Pilih Kategori Artikel

Contoh Kata-Kata yang Bisa Digunakan dalam Undangan Pernikahan Batak
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Kamu tengah membuat kartu undangan dan membutuhkan contoh undangan pernikahan adat Batak untuk hari spesialmu? Sepertinya kamu sudah memilih artikel yang paling lengkap.

Uniknya negara kita, di mana masyarakatnya terdiri atas berbagai suku, adat dan juga tradisi yang berbeda satu sama lainnya. Membuat keragaman ini memang patut dilestarikan dan begitu juga bila dikaitkan dengan sebuah pernikahan.

Pernikahan yang dibuat atas dasar adat dan tradisi sudah pasti akan berbeda dengan pernikahan yang sifatnya umum. Jangan dulu bicara tentang berbagai prosesi yang harus dilalui, bahkan sebuah kartu undangannya pun, akan tampil berbeda.

Untuk pernikahan dengan adat Batak misalnya, di mulai dari undangan yang dibuat dengan bahasa daerahnya. Ini akan terlihat menarik dan unik, dan pastinya wajib menyertakan mereka yang ahli dan paham betul bahasa daerahnya.

Tidak hanya tulisan atau bahasa, kartu pun akan didesain dengan semua yang berhubungan dengan ke-khas-an suku tersebut. Sebetulnya konsepnya sendiri sama seperti kartu undangan pada umumnya, yang akan menyertakan nama pengantin, kedua orang tua, hingga lokasi dan acara adat serta resepsi akan dilangsungkan. Sebagai gambaran bagimu, berikut ini adalah contoh undangan pernikahan adat Batak yang perlu kamu perhatikan dengan baik.

1. Halaman Depan

wm_article_img
Foto: ayhan4sasooli.blogspot.com

Desain undangan pernikahan pada bagian depan kartu, akan tertera nama keluarga yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan. Kemudian kamu bisa menyertakan juga foto pengantin atau nama, juga ikon yang berhubungan dengan tradisi di sukumu. 

Tulisan Gokhon Dohot Jou-Jou akan terlihat di sini, dan tulisan ini juga biasanya akan terdapat di bagian dalam undangan. Dilanjutkan dengan tanggal pernikahan, lokasi, dan nama tamu yang akan diundang. Kata-kata yang biasanya digunakan adalah: Mandapothon Napinarsangapan yang berarti Kepada yang Terhormat.

2. Bagian Dalam Kartu Undangan

wm_article_img
Foto: surat-undangan.netlify.app

Berikutnya pada bagian dalam undangan pernikahan bisa dipastikan kamu akan menemui kata-kata ini. Di mana kata-kata atau kalimat ini akan berfungsi sebagai kalimat pembuka, yaitu, Gokhon Dohot Jou-Jou yang artinya undangan atau panggilan.

Berikutnya dohot hormat dengan hormat. Setelah itu pada bagian bawahnya akan tertulis seperti ini.

Dibagasan serep dohot unduk ni roha, no do homi mangokhon huhut manjau hamu angka na pinarsangapan: Raja Ni Dongan Tobu, Raja ni Hula-Hula, Raja Ni Boru Bere, Dohot ale-ale asa maemang ni langka hamu rap dohot inanta Soripada ro mangadopi huhut manangianghon “Pesta Pamasu-Masuon Parbogason” ni anak nami.

Kurang lebih tulisan di atas, sebagai kalimat pengantar yang tujuannya, mengundang tamu, untuk datang ke pesta pernikahan. Setelah kalimat tersebut baru ditulis, nama kedua mempelai, nama orang tua, hingga keterangan singkat mengenai domisili. Dilanjutkan dengan keterangan hari, tanggal, pukul, dan tempat menikahnya.

Pada bagian ini biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia pada umumnya. Baru setelahnya, digunakan kembali bahasa Batak yang kurang lebih mengungkap rasa terimakasih. Di sini, biasanya juga disertakan nama-nama keluarga yang turut mengundang, dan biasanya jumlahnya sangat banyak, bahkan bisa menghabiskan setidaknya satu halaman undangan.

3. Bagian Penutup Kartu Undangan

Berikutnya untuk pemilihan kata atau kalimat penutup yang bisa digunakan sebagai contoh undangan pernikahan adat Batak, kamu bisa menentukan yang singkat atau panjang, seperti ini.

Contoh: Dung Sidung pamasu-masuon sian Gareja, rap udurma hita tu inganan naung pinarade nami di “nama lokasi pernikahan”, laho mangan indahan na las dohot minum aek sitio-tio huhut manjalo dohot mangalehon adat nahombar tu ulaon i.

Sai dipatiur jala dipasu-pasuTuhanta ma ulaon I suang songoni langka muna. Disiala haroromuna jumolo hupasat hami mauliate godang.

Pada dua paragraf di atas, bisa dibuat menjadi lebih ringkas lagi, dan menjadi kalimat sebagai berikut:

Tarima kasih, ma isombahkon hanami bani parroh ni nasiam. Tuhan naibata ma manghasomani hita haganup.

Kemudian jika undangan akan menampilkan sederet nama keluarga atau kerabat yang turut mengundang, biasanya akan digunakan kata ini sebagai pembukanya: Hami Namanggokhon, baru dilanjutkan dengan sederet nama tersebut, misalnya nama saudara kandung di bagian kiri, kemudian hubungan dengan mempelainya akan ditulis dibagian kanan.

Kemudian pada daftar lainnya, akan digunakan kata ini, Dohot Manggokhon atau Turut Mengundang: Di sini baru dituliskan nama kerabat selain saudara kandung, dilengkapi dengan alamat domisili kerabat atau saudara tersebut.

Memilih Vendor Undangan Pernikahan Batak yang Tepat

wm_article_imgFoto: percetakanboniprinting on Shopee


Menarik memang melihat deretan kata yang mungkin asing bagi mereka yang memang bukan orang Batak. Namun sekali lagi, keragaman budaya di Indonesia merupakan tradisi yang sangat berharga bila harus dihilangkan.

Berikutnya, setelah mengetahui apa saja kata-kata di dalam contoh undangan pernikahan adat Batak. Selanjutnya adalah bagaimana sebaiknya kamu memilih jasa cetak undangan yang seharusnya.

  • Pilih yang Berpengalaman dan Profesional

Tips cetak undangan pernikahan yang perlu diperhatikan yaitu memilih jasa percetakan yang sudah berpengalaman dan profesional. Ini wajib kamu pertimbangkan betul, terlebih bila konsep dan desain undangan yang kamu inginkan, cenderung rumit.

Jasa pembuat kartu undangan biasanya punya perhitungan waktu sendiri, seberapa lama proses penyelesaian desain hingga proses cetak selesai. Kamu bisa mendapatkan penjelasan lengkapnya, untuk menghitung juga berapa lama ancar-ancar waktu yang harus disediakan.

Pikirkan juga kemungkinan adanya salah cetak. Karenanya, sebaiknya kamu meminta proses proofing terlebih dahulu, sebelum undangan naik cetak dan semua selesai dicetak. Selain merugikan kedua belah pihak, pastinya waktumu pun akan banyak terbuang.

Mereka yang profesional, pastinya memiliki contoh undangan pernikahan yang sebelumnya pernah dibuat. Namun mereka juga cenderung mudah dihubungi, bisa menjelaskan secara detail hingga kamu bisa mendapatkan jawaban yang tepat atas kebutuhanmu.

Sebab pengalaman kerja, termasuk menangani berbagai permintaan dari setiap pasangannya, mereka juga bisa dengan sigap memberikan masukan ketika kamu kebingungan menentukan pilihan. Tanpa membuatmu menjadi lebih bingung lagi tentunya.

  • Temukan Layanan Terbaik

Tidak hanya contoh undangan pernikahan adat Batak saja, jasa cetak juga akan memperlihatkan contoh undangan dari suku lainnya. Dari sini kamu bisa membandingkan desain mana yang paling tepat, hingga pemilihan cover, dan lain sebagainya.

Banyaknya jasa percetakan kartu ini, pastinya akan membuatmu kebingungan menentukan jasa mana yang akan digunakan. Untuk mempermudah proses pencarian ini, kamu bisa menggunakan rekomendasi teman atau pengguna sebelumnya.

Pastikan kamu juga membandingkan terlebih dahulu, harga dari masing-masing percetakan. Tidak perlu banyak memilih, karena pada dasarnya semuanya memiliki patokan yang umum dan standar. Misalnya dari lima percetakan yang sudah kamu pilih, kemudian kerucutkan, berdasarkan harga, testimoni, hasil cetak, dan caranya melayani kamu.

Bagaimanapun juga, setiap layanan terbaik yang diberikan pastinya akan membuatmu nyaman, terutama ketika mengajukan desain, atau proses penawaran harga. Ya, negosiasikan dengan sebaik mungkin, untuk mendapatkan kemungkinan yang juga lebih baik.

Nah, itu dia contoh kata-kata dan kalimat yang bisa kamu gunakan sebagai contoh undangan pernikahan Batak. Selanjutnya, pastikan kamu juga berkonsultasi dan diskusi dengan para orang tua atau mereka yang sudah lebih sepuh, untuk menghindari kesalahan penulisan pada undangan tersebut. Pastikan sebelum naik cetak, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...