Pilih Kategori Artikel

10 Jenis Bunga untuk Pernikahan Terpopuler dan Makna Di Baliknya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih bunga pernikahan buat sebagian orang, mungkin sama sulitnya seperti menentukan venue atau sepatu pengantin. Terutama jika tak memiliki latar belakang pengetahuan soal bunga dan harus memilih secara spesifik, pasti cukup membuat pusing karena ada banyaknya jenis, warna, dan desain. 

Tampak mudah ketika kamu mengira tinggal datang ke vendor florist terdekat untuk memesan buket bunga pernikahan karena sayangnya, tak begitu! Kamu perlu tahu kalau setidaknya ada ratusan jenis mawar, bunga lily tak selalu putih, dan setiap bunga pun memiliki makna. Ah, perlu ekstra perhatian dalam memilih. 

Tenang, tim WeddingMarket tak akan membiarkan kamu kebingungan sendirian. Berikut ini adalah 10 jenis bunga terpopuler dalam pernikahan dan filosofi di baliknya. Memahami arti bunganya, akan memudahkan dalam memilih untuk karangan bunga pernikahan.

Calla Lily

wm_article_img
Buket bunga: Plum & Peach

Jika kamu mencari bunga yang sederhana tapi memberikan kesan mendalam, calla lily mungkin akan jadi pilihan tepat. Calla lily melambangkan kesucian, kesetiaan, dan kepolosan. Bunga ini memiliki beragam warna, tapi tentu saja putih yang paling banyak diminati sebagai buket bunga pengantin. 

Selain itu, calla lily dikatakan sebagai jimat keberuntungan di hari pernikahan. Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini juga bisa bertahan di suhu ruang sehingga tak membutuhkan perawatan khusus saat menggunakannya.

Baby’s Breath

wm_article_img
Buket bunga: Beautitude Florist

Jangan salah menilai, bunga baby’s breath meskipun kecil tapi termasuk sebagai karangan bunga yang populer. Bunga ini melambangkan persatuan, spiritualitas, kepolosan, dan ada makna cinta yang abadi di dalamnya sehingga menjadi alasan kenapa bunga ini banyak disukai. 

Baby’s breath biasanya dirangkai bersama bunga lain, khususnya saat digunakan sebagai hiasan papan ucapan pernikahan. Namun tak masalah kalau kamu ingin membuatnya sebagai buket bunga tanpa adanya tambahan bunga lain karena memberi kesan unik seperti ada salju memenuhi tangan. Selain untuk pernikahan, buket baby’s breath juga bisa diberikan sebagai hadiah pada teman perempuan yang habis melahirkan karena bunga tersebut juga bermakna sebagai awal yang baru.

Peony 

wm_article_img
Buket bunga: Plum & Peach

Salah satu jenis bunga pernikahan yang lagi naik daun, terutama di kalangan pasangan muda adalah peony. Secara umum, peony melambangkan kemakmuran, romantis, kasih sayang, dan pernikahan yang bahagia. Peony pun memiliki wangi yang manis dan menyengat dengan kelopak bunga lebar sehingga banyak disebut sebagai 'king of flower'. 

wm_article_img
Buket bunga: House of Bloom

Walau begitu, di setiap negara peony memiliki makna yang berbeda tapi dengan arti yang baik misalnya di China digambarkan sebagai bunga keberuntungan dan di Jepang berarti kekayaan dan kehormatan. Indah 'kan?

Mawar

wm_article_img
Buket bunga: Hana Flower Boutique

Tentu saja tak lengkap membahas bunga untuk pernikahan tanpa menyebut mawar. Ada banyak varietas mawar yang ada di dunia ini, misalnya the victor hugo yang merupakan jenis mawar tertua dan umumnya memiliki kelopak besar warna merah, atau the winchester cathedral rose yang merupakan mawar putih dengan kelopak yang melingkar unik. 

wm_article_img
The winchester cathedral rose | foto: KRiemer/pixabay

Setiap warna pada bunga mawar memiliki arti yang berbeda. Seperti mawar merah yang terkenal melambangkan keberanian, cinta, dan romansa yang kuat, mawar kuning artinya persahabatan dan kegembiraan, sementara mawar oranye melambangkan sensualitas dan daya tarik. Mawar yang masih kuncup pun memiliki makna yaitu keindahan dan kemurnian.

Bunga matahari

wm_article_img
Buket bunga: Bloomingfields

Salah satu yang paling banyak digunakan untuk hiasan bunga mobil pengantin adalah bunga matahari. Namun bunga matahari juga banyak dipilih sebagai buket bunga pengantin di pernikahan luar ruangan karena memiliki warna yang cerah, segar, dan bisa menambah kebahagiaan bagi yang melihat. 

Di balik warnanya yang terang, bunga matahari merupakan perlambang dari panjang umur, kebahagiaan, dan kesetiaan. Sementara dalam mitologi Yunani, bunga matahari sering dikaitkan dengan mitos Clytie dan Helios. Clytie adalah peri air, dan sangat mencintai dewa matahari Helios.

Lavender

wm_article_img
Buket bunga: Plum & Peach

Siapa bilang kalau bunga lavender hanya ampuh menghilangkan nyamuk? Nyatanya di banyak pernikahan luar negeri, lavender yang memiliki aroma segar dan kuat tersebut telah banyak dijadikan bunga tangan pengantin, kok

Menjadi perlambang dari keanggunan dan kehalusan, membawanya di tanganmu saat hari bahagia akan menularkan kesan yang elegan. Selain itu, lavender yang dalam Alkitab disebut dengan narwastu atau spikenard memiliki arti ketenangan, pengabdian, dan cinta.

Dahlia

wm_article_img
Buket bunga: Il Fiore

Bunga untuk buket pernikahan favorit banyak orang tak lain adalah dahlia. Bunga dengan harga terbilang mahal ini memiliki beragam ukuran sehingga dengan mudah disesuaikan dengan setiap konsep pernikahan. Pun tanpa dirangkai dengan bunga lain dahlia bisa memberikan kesan ala negeri dongeng karena kelopak besarnya. 

Dahlia secara umum melambangkan keanggunan, martabat, dan ikatan yang abadi. Sementara dahlia tiap warna memiliki makna berbeda seperti dahlia merah untuk kekuatan dan dahlia merah muda memaknai keanggunan dan kebaikan. Karena perbedaan makna tiap warna ini membuatmu perlu berhati-hati dalam memilih yang tepat terutama untuk ucapan papan bunga pernikahan.

Lilac 

wm_article_img
Bunga Lilac | Foto: Olga1205/pixabay

Fungsi bunga dalam pernikahan bukan hanya hiasan, tapi juga memberi ketenangan terutama jika yang dipilih adalah lilac. Ya, bunga ini memiliki aroma yang semerbak dan dikenal bisa memberikan ketenangan. Sayang, lilac cukup lembut sehingga memerlukan perhatian khusus agar tak mudah rusak saat digunakan. 

Bunga ungu ini memiliki makna yang sangat indah dan sesuai dengan pernikahan, yaitu gairah, keyakinan, ketenangan, dan cinta pertama. Tak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan bunga ini karena kecantikan, aroma, dan kemampuannya membuat pengantin jadi lebih percaya diri.

Ranunculus

wm_article_imgwm_article_img

Buket bunga: Il Fiore

Ranunculus memiliki makna pesona dan daya tarik yang kuat, tapi biasanya ranunculus tak dijadikan bunga utama dan hanya sebagai aksen. Kelopaknya yang tumpuk bisa memberi kesan bunga bervolume besar dan mudah dipadukan dengan bunga lainnya. 

Tidak perlu heran mengapa bunga ranunculus memiliki makna pesona karena saat bunga ini mekar sempurna, kamu bisa melihat betapa menawannya mereka. Well, selain digunakan untuk bunga pengantin, ranunculus juga cocok sebagai kado ulang tahun bagi orang istimewa di hidupmu.

Sweet Pea

wm_article_img
Buket bunga: Hana Flower Boutique

Sangat mudah jatuh cinta pada bunga sweet pea. Aromanya yang lembut, batangnya yang mungil, dan kelopak bunga yang tipis membuatnya tampak manis saat digenggam. Tak melulu putih, bunga sweet pea punya banyak warna lain dan semuanya begitu menawan untuk dirangkai bersamaan, lalu diikat dengan pita sutra warna senada. 

Sweet pea sendiri melambangkan kesenangan, berkat, dan happy goodbye. Ya, seperti pernikahan yang artinya kamu harus mengatakan 'selamat tinggal' dengan kehidupan lamamu dengan rasa bahagia dan kerelaan, serta bersiap untuk menyambut hidup yang baru bersama pasangan.

Selalu ada banyak pilihan dalam memilih bunga untuk pernikahan, entah itu sebagai bunga tangan pengantin atau sekadar bunga mobil pengantin. Kamu bebas berkreasi atau menyerahkan seluruh keputusan pada vendor florist andalan. Namun tetap penting mengetahui makna di dalam bunga yang akan kamu pakai agar apa pun yang kamu gunakan dalam pernikahan bisa menjadi doa yang baik.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...