Pilih Kategori Artikel

10 Desain Undangan Pernikahan Unik, Dibuang Sayang!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Meskipun terkesan sepele, undangan pernikahan adalah sebuah barang yang dapat memberikan bocoran seperti apa acara pernikahan nantinya. Undangan pernikahan unik tentunya juga akan membuat tamu undangan penasaran dan makin semangat untuk datang, walau ada banyak faktor lain yang turut memengaruhi datang tidaknya seseorang ke pesta pernikahanmu.

Apabila undangan konvensional biasanya terbuat dari kertas yang dilipat dengan tulisan template di dalamnya, kini makin banyak ragam desain undangan pernikahan unik yang bisa dipilih dari berbagai vendor. Penerima pun tak akan membuangnya, apalagi jika ada desain undangan yang bisa sekaligus dipakai untuk kegunaan lainnya. 

Jika tak ingin punya kembaran sama sekali, kamu bahkan juga bisa melakukan custom untuk undanganmu. Masih bingung undangan seperti apa yang bisa diterapkan agar berbeda dari yang lain? Simak, yuk, beberapa contoh undangan pernikahan unik berikut ini!

1. Undangan Transparan Dari Akrilik dengan Dompet

wm_article_img
Undangan: Ngulik Akrilik Invitation

Merasa bahwa undangan dari kertas sudah terlalu biasa? Kamu bisa mengirimkan undangan dari akrilik yang transparan seperti ini. Desain ini juga cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal simpel karena tak perlu memberikan banyak tulisan di dalamnya. Kamu cukup menuliskan informasi yang benar-benar esensial saja seperti kapan dan di mana tempat pernikahan berlangsung.

Namun, kesan personal tetap bisa ditambahkan dengan amplop eksklusif seperti di gambar. Undangan ini cocok dipilih jika kamu mengundang tak terlalu banyak orang karena harganya yang relatif lebih mahal dari undangan kertas biasa, yaitu mulai sekitar Rp15 ribuan. 

2. Undangan Sekaligus Totebag

wm_article_img
Undangan Pernikahan: Marya Barokah

Bagaimana biasanya undangan pernikahan dari seseorang berakhir? Beberapa orang mungkin cukup rajin untuk mengkreasikannya kembali, tapi kebanyakan mungkin hanya berakhir di tempat sampah.

Desain undangan yang satu ini dijamin tidak akan dibuang karena selain berfungsi untuk menyampaikan kabar bahagia dan mengundang tamu, undangan ini bisa sekaligus digunakan sebagai tas serbaguna. Harga yang ditawarkan ternyata tak terlalu berbeda dengan undangan biasa, lo, yaitu mulai dari Rp3 ribuan. Sudah begitu, kamu juga bisa memberikannya sekaligus sebagai suvenir. Lebih hemat, 'kan?

3. Undangan yang Digulung ala Kerajaan

wm_article_img
Undangan Pernikahan: Warna Batanta

Undangan yang dilipat sudah terlalu biasa, tapi bagaimana dengan undangan yang digulung seperti ini? Kamu mungkin masih jarang atau bahkan belum pernah sama sekali melihatnya. Bahan yang digunakan bisa dipilih. Jika dirasa kain terlalu mahal, kertas pun tetap cantik untuk digunakan. Saat membuka, tamu akan merasa baru saja mendapatkan pesan penting dari kerajaan. Undangan ini dijamin akan disimpan saking uniknya.

4. Undangan Berbentuk Boarding Pass

wm_article_img
Undangan: Pola Artistry Invitation

Eits, siapa bilang kalau undangan yang pakai kertas sudah pasti tidak menarik dan pasaran? Undangan yang satu ini juga memakai kertas, tapi tetap terlihat unik karena desainnya yang berbeda. Ketika calon tamu membuka undangan ini, mungkin dia akan heran karena yang didapati adalah sebuah boarding pass. Namun, setelah diperhatikan lagi, dijamin mereka akan salut dengan kreativitasmu.

5. Undangan Pop-Up

wm_article_img

Saat pertama kali diterima dalam cover plastik, undangan ini mungkin tampak biasa. Namun, ketika dibuka calon tamu akan merasakan sensasi mendapat kejutan dengan desain undangan pop up seperti ini. Kamu bisa mengganti desain dengan gambar apa pun yang disanggupi vendor. Buat semenarik mungkin agar tamu mau menyimpan dan kembali membukanya dalam jangka waktu yang lama, ya.

6. Undangan Kayu yang Diukir

wm_article_imgwm_article_imgUndangan: Kanoo Paper & Gift

Jika kamu memilih pernikahan dengan tema rustic, undangan unik yang satu ini akan sangat cocok dengan tema tersebut. Alih-alih kertas, pemilihan media kayu yang diukir akan memberikan kesan personal yang dibuat dengan hati-hati sehingga penerima merasa sangat ditunggu kehadirannya. Untuk melengkapinya, jangan lupa tambahkan kain dan benang goni agar undangan pernikahan tampak lebih aesthetic.

7. Undangan Postcard Elegan

wm_article_img
Undangan: Memento Card

Senang bertukar postcard? Ini dia kesempatan untuk membagikan lebih banyak postcard ke teman-teman dan kerabat dengan isi sebuah undangan pernikahan. Supaya semakin lengkap dan memiliki konsep yang paripurna, kamu bisa menambahkan beberapa printilan, seperti perangko, ke dalamnya.

8. Undangan Puzzle

wm_article_img
Undangan: Ravaro Design

Ingin membuat para calon tamu lebih lama menatap undangan yang dikirimkan? Coba buat desain puzzle yang akan membuat undanganmu lebih seru seperti ini. Namun, jangan dipotong terlalu kecil, ya, nanti informasi tentang pernikahanmu malah gagal disampaikan. Jika perlu, berilah kunci jawaban supaya tamumu bisa menyonteknya saat sudah gagal memasang setiap bagian.

9. Undangan Berkonsep Photocard

wm_article_img
Undangan: Istana Undangan Purwokerto

Sejak masuknya hallyu atau Korean wave, banyak orang yang mengumpulkan merchandise idola mereka, salah satunya photocard. Ternyata kamu bisa mengadopsi konsep ini ke undangan pernikahanmu. Selain undangan berisi tulisan dan informasi, kamu juga bisa menyisipkan foto ala idol Korea. Tak hanya unik, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan foto-foto pre-wedding yang sudah diambil.

10. Undangan 3D 

wm_article_imgwm_article_img
Undangan: Paperitten

Undangan yang satu ini juga dari kertas biasa, bedanya kamu bisa membuatnya semakin menarik dengan kesan 3 dimensi yang ditimbulkan dari proses cutting. Alih-alih hanya menaruh gambar, kamu bisa memotongnya dan membuat beberapa layer supaya undangan lebih bervolume. Saat sudah dibuka pun, gambar juga akan muncul berbeda-beda.

Nah, itu dia beberapa desain undangan unik dan lucu yang bisa kamu adopsi untuk pernikahanmu. Tinggal sesuaikan saja dengan preferensi dan budget yang dimiliki, serta sisipkan kata-kata romantis dalam undangan pernikahan tersebut, agar semakin berkesan. Tertarik dengan desain yang mana?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...