Yuk Cari Tahu Lebih dalam Apa Itu Photobooth Pernikahan

14 Apr 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 906
Yuk Cari Tahu Lebih dalam Apa Itu Photobooth Pernikahan
Foto: Fans of The Yara Valley

Tentunya, kamu sering mendengar sebuah photobooth selalu hadir di berbagai macam acara. Seperti misalnya photobooth acara ulang tahun, acara reuni, wisuda, bahkan photobooth pernikahan.

Namun, jika kamu termasuk orang awam yang belum mengetahui betul apa itu photobooth. Di sinilah kami akan membahas perihal photobooth pernikahan. Jadi, simak baik-baik, ya.

 Apakah itu Photobooth?

Photobooth merupakan salah satu kegiatan pengambilan foto atau adegan dengan menggunakan background yang sudah dihias dengan begitu menarik atau semeriah mungkin. Para tamu undangan yang ingin mengabadikan dalam photobooth ini, dapat bergaya apa saja dan biasanya langsung mendapat hasil cetak dari foto nya saat itu juga.

Ada berbagai macam tema yang ditampilkan dalam Photobooth sesuai dengan keinginan dari tuan rumah yang sedang menggelar sebuah acara. Bahkan background dari photobooth ini bisa kamu sesuaikan dengan tema pesta pernikahanmu. Seperti misalnya jika pesta pernikahanmu ingin suasana yang hangar, tentunya kamu bisa mengusung tema romantis, tema oldies, tema lucu dan sebagainya.

Keuntungan Adanya Stan Photobooth di Pesta Pernikahanmu

Sebagian besar calon pengantin, ketika menggelar pesta pernikahan tentunya menyelipkan sebuah stan photobooth sebagai salah satu jamuan tamu undangannya. Yang bertujuan untuk menjadikan sebuah kenang-kenangan bagi mereka yang sudah hadir di hari yang spesial tersebut.

Nah, di bawah ini ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika adakan stan photobooth di pesta pernikahanmu. Apa sajakah itu?

1. Hiburan untuk Tamu Undangan yang Hadir

Seringkali tamu undangan mendapati sebuah stan photobooth pernikahan di setiap pesta pernikahan yang dihadiri. Nah, dengan ada nya stand photobooth di pesta pernikahanmu, itu akan membuat tamu undanganmu merasa terhibur.

Tentunya, tamu undangan kamu akan bisa bersenang-senang dengan mengekspresikan kebahagiaannya bersama dengan teman-teman mereka. Bisa dikatakan sebagai tempat mengabadikan sebuah momen dengan teman lainnya yang sudah jarang ketemu.

Seperti misalnya, pada pesta pernikahan, jika kamu ingin mengabadikan sebuah momen di dalam stan photobooth pernikahan, para tamu undangan harus mengantri dengan sabar. Ketika sudah selesai, para tamu undangan akan keluar sambil tersenyum dan mereka akan ingin kembali lagi.

Sebagian besar dari calon pengantin mengatakan bahwa sebuah photobooth pernikahan merupakan sebuah puncak dari acara. Semua tamu undangan sangat menyukai foto-foto yang dihasilkan. Nah, tugas fotografer Photobooth adalah menciptakan suasana dan mengabadikan sebuah momen kebahagiaan yang diekspresikan dari setiap tamu undangan.

Jadi, keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari photobooth pernikahan di pestamu adalah salah satunya dengan memberikan sebuah hiburan semata bagi tamu undangan yang hadir. Sekaligus tempat untuk mengabadikan momen bersama dengan teman lama yang sudah lama tak berjumpa.

2. Hadiah Souvenir untuk tamu yang pasti tidak akan dibuang.

Inilah keuntungan kedua yang bisa kamu dapatkan dari photobooth pernikahan. Mengapa kamu harus memberikan sekotak cokelat almond spesial, jika kamu bisa menciptakan sebuah sesi foto yang menyenangkan di pesta pernikahanmu.

Para tamu undangan pun akan menyimpan hasil foto tersebut dan dapat melihat kembali foto-fotonya selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Disetiap pesta pernikahan, biasanya para tamu undangan akan diberikan sebuah kupon atau gantungan kunci kosong dengan sebuah catatan. Tujuan nya adalah agar tamu undangan tidak lupa untuk pergi ke stan photobooh.

Pihak photobooth juga akan memberikan salinan foto (soft-copy) mereka yang dijadikan sebagai hadiah kenang-kenangan yang fantastis.

Dengan adanya sebuah stan Photobooth pernikahan di pestamu, maka para tamu undanganmu tidak akan pulang dengan tangan kosong. Mereka akan membawa pulang buah tangan yang bagus dari pesta pernikahanmu.

Hasil foto ini bisa kamu digantung di kamar, di atas meja kerja atau TV. Tentunya, para tamu undanganmu akan menyimpannya selama bertahun-tahun. Tentu, sebuah souvenir pernikahan yang sangat sederhana namun berkesan, kan?

3. Tempat Hiburan Nostalgia atau Kenang-kenangan.

Akhir-akhir ini, banyak sekali beragam generasi anak muda yang ingin menikah. Namun, Ingatkan kalian di masa lalu, di zaman kalian tidak memiliki kamera di ponsel.

Dulu, jika kamu ingin mengabadikan sebuah momen instan bersama teman-temanmu saja, tentunya kamu harus pergi ke tengah kota atau ke sebuah mall dan masuk ke dalam bilik foto (biasanya memakai tirai biru).

Di manapun photobooth yang kalian temui, tentunya memiliki sebuah konsep yang sama tetapi pengemasannya saja yang berbeda. Kesan yang diberikan setiap photobooth itu berbeda, tentunya pihak Photobooth akan menambahkan beberapa alat dan asesoris untuk berpose yang lucu agar hasilnya dapat lebih berkesan.

4. Jadikan Pesta Pernikahanmu menjadi Sebuah Acara yang Luar Biasa.

Pihak photobooth pernikahan yang terbaik tentunya akan di lengkapi dengan Social Media Share. Konsep yang seperti ini, di mana para tamu bisa sharing photo via email, instagram, facebook tanpa batas. Tentunya, setiap tamu undangan pasti akan memposting foto-foto mereka hasil photoooth yang lucu-lucu ke seluruh situs Media Sosial favoritnya.

5. Buku tamu keren

Ini mungkin menjadi alasan terbesar mengapa kamu harus adakan stan photobooth pernikahan di pesta pernikahanmu. Kamu akan terkesan bila tim Photobooth mau meluangkan waktu untuk memastikan semua orang menambahkan foto nya ke buku tamu undanganmu.

Para tamu akan diminta untuk meninggalkan pesan di sekitar foto. Seringkali pihak photobooth mendapatkan informasi mengenai betapa bahagianya para calon pengantin dengan layanan ini.

Inovasi ini merupakan sentuhan baru pada buku-buku tamu tradisional. Dan buku kenangan ini pasti membuat Anda kepingin melihat nya berulang kali.

Bahkan tamu kamu bukan hanya akan menerima salinan foto-foto yang menyenangkan di hari itu juga, tim Photobooth juga akan mengunggah atau mengupload semua foto tamu kamu ke album salah satu sosial media yang kamu miliki.

Ini salah satu langkah untuk membantu meneruskan kegembiraan selama berminggu-minggu kedepan setelah hari pesta pernikahanmu berlalu. Di mana semua orang yang terlibat di pesta pernikahanmu akan menandai, mengomentari dan menyalin atau mendownload foto mereka.

6. Hadirkan sebuah Tema Photobooth yang Menakjubkan agar Para Tamu Undanganmu Kagum

Setiap ingin menggelar pesta pernikahan, tentunya kalian sudah menentukan seperti apa konsep yang kalian inginkan. Bisa saja kamu menginginkan konsep wonderland musim dingin, nuansa santai dengan menambahkan suasana alam atau bahkan hanya tema full color ?

Tenang saja, ladies. Pihak photobooth pernikahan akan membawa stan background dan perlengkapan asesoris pendukung yang sesuai dengan tema yang kamu inginkan.

Bahkan sebuah vendor photobooth pernikahan yang profesional dapat menyesuaikan cetakan foto kamu agar sesuai dengan tema pesta pernikahan yang kalian usung . kalau memang kamu memilih budget pernikahan yang mencukupi, mungkin kamu akan dapat sebuah background stan yang khusus di desain sesuai kemauan kamu, lho.

7. Cocok untuk segala usia.

Nah, inilah poin penting dalam mengadakan photobooth pernikahan di pesta pernikahanmu. Kamu harus mengambil konsep desain yang cocok untuk segala usia. Karena yang hadir di pesta pernikahanmu, bukan hanya seumuranmu saja. Tetapi juga ada orang tua dari rekan keluargamu, bahkan ada anak-anak juga.

Kamu harus memberikan kesan yang baik pada photobooth pernikahan ini untuk para tamu undanganmu, ya.  

Tips Membuat Photobooth Pernikahan yang Berkesan

Tips Membuat Photobooth Pernikahan yang Berkesan
Foto: Wedding Planner in Kerala

1. Photo Booth Tertutup atau Terbuka

Para calon pengantin bebas untuk memilih jenis photobooth mana yang ingin ditampilkan di acara pernikahan. Ada dua pilihan utama yang bisa kamu pilih yaitu jenis photobooth itu terbuka atau tertutup. 

Photobooth jenis tertutup ini biasanya sama halnya dengan yang ada di dalam mall, dengan layar komputer dan kamera di atasnya. Para tamu harus masuk bilik terlebih dulu untuk berfoto, baru setelah itu hasil akhirnya akan langsung tercetak.

Beda halnya jika photobooth pernikahan yang terbuka ini memiliki ukuran yang bebas, tidak membutuhkan bilik. Selain bisa menggunakan fotografer, tentunya lebih mudah jika para tamu ingin berfoto menggunakan kamera ponsel mereka. Kelebihan dari photobooth tertutup ini kalau sistemnya yang cukup praktis karena tidak membutuhkan fotografer.

Namun, ukurannya cukup sempit sehingga tidak bisa digunakan untuk berfoto lebih dari empat orang. Sementara, photobooth terbuka ukurannya cenderung lebih besar, jadi dapat menampung jumlah tamu lebih banyak. Serta para tamu undangan bisa merasa kebebasan untuk ide dekorasi yang lebih menarik daripada photobooth tertutup.

2. Kualitas Hasil Foto

Ada kaitannya dengan perbandingan antara photobooth pernikahan tertutup dan terbuka, tentunya, perbandingan itu juga akan berpengaruh pada kualitas foto yang dihasilkan oleh kedua jenis spot foto ini. Photobooth tertutup cenderung memiliki kualitas hasil foto yang kurang bagus karena hanya menggunakan kamera otomatis yang terhubung dengan komputer.

Sementara pada photobooth terbuka, biasanya, akan menggunakan jasa fotografer yang memakai kamera berkualitas seperti kamera DSLR. Selain kualitas foto, tentu ini juga berpengaruh terhadap kualitas komposisi dan pose. Pastinya fotografer cenderung akan mengarahkan tamu untuk berpose, dan ini jelas lebih menarik dibandingkan foto di dalam bilik photo booth tertutup.

3. Background PhotoBooth

Sebagian besar calon pengantin yang menggunakan photobooth terbuka, karena akan lebih leluasa untuk menentukan desain background yang diinginkan untuk hari yang spesial itu. Berbagai macam variasi pilihan ide dan pengaplikasian desain untuk background photobooth pernikahan. tentunya, calon pengantin bisa menentukan desain yang sesuai dengan konsep pesta pernikahan mereka.

Seperti misalnya, jika kamu mengusung sebuah tema pernikahan garden rustic, maka desainnya bisa menggunakan ornamen tanaman, papan kayu rustic, juga lampu-lampu kecil. Bukan hanya untuk background, tetapi ada beberapa photobooth pernikahan yang menggunakan properti tambahan, seperti sepeda ontel, motor klasik, kursi antik dan sebagainya sebagai ornamen tambahan dan pelengkap foto.

4. Ukuran

Untuk lahan photobooth, para calon pengantin harus bisa menyesuaikan dengan space yang tersedia di ruangan venue pernikahanmu nanti. Disarankan untuk menyesuaikan dengan perhitungan yang tepat, ya.

Karena jika space photobooth terlalu besar, itu akan memakan space yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting, seperti catering. Tetapi juga kamu jangan sampai ukuran photobooth terlalu kecil. Itu akan terlihat kurang menarik untuk tamu undanganmu jika mereka harus berdesakan saat berfoto di dalamnya.

5. Lokasi

Lokasi stan photobooth pernikahan di pestamu juga termasuk salah satu hal yang penting. Lebih baik letakkan stan photobooth yang mudah dijangkau oleh tamu undangan dan jangan terlalu jauh dari pusat keramaian. Karena nantinya para tamu bisa tidak menyadari keberadaan stan photobooth ini, dan akhirnya kurang maksimal.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa stan photobooth berada di sisi terluar dari rangkaian penataan tata ruang resepsi, karena terkadang antrian photo booth bisa sangat ramai.

Nah, solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan stan photobooth tersebut di dekat area penerima tamu. Hal ini memang bisa membantu untuk mengurangi antrian tamu yang ingin memberikan ucapan kepada kedua mempelai. Dengan begitu, fokus mereka beralih pada ke area photobooth.

Peralatan Photobooth Pernikahan yang Biasa Diperlukan

Agar kamu tidak bingung peralatan apa saja yang biasa dibawa oleh sebuah tim Photobooth. Maka perlu kamu juga harus mengenal apa saja yang ada di dalam sebuah stan photobooth. Dengan tujuan agar kamu juga bisa mempersiapkan sebuah pesta pernikahan secara maksimal dengan sukses dan penuh gaya.

1. Kamera Photobooth

Kamera merupakan sebuah peralatan yang paling penting di sebuah stan photobooth. Posisi dari kamera photobooth ini tentu akan berhadapan dengan stan background Photobooth. Background yang digunakan dalam photobooth ini biasa berjarak sekitar 2-5 meter.

Salah satu fotografer dari vendor photobooth pernikahan ini akan membawa 1 atau 2 buah kamera DSLR sebagai cadangan. Selain kamera, biasanya, pihak photobooth juga mempersiapkan payung dan flash/lighting. Fungsinya agar mendapatkan sebuah pencahayaan yang sangat baik dan menghasilkan kualitas foto yang sangat baik pula.

Seorang fotografer Photobooth yang berpengalaman akan membuat para tamu undanganmu tidak akan merasa canggung untuk berpose di depan kamera photobooth ini. Sang fotografer akan humble sehingga para tamu kamu akan santai bergaya yang unik-unik dan lucu. Mereka bisa berpose sendiri atau bersama sama teman atau keluarga keluarga mereka.

2. Stan Background Photobooth

Nah, inilah peralatan utama dari photobooth adalah panggung atau stand photobooth. Stand ini biasa nya berlokasi menghadap kamera photobooth. Untuk desain, tema dan ukuran bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

Misalnya saja pada acara photobooth pernikahan, kamu bisa memilih stan dengan background yang berbagai macam tema yang bisa kamu pilih. Seperti di desain penuh bunga, tema menggunakan banyak balon-balon, tema hutan atau tema pantai.

3. Mesin Cetak Photobooth

Mesin cetak Photobooh sebenarnya tidak berbeda jauh dengan printer atau mesin cetak yang ada di rumah ataupun di perkantoran, baik dalam ukuran maupun bentuk nya.

Mesin printer Photobooth ini memiliki fungsi yaitu mencetak gambar hasil jepretan fotografer Photobooth. Foto ini akan ditransfer dari kamera DSLR photobooth ke sebuah komputer. Tentunya, ada sedikit perbedaan utama, jika di mesin cetak Photobooth ini memiliki tinta dan kertas khusus. Tujuan nya agar foto yang dihasilkan akan bisa langsung dicetak dan diambil oleh tamu undangan.

Selain itu pula hasil cetak nya bersifat permanen, dan tidak gampang luntur. Mesin printer atau mesin cetak photobooth ini sangatlah penting bagi sebuah kegiatan photobooth. Bahkan pihak Photobooth pernikahan yang profesional akan membawa cadangan alat cetak atau printer ini untuk mencegah terjadi kemacetan.

4. Aksesoris Photobooth

Inilah peralatan yang paling mendukung untuk menciptakan suasana hidup dan menyenangkan di dalam photobooth pernikahan. Aksesoris ini biasa terdiri dari berbagai macam bentuk. Bisa berupa topeng yang aneh, rambut palsu, papan dengan tulisan lucu, topi unik,  kumis atau rambut palsu, kaca mata, dan berbagai macam aksesoris-aksesoris lainnya.

Jika ingin hasil photoboothnya berkesan, maka aksesoris-akseoris inilah yang layak untuk dipersiapkan dan dipakai waktu berpose.

Jika dilengkapi dengan beberapa aksesoris photobooth ini, maka suasana foto akan menjadi hidup dan menyenangkan. Apalagi kalau hasil foto nya sesuai dengan tema pesta pernikahanmu. Di jamin setiap tamu undanganmu akan membagikan hasil fotonya ke sosial media mereka masing masing. Aksesoris Photobooth ini perlu untuk membuat suasana tekesan meriah dan menyenangkan.

Itulah ulasan mengenai photobooth pernikahan yang perlu kalian ketahui sebagai calon pengantin. Jadi, tertarik kah kamu ingin adakan stan photobooth di pesta pernikahanmu?


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket