Pilih Kategori Artikel

10 Pertanyaan Wajib Saat Tes Makeup Pengantin Agar Tak Salah Pilih Riasan Untuk Momen Berhargamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pengantin mana yang tidak mau tampil cantik di hari spesialnya? Bahkan banyak diantaranya yang rela membayar mahal untuk mendapatkan riasan yang sempurna di momen sekali seumur hidupnya itu. Memilih makeup artist atau MUA juga tak boleh asal-asalan, ada tips dan triknya agar bisa mendapatkan makeup pengantin yang paling cocok dan klop dengan kepribadianmu. 

Jika perlu, sebelum hari H minta kepada MUA untuk melakukan tes makeup pengantin di wajahmu terlebih dahulu, agar kamu bisa tahu gaya riasan yang paling pas untuk dikenakan sesuai dengan karakter wajahmu. Untuk mendapatkan hasil makeup pengantin yang sesuai dengan harapan, kamu juga perlu menanyakan beberapa hal penting kepada MUA yang akan meriasmu. Apa saja pertanyaan-pertanyaan tersebut? Berikut WeddingMarket telah merangkumnya untukmu. Simak dan jangan lupa ditanyakan, ya dears! 

wm_article_img
Ilustrasi tes makeup pengantin | makeup by: Eva Lovira

  1. Tanyakan Apakah MUA juga Menangani Client lain Pada Saat Acaramu  

Pertanyaan ini perlu ditanyakan pertama kali, terutama apabila kamu menggunakan makeup artist yang cukup populer, bisa saja MUA tersebut punya client lebih dari satu pada hari yang sama. Dengan mengetahui ketersediaan waktu MUA yang akan merias wajahmu, kamu bisa mengkondisikan persiapan pernikahanmu dengan lebih baik. 

  1. Tanyakan Berapa Tarif Menggunakan Jasa MUA tersebut

Ada baiknya kamu tanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang harus dibayarkan sebelum menggunakan jasa make up artist, ya. Hal ini untuk mengantisipasi apabila budget-nya melebihi target yang sudah kamu anggarkan. Bahkan, juga bisa menanyakan apakah ada harga khusus apabila makeup pengantin digabung dengan paket makeup prewedding, siapa tahu kamu juga bisa mendapatkan potongan harga. Jangan segan-segan untuk berkomunikasi dengan perias pengantin di awal-awal, agar kedepannya lebih jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. 

Apabila kamu juga meminta MUA untuk merias anggota keluarga yang lainnya, sebaiknya tanyakan juga berapa tarifnya? Apakah sudah termasuk dalam tarif yang disebutkan, atau ada biaya tambahan. Nah, dengan begitu kamu dan pasangan bisa mempersiapkan budgetnya dari jauh-jauh hari.

  1.  Tanyakan Jenis Produk Apa Saja yang Dipakai

wm_article_img
Make up pengantin flawless | Marlene Hariman

Menanyakan jenis produk make up pengantin apa saja yang digunakan oleh MUA juga sangat penting. Pasalnya setiap perias pengantin memiliki produk yang berbeda-beda untuk setiap client-nya karena jenis kulit setiap orang juga berbeda-beda. Mungkin saja diantara produk kosmetik yang digunakan tersebut, ada bahan-bahan tertentu yang tidak cocok dengan jenis kulitmu.

Seandainya demikian, kamu sudah bisa mengantisipasinya sebelum terlanjur digunakan untuk merias wajahmu. Apabila sang perias pengantin tidak punya opsi produk yang cocok dengan karakter kulitmu, sebaiknya kamu berpikir ulang untuk menggunakan jasanya. Sebab, ketidakcocokan produk dengan kulit ini dapat menimbulkan masalah serius di wajahmu, apalagi untuk momen pernikahan, tidak bisa sembarangan pilih makeup. 

  1. Jika Kamu Memiliki Produk Makeup Favorit, Bisa Juga Tanyakan Bolehkah Mempergunakannya 

Kamu bisa jadi memiliki produk makeup andalan yang membuatmu merasa paling cantik saat menggunakannya. Jika demikian, kamu boleh juga menanyakan apakah bisa digunakan untuk makeup pengantin atau tidak? Penggunaan produk yang baru, meskipun tidak menimbulkan iritasi atau kendala di kulit selama beberapa jam pertama, reaksinya jika dipakai berjam-jam belum kamu ketahui dengan pasti. Apabila produk sudah sering kamu gunakan, kamu bisa lebih mengenali perubahan dan pengaruhnya di kulitmu.  

Selain itu, seringkali calon pengantin membutuhkan touch up selama prosesi pernikahan yang cukup panjang. Apabila MUA selalu hadir hingga acara selesai, maka tidak akan masalah. Namun, jika perias pengantin tidak bisa standby di lokasi pernikahan, maka kamu membutuhkan produk lain untuk touch up. Untuk itu, kamu perlu bertanya pada MUA terkait hal ini. 

5. Tanyakan Gaya Make Up Pengantin yang Akan Digunakan Untuk Konsep Pernikahanmu

wm_article_img
Make up pengantin | Petty Kaligis

Kamu mungkin punya konsep riasan yang diinginkan sesuai dengan tema pernikahan, sementara MUA juga punya gaya makeup-nya sendiri. Untuk mendapatkan sinergi antara keinginanmu dan gaya riasan sang perias pengantin, maka sebaiknya kamu utarakan pertanyaan ini kepada MUA sebelum menggunakan jasanya. Lebih baik lagi, apabila kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu, melihat portofolio si MUA dan juga memeriksa contoh-contoh gambar make up pengantin yang pernah dibuat olehnya. Dengan demikian, kamu bisa menemukan gaya make up yang paling sesuai dengan karakter wajahmu. Entah itu, makeup pengantin natural, bold, atau tradisional.

Jika dari foto gambar makeup MUA tersebut sudah tidak sesuai dengan selera, sebaiknya kamu mencari jasa MUA yang lain. Persoalan memilih MUA yang cocok dengan karakter wajah terbilang sensitif, karena hasil akhirnya akan sangat berpengaruh untuk total look di pesta pernikahanmu nanti. 

6. Utarakan Masalah Kulit yang Dimiliki dan Tanyakan Apakah Perlu Melakukan Perawatan  Kulit Tertentu Menjelang Hari H

Apabila kamu memiliki masalah kulit tertentu, sebaiknya disampaikan kepada MUA yang akan meriasmu, serta tanyakan apakah ia tidak masalah dengan itu? Perias profesional yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi, biasanya bisa menangani berbagai client dengan macam-macam kondisi kulit yang berbeda. 

Bila perlu, tanyakan juga apakah kamu perlu melakukan perawatan kulit tertentu menjelang hari H, agar hasil makeup pengantin pada hari pernikahanmu nanti lebih maksimal. Jangan lupa infokan kepada MUA mengenai produk skincare yang kamu pakai sehari-hari. Dengan demikian, sang perias jadi bisa lebih memahami bagaimana kondisi kulitmu supaya bisa memberikan sentuhan makeup yang paling pas untuk jenis kulitmu. 

7. Tanyakan Apakah Perias Selalu Melakukan Cukur Alis dan Menggunakan Bulu Mata Palsu?

Bagi sebagian orang, menggunakan bulu mata palsu atau mencukur alis sangat tidak nyaman untuk dilakukan. Jika kamu termasuk salah satunya, maka pada saat tes makeup pertanyaan ini perlu kamu sampaikan kepada makeup artist. Apabila sang perias bisa mengkondisikan permintaanmu sehingga kamu bisa lebih nyaman dengan makeup pengantin yang diaplikasikan tanpa cukur alis atau dengan bulu mata tipis, maka kamu bisa melanjutkan menggunakan jasanya. 

Sebaliknya, apabila sang MUA menolak permintaanmu dan bersikeras untuk mencukur alis atau menggunakan bulu mata berlapis-lapis, mungkin kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk memakai jasanya atau tidak. Biar bagaimanapun, kamu harus merasa nyaman dengan MUA yang kamu pilih, agar pada saat hari H makeup yang dihasilkan bisa memuaskan dan sesuai dengan ekspektasimu. 

8. Periksa Kondisi Baju dan Aksesoris

Apabila kamu menggunakan jasa MUA sekaligus dengan busana pengantin dan aksesoris pendukung lainnya, maka kamu perlu memeriksa kondisi baju dan aksesoris yang akan kamu kenakan saat pernikahanmu nanti. Lebih baik memastikan semuanya dalam kondisi baik, agar kamu bisa mendapatkan penampilan yang sempurna di hari pernikahanmu nanti.

9. Tanyakan Berapa Lama Proses Pengerjaan Makeup Pengantin Sekaligus Tatanan Rambut atau Hijab Pada Saat Hari H ?

wm_article_img
Make up pengantin hijab | Deliafara

Kamu perlu memperhitungkan segala persiapan pernikahan dengan matang, termasuk pula memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk makeup pengantin dan menata rambut atau riasan hijab pada saat hari H. Dengan demikian, kamu bisa merancang jadwalnya dengan pas, agar MUA tidak merasa diburu untuk menyelesaikan makeup tepat waktu. Apalagi untuk riasan makeup tradisional dengan adat tertentu yang cukup rumit, seperti paes Ageng. Tentunya, kamu harus bisa memperkirakan waktunya agar makeup paes yang dihasilkan bisa sempurna.

10. Bagaimanakah mekanisme pembayarannya dilakukan?

Terakhir, jika kamu sudah yakin dengan makeup artist yang dipilih, baik dari gaya riasannya, maupun tarif yang dipatok, selanjutnya jangan lupa tanyakan tentang mekanisme pembayaran. Dengan demikian akan membantu kamu dan calon pasangan untuk mengelola budget dengan tepat. Tanyakan juga bagaimana mekanismenya apabila terjadi pembatalan sepihak, apakah dana bisa dikembalikan seluruhnya atau tidak?

Nah, itulah 10 pertanyaan penting yang wajib kamu utarakan kepada sang MUA pada saat test makeup dilakukan. MUA bisa saja memiliki pilihan atau rekomendasi tertentu untuk gaya makeup yang sesuai dengan karakter wajahmu, sementara kamu mungkin sudah memiliki keinginan tersendiri untuk mengenakan jenis makeup tertentu sesuai dengan impianmu. Melalui komunikasi tersebut, baik kamu maupun perias pengantin bisa mengetahui keinginan masing-masing dan menyinerginakannya satu sama lain.

Jika kamu belum menemukan MUA yang tepat, silahkan kunjungi WeddingMarket store, di sana ada berbagai pilihan make up artist berpengalaman dari seluruh Indonesia, loh! Kamu juga bisa menemukan kebutuhan-kebutuhan untuk persiapan pernikahanmu seperti venue, wedding organizer, catering, fotografi, souvenir, baju pengantin dan lain sebagainya dengan promo dan diskon menarik. Yuk, dicek sekarang!

Baca Juga: 11 Tips Memilih Jasa Rias Pengantin Terbaik yang Membuatmu Tampil Cantik Menawan di Hari Pernikahanmu

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...