Pilih Kategori Artikel

Tips Menekan Harga Catering Pernikahan per Porsi Lebih Hemat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menu makanan dalam pernikahan merupakan salah satu hal penting. Pasalnya, undangan, keluarga, dan panitia membutuhkan konsumsi selama pesta pernikahan berlangsung. Tidak heran banyak calon pengantin yang mencari Harga Catering Pernikahan per Porsi  yang murah untuk disajikan dalam pernikahannya.

Biasanya, biaya catering dihitung berdasarkan paket catering atau pun porsi makanan yang dipesan. Ketepatan dalam memilih menu catering dan vendor catering yang sesuai akan berimbas bagus pada sektorisasi budget pernikahan. 

Lantas, bagaimana agar bisa mendapat paket catering murah dengan menu yang tidak murahan? Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktikan dalam menyusun rencana budget catering pernikahan:

1. Melakukan Riset Mengenai Vendor Catering yang Ada di Daerah Tempat Tinggalmu

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pemesanan. Melakukan riset mengenai harga yang ditawarkan oleh vendor catering harus dilakukan demi mendapatkan list daftar harga paket pernikahan murah.

Dari sini kamu bisa membandingkan vendor mana yang memiliki kualitas dengan harga yang pantas. Kamu juga bisa menyesuaikan vendor dengan budget pernikahan yang kamu miliki.

Temukan vendor terbaik di Wedding Market, dengan fitur di aplikasinya, kamu bisa mengetahui harga produk para vendor sehingga bisa membandingkan mana yang lebih sesuai budget-mu.

2. Kurangi Pesanan Nasi

Jika daftar undangannmu lebih banyak pasangan muda-mudi ketimbang pasangan orang tua, maka ada baiknya untuk mengurangi pemesanan nasi. Karena, berdasarkan pengalaman beberapa orang, nasi tidak begitu populer di kalangan anak muda.

Dengan mengurangi pesanan nasi, kamu bisa mengalihkan alokasi dana ke makanan gubukan yang memang lebih disenangi. Alasan lainnya adalah untuk mengurangi makanan mubazir karena pasca pesta pernikahan, pasti akan banyak nasi yang bersisa. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi harga catering pernikahan per porsi.

3. Perbanyak Persediaan Air Putih Dibanding Minuman Lain

Menyediakan minuman di luar air putih, misalnya soda, memang tidak ada salahnya. Tapi tetap usahakan untuk lebih banyak air putih ketimbang minuman ringan yang lain. Ini bisa membuat harga makanan catering menjadi lebih murah.

Selain untuk alasan menghemat, keberadaan air putih dalam sebuah pesta pernikahan biasanya lebih dicari daripada soda. Karena setelah makan makanan yang ada di pesta pernikahan, biasanya orang akan lebih nyaman jika meminum air putih dari pada minum air soda.

4. Tentukan Menu yang Akan Dipesan

Setelah mengetahui menu yang disediakan per vendor, maka untuk menghemat Harga Catering Pernikahan per Porsi  selanjutnya adalah dengan menentukan menu mana yang akan dipesan. Tetaplah memesan menu sesuai dengan budget Anda dan perhitungan yang tepat.

5. Jika Memungkinkan Pilih Menu Porsian

Menu porsian bisa dibilang sebagai Harga makanan catering yang lebih murah daripada menu lainnya. Menu porsian ini menawarkan menu yang lengkap dari pembuka sampai menu pencuci mulut. 

Disediakan per piring, menu porsian tentu akan lebih menghemat budget dan bisa meminimalisir kemungkinan makanan tersisa setelah pesta pernikahan selesai.

6. Sediakan Makanan Ringan dalam Jumlah Seimbang

Selain makanan berat, biasanya keberadaaan makanan ringan juga dibutuhkan pada resepsi pernikahan. Hal ini karena biasanya tamu lebih dahulu saling mengobrol jika bertemu teman lama daripada langsung makan. 

Fase mengobrol ini pasti membutuhkan ‘selingan’ bagi para tamu. Selain itu, beberapa tamu yang muda biasanya lebih memilih makan makanan ringan saat menghadiri pesta pernikahan daripada makanan berat.

Ini juga ampuh dalam mengurangi harga catering pernikahan per porsi dan mengalokasikannya ke makanan ringan.

7. Tentukan Limit Anggaran untuk Makanan

Tiru contoh rincian anggaran pernikahan yang banyak tersebar di internet demi mencegah pembengkakan biaya pernikahan. Hitung undangan, keluarga, dan panitia pernikahan kemudian tetapkan limit anggaran untuk katering dengan anggaran yang sesuai.

Karena jika limit teratasnya tidak ditetapkan, akan ada keperluan-keperluan yang sebenarnya tidak begitu penting yang bisa masuk ke dalam list. Hal inilah yang sering kali membuat budget pernikahan menjadi over limit. Sehingga tidak ada salahnya untuk menentukan limit anggaran pernikahan.

8. Sesuaikan Porsi Stall dan Buffet

Proporsi makanan Buffet dan Stall bisa menjadi kunci ditekannya anggaran untuk konsumsi pernikahan. Memang tampak sepele, tapi jika salah mengelola, kamu bisa kekurangan konsumsi ketika pesta pernikahan berlangsung. Ada beberapa opsi perbandingan yang bisa diterapkan dalam pernikahan:

Perbandingan 70:30 = jumlah perbandingan ini diterapkan dengan 70% dari makanan adalah dalam bentuk buffet dan 30% nya dalam bentuk stall. Ini bisa menghemat anggaran budget pernikahan sampai 40%

Perbandingan 60:40 = dengan jumlah perbandingan ini diterapkan dengan 60% menu makanan disajikan dalam bentuk buffet dan 40% nya dalam bentuk stall. Ini cocok jika tamu undangan lebih banyak muda-mudi ketimbang orang tua.

9. Jangan Menyebar Undangan Lewat Sosial Media

Perkiraan tamu undangan akan mempengaruhi total biaya pernikahan, sehingga kalau bisa hindari mengundang orang lain lewat sosial media. Kenapa? Menyebar undangan di sosial media akan membuat perkiraan jumlah tamu tidak bisa diprediksi.

Sehingga kamu tidak akan bisa menetapkan limit anggaran dan tidak tahu harus memesan berapa porsi catering untuk pesta pernikahan. Sebar saja undangan fisik dan hindari undangan lewat sosial media sehingga perkiraan jumlah tamu tidak akan melenceng terlalu jauh.

Memperhitungkan harga catering pernikahan memang susah-susah gampang. Perlu ketelitian dan riset mengenai vendor catering pernikahan yang tepat agar budget yang dimiliki tidak membengkak. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor ketidak hadiran dan kualitas menu agar tidak terlalu banyak menu yang terbuang.

Itulah beberapa tips dan cara mencari Harga Catering Pernikahan per Porsi yang bisa kamu terapkan dalam pernikahan. Jangan lupa diskusikan dengan vendor catering maupun vendor wedding organizer pilihanmu, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...