Pilih Kategori Artikel

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Mengenai Vendor Fotografi
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika kamu sedang dalam proses mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan, banyak sekali hal yang perlu kamu perhatikan dan dipertimbangkan secara matang, itu semua dilakukan agar pesta pernikahan kamu berjalan dengan baik dan sesuai dengan impian kamu bersama pasangan yang bisa di kenang sepanjang hidup. Ada satu hal yang terpenting dari pesta pernikahan yaitu terkait dari sisi vendor fotografi, bagaimana mereka bisa mengemas sebuah momen pesta pernikahan dan mampu mengabadikan dari setiap detail momen yang terjadi pada saat itu.

Vendor fotografi pernikahan dijadikan sebagai salah satu hal yang paling penting dalam mengabadikan sebuah momen kebahagiaan yang dirasakan oleh pasangan pengantin baru, keluarga dari kedua belah pihak beserta kerabat terdekat yang ikut adil dalam memeriahkan acara pesta pernikahan yang di gelar. Terkait hal tersebut, memang karena vendor memiliki fungsi yaitu dapat membantu setiap pasangan calon pengantin untuk membuat sebuah momen yang berharga dalam seumur hidupnya untuk diabadikan dan menjadi sebuah kenangan yang tak dapat dilupakan sepanjang hidupnya yang dikemas berupa foto maupun video yang disajikan.

Mungkin, kebanyakan dari pasangan calon pengantin yang ingin menggelar sebuah acara pernikahan berpendapat bahwa ketika memilih vendor fotografi bukanlah sebuah hal prioritas dalam mempersiapkan pernikahan. namun, kamu perlu membayangkan seperti apa rasanya jika momen yang paling berharga dalam hidup kamu yang sudah ditunggu-tunggu tapi tidak dipotret satu pun bahkan dibiarkan berlalu dengan begitu saja tanpa adanya sebuah keterangan dan dokumentasi. Suatu kejadian yang sangat disayangkan.

Namun, perlu diketahui bahwa ketika kamu sedang memilih vendor fotografi pernikahan pada saat mempersiapkan segala kebutuhan dalam acara pesta pernikahan, merupakan suatu hal yang harus kamu lakukan dengan pasangan. Kamu perlu mengingat bahwa sebuah acara pesta pernikahan bukanlah sebuah momen yang sering terjadi dan biasa saja. Ada baiknya, dalam proses persiapan, kamu perlu mempersiapkan untuk memilih vendor dalam jangka waktu kisaran 6 sampai 12 bulan sebelum pesta pernikahan kamu di gelar.

Biasanya, kalau memang vendor foto tersebut sudah memiliki kualitas yang baik dan juga sudah diakui kualitasnya dari berbagai pihak, pasti vendor tersebut sudah memiliki jadwal yang cukup padat. Kamu boleh saja untuk mencari vendor yang sudah direkomendasi untuk di cocokkan terlebih dahulu dengan konsep yang akan kamu bangun nantinya.

Nah, biasanya, vendor tersebut dalam pernikahan pastinya akan memberikan berbagai penawaran harga yang beragam, di mulai dari harga yang paling tinggi sampai harga yang paling rendah. Dengan penawaran tersebut kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang sudah kamu dan pasangan siapkan. Ketika sedang dalam proses bertanya-tanya dengan vendor yang terkait, kamu juga perlu menanyakan apakah ada promo yang sedang berlangsung atau bisa juga menanyakan tentang kelebihan atau bonus yang didapat jika memilih paket tertentu yang sudah tersedia.

Kalau memang semua paket yang tersedia tidak sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan, maka ada baiknya kamu dan pasangan untuk melakukan request pengaturan serta pemilihan tema secara customize yang memiliki tujuan agar selera yang kamu inginkan itu sesuai. Namun, kamu bisa juga memilih opsi lain yaitu dengan ala carte, dengan begitu kamu bisa memilih item sesuai dengan kebutuhan, jadi, tidak mubazir dalam mengeluarkan uang karena masih banyak keperluan yang harus kamu tutupi. Tapi, kalau kamu memilih yang ala carte, kamu perlu menyiapkan budget yang lebih karena harga yang ditawarkan pun sedikit lebih mahal.

Pertanyaan Sebelum Memilih Vendor Fotografi

wm_article_img

Jika pada akhirnya kamu tidak dapat menemukan vendor fotografi yang cocok untuk kamu ketika dalam proses mempersiapkan sebuah acara pesta pernikahan. Padahal kamu dan pasangan sudah mencari informasi ke berbagai tempat ataupun dari sosial media.

Maka, lebih baik kamu tidak perlu merasa terlalu khawatir, karena sekarang kamu juga bisa untuk memaksimalkan dengan apa yang sudah kamu punya. Kamu bisa saja menghubungi kembali teman-teman yang sudah melangsungkan pernikahan. nah, di situ kamu bisa untuk meminta pendapat dan saran dari mereka tentang apakah vendor yang dia pakai kemarin bisa direkomendasikan atau tidak.

Namun, ada beberapa pertanyaan yang wajib kamu lakukan dalam memilih vendor tersebut untuk pernikahan yang akan kamu gelar nantinya yang berawal dari rekomendasi kerabat. Yuk, di baca baik-baik, ya!

  1. Apakah foto yang dihasilkan dari vendor tersebut sesuai dengan selera kamu? Jika memang masuk dan cocok untuk kamu pilih di hari pernikahanmu, maka bisa saja kamu masukan ke dalam list calon vendor yang perlu kamu datangi.
  2. Apakah harga yang ditawarkan sesuai budget pernikahan yang sudah kamu siapkan? Kalau memang harga yang ditawarkan itu cukup lebih tinggi dari budget yang sudah kamu siapkan tapi kamu menyukai hasil karya yang sudah diciptakan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk kamu masukan vendor ini ke dalam list calon vendor yang perlu kamu datangi. Masalah harga, tidak perlu dibingungkan, kamu bisa saja lakukan negosiasi.
  3. Apakah kamu sudah merasakan adanya rasa “klik” ketika sudah melakukan pertemuan pertama kalinya dengan tim fotografer pernikahan? Yang perlu kamu tahu bahwa seorang fotografer pernikahan bukan hanya tentang persoalan mendokumentasikan saja, tapi juga bagaimana para fotografer mampu mengarahkan si mempelai pengantin untuk berpose yang baik dan tepat agar selalu tampil lebih cantik di depan kamera karena pasti mempelai pengantin akan banyak sekali melakukan interaksi dengan banyak orang.
  4. Ketika kamu sedang mempersiapkan pernikahan, kamu perlu menyempatkan waktu luangmu untuk mengunjungi langsung ke studio atau kantor dari vendor tersebut. Dengan kamu menyempatkan waktu untuk datang, kamu akan mengenal lebih dekat dengan vendor, melihat beberapa koleksi album yang tersedia, dan juga hasil potretan yang di pajang di setiap pojokan dinding studio atau kantor.

Memang, dalam mempersiapkan segala kebutuhan untuk pernikahan pasti akan menyita waktu, pikiran, dan juga tenaga. Namun, itu semua proses yang harus kamu lalui bagi setiap calon mempelai pengantin demi untuk mendapatkan vendor terbaik yang cocok dengan konsep pernikahan yang sudah kamu usung dengan pasangan. Dengan menentukan vendor tersebut, mampu mendukung sebuah acara pernikahan yang dapat menciptakan suasana yang sakral, romantis, dan juga penuh kebahagiaan.

Apa Aja Sih Pertanyaan Wajib yang Perlu Kamu Tanyakan Ketika Meeting dengan Vendor Fotografi

Memang, ketika memilih vendor yang tepat merupakan sebuah hal yang paling penting untuk menciptakan sebuah acara pernikahan kamu berjalan sesuai dengan rencana. Ternyata, mencari vendor yang sesuai agar mampu menyiapkan dan menyelenggarakan sebuah acara pesta pernikahan yang sesuai dengan konsep yang kamu usung bersama pasangan itu tentunya tidak mudah, lho! Tidak cukup hanya sekedar melihat portfolio saja yang diberikan oleh vendor terkait, karena dengan begitu belum tentu sesuai dengan konsep pernikahan yang ingin kamu selenggarakan. Agar lebih yakin dalam menetapkan sebuah vendor yang sudah kamu pilih, pastinya kamu mengalami beberapa pertimbangan yang dapat kamu ambil. Jadi, agar lebih pasti kamu perlu untuk menanyakan langsung pada vendor tersebut. namun, apa aja sih kriteria yang perlu kamu ketahui dari vendor yang kamu inginkan itu? Nah, berikut adalah hal yang perlu kamu ketaui. Yuk, di baca baik-baik, ya!

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk persiapan

Pastinya, semua vendor yang akan menyelenggarakan sebuah acara pesta pernikahan kamu harusnya benar-benar memiliki waktu yang cukup agar nantinya tidak memiliki sesuatu yang kurang ketika pada saat hari H acara berlangsung. Jadi, kamu perlu memastikan terkait berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan segala kebutuhannya. Nah, kamu harus membuat jadwal kapan harus mengontrol vendor untuk memastikan agar semuanya berjalan tepat waktu.

Pengalaman yang sudah dimiliki vendor dalam bidang yang ditangani

Pengalaman merupakan suatu hal yang dapat menentukan hasil yang dapat diperoleh. Kalau memang suatu vendor sudah memiliki pengalaman yang baik pastinya akan lebih mudah dalam mempersiapkan sebuah acara pesta pernikahan kamu. Biasanya, vendor yang sudah banyak untuk menangani acara pernikahan, otomatis sudah mempunyai pula banyak relasi yang pastinya akan banyak membantu dalam mempersiapkan pernikahan kamu. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui jam terbang vendor agar bisa lebih meyakinkan dan dapat memberikan sebuauh acara pesta pernikahan kamu pada orang yang memang benar-benar tepat dalam menangani.

Seperti apa hal yang sulit dilakukan

Vendor yang sudah memiliki banyak pengalaman pun pasti akan banyak menemui kesulitan atau permasalahn yang terjadi di lapangan ketika mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan kamu. Ketika kamu sudah mengajukan tentang konsep pernikahan yang kamu inginkan, cobalah meminta pada vendor untuk menyampaikan apa saja kesulitan atau permasalahan yang sering terjadi muncul dan bagaimana cara vendor tersebut untuk mengatasinya. Dengan cara yang seperti ini dapat meyakinkan kamu bahwa vendor tersebut benar-benar mempersiapkannya secara maksimal.

Siapakah PIC vendor fotografi yang akan menjadi penanggung jawab?

Untuk sebuah acara pesta pernikahan kamu, vendor bukan hanya bertugas dalam proses mempersiapkan saja, tapi juga tetap bertugas ketika sebuah acaranya sedang berlangsung. Maka dari itu, lebih baik kamu harus mengetahui secara pasti siapa orang yang berasal dari pihak vendor yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan acara pernikahan kamu. Tujuannya agar untuk persiapan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan maka kamu bisa dapat langsung menghubungi penanggung jawab tersebut. nah, penanggung jawab tersebut juga harus memahami seperti apa konsep acara pesta pernikahan yang kamu dambakan dan juga dapat mengikuti jadwal acara pelaksanaan yang sudah dibuat.

Perincian biaya

Ada satu hal yang paling penting untuk kamu siapkan yaitu tentang perincian biaya pernikahan. Jadi, ketika kamu sudah memilih vendor, kamu juga perlu memastikan bahwa vendor tersebut juga telah memasukkan semua hal yang perlu dipersiapkan untuk acara pernikahan kamu beserta rincian biayanya. Tentang apa saja akomodasi yang nantinya disiapkan oleh vendor dan staf yang akan menangani sebuah acara pesta pernikahan. kalau memang ada biaya tambahan yang muncul untuk permintaan, maka lebih baik kamu juga harus mengetahui rincian biayanya agar kamu bisa mempersiapkannya juga.

Bagaimana bentuk pertanggungjawabannya jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan?

Dalam pelaksanaan sebuah acara pernikahan, ketika sudah direncanakan dalam jangka waktu yang lama pun masih sering menghadapi beberapa kendala. Vendor yang sudah memiliki pengalaman pun kadang juga sering mengalami hal-hal yang di luar keinginan sehingga hasil yang diperoleh pun kadang tidak sesuai. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang seperti itu, lebih baik kamu diskusikan terlebih dahulu dengan vendor sejak pertama kalinya kamu memilih vendor tersebut. terkait apapun itu nanti dipertanggungjawaban yang diberikan oleh sang vendor. Hal ini memang perlu untuk dibahas dari awal agar vendor nantinya mempersiapkan dengan baik dan melaksanakan serangkaian acara pesta pernikahan kamu pun lebih berhati-hati secara profesional.

Jika informasi per poin yang sudah dijabarkan di atas diketahui dari vendor, pastinya kamu sudah siap untuk menentukan vendor mana yang cocok dengan kriteria pernikahan yang kamu dambakan. Namun, ada hal yang tidak kalah pentingnya adalah kamu juga harus merasakan perasaan nyaman ketika bekerjasama dengan vendor pilihan kamu, agar nantinya bisa membangun kerjasama yang baik dan memberikan hasil yang baik pula.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...