Pilih Kategori Artikel

Ukuran Photobooth dan Contoh Penggunaannya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Photobooth merupakan salah satu area khusus untuk digunakan berfoto dengan latar khusus sesuai tema acara. Salah satu contoh acara yang paling sering menggunakan area khusus seperti ini ialah acara pernikahan. Ukuran photobooth untuk acara ini biasanya cukup beragam mulai dari ukuran kecil hingga ukuran yang cukup luas. 

Area tersebut memang harus memiliki ukuran yang pasti meskipun bisa menggunakan ukuran yang beragam. Untuk area ini memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi yang harus disesuaikan dengan ukuran tempat di sekitarnya. Beberapa tahun terakhir ini photobooth semakin sering digunakan baik untuk acara pernikahan di rumah maupun di gedung khusus. 

Untuk diadakan dalam sebuah acara pernikahan hal ini bersifat opsional meskipun saat ini sudah menjadi trend. Pembuatannya akan berhubungan langsung dengan decorator bahkan beberapa diantaranya bisa mendapatkan harga satu paket dengan dekorasi seluruh area tempat pernikahan berlangsung.

Photobooth Unik dan Kekinian, Ada di WeddingMarket!



Standar Ukuran Photobooth

wm_article_img

Foto: Yessy Jasela

Ukuran dari area khusus berfoto seperti ini memang sangat beragam. Namun secara umum terdapat ukuran standar atau minimal ukuran yang bisa digunakan. Hal ini bisa menjadi ukuran dan patokan untuk bisa memasang dan menyesuaikannya dengan tempat penyelenggaraan acara pernikahan. 

Ukuran standar dari photobooth ialah memiliki dimensi lebar kali tinggi yang ukurannya 2 x 2 meter. Untuk ukuran ini bisa menampilkan 5 hingga 10 orang untuk satu kali berfoto dengan posisi menjadi dua baris. Ukuran tersebut cukup standar dan bisa menjadi ukuran minimal untuk dipilih jika ingin membuat sebuah photobooth pernikahan

Adapula ukuran photobooth yang sedikit lebih besar yaitu 3 x 2 meter. Ukuran ini bisa ditempatkan pada lahan yang lebih luas sehingga banyak aksesoris dan dekorasi yang bisa kamu tempatkan pada area ini. Kapasitas untuk ukuran ini tentunya bisa lebih banyak dan para tamu bisa berfoto dalam posisi yang lebih lebar. 

Jika bisa lebih luas lagi maka tidak masalah namun harus diukur dan disesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia. Khusus untuk acara pernikahan yang diselenggarakan di rumah maka ukurannya harus seminimal mungkin namun tetap bisa menampung sejumlah orang untuk berfoto bersama. 

Bagi beberapa orang area ini tidak begitu penting namun sebenarnya bisa menambah seru dan menyenangkan terutama bagi para tamu yang hadir yang hobi berfoto ria. Sambil menunggu antrian atau sambil menunggu teman-teman yang lain maka mereka bisa berfoto terlebih dahulu. Meskipun di rumah hal ini tetap bisa dilakukan dengan catatan ukuran photobooth harus seminimal mungkin. 

Meskipun dilangsungkan di sebuah lapangan kecil di sekitar rumah tetap saja ukurannya tidak bisa terlalu besar mengingat kondisi bahan dan keadaan lingkungan sekitar harus menyesuaikan. Hal ini harus menjadi prioritas jika ingin mengadakan atau membuat sebuah photobooth terutama di acara pernikahan. 

Contoh Pengaplikasian

wm_article_imgFoto: Patrolmedia

Pengaplikasian dari photobooth dengan ukuran yang beragam bisa menggunakan konsep yang yang sesuai dengan ukurannya. Misalnya untuk photobooth nikahan yang sangat minim yaitu ukuran 2 x 2 meter maka konsep yang dipilih bisa konsep yang simple dan minimalis. Aksesoris yang dipilih tidak perlu terlalu banyak untuk konsep ini. 

Misalnya untuk konsep minimalis ini kamu bisa mencari beberapa bingkai foto kosong yang dipasang dengan cara digantung menggunakan tali atau pita. Simpan dan hias beberapa sisinya dengan aneka bunga sesuai warna yang kamu inginkan. Di bagian paling pinggir kamu bisa menempatkan stand flower untuk menambah manis dari bingkai foto tersebut. 

Untuk pilihan lainnya kamu juga bisa menempatkan lampu-lampu cantik yang disusun secara acak diantara foto-foto dari kedua mempelai. Hal ini bisa menjadi konsep yang cukup minimalis dan menyesuaikan dengan ukuran photobooth yang tidak terlalu besar. Meskipun minimalis namun hasilnya tetap menarik dan tidak terkesan memaksakan. 

Fokus Perhatian 

Salah satu hal yang menjadi fokus perhatian mengenai photobooth adalah aksesoris yang dipilih serta konsep yang digunakan. Setiap ukuran yang dipilih maka jenis aksesoris dan konsepnya bisa menyesuaikan. Semakin luas otomatis aksesoris dan konsepnya pun harus dipikirkan lebih matang dan harus diaplikasikan dengan tepat. 

Kedua hal tersebut menjadi salah satu fokus perhatian sebab bagian penting dan yang menjadi identitas dari photobooth itu sendiri yaitu dekorasi serta aksesoris itu sendiri. Meskipun ukuran photobooth yang dibuat tidak terlalu lebar namun tetap saja harus dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan sangat baik. 

Jangan sampai setiap hal di dalamnya tidak melalui tahap diskusi atau pemikiran yang matang terutama dari pemilik lahan serta dekorasinya. Berapapun ukuran dari photobooth tersebut pastikan harus menyesuaikan dengan keadaan di sekitarnya dan tidak Membuat konsep yang terlalu memaksakan. 

Beberapa informasi diatas bisa menjadi gambaran jika kamu ingin membuat sebuah photobooth pada sebuah acara pernikahan. Meskipun ukuran photobooth yang dibuat tidak terlalu besar tetap saja kamu harus menjadikannya terlihat rapi dan terkonsep dengan baik. Dengan begitu hasilnya bisa lebih menarik dan sesuai dengan ekspektasi.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...