Pilih Kategori Artikel

Jarang yang Tahu, Ini Trik Makeup Pengantin agar Manglingi
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Trik makeup pengantin sebenarnya bisa dipelajari, jika kamu ingin hasil riasan yang didapat terlihat berbeda dan membuat pangling. 

Pada dasarnya makeup sendiri dilakukan untuk mempertegas kecantikan seseorang. Namun jika dilakukan lebih detail lagi, makeup juga bisa mengubah wajah seseorang menjadi terlihat berbeda. Beda di sini, bisa dikatakan sebagai manglingi bukan aneh.

Makeup manglingi sendiri awalnya kerap dikaitkan dengan penggunaan makeup tebal, padahal tidak begitu. Dengan makeup natural sekalipun, jika mengaplikasikan benar, maka wajah akan terlihat sangat cantik. 

Trik Makeup Pengantin yang Wajib Kamu Aplikasikan 

wm_article_img
Foto: capelliloft

Jika kamu penasaran, berikut ini adalah trik dan cara makeup pengantin yang bisa kamu pelajari. 

1. Foundation 

Trik pertama agar makeup bisa berhasil dan tampil flawless, maka yang perlu diperhatikan adalah pemilihan foundationnya. Ada 5 jenis foundation yang banyak ditemukan di pasaran. Mulai dari foundation cair, kemudian pressed powder foundation yang sangat tepat digunakan untuk tipe kulit berminyak. 

Selanjutnya ada loose powder foundation yang cocok digunakan untuk kulit sensitif. Berikutnya ada cream foundation yang tahan lama, bahkan bisa menempel dengan baik hingga 10 jam lamanya. 

Yang terakhir adalah mousse foundation aman digunakan untuk semua jenis kulit, namun tidak tahan lama. Dari sini, kamu bisa menentukan terlebih dahulu, mana foundation yang paling tepat. 

Setelah itu, proses pengaplikasian foundation yang perlu kamu perhatikan baik-baik. Jika tidak, trik makeup pengantin akan berantakan karena foundation tidak tersapu dengan rata. 

Untuk menggunakan foundation, maka sebaiknya wajah sudah dalam keadaan bersih. Jika perlu lakukan exfoliasi kulit beberapa hari sebelum makeup dilakukan. Tujuannya agar sel kulit mati bisa terangkat dengan baik dan kulit pun menjadi halus. 

Gunakan pelembab yang biasa kamu gunakan sebelum foundation diaplikasikan. Kemudian siapkan spons yang telah dibasahi dengan air hangat untuk mengaplikasikan foundation. Untuk menghindari foundation yang retak, gunakan foundation tipis-tipis. 

Bila terlihat foundation belum wajah dengan cukup baik, lakukan olesan selanjutnya. Hindari mengaplikasi foundation dalam jumlah banyak dan tebal atau wajah akan terlihat menor. 

2. Concealer

Pastikan kamu juga menggunakan concealer untuk menutup dan mengoreksi wajah. Pilih concealer yang warnanya lebih terang dari kulitmu. 

Mulai dari menutup jerawat, menutupi mata panda, mencerahkan foundation yang terlalu gelap, menghindari wajah yang terlalu pucat, hingga merapikan alis, bisa juga digunakan sebagai eye primer, dan menutupi kekurangan pada bagian bibir. 

Jenis concealer juga beragam, cair, cream hingga yang padat. Untuk menyamarkan mata panda, kamu bisa menggunakan beauty blender. 

Sementara untuk meratakan warna kulit, kamu bisa memilih concealer cair yang juga di-blen dengan menggunakan beauty blender. Jika concealer digunakan untuk merapikan alis, maka kamu hanya perlu bantuan concealer brush.

Jika kamu tidak memiliki beauty blender, kamu bisa menggunakan jari untuk meratakannya. Hindari menyeret concealer atau kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya. 

3. Bedak

Trik makeup pengantin agar kulit wajah semakin mulus, maka harus dipilih bedak yang tepat. Bedak juga terdiri atas berbagai macam yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. 

Diantaranya adalah bedak tabur, bedak padat, bedak two way cake, bedak cair, shimmering powder, mineral powder, hingga finishing powder dan bedak translucent. 

Gunakan spons atau kuas khusus bedak untuk mengaplikasikanya agar lebih rapi. Kamu bisa menggunakan bedak tabur agar kulit tidak terlalu kering. Aplikasikan tipis-tipis, terutama pada bagian wajah yang kerap berminyak atau bagian bawah mata yang sering mengalami crack. 

Tepuk-tepuk bedak dengan perlahan dan jangan menggesernya atau foundation dan concealer yang telah digunakan sebelumnya akan retak. 

3. Contouring

Pada rias wajah sehari-hari, kamu mungkin akan mengabaikan fungsi dari contouring. Namun jika ini adalah hari spesialmu, maka gunakan contouring agar hasil make up terlihat lebih manglingi. 

Ada 3 jenis contour, yaitu dalam bentuk powder, stik dan juga cream. Untuk kamu yang masih pemula bisa memilih contour powder yang disapukan tipis-tipis di wajah. 

Pilih brush yang bentuknya sedikit miring, kemudian blend dengan gerakan memutar. Contouring sendiri bisa digunakan pada beberapa bagian wajah, seperti rahang, pipi, dahi, juga hidung. 

Sama halnya dengan jenis makeup yang telah disebut di atas, contour juga sebaik digunakan tipis-tipis, baru kemudian di blend hingga terlihat merata di kulit. 

4. Eye shadow

Tips makeup mudah selanjutnya adalah dengan memberikan warna pada kelopak mata. Kamu bisa memulainya dengan memilih dua warna saja, yang memadukan warna netral dan warna gelap. 

Pastikan kamu menyapukan eyeshadow pada seluruh permukaan kelopak mata. Di sini kamu bisa menggunakan kuas atau menggunakan telunjuk dan sapukan ke arah alis hingga lipatan mata. 

Berikutnya gunakan brush untuk mengaplikasikan eye shadow berwarna gelap pada lipatan mata. Kamu bisa mengaplikasikannya sebanyak dua kali agar lebih terlihat. Sapukan di sepanjang kelopak mata di bagian tulang alis. 

Jika kamu menggunakan brush, pastikan melakukan tap-tap pada brush terlebih dahulu agar eyeshadow tidak melekat terlalu banyak. 

Sementara jika kamu menginginkan riasan mata, smokey eyes, hingga mata terlihat lebih besar. Kamu bisa memilih menggunakan eye shadow stik yang berwarna bronze. Gunakan di seluruh bagian kelopak matamu hingga melewati garis lipatan mata. 

Agar lebih dramatis, kamu bisa melakukan gradasi warna dengan mengusapkan warna yang lebih gelap dari eyeshadow sebelumnya. Gunakan warna tersebut pada sudut mata bagian luar dan ratakan menggunakan brush. Tambahkan bulu mata yang panjang dan lentik agar smokey eyes lebih menarik.

5. Blush On

Berikutnya lengkapi riasan wajahmu dengan penggunaan blush on. Trik make up pengantin agar berhasil, juga perlu diperhatikan betul pada bagian yang satu ini. 

Penggunaan blush on pada bentuk masing-masing wajah akan berbeda. Seperti pada wajah bulat, maka blush on harus diaplikasikan secara diagonal agar pipi terlihat lebih tirus. Caranya dengan memulaskan dari samping bibir ke arah atas menuju telinga. 

Jika wajahmu oval, maka kamu hanya perlu menyapukan blush on dari tengah pipi ke arah luar. Tarik hingga ke batas pelipis mata dan jika wajahmu berbentuk persegi, maka sapukan kuas tepat di bawah tulang pipi, baru kemudian blend. 

6. Lipstik

Ini dia pewarna bibir yang tidak boleh kamu lupakan saat makeup. Lipstik yang digunakan untuk riasan pengantin sebaiknya dipilih yang tahan lama. Jenis matte biasanya mampu bertahan hingga beberapa jam bila dibandingkan dengan jenis lipstik lainnya. 

Jangan lupa, untuk mengeksfoliasi bibir kemudian menggunakan pelembab, sebelum lipstick digunakan. Selain bisa membuat lipstik tahan lama, bibir juga terlebih lebih halus dan sehat. 

Nah itu dia, beberapa trik makeup pengantin yang bisa kamu coba praktikan. Selanjutnya tinggal memerhatikan detail lainnya seperti riasan rambut, pakaian dan aksesori yang akan digunakan. Bagaimana menurutmu, tertarik untuk melakukan makeup seorang diri atau tetap ingin menggunakan jasa makeup pengantin atau MUA?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...