Lihat pula apakah mereka bisa merias wajah dengan kulit yang memiliki banyak jerawat. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis make up yang hanya terlihat bagus hasilnya jika berada di dalam ruangan. Make up jenis ini mungkin akan cepat luntur jika digunakan pada acara luar ruangan seperti pernikahan berkonsep outdoor atau wisuda. Kamu perlu meminta portofolio mereka yang sesuai dengan jenis acara yang akan kamu hadiri.

6. Sesuaikan dengan style riasan yang diinginkan

Tips selanjutnya dalam memilih MUA adalah menyesuaikan style riasan yang mereka hasilkan dengan selera yang kamu inginkan. Setiap MUA memiliki karakter dan gaya riasan tersendiri yang berbeda dengan yang lainnya. Style riasan yang akan digunakan harus sesuai dengan konsep acara yang akan kamu hadiri. Apakah konsep acara tersebut resmi, casual, atau santai. Tentunya kamu tidak ingin hasil riasan wajah kamu ternyata tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Terlebih lagi jika kamu telah dirias selama berjam-jam lamanya dan mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk ini. Kamu yang belum pernah atau jarang memakai make up mungkin tidak suka dengan riasan yang terlalu bold sehingga terlihat menor. Solusinya, kamu bisa menggunakan make up dengan riasan yang natural atau soft pada area wajah kamu.

7. Lihat reputasi dan testimoni

Setelah menyesuaikan dengan hasil riasan yang kamu inginkan, maka tips selanjutnya dalam memilih MUA adalah melihat reputasi yang mereka miliki. Hal ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi mood dan hasil riasan make up di wajah kamu.  Untuk melihat hal ini, kamu bisa menanyakan teman atau keluarga yang pernah memakai jasa make up yang sama dengan yang akan kamu pakai.

Mereka tentu saja akan memberikan testimoni jujur tentang kelebihan dan kelemahan yang mereka alami saat memakai MUA tersebut. Jika kamu menemukan jasa MUA di sosial media, kamu bisa membaca komentar-komentar yang ada di postingan mereka, atau melihat highlight testimoni yang mereka upload. Testimoni disini berupa kinerja yang mereka tampilkan, apakah baik atau justru buruk. MUA yang memiliki kinerja yang baik akan mendengarkan kebutuhan customer-nya, kerja cepat, ramah, dan tidak ceroboh. Mereka yang memiliki reputasi baik akan melayani kamu secara profesional dan memberi solusi atas keluhan-keluhan yang mungkin membuatmu gelisah saat proses make up berlangsung.

8. Perhatikan produk make up yang digunakan

Tips selanjutnya dalam dalam memilih MUA adalah memperhatikan produk make up yang mereka gunakan. Kamu yang memiliki kulit sensitif mungkin alergi terhadap bahan tertentu yang dikandung oleh beberapa produk make up. Bagi kamu yang muslim, kamu juga perlu menanyakan apakah produk make up yang mereka gunakan memiliki sertfikasi halal atau tidak. Kamu bisa memeriksa logo halal dari MUI pada bungkus produk tersebut. Perhatikan pula jenis kulit kamu, apakah berminyak, berjerawat, berpori-pori besar, atau normal.

Jenis kulit akan berpengaruh pada pemilihan produk make up tertentu yang mungkin tidak boleh digunakan. Perhatikan warna lipstik yang mereka gunakan, apakah warnanya sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika tidak sesuai, kamu tidak perlu khawatir atau cepat-cepat mengganti jasa MUA lain, karena biasanya MUA memiliki dan menyediakan banyak pilihan produk untuk cadangan stok riasan.

9. Lakukan uji coba

Tips berikutnya dalam memilih MUA adalah melakukan uji coba langsung terhadap riasan make up mereka. Hal ini untuk membuktikan apakah hasil make up mereka sesuai dengan portofolio yang mereka pajang di situs internet atau sosial media. Namun, perlu diingat bahwa kamu bisa melakukan hal ini jika kamu sudah fix ingin memakai jasa mereka untuk merias kamu. Mintalah mereka untuk mengaplikasikan style riasan yang kamu inginkan beberapa hari sebelum momen spesialmu berlangsung, karena belum tentu hasil make up mereka selalu konsisten dengan apa yang ada pada testimoni. Ada beberapa vendor MUA yang hanya beberapa kali menghasilkan riasan make up yang bagus, selebihnya mungkin terlihat biasa saja. Perhatikan riasan pada sekitar mata, apakah terlihat rapi atau berantakan.

Perhatikan pula blush on yang diaplikasikan pada pipi kamu, apakah terlalu menor sehingga terlihat berlebihan. Dengan begitu, kekecewaan akan dapat mudah dihindari karena kamu dapat memberi masukan kepada mereka tentang style seperti apa yang kamu inginkan beberapa hari sebelum acara. Jika kamu tidak melakukan uji coba, kamu tidak akan sempat memberi kritikan kepada mereka karena waktunya terlalu mepet sehingga kamu terpaksa menerima hasil make up yang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

10. Lakukan pemesanan secepatnya

Tips terakhir dalam memilih MUA adalah melakukan pemesanan secepatnya jika kamu sudah cocok terhadap jasa MUA yang kamu pilih. Bisa saja MUA yang kamu pilih tidak bisa merias wajah kamu pada tanggal yang sudah kamu tentukan, dikarenakan padatnya jadwal mereka. Hal ini juga untuk menghindari pihak MUA yang melakukan cancel tiba-tiba karena ternyata ada orang lain yang terlebih dahulu memesan MUA tersebut di hari yang sama. Kami sarankan untuk memesan MUA jauh-jauh hari, minimal seminggu sebelum acaramu berlangsung. Jangan pula mengubah tanggal acara secara mendadak karena akan mempengaruhi ketersediaan waktu yang dimiliki oleh tenaga MUA tersebut. Tentunya kamu tidak ingin acara yang sudah kamu rencanakan jadi berantakan hanya karena ulah MUA, bukan?

Demikian 10 tips memilih MUA yang tepat untuk momen spesial yang kami bagikan untuk kamu. Semoga dapat membantu kamu dalam memilih MUA yang hasilnya memuaskan dan sesuai dengan selera kamu. Kami sarankan kau untuk mencari 3-5 jasa MUA agar bisa menjadi bahan pertimbangan dan perbandingan jika ada salah satu dari mereka yang tidak sesuai dengan keinginan kamu. Selamat memilih MUA!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket