Tips Memilih Vendor Fotografi Pernikahan agar Lebih Profesional

13 Mar 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 600
Tips Memilih Vendor Fotografi Pernikahan agar Lebih Profesional

Kalau sebuah acara pernikahan kamu sudah masuk ke dalam hitungan bulan, maka persiapan pun harus terus dilakukan sampai tidak ada satu pun yang terlewat untuk sebuah momen indah penuh cinta yang kamu dambakan bersama pasangan. Untuk memenuhi kebutuhan sebuah acara pernikahan, tips memilih vendor fotografi pernikahan pun memang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar persiapan terkait hal tersebut menjadi lebih optimal dan mampu memberikan sebuah tangkapan momen yang indah. Sangat disayangkan, untuk menemukan juru foto yang handal itu tidaklah mudah.

Kamu perlu mengetahui berbagai tips memilih vendor fotografi pernikahan yang sesuai dengan selera kamu. Kira-kira apa saja ya? Yuk, disimak baik-baik, ya!

Perlu melihat beberapa katalog dan pengalaman

Tips memilih vendor fotografi pernikahan yang pertama, ketika kamu belum mengetahui seperti apa vendor yang sebaiknya kamu pilih, maka lebih baik untuk kamu melakukan pencarian bersama pasangan kamu melalui internet, teman dekat, atau bagian iklan tentang vendor foto yang bisa diminta jasanya untuk mengabadikan sebuah acara pesta pernikahan kamu.

Kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa vendor fotografi pernikahan yang kamu pilih merupakan vendor foto yang sudah berpengalaman dan juga memiliki dinamika perubahan peralatan dan properti yang baik karena kamu juga belum tentu mau peralatan fotografi yang digunakan merupakan peralatan yang sudah kuno sehingga hasilnya dalam kualitas foto tidak mampu maksimal.

Perlu melakukan diskusi terkait budget

Kamu jangan pernah lupakan untuk mendiskusikan terlebih dahulu perihal budget yang sudah kamu sisihkan bersama pasangan dengan vendor fotografi, sehingga pihak mereka dapat memberikan beberapa penawaran atau paket yang sesuai dengan budget kamu.

Kalau bisa, mintalah diskon atau potongan harga untuk acara pesta pernikahan kamu dengan melontarkan berbagai macam alasan untuk meyakinkan dia, seperti misalnya kamu mengatakan bahwa nanti akan ada teman-teman kamu juga yang akan memesan dan untuk memilih vendor tersebut untuk pernikahannya dan lain-lain. memang, budget merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi faktor seperti apa foto yang akan dihasilkan nanti.

Perlu memahami paket yang ditawarkan

Kamu perlu memastikan terlebih dahulu untuk memahami apa yang kamu dapatkan pada paket foto yang akan kamu pilih. Ada suatu hal yang perlu diperhatikan, termasuk berapa lama sang vendor fotografi akan bekerja (di mulai dari prewedding sampai hari H pernikahan), total album yang kamu dapatkan, berapa banyak foto studio yang kamu dapatkan, apakah kamu bisa mengajak keluarga dan kerabat terdekat untuk foto di studio, dan juga apa saja yang kamu dapatkan selain include (misalnya kanvas foto atau CD kompilasi foto).

Memiliki pendekatan dengan fotografer

Memang pada kenyataannya, salah satu vendor yang paling sering mempunyai hubungan baik secara verbal ataupun teks adalah vendor fotografi pernikahan, lho! Maka dari itu, kamu dan pasangan juga perlu memiliki insting yang kuat seperti apakah vendor tersebut dapat diajak berkomunikasi yang baik atau hanya sekedar menjalankan tugasnya saja?

Karena memang hal ini menjadi sebuah hal yang penting karena vendor tersebut perlu mengarahkan dan juga bermain perasaan dengan calon pengantin agar mendapatkan ekspresi foto yang maksimal.

Menanyakan terkait teknis penggunaan alat

Jika kamu termasuk orang yang mengerti tentang dunia fotografi, namun tidak ada salahnya untuk menanyakan detail-detail terkait teknis seperti apa alat yang digunakan. Namun, jika kamu termasuk orang yang awam dengan hal-hal tersebut, maka hal yang kamu perlu lakukan adalah amati saja dengan detail portfolionya, mencakup apakah hasil fotonya cukup tajam, apakah warna yang dihasilkan cukup baik, dan juga pencahayaannya bisa membuat gambar yang diambil lebih bagus.

Melakukan tandatangan kontrak

Sangat disarankan untuk ada tandatangan kontrak tertulis yang isinya memuat kesepakatan antara kamu dan vendor fotografi. Bacalah terlebih dahulu dengan baik kontrak yang ada, lalu bandingkan dengan kontrak perusahaan lain sebelum kamu menandatangani kontrak tersebut jika itu memang memungkinkan. Kamu perlu memastikan semua keinginan kamu tertulis dalam kontrak yang berguna untuk menghindari perselisihan di kemudian hari.

Mempertimbangkan juga dokumentasi video

Biasanya, vendor fotografi selalu menawarkan paket yang sudah include dengan dokumentasi video. Nah, kamu juga perlu melihat hasil karya videonya selama ini. Kamu juga perlu melakukan diskusi juga tentang video yang seperti apa yang kamu harapkan untuk mengetahui apakah si vendor sanggup untuk melakukannya. Jika kamu memilih vendor yang sama dengan foto, maka usahakanlah untuk meminta harga spesial untuk pemesanan paket foto sekaligus video pernikahan. Kalaupun kamu harus memilih vendor yang lain, kamu perlu menentukan bersama pasangan manakah yang lebih penting, foto ataukah video? Dan juga di vendor manakah yang kamu bersedia untuk menghabiskan porsi dengan budget yang lebih.

Yang terpenting dalam tips memilih vendor fotografi pernikahan adalah menemukan vendor tersebut. Kamu tidak perlu susah payah mencari vendor yang tepat karena di internet, kamu bisa menemukan vendor yang cocok sambil duduk manis di depan layar komputer bahkan layar smartphone. Yuk kunjungi Wedding Market dan temukan ribuan vendor fotografi pernikahan profesional hanya untukmu! klik disini.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket