Pilih Kategori Artikel

Tampil Lebih Modis Mengenakan Kebaya Tanpa Sanggul
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Penampilan maksimal secara keseluruhan saat momen spesial merupakan impian hampir semua wanita. Di Indonesia sendiri, salah satu busana yang paling sering dikenakan adalah kebaya. Namun, tidak semua wanita suka memakai sanggul yang identik dengan busana kebaya klasik dan tradisional. 

Ada berbagai pilihan untuk tatanan rambut supaya tetap tampil cantik dan anggun dengan kebaya meskipun tanpa mengenakan sanggul. Kamu bisa menggerainya atau bisa juga dengan tatanan rambut sanggul modern yang disusun dengan rapi menggunakan rambut aslimu. WeddingMarket akan memberikanmu beberapa inspirasi tatanan rambut yang bisa kamu aplikasikan untuk momen spesial mengenakan kebaya tanpa sanggul. 

Tips Memilih Penataan Rambut

Memilih gaya rambut sama pentingnya seperti saat kamu menentukan kebaya seperti apa yang akan dikenakan di hari istimewa. Kamu harus memastikan tatanan rambutmu sesuai dengan tema, cocok dengan kebaya, hingga dapat merepresentasikan kepribadianmu. Berikut tips untuk penataan rambut dengan kebaya tanpa sanggul.

1. Siapkan referensi

Sebelum hari special datang, tentunya kamu telah memiliki beberapa referensi untuk penampilanmu, bukan?! Kamu bisa mengumpulkan referensi untuk disampaikan kepada hair stylist terlebih dahulu. 

2. Lakukan trial

Hal ini memang jarang sekali dilakukan, kebanyakan orang melakukannya untuk persiapan pernikahan saja. Namun tahukah kamu, dengan melakukan trial terlebih dahulu kamu bisa mengetahui apakah gaya rambut tersebut cocok denganmu. Bukan berarti kamu harus menjadi orang lain dengan merubah penampilanmu 100%, tetapi kamu hanya perlu mengenakan gaya yang cocok dan menyempurnakan penampilanmu di hari special tersebut.

3. Pertimbangkan dengan busana

Dengan adanya berbagai model kebaya yang ada saat ini, kamu bisa melakukan konsultasi dengan desainer terlebih dahulu. Jika kebaya yang kamu kenakan nantinya terdapat detail di bagian punggung, maka sebaiknya kamu membuat bagian punggungmu terlihat sempurna dengan tidak menggerai rambut panjangmu. 

Berbeda halnya ketika kamu mengenakan kebaya dengan sedikit detail di bagian atas, maka kamu akan terlihat cantik dengan rambut tergerai dengan rapi dan indah melewati bahu.

4. Pertimbangkan aksesoris kepala apa yang kamu pilih

Pemilihan aksesoris sama pentingnya ketika kamu mempertimbangkan kebaya seperti apa yang akan dikenakan. Aksesoris kepala seperti veil, mahkota, atau hiasan rambut menjadi faktor utama untuk menentukan penataan rambut. Terdapat juga beberapa jenis hiasan kepala, antara lain klip, jepit, tusuk kepala, dan lain sebagainya. Jika kamu mengenakan aksesoris klip, kamu harus memberikan pengait yang kuat di penataan rambutmu. 

5. Pakai hair extension bila diperlukan

Opsi lain jika kamu memiliki rambut yang pendek atau rambut tipis, yaitu dengan memasangkan hair extension. Jangan ragu untuk mencobanya demi mendapatkan penataan rambut impian saat hari special. Selain lebih ringan, hair extension bisa kamu jadikan alternatif cantik sebagai pengganti sanggul.

Penataan Rambut untuk Kebaya Tanpa Sanggul

Untuk memaksimalkan penampilan mengenakan kebaya, kamu tak perlu repot menggunakan sanggul. Cukup dengan menciptakan hair do yang cantik seperti beberapa rekomendasi di bawah ini.

1. Mengikat setengah rambut

wm_article_imgwm_article_img

Untuk Kamu yang memiliki rambut panjang, kamu bisa memilih hair do dengan mengikatnya setengah dan membiarkan setengah lainnya tergerai dengan cantiknya, atau disebut juga tatanan rambut half up half down. Jangan lupa untuk mengaplikasikan hairspray supaya hair do tetap stay saat acara berlangsung. Gaya wavy hair yang satu ini akan membuat penampilanmu terlihat anggun.

2. Tergerai Manis

wm_article_imgwm_article_img

Untuk pecinta korean style, kamu bisa memilih hair do yang satu ini untuk penampilan mengenakan kebaya tanpa sanggul. Biarkan rambutmu tergerai dengan sedikit bergelombang dan tambahkan headpieces seperti hiasan bunga yang kontras sebagai pemanis.

3. Cepol Sederhana

wm_article_imgwm_article_img

Gaya yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin tampil sederhana dalam balutan kebaya modern. Kamu cukup memanfaatkan rambutmu untuk membuat cepol kecil yang terbalut sempurna di bagian bawah rambut. Tanpa hiasan rambut apapun, kamu cukup untuk tampil sempurna pada setiap momen spesial seperti penampilan artis cantik Maudy Ayunda ini.

4. Memadukannya dengan Bando atau Bandana 

wm_article_imgwm_article_img

Cara lain untuk bergaya modis dipadukan dengan kebaya yakni menggunakan bando atau bandana untuk melengkapi tatanan rambut simple tanpa sanggul. Untuk tampilan clean dan elegan, pilih bando minimalis seperti bando mutiara atau bando dengan hiasan simple. Sementara itu, jika kamu ingi tampil lebih glamor, maka headband dengan ukiran unik berhiaskan permata bisa jadi pilihan.

5. Glamorous Style

wm_article_img

Penampilan glamor tetap bisa kamu dapatkan meski menggunakan kebaya tradisional sekalipun. Terutama jika kamu memiliki rambut panjang dan tebal seperti penampilan beauty vlogger cantik Tasya Farasya ini. Kamu cukup menyiapkan beberapa referensi hair do yang kamu inginkan untuk disampaikan kepada hair stylist. Beberapa contoh dengan model tatanan rambut twisted. Untuk mempermudah, kamu bisa menemukan hair stylist profesional di platform WeddingMarket. 

6. Mengikat Seluruhnya

wm_article_imgwm_article_img

Bagi kamu pecinta gaya sederhana dan minimalis, maka tatanan rambut model ponytail satu ini mungkin akan jadi cocok untukmu, terutama jika kamu mengenakan kebaya dengan detail off shoulder. Kamu cukup menciptakan curly hair manis, kemudian mengikat seluruh rambutmu kebelakang, dan terakhir berikan sentuhan bunga kecil  atau bando sebagai pemanis.

Itulah beberapa inspirasi untuk tampil lebih modern mengenakan kebaya tanpa sanggul. Apakah kamu sudah menyimpan salah satu gambarnya? Jika kamu masih membutuhkan referensi tambahan, baca tentang inspirasi hairdo pernikahan. Semoga acara spesialmu lancar dan kamu tetap bisa tampil cantik sekaligus modern mengenakan kebaya tradisional tanpa sanggul.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...