Pilih Kategori Artikel

Apa Saja Tugas Wedding Organizer dalam Mengurusi Hari Bahagia Kamu?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan mungkin sedang mencari tahu tugas wedding organizer. Memang wedding organizer merupakan jasa untuk membantu calon pengantin serta keluarga guna merencanakan rangkaian acara pernikahan.

Secara umum tugas wedding organizer menyusun acara mulai dari akad nikah, catering, dokumentasi hingga dekorasi. Sebelum kamu menyewa jasa wedding organizer, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tugasnya seperti apa.

Pekerjaan Wedding Organizer Secara Umum

Sebenarnya apa sih pekerjaan wedding organizer? Pekerjaannya adalah mempersiapkan acara mulai dari hal yang terkecil hingga besar. Jasa wedding organizer akan membantu kamu mengatur waktu supaya rundown bisa berjalan sesuai rencana terutama soal waktu.

Pastinya pada saat menjalankan pernikahan terutama resepsi, kamu akan diberikan batas waktu oleh pihak venue. Dengan adanya wedding organizer, kamu tak perlu lagi khawatir sebab ada orang yang mengatur jalannya acara agar tepat waktu.

Salah satu kesalahan jika tidak memakai jasa wedding organizer dalam pernikahanmu adalah tidak sesuai dengan rundown yang sudah disepakati. Hal ini berdampak buruk bagi acara pernikahan kamu. Jika waktu sudah molor di pagi hari misalnya akan berdampak sampai acara siang atau malam hari. Bila melebihi batas maka kamu bisa saja diminta untuk membayar bayar sewa tambahan.

Selain itu, wedding organizer akan bergerak secara cepat apabila ada kondisi yang tidak sesuai dengan acara. Pastinya ada faktor yang tidak bisa kamu perkirakan seperti macet atau cuaca. Maka dari itu, penting untuk tim wedding organizer mengatasi masalah seperti itu.

Pekerjaan wedding organizer tidak hanya pada saat hari H saja, ada beberapa tahapan yang perlu kamu ketahui. Tahapan ini merupakan persiapan yang akan dilakukan oleh wedding organizer guna membantu pernikahan kamu agar lebih lancar.

Perencanaan awal

Ini baru awalan saja dari apa yang dikerjakan oleh wedding organizer. Biasanya kamu akan memilih paket yang akan diambil. Di sini kamu perlu menyamakan antara konsep dengan budget.

Misalnya, kamu akan membuat pesta yang mengundang banyak orang. Tentu saja wedding organizer akan memberikan pilihan tempat yang bisa menampung orang sesuai jumlah undangan. Tak sampai situ saja, wedding organizer juga akan memilihkan paket catering, dekorasi, entertainment hingga dokumentasi. Semakin besar pesta yang ingin kamu buat tentu vendor yang dipakai harus semakin besar.

Selain itu, wedding organizer juga akan menyesuaikan dengan konsep lainnya seperti adat. Jika memakai adat tertentu, pastinya tim wedding organizer akan memilih vendor yang bisa menghandle adat tersebut. Di sinilah tugas wedding organizer dibutuhkan untuk memilih vendor yang terbaik. kamu pastinya belum punya pengalaman dalam memilih vendor. Di proses ini, kamu tak perlu ragu untuk menanyakan banyak hal!

Mengapa kamu harus sedikit 'bawel' di fase-fase ini? Sebab proses ini merupakan dasar yang akan mempengaruhi kesuksesan acaramu. Kamu bisa menanyakan portfolio vendor yang akan dipakai dan menilai apakah sesuai dengan seleramu atau tidak. Biasanya wedding organizer akan memberikan masukan yang terbaik dan disesuaikan dengan budget serta konsep yang kamu miliki.

Perincian Anggaran

Setelah sudah mulai menentukan pilihan konsep, tugas wedding organizer berikutnya adalah memberikan gambaran anggaran. Budget merupakan hal utama dalam membuat sebuah pesta pernikahan.

Kamu akan sangat terbantu dengan wedding organizer dalam hal ini, sebab biasanya banyak pasangan yang bingung mengenai anggaran. Jika salah dalam anggaran, bisa-bisa kamu justru memberikan anggaran ke hal yang paling penting.

Tugas wedding organizer pada proses ini adalah memastikan uang yang akan kamu keluarkan dipakai dengan tepat. Misalnya saja ketika memilih dekorasi tertentu, pastinya wedding organizer akan memilih tema yang sesuai pula dengan budget yang dimiliki.

Lokasi Pernikahan

Langkah selanjutnya yang penting adalah soal lokasi. Vendor wedding organizer akan memberikan rekomendasi lokasi yang sesuai dengan budget dan konsep pernikahan kamu. Tak sampai situ saja, wedding organizer juga akan menemani kamu meihat lokasinya. Kamu akan diajak untuk membandingkan satu gedung dan gedung lainnya.

Semua keputusan tetap ada di tangan kamu dan pasangan. Sang wedding organizer hanya akan memberikan kamu pertimbangan. Pastinya setiap gedung memiliki kelebihan dan kekurangan. Di situlah kamu akan dibantu untuk memilih.

Pemilihan vendor lainnya

Setelah sudah mendapatkan gedung yang tepat. Wedding organizer biasanya akan menghubungi dan memesan vendor lainnya seperti catering, make-up, fotografi, dekorasi hingga entertainment. Tugas mereka kali ini adalah menyesuaikan tempat dengan vendor lainnya.

Biasanya venue memiliki rekanan vendor tertentu. Artinya kamu tidak bisa memilih vendor di luar rekanan. Semua proses ini akan semakin mudah dengan hadirnya wedding organizer. Kamu akan semakin tahu konsep dan vendor yang akan dipakai setelah lokasi pernikahan ditentukan. Jangan lupa untuk mengecek porftolio para vendor.

Mempersiapkan acara pernikahan

Setelah semua vendor beres, tugas wedding organizer berikutnya adalah melakukan rapat dengan pihak terkait. Persiapan dimulai dengan rapat keluarga. Biasanya keluarga penting untuk dilibatkan. Selain itu, banyak keluarga yang ikut membantu dalam pernikahan.

Jelang hari H biasanya kamu akan diajak untuk technical meeting. Sang wedding organizer kali ini akan mengkoordinasikan seluruh vendor. Rapat ini bisa dibilang rapat terakhir untuk mempersiapkan pernikahan. wedding organizer juga akan mempersiapkan dekorasi hingga pemasangan perlangkapan pesta lainnya yang biasanya mulai H-1 hari. Persiapan ini akan semakin matang dengan bantuan wedding organizer.

Pelaksanaan pernikahan

Nah inilah tugas wedding organizer yang utama yaitu pelaksanaan pernikahan. Biasanya wedding organizer akan datang lebih pagi untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar.

Para crew wedding organizer akan dibagi ke beberapa titik, mulai dari menemani kamu make up sampai persiapan di tempat pernikahan. Wedding organizer juga akan memandu kamu dan keluarga sesuai dengan rundown.

Sepanjang acara, wedding organizer akan benar-benar memastikan acara berjalan sesuai rencana. Tak hanya soal waktu, wedding organizer akan mengecek pihak-pihak yang terkait melaksanakan tugasnya. Kamu tak perlu lagi khawatir acara berantakan karena ada tim yang memantaunya.

Setelah acara

Siapa sangka tugas wedding organizer juga sampai setelah acara. Biasanya tim wedding organizer akan memastikan seserahan, kotak cincin, isi kotak angpao, sisa souvenir hingga kado dari para tamu diterima oleh pihak keluarga.

Tak sampai situ saja, wedding organizer juga memastikan seluruh vendor menyelesaikan tugasnya. Misalnya saja memastikan dekorasi sudah bersih. Semua itu penting untuk dilakukan agar proses pernikahan kamu benar-benar sempurna.

Wah, ternyata banyak ya tugas wedding organizer mulai dari persiapan sampai hari H pernikahan. Pastinya ini akan membuat kamu semakin yakin untuk menyewa jasa wedding organizer agar pernikahanmu lancar. Temukan vendor wedding organizer yang profesional di Wedding Market, yuk klik disini: Wedding Organizer.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...