Alasan Kenapa Video Pernikahan Cinematic Sangat Eksklusif - Wedding Market

Alasan Kenapa Video Pernikahan Cinematic Sangat Eksklusif

20 May 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 351
Alasan Kenapa Video Cinematic Wedding Sangat Eksklusif
Foto: Todays Bride

Supaya bisa mengabadikan momen pernikahan tentunya bukan hanya sekedar foto pernikahan saja, melainkan terdapat tambahan seperti video pernikahan cinematic untuk kenangan di acara pernikahanmu nanti. Ketahuilah bahwa untuk membuat sebuah video wedding itu tidaklah mudah memotret foto pernihan.

Pasalnya terdapat berbagai konsep video pernikahan yang dapat kamu cari referensinya dari berbagai sumber maupun kamu bisa meniru gaya video wedding dari selebriti. Salah satu contohya adalah video cinematic. Ketahuilah bahwa video cinematic ini sangat berbeda dari video pada umumnya. 

Video jenis ini umumnya membutuhkan 3 kamera dengan perlengkapan yang berbeda-beda di setiap kameranya. Selain itu juga kamu membutuhkan beberapa alat seperti ring, tripod, glidecam dan slinder minimalnya. Nah dengan adanya peralatan penting itu tentunya bisa menghasilkan video yang lebih bagus dan berkualitas.

Namun walaupun kita memiliki perlengkapan diatas tadi tentunya tidak akan lengkap apabila penggunanya belum menguasai ilmunya. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips vido cinematic untuk pernikahan. Simak ulasannya.

Apa itu video cinematic?

Mungkin beberapa dari kamu banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa itu video pernikahan cinematic? kenapa harganya lebih mahal dibandingkan video pada umumnya, kelebihannya apa dan lain sebagainya?

Nah cinematic video untuk wedding ini bisa diartikan secara luas. Cinematic tersebut adalah sebuah video pernikahan yang telah dibuat dengan cara mengambil gambar bergerak selama hari pernikahanmu. Mulai dari pagi hari sampai acara pernikahannya. Hal tersebut disebut cinematic. 

Mengingat pengambilan gambarnya seperti film-film, tentunya untuk bisa membuat video tersebut membutuhkan peralatan yang lengkap dan bukan hanya sekedar kamera saja. Bukan hanya itu saja, bahkan untuk perekamannya pun tidak seperti perekaman pada umumnya, disisi lain kreativitas merupakan nyawa utama dari isi pernikahan tersebut.

Tambah lagi didukung dengan equitment kamera yang saat ini memiliki kualitas terbaik dari HD, Full-HD sampai 4K. selain itu, rangkaian pesta pernikahanmu nanti bisa terangkum secara indah dalam sebuah clip yang singkat namun isinya memiliki arti dan kesan seumur hidupmu.

Dokumentasikan Pernikahan Kamu dengan Video Cinematic



Tips Membuat Video Pernikahan Cinematic

Alasan Kenapa Video Cinematic Wedding Sangat Eksklusif

Foto: Matty Hapooja

1. Perencanaan

Dari semua hal pastinya hal pertama yang mesti di lakukan dalam video liputan pernikahan adalah rencana. Supaya kita bisa membuat video cinematic maka melakukan perencanaan seperti shot dengan membuat floor plan, dokumen perencanaan serta letak kamera untuk rangkaian cerita yang diinginkan itu tentunya sangat penting sekali dilakukan.

2. Menggunakan Lensa Prime

Ketahuilah bahwa untuk bisa membuat sebuah video pernikahan cinematic itu kamu perlu lensa khusus salah satunya adalah lensa prime. Nah lensa tersebut adalah salah satu kunci untuk membuat sebuah video menjadi lebih filminis serta terlihat sinematik.

3. Perhatikan Komposisi

Hal selanjutnya adalah memperhatikan komposisi. Pasalnya hal tersebut adalah faktor dan menjadi kunci gambar yang nanti dihasilkan. Nah supaya kamu bisa mendapatkan komposisi gambar yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. maka hal yang pelru dilakukan yaitu setting lokasi terlebih dahulu supaya kita bisa menghindari noise.

4. Menggunakan Shallow Depth of Field

Disisi lain agar kamu bisa membuat video cinematic untuk pernikahan yaitu gunakanlah F – number yang lebar. Diantaranya seperti F/2.8,F/3.5 maupun F/5.6/ nah dengan menggunakan hal tersebut maka bisa menghasilkan ruang yang taham serta lebih sempit.

5. Melakukan Proses Grading

Kemudian kita masuk pada tahap akhir, nah untuk bisa membuat sebuah video cinematic pernikahan yaitu melakukan editing. Hal tersebut supaya nantinya kita bisa menghasilkan gambar denganwarna yang bagus pada video tersebut. selain itu pada proses post production kamu bisa melakukan garidng pada setiap footagenya.

Cara Mengenali & Memilih Video Wedding Cinematic

Nah untuk memilih maupun cara mengenalinya sangat mudah sekali, kamu tinggal meminta vendor yang kamu pilih untuk memperlihatkan bagaimana karya video cinematik yang pernah mereka buat. Jika cocok maka pilihlah. 

Dengan kualitas gambar yang ciamik dengan tampilan yang HD serta pengambilan gambarnya menggunakan kamera DSLR pastinya akan membuat ketajaman gambar sangat terasa, apalagi dengan background yang terlihat blur sehingga membuat video tersebut terkesan dramatic.

Berbeda dengan video biasanya, nah video cinematic ini akan membuatmu betah untuk mengulang atau memutarnya kembali. Pasalnya rata – rata untuk video pernikahan cinematic ini berdurasi 4 sampai 5 menitan sudah membuat kamu bahagia di hari perniakahanmu.

Disisi lain jumlah kamera tentunya memiliki peran penting dalam menangkap setiap momen di hari pernikahanmu. Bahkan satu kamerpun bisa dilakukan asalkan menggunakan jasa yang sudah profesional, tapi lebih baik menggunakan lebih dari 1 kamera supaya pengambilannya lebih bagus dan bervariasi. Tidak heran video tersebut tidak akan membuat kamu bosan diputar kembali.

Fakta Menarik Tentang Video Cinematic

Fakta Menarik Tentang Video Cinematic

  • Durasi Video

Apabila dibandingkan dengan video dokumenter dalam sebuah wedding,  umumnya video cinematic untuk pernikahan itu rata-rata 4 sampai 5 menit bahkan lebih tapi tidak sampai 10 menit ke atas. Maka tidak heran video ini sangat cocok untuk pernikahan, morning express maupun short film.

  • Sebagai Media Penyampaian yang Indah

Nah ketahuilah bahwa dokumentasi pernikahan ini lebih menjurus ke estetika. Disisi lain cinematic video pun lebih memainkan emosi pada audience atau penontonnya. Contohnya mereka bisa gembira, terharu, sedih maupun menegangkan.

Disisi lain, terkadang cinematic juga ditujukan untuk hal-hal yang terbilang rumit. Misalkan menyampaikan sebuah pesan yang mendalam, menggiring mindset serta menggerakan penonton untuk melakukan suatu hal.

  • Proses Pembuatan Lebih Kompleks

Untuk membuat sebuah video cinematic mungkin menurut beberapa orang terbilang rumit. Pasalnya kamu memerlukan sebuah konsep yang bagus, memiliki storyboard yang jelas serta mempunyai skill videografi yang mumpuni.

Jika kamu tidak ada konsep yang tertuang pada storyboard maka tentunya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Disisi lain bisa membuat videomu membuat audience tidak mengerti apa yang diperlihatkan. Oleh karena itu, jasa pembuatan video sinematik tersebut terbilang cukup mahal.

Walaupun durasi video pernikahan cinematic itu kurang lebih 4 sampai 5 menitan dan harganya cukup mahal, namun hasilnya pasti akan memuaskan jika kamu memilih sebuah vendor yang tepat pastinya.

  • Cinematic Video Lebih Full Effect

Jika kamu pernah lihat video jenis tersebut, apabila diperhatikan pastinya kamu akan melihat berbagai efek transisi serta color grading yang dimana akan dimuksan pada video tersebut. nah hal tersebut tujuannya supaya membuat videonya lebih terlihat cinematic dan terkesan berkelas.

Selain itu juga video ini biasanya sangat mengandalkan pemilihan tempo dan musik yang sesuai dengan konsep. Sehingga hal tersebut mesti dipertimbangkan secara matang supaya para penonton biasa paham dengan apa yang di tampilkan dan videopun menjadi lebih hidup.

Itulah informasi mengenai tips dan informasi seputar video pernikahan cinematic. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kamu untuk menciptakan dokumentasi pernikahan yang terbaik.

Dokumentasikan Pernikahan Kamu dengan Video Cinematic

Silahkan Klik Disini

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us