Tips Menjadikan Wedding Venue Sederhana Tetap Berkesan untuk Pesta Pernikahan

08 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 73
Tips Menjadikan Wedding Venue Sederhana Tetap Berkesan untuk Pesta Pernikahan
Foto: Guides for Brides

Pernikahan menjadi salah satu momen istimewa yang sakral bagi setiap pasangan. Oleh karenanya banyak yang berupaya untuk menggelar pesta pernikahan sebaik mungkin agar tetap berkesan. Kini pesta pernikahan bergaya sederhana cenderung mulai banyak dipilih oleh sejumlah kalangan. Meskipun menggunakan wedding venue sederhana, namun kamu tetap menjadikannya sebagai tempat menggelar pesta pernikahan yang berkesan.

Menggelar pesta pernikahan dengan konsep sederhana tidak serta-merta membuat pesta yang akan digelar terkesan biasa-biasa saja. Dengan menggunakan sentuhan kreativitas yang tepat, maka kamu pun bisa menyulap tempat pesta pernikahan sederhana menjadi tempat pesta pernikahan yang unik dan berkesan dengan tampilan yang cukup elegan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat wedding venue sederhana menjadi tempat menggelar pesta pernikahan yang cukup unik dan berkesan.

Gunakan Dekorasi Tanaman Hidup Untuk Menambah Kesan Asri

Dekorasi menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam suatu pesta pernikahan. Jika kamu ingin menjadikan venue pesta pernikahan menjadi lebih terkesan hidup, menambahkan sejumlah dekorasi berupa tanaman hidup nan hijau bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Jika biasanya dekorasi tanaman hidup ataupun bunga hanya disematkan pada bagian dekorasi pelaminan semata, maka tak ada salahnya menambahkan tanaman hidup pada tempat lainnya.

Kamu bisa meletakkan sejumlah bunga dan juga tanaman hidup pada beberapa tempat lainnya seperti disudut ruangan, di setiap meja tamu undangan, ataupun juga menaruh dekorasi tanaman hidup pada banyak sudut dapat menarik perhatian dari para tamu undangan yang hadir pada pesta pernikahan.

Jika kamu ingin meletakkan tanaman hidup pada beberapa tempat, sebaiknya memilih jenis tanaman ataupun bunga yang berbeda-beda. Hal ini tentu untuk menghindari kesan monoton yang ada pada dekorasi pernikahan. Jika dilakukan secara tepat maka menambah sejumlah tanaman hidup pada wedding venue sederhana akan membuat kesan asri pada konsep dekorasi pernikahan yang kamu pilih.

Pilih Dekorasi Pelaminan yang Unik

Pada pesta pernikahan, bagian pelaminan menjadi salah satu bagian yang cukup banyak diperhatikan oleh para tamu undangan. Oleh karena itu, memberikan sentuhan yang unik dan berbeda tentu akan menjadikan nuansa yang cukup berbeda pada wedding venue sederhana tempat kamu menggelar pesta pernikahan.

Kamu bisa memilih kursi dan dekorasi pelaminan yang unik dan sedikit berbeda agar tampilan pelaminan menjadi sedikit lebih mencolok. Tampilan pelaminan yang sedikit unik dan mencolok bisa menjadi salah satu unit untuk membuat tampilan venue menjadi lebih hidup dan bergaya serta menarik perhatian.

Perhatikan Pencahayaan Pada Tempat Menggelar Pesta Pernikahan


Tips berikutnya yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan wedding venue sederhana menjadi lebih berkesan adalah dengan memperhatikan efek pencahayaan pada venue pernikahan yang kamu gunakan untuk menggelar pesta pernikahan. Pencahayaan sangat perlu diperhatikan apabila kamu menggelar pesta pernikahan di dalam ruangan atau indoor. Pun jika kamu memilih pesta pernikahan berkonsep outdoor namun digelar pada sore atau malam hari maka pengaturan cahaya adalah hal yang sangat penting.

Jika kamu memilih konsep pernikahan indoor maka penataan cahaya dengan konsep uplight atau cahaya yang menyorot dari bawah akan menjadi pilihan yang pas karena dapat memaksimalkan kesan ruangan yang klasik, hangat, romantis, maupun ceria sesuai dengan konsep warna penataan cahaya yang dipilih.

Di sisi lain jika kamu memilih menggelar pesta pernikahan bergaya outdoor maka menambahkan lampu-lampu berjenis bohlam biasa dapat memberikan kesan romantis yang hangat. Untuk membuat wedding venue sederhana menjadi semakin maksimal, kamu bisa memilih lampu-lampu dengan uuran kecil yang tidak terlalu terang sehingga akan semakin memaksimalkan kesan romantis yang tidak biasa.

Tambahkan Photo Booth Dengan Desain yang Menarik dan Berbeda


Momen pesta pernikahan biasanya menjadi salah satu ajang bagi teman-teman ataupun juga keluarga untuk melakukan foto bersama. Mengingat pernikahan merupakan momen yang sangat istimewa tentu banyak yang tidak ingin melewatkan momen ini tanpa berfoto bersama dengan berbagai latar belakang.

Kamu bisa menambahkan tempat foto atau Photo Booth dengan desain yang unik sehingga akan menambah kesan istimewa pada venue dan prosesi pesta pernikahan yang kamu gelar. Kamu bisa meletakkan photo booth pada pintu kedatangan maupun juga tempat lainnya yang sesuai. Agar terkesan unik dan klasik, kamu bisa menambahkan fotografer dengan kamera Polaroid sehingga hasil foto dapat dicetak pada saat itu juga.

Mungkin kamera Polaroid sudah jarang digunakan karena telah tergeser oleh kamera-kamera digital maupun handphone yang memiliki kamera canggih. Namun hal inilah yang akan membuat pesta pernikahan yang kamu gelar menjadi sedikit berbeda dari pesta pada umumnya. Wedding venue sederhana yang kamu pilih untuk menggelar pesta pernikahan pun menjadi berkesan klasik, hangat, dan penuh romantisme.

Gunakan Kombinasi Warna yang Tepat

Pesta pernikahan tidak bisa dilepaskan dari dekorasi yang penuh dengan warna. Sebaiknya dekorasi pernikahan tidak menggunakan lebih dari 3 pilihan warna. Selain itu, warna yang dipilih sebaiknya dipadu-padankan dengan kombinasi warna terang dan gelap agar dekorasi tidak menjadi terlalu kontras dan justru kurang elok dipandang.

Sebagai contoh, pada pesta pernikahan yang menggunakan adat Minang maka memiliki warna wajib yang harus selalu ada dalam pesta pernikahan yakni warna merah. Oleh karenanya, kamu bisa memadukan dengan beberapa warna yang lebih kalem seperti putih dan warna sampanye agar dekorasi menjadi semakin berkesan dan unik.

Pemilihan kombinasi warna-warna yang tepat pada dekorasi pesta pernikahan akan membuat wedding venue sederhana terlihat lebih hidup dan juga berkesan bagi para tamu undangan. Pemilihan warna-warna yang sesuai akan menghindarkan kombinasi yang terlalu kontras yang mengganggu dan terkadang justru membuat kurang nyaman.

Konsep Penataan Dekorasi Katering Makanan

Tips berikutnya yang dapat digunakan untuk menyulap wedding venue sederhana menjadi lebih berkesan layaknya venue pernikahan modern adalah dengan melakukan penataan atau pengaturan pada dekorasi katering makanan. Dekorasi dan peletakkan dekorasi pada katering makanan juga menjadi salah satu kunci yang tidak boleh diabaikan.

Kamu harus memikirkan peletakkan katering seperti pemilihan kombinasi antara meja panjang, meja bulat, dan ataupun meja kotak ukuran kecil. Pengaturan ini diperlukan dalam rangka untuk menghindari kesan penuh pada ruangan atau tempat kamu menggelar pesta pernikahan. Selain itu, kombinasi pemilihan dekorasi katering yang tepat dapat membuat tampilan menjadi lebih terkesan serasi dan juga membuat para tamu undangan menjadi lebih nyaman.

Itulah beberapa tips penting yang bisa kamu gunakan untuk menyulap wedding venue sederhana menjadi lebih hidup, elegan, dengan nuansa romantis yang berkesan. Pernikahan merupakan momen yang sakral dan juga istimewa bagi setiap pasangan. Oleh karenanya memilih konsep dan venue pernikahan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar pesta pernikahan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang dicita-citakan.

Foto: Sparking Light, ShaadiWish


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket