Pilih Kategori Artikel

Sering Diputar Jadi Lagu Pesta Pernikahan, Ternyata 10 Lagu Ini Punya Makna yang Kurang Cocok. Jangan Sampai Salah!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu hal yang biasanya tidak boleh ketinggalan dalam acara pernikahan adalah hiburan. Hiburan ini sendiri ada banyak sekali bentuknya termasuk musik dalam pernikahan. Selain menjadi hiburan untuk tamu yang datang, musik juga akan membangun mood selama acara berlangsung. Makanya, lagu-lagu yang diputar atau dibawakan oleh band sering kali adalah lagu yang romantis atau justru lagu cinta yang penuh energi.

Sayangnya, banyak orang yang memilih lagu yang sedang populer atau enak untuk joget saja tanpa benar-benar tahu apa arti dari lagu tersebut. Sering kali lagu yang diputar malah memiliki arti yang tidak sesuai, lo. Lagu tersebut bisa memiliki cerita yang galau atau bahkan  mengandung sesuatu yang bertolak belakang dengan makna pernikahan, seperti lagu perselingkuhan.

Beberapa lagu ini sering diputar di acara pernikahan, tapi sebenarnya memiliki arti yang tidak sesuai. Supaya kamu tidak memutarnya juga di pernikahanmu, simak yuk daftarnya!

1. Glimpse of Us-Joji

wm_article_img
Foto: Katerra Entertainment

Lagu ini sempat menjadi lagu yang sangat hits hingga bisa didengarkan di mana-mana. Jika didengarkan mungkin lagu ini memiliki melodi yang romantis, tapi jika dimaknai kembali setiap liriknya ternyata lagu ini memiliki cerita tentang seseorang yang masih sering teringat dengan mantan walaupun sudah menjalin hubungan baru karena pasangannya selalu mengingatkan pada mantan tersebut. Jadi, sebaiknya pikir-pikir lagi, ya, untuk menggunakan “Glimpse of Us” sebagai lagu pernikahan.

2. Hati-hati di Jalan-Tulus

Perjalanan membawamu

Bertemu denganku

Ku bertemu kamu

Sepertimu yang kucari

Konon aku juga seperti yang kau cari

Sekilas lirik tersebut terdengar romantis, ya? Dua orang yang tadinya tidak mengetahui sama lain akhirnya dipertemukan dan masing-masing merasa cocok. Eits, tapi ternyata lagu tersebut memiliki lanjutan.

Kukira kita asam dan garam

Dan kita bertemu di belanga

Kisah yang ternyata tak seindah itu

Kukira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Kukira takkan ada kendala

Kukira inikan mudah

Kau aku jadi kita

Kasih sayangmu membekas

Redam kini sudah pijar istimewa

Entah apa maksud dunia

Tentang ujung cerita

Kita tak bersama

Meskipun diawali dengan cerita yang manis-manis, ternyata lagu ini memiliki ujung cerita yang pahit di mana pasangan ini tidak bisa terus bersama. Oleh sebab itu, “hati–hati di jalan” yang dimaksud adalah supaya kedua orang ini bisa berhati-hati di jalan masing-masing yang berbeda.

3. I Will Always Love You-Whitney Houston

wm_article_img
Foto: Katerra Entertainment

Lagu ikonik dengan nada tinggi ini juga menjadi salah satu lagu yang sering dimainkan di acara pernikahan. Memang jika dilihat dari judulnya saja, lagu ini seperti memiliki cerita indah tentang seseorang yang akan selalu mencintai kekasihnya selamanya. Namun, ternyata hanya salah satu pihak saja yang akan terus mencintai karena kisah mereka yang tidak bisa bersama-sama. Jadi, lagu ini sebenarnya memiliki cerita tentang seseorang yang tidak bisa bersama, tapi salah satunya mendoakan kekasih yang pergi untuk selalu bahagia.

4. Tenda Biru-Desy Ratnasari

Lagu ini sudah dibuat sejak tahun 1996 lalu dan masih populer hingga sekarang. Judulnya pun mengidentifikasikan tentang acara pernikahan yang identik dengan tenda. Sayangnya, acara pernikahan yang dimaksud adalah acara pernikahan orang lain, yaitu kekasih yang pernah bersama. 

5. You’re Gonna Live Forever in Me - John Mayer

wm_article_img
Foto: Taman Music Entertainment

Tidak sedikit orang yang menggunakan lagu ini untuk video-video romantis mereka karena menganggap lagu yang satu ini adalah lagu romantis tentang dua orang yang saling mencintai selamanya. Pernyataan tersebut memang tak sepenuhnya salah. Namun, You’re Gonna Live Forever in Me menceritakan tentang seseorang yang ditinggal oleh kekasihnya untuk menikahi orang lain. Saat ditanya apakah ada yang keberatan tentang pernikahan ini, John menyatakan bahwa ia sebenarnya keberatan, tapi memilih untuk tetap diam dan duduk.

6. Marry You-Bruno Mars

Dari judul yang menggunakan kata “marry” saja sudah banyak yang menyatakan bahwa lagu ini tentang seseorang yang ingin menikahi kekasihnya. Nyatanya, Marry You menceritakan tentang kisah cinta yang hanya terjadi selama semalam. Jadi, sebenarnya kurang cocok ya untuk menjadi lagu pengiring pernikahan yang sakral.

7. Love of My Life-Queen

wm_article_img
Foto: Deo Entertainment

Queen menjadi salah satu band rock yang melegenda hingga saat ini. Lagu-lagunya disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Salah satu lagu hitsnya adalah Love of My Life. Namun, ternyata lagu ini bukan lagu romantis, malah sebuah lagu yang liriknya galau. Cerita ini sudah bisa dilihat bahkan sejak baris pertamanya “Love of my life, you've hurt me.”

8. Sepanjang Jalan Kenangan-Tetty Kadi

Sering mendengar lagu ini di acara pernikahan? Lagu ini bukan merupakan kisah dari dua orang yang berakhir bahagia bersama. Melainkan, masing-masing sudah memiliki kisah indah sendiri walaupun memiliki kenangan indah bersama. Nih, coba lihat lagi liriknya!

Sepanjang jalan kenangan

Kita s'lalu bergandeng tangan

Sepanjang jalan kenangan

Kau peluk diriku mesra

Hujan yang rintik-rintik

Di awal bulan itu

Penambah nikmatnya malam syahdu

Walau diriku kini t'lah berdua

Dirimu pun tiada berbeda

Namun kenangan s'panjang jalan itu

Tak mungkin lepas dari ingatanku

9. Januari-Glenn Fredly

wm_article_img
Foto: Archipelagio Music

Glenn Fredly memiliki banyak sekali lagu romantis. Namun, sering kali lagu Januari dipilih sebagai lagu pernikahan terutama jika pernikahan digelar di bulan tersebut. Padahal, lagu Januari menceritakan tentang perpisahan yang tidak cocok dengan suasana pernikahan yang berbahagia.

Kasihku

Sampai disini kisah kita

Jangan tangisi keadaannya

Bukan karena kita berbeda wow

Dengarkan lagu lagu ini

Melodi rintihan hati ini

Kisah kita berakhir di januari 

10. Kartonyono Medot Janji-Denny Caknan

wm_article_img
Foto: Archipelagio Music

Lagu-lagu berbahasa Jawa dari Denny Caknan banyak digunakan sebagai lagu pernikahan untuk menaikkan mood para tamu yang datang. Sayangnya, ternyata lagu yang diputar kadang memiliki makna yang kurang cocok dengan suasana pernikahan. Salah satunya adalah lagu Kartonyono Medot Janji yang menceritakan tentang seseorang yang mengingkari janji yang telah dibuat bersama sang kekasih.

Mbiyen aku jek betah, suwe-suwe wegah

Nuruti kekarepanmu sansoyo bubrah

Mbiyen wis tak wanti-wanti, ojo ngasi lali

Tapi kenyataannya pergi

Kartonyono ning Ngawi medot janji mu

Ambruk cagak ku nuruti angan-angan mu

Sak kabehane wis tak turuti

Tapi malah mblenjani

Walaupun lagu-lagu tersebut memiliki melodi yang terdengar romantis atau judul yang penuh dengan kata cinta, sebaiknya pahami juga maknanya, ya. Jangan lupa bahwa lagu yang dimainkan akan berperan penting dalam membangun mood selama pernikahan berlangsung. Untuk membuat daftar lagu pernikahan, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan band pengisi pernikahanmu. Demikianlah, semoga kamu tak salah pilih lagu pernikahan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...