Pilih Kategori Artikel

10 Gaun Pernikahan Ikonik di Dunia, Unik dan Banyak Cerita
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Gaun pernikahan merupakan penunjang penampilan para pengantin di hari istimewa. Tak heran jika banyak yang rela menghabiskan waktu dan mengalokasikan sebagian besar bujet untuk post yang satu ini. Jika gaun yang dikenakan terlihat menarik, hal ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi para pemakainya. Bukan hanya terlihat indah, beberapa gaun yang unik bahkan mengukir sejarah.

Gaun-gaun yang dikenakan oleh selebritas atau tokoh dunia biasanya memiliki kesan menarik yang menjadikannya ikonik, entah karena detailnya yang unik atau cerita di baliknya yang panjang. Nah, ada beberapa gaun pernikahan ikonik dari masa ke masa nih. Simak yuk bagaimana uniknya!

1. Gaun dengan banyak tragedi milik Putri Diana

wm_article_img
Foto via vogue.co.uk

Putri Diana menikah saat usianya 20 tahun dengan Pangeran Charless pada Juli 1981. Ia mengenakan sebuah gaun pernikahan ikonik yang terlihat memiliki volume pada desainnya. Ia memilih sendiri desainernya, yaitu David dan Elizabeth Emannuel. Desainer inilah yang memutuskan untuk memberikan gaun warna putih gading alih-alih putih biasa. 

Ada beberapa aksen yang ditampilkan seperti renda, kerutan, pita, dan 1000 mutiara yang ditaruh pada gaun dari kain sutra taffeta ini. Hal menarik lainnya dari gaun ini adalah ekor 7,62 meter yang menjadi ekor gaun pernikahan terpanjang hingga saat ini. Meskipun terlihat cantik, tapi ternyata ada satu hal lagi yang membuat gaun ini lebih ikonik, yaitu fakta bahwa gaun ini mendapat banyak kritik karena kusut di bagian bawahnya. Desainer sudah menduga bahwa gaun ini akan kusut, tapi katanya tak menduga bahwa akan sekusut itu. Tak hanya itu, gaun Putri Diana juga terkena tumpahan parfum Quelques Fleur dari Paris Houbigant yang membuat gaun indahnya ternoda.

Meskipun begitu, beberapa kejadian yang terjadi pada gaun Putri Diana justru membuatnya semakin ikonik dan memiliki ceritanya sendiri.

2. Gaun antimainstream milik Audrey Hepburn

wm_article_img
Foto via graziamagazine.com

Nama Audrey Hepburn sendiri sudah terdengar ikonik, apalagi pakaian-pakaian yang ia kenakan. Ketika menikah dengan Andrea Dotti pada tahun 1969, ia mengenakan gaun bikinan Givenchy yang berbentuk mini dress unik dengan lengan panjang, funneled neck, dan memiliki warna merah muda yang pucat. Gaun ini dipadukan dengan stocking warna putih dan sepatu balet yang juga berwarna putih. Menariknya lagi, Audrey mengenakan scarf pada kepalanya serta sarung tangan dengan warna senada yang membuat tampilannya terlihat sangat chic.

3. Gaun pernikahan simpel milik Carolyn Bessette Kennedy

wm_article_img
Foto via vanityfair.com

John F Kennedy dan Carolyn Bessette menikah pada tahun 1990 secara private dan hanya mengundang 35 tamu saja. Bahkan, hanya ada satu foto yang diambil selama pernikahan ini berlangsung, yaitu foto ketika John F. Kennedy mencium tangan sang istri. Dari situ pula tampak gaun yang dikenakan.

Pakaian yang dikenakan terlihat cukup simpel, tapi justru itu yang membuatnya menjadi lebih ikonik, apalagi setelah era 80an banyak pengantin yang terinspirasi oleh gaun megah ala Putri Diana. Carolyn mempopulerkan gaun simpel dengan cowl neck, kain yang licin dilengkapi dengan sarung tangan tipis serta veil simpel untuk menutupi kepala. Begitulah, gaun jenis ini akhirnya menjadi tren baru bagi para pengantin.

4. Gaun yang menggabungkan tradisi dan modern ala Kate Middleton

wm_article_img

Foto via vogue.co.uk

Pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William pada tahun 2011 silam. Ia mengenakan gaun yang didesain oleh Sarah Burton yang merupakan creative director dari Alexander McQueen sehingga memiliki ciri khas pada desainnya. Gaun ini terinspirasi dari tradisi masa Victoria yang memiliki padding di bagian panggul dan menyempit pada bagian pinggangnya. Bagian ini memiliki motif floral yang dibuat dari kain lace. Bagian neckline dibuat rendah yang tersambung dengan lengan panjang juga dari kain lace. Bagian utama dari gaun ini dibuat dari satin yang berwarna putih gading dengan bridal train berukuran 270 cm. Saking ikoniknya gaun elegan ini, kabarnya ada ribuan gaun yang mengimitasinya, lo.

5. Gaun simpel ala Meghan Markle

wm_article_img
Foto via standard.co.uk

Meghan Markle yang merupakan seorang aktris Hollywood menikah dengan Pangeran Harry pada 2018 lalu. Tak seperti gaun-gaun yang dikenakan oleh beberapa putri kerajaan lainnya yang mewah dan memiliki banyak detail, Meghan Markle justru mengenakan gaun berwarna putih simpel dari Givenchy. 

Gaun ini memiliki keunikan, yaitu alih-alih berlengan panjang atau pendek, bagian ini justru dibuat dengan panjang tiga perempat. Hal yang menarik lainnya adalah bateu neckline yang mengekspos leher dan menegaskan bagian pinggang supaya terlihat lebih ramping.

Meghan juga mengenakan veil yang memiliki panjang hingga 5 meter dengan bordiran buatan tangan berbentuk bunga-bunga yang cantik yang melambangkan dua rumah; California dan Istana Kensington. Veil ini kabarnya dibuat selama 500 jam, lo. Pembuatnya juga mencuci tangan setiap 30 menit untuk memastikan veil ini tidak akan bernoda hingga hari pernikahan tiba. Wah, nggak main-main, ya.

6. Gaun yang dinobatkan sebagai gaun terindah sepanjang masa milik Grace Kelly

wm_article_img
Foto via beyondgracekelly.com

Grace Kelly menikah pada tahun 1956 dengan Pangeran Rainier. Gaun yang dikenakannya kala itu dinobatkan menjadi gaun tercantik sepanjang masa. Gaun ini memiliki lengan panjang dengan bagian bawah berbentuk flare. Detail yang dimiliki cukup banyak, yaitu lace berbentuk mawar, aksen mutiara, dan terdiri dari empat bagian yang terpisah.

Bagian neckline yang biasanya dibuat terbuka, justru dibuat dengan potongan yang tinggi yang membuat gaun ini juga dicap sebagai bentuk gaya konservatif. Segala detail ini membuat gaun pernikahan Grace Kelly dinilai sebagai gaun yang timeless dan trendsetter bahkan sampai saat ini. Tak heran jika diperlukan enam minggu dan 30 penjahit wanita untuk membuat gaun indah ini.

7. Gaun pernikahan dengan gambar dari anak-anak Angelina Jolie

wm_article_img
Foto via wedmegood.com

Jika dilihat sekilas, gaun yang dikenakan Angelina Jolie pada pernikahannya tahun 2014 lalu mungkin terlihat gaun klasik dari satin biasa. Namun, jika diperhatikan lebih dekat lagi, bagian belakang gaun ini ternyata memiliki detail yang sangat playful. Ya, Angelina Jolie melibatkan enam anaknya untuk untuk membuat gambar yang disulam dengan tangan di bagian belakang gaun ini.

Tak hanya di bagian gaun saja, tapi juga di bagian veil yang dikenakan. Untuk mewujudkan keinginannya ini, ia menggandeng desainer yang juga membuat desain gaun yang ia kenakan pada saat Oscar 2012, Massi. Desain unik ini menjadi salah satu atau bahkan satu-satunya pioner yang menggabungkan antara haute couture dan fridge art. Tertarik untuk mengikuti desain ini untuk gaun pernikahanmu?

8. Gaun ikonik yang timeless milik Victoria Beckham

wm_article_img
Foto via vogue.com

Pada tahun 1999 lalu, Victoria Beckham menikah dengan pesepak bola David Beckham. Victoria mengenakan gaun berwarna putih gading dengan bentuk yang unik dan ikonik kala itu. Ia mengenakan korset spesial dari Mr Pearl di bawah gaunnya yang terlihat megah. Roknya juga memiliki detail khusus, yaitu dibuat dari satin Clerici Duchess sepanjang 50 meter. Gaun ini didesain oleh Vera Wang. Melengkapi penampilannya, Victoria menambahkan sebuah tiara dari emas dan berlian dari desainer Irlandia, Slim Barrett.

9. Gaun cantik penuh bunga milik Hailey Bieber

wm_article_img
Foto: Jose Villa via insider.com

Keputusan Justin Bieber untuk menikah pada tahun 2018 cukup mengejutkan bagi para penggemarnya. Namun, ia tetap menggelar acara resepsi pada bulan September 2019 lalu dengan seorang model, yaitu Hailey Rhode atau yang kita kenal sekarang dengan nama Hailey Bieber.

Pada momen itu, Hailey mengenakan gaun off shoulder dengan lengan panjang yang terbuat dari kain lace yang didesain oleh Virgil Abloh. Dalam foto yang beredar, tampak train yang menjuntai dari gaun ini dan veil panjang dengan memiliki tulisan “Till Death Do Us Part” yang membuatnya ikonik. 

10. Gaun dengan motif bunga ikonik milik Sophia Bush

wm_article_img
Foto: Sophia Bush Hughes - instagram

Sophia Bush menikah dengan Grant Hughes pada bulan Juni tahun ini. Gaunnya sangat menarik perhatian karena alih-alih hanya gaun putih polos seperti umumnya, Sophia mengenakan gaun dengan motif floral dan lebah yang didesain oleh Monique Lhuillier.  Gaun ini memiliki bagian bahu yang terbuka dan lengan yang bervolume.

Motif bunga-bunga pada gaun yang dikenakan bukan sembarangan, lo, tapi melambangkan warisan keluarga. Oleh sebab itu, ia memilih motif bunga dari Kalifornia, Oklahoma, dan Italia. Bunga-bunga itu adalah tea rose, bunga madat berwarna oranye tua, zaitun Italia dengan warna hijau, dan butterfly ranunculus.

Nah, itu dia beberapa gaun pernikahan paling ikonik sepanjang masa. Ada yang memiliki detail yang sangat unik hingga yang simpel, tapi tetap elegan paripurna. Ada juga yang memiliki berbagai cerita di baliknya. Mana yang menjadi favoritmu?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...