Pilih Kategori Artikel

Ukuran Gaun Pengantin Kebesaran? Begini Cara Mengecilkannya!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Tampil sempurna dan penuh kebahagiaan di hari pernikahan adalah hal yang tentu saja kamu inginkan. Apalagi jika kamu tampil sempurna dengan ukuran gaun pengantin yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Dengan penampilan yang tepat, kamu tentunya akan membuat kamu menerima banyak pujian dari para tamu undangan yang hadir di pernikahanmu. Kalau penampilan kamu sebaliknya, kamu akan menerima kritikan pedas yang mempengaruhi mood kamu sepanjang hari pernikahan hanya karena ukuran gaun pengantin yang kamu pakai tidak sesuai.

Untuk menyesuaikan gaun dengan bentuk tubuhmu ini kamu sudah melakukan hal yang terbaik seperti makan dengan teratur, berolahraga, bahkan kamu rela juga untuk berpuasa supaya tampil singset di hari pernikahan.

Hasilnya, kamu mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan, dan ternyata cocok dengan gaun pengantin yang telah kamu pilih itu.

wm_article_img

Tetapi, permasalahan lain muncul karena gaun itu rupanya longgar atau kebesaran sehingga mau tidak mau kamu harus mengecilkannya supaya benar-benar sesuai.

Lalu bagaimana cara mengecilkannya? Nah, di bawah ini kamu bisa melakukannya lho, dengan beberapa alat sederhana untuk membantumu mengecilkan ukuran gaunmu itu. Apa saja alat-alatnya, yuk disimak ya!

1. Menggunakan Peniti

Alat pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran gaunmu adalah peniti yang biasa kamu gunakan sebagai pengait pada kancing baju atau kemben. Cara ini termasuk cara yang paling mudah untuk bisa mengakali pakaian yang ukurannya melebihi tubuh kamu. Selain itu, peniti termasul alat yang murah meriah.

Untuk menggunakannya, kamu cukup melipat kain gaun yang kebesaran pada bagian belakang lalu bubuhkan peniti dari bagian dalam. Agar maksimal, gunakan peniti yang berukuran kecil supaya tidak terlihat dan menarik perhatian. Kalau gaun yang ingin kamu pakai itu ukurannya terlampau besar, kamu bisa membubuhkan peniti pada beberapa bagian.

2. Menambahkan Ikat Pinggang yang Serasi

Kalau kamu tidak mau ribet dengan peniti, kamu juga bisa mengecilkan ukuran gaunmu dengan menambahkan ikat pinggang yang serasi dengan gaunmu, yang kemudian kamu pakai di seputar pinggangmu. Apabila ikat pinggangmu terlalu panjang, kamu bisa melipatnya dan menahannya dengan jepitan atau dengan peniti.

Untuk penampilan yang glamor dan sesuai dengan warna gaunmu kamu bisa menggunakan ikat pinggang rantai berwarna emas atau perak, dan jika kamu menginginkan penampilan yang lebih bold, gunakan ikat pinggang besar dengan motif atau aksen stud, ya! Tapi ingat, ikat pinggang yang besar kurang cocok dikenakan oleh para pengantin yang big size karena akan memberikan kesan menumpuk dan berat ya, dear.

3. Membentuk Pinggang dengan Pita Tipis

Benda yang kamu bisa gunakan untuk mengakali gaun pengantinmu adalah dengan menggunakan pita yang tipis, dan bisa dipakai untuk gaun yang memang bahannya juga tipis. Cara menggunakan pita tipis ini juga cukup mudah, lho, dear. Kamu pertama-tama harus memilih pita atau atau tali yang sesuai dengan gaun pengantin. Kemudian ukurlah panjang pita sesuai selera, dan ikatlah pita pada bagian pinggang atau di bawah dada.

Pita tipis ini nantinya akan membuat gaun yang kebesaran menjadi terlihat lebih menarik. Kalau kamu ingin bagian pinggangmu menonjol dan menutupi perut yang agak buncit kamu bisa menambahkan pita pada bagian bawah dada. Lipitan dari pemakaian pita pada gaun akan menjadi aksen pada penampilanmu.

4. Memakai Bra dengan Busa

Kalau gaun pengantin yang kamu pakai mempunyai ukuran yang terlalu besar pada bagian atas, kamu bisa mengakalinya dengan memakai bra yang berbusa sebagai dalaman. Kalau bra dengan busa tidak ada, kamu bisa menambahkan pad bramu. Dengan begitu, gaun pengantin yang kamu jadi terlihat lebih pas.

5. Mengenakan Sepatu Hak Tinggi

Lalu bagaimana kalau gaun kamu yang ukurannya kebesaran itu ternyata jatuhnya lebih panjang? Kamu tidak perlu khawatir! Kamu cukup gunakan saja sepatu pengantin dengan hak yang lebih tinggi untuk dapat mengakali penampilanmu itu.

6. Menjahit dengan Benang dan Jarum

Alat terakhir untuk dapat mengakali atau mengecilkan gaun pengantinmu yang kebesaran adalah dengan menggunakan benang dan jarum. Cara ini untuk kamu yang dalam keadaan darurat karena tidak sempat membawa gaun yang ukurannya kebesaran itu ke ahli permak busana. Kamu cukup gunakan kemampuanmu menjahit dengan jarum dan benang.

Apabila gaun yang kamu miliki cukup panjang, kamu bisa melipatnya dan menyeterika di bagian yang kepanjangan tersebut. Setelah lipatan terbentuk, kamu dapat menjahitnya secara jelujur. Cara ini juga kamu gunakan untuk lengan gaun yang terlalu panjang.

Selain cara mengakali ukuran gaun pengantin yang kebesaran dengan alat-alat di sekitarmu, ada juga hal-hal yang perlu kamu lakukan sebelum memperkecil ukuran gaun.

Yang pertama adalah pastikan gaun yang akan kamu kecilkan itu bisa untuk kamu duduk dan berdiri dengan nyaman. Jangan sampai gaun pengantin yang sudah kamu kecilkan itu menjadi ketat sehingga kamu susah duduk.

Yang kedua adalah pastikan saja tangan bisa digerakkan secara leluasa dan tidak menganggu aliran darah apabila gaun yang kamu kecilkan mempunyai lengan.

Itulah cara-cara mengecilkan ukuran gaun pengantin yang kebesaran ya, Ladies. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mempersiapkan hari pernikahanmu terutama dalam memilih gaun pengantin yang tepat.

Apabila kamu sedang mencari gaun pengantin yang tepat dan sesuai ukuran tubuhmu, silakan untuk mampir ke vendor gaun pengantin Wedding Market yang bisa menyediakan segala macam keperluanmu. Klik di sini ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...