Pilih Kategori Artikel

5 Macam Tema Pernikahan Modern yang Bisa Dijadikan Inspirasi
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Kini semakin marak penggunaan jasa wedding planner dan wedding organizer yang menawarkan berbagai paket dan tema pernikahan. Jika dulu tema pernikahan hanya terdiri dari pernikahan tradisional dan pernikahan modern saja, kini ada semakin banyak pecahan tema yang tersedia. Namun, semakin banyaknya pilihan yang tersedia, banyak pengantin yang justru semakin bingung untuk memilihnya.

Jika kamu atau pasangan memiliki sebuah hobi atau kesukaan terhadap sesuatu, kalian mungkin bisa memasukkannya sebagai tema pernikahan. Namun, jika tidak, beberapa pilihan tema pernikahan modern yang lebih umum mungkin bisa dipilih. Apa saja tema pernikahan tersebut? Simak yuk beberapa inspirasi selengkapnya berikut ini!

1. Menyesuaikan dengan Pantone color tahunan

warna pernikahan viva magenta
Photo by Matheus Bertelli

Biasanya setiap tahun akan ada Pantone color yang berbeda dan digunakan sebagai acuan bagi mereka yang akan menggelar pernikahan. Misalnya, tahun ini warna tersebut adalah Viva Magenta 18-1750. Alih-alih condong ke arah warna pink, Viva Magenta justru condong ke arah warna merah. Warna ini dianggap sebagai sebuah warna yang berani dan memiliki vibe yang ceria serta percaya diri. 

Warna ini bisa dimasukkan ke dalam berbagai elemen dari undangan hingga dekorasi yang digunakan. Mengingat banyak bunga yang memiliki warna sejenis, kamu tidak akan kesulitan untuk menerapkan Pantone color tahun ini ke dalam hiasan dekorasi.

Nah, biasanya saat tahun berganti, akan ada warna baru lagi yang muncul. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengikuti perkembangan ini atau diskusikan dengan wedding organizer yang jasanya kamu gunakan.

2. Rustic modern

dekorasi pernikahan rustic
Dekorasi: Excelsior Decoration

Pernikahan rustic modern adalah perpaduan antara tema rustic yang identik dengan sifat natural dengan sentuhan modern yang menciptakan suasana yang unik. Tema ini menggabungkan elemen-elemen tradisional, alami, dan hangat dari tema rustic dengan sentuhan kontemporer yang lebih segar.

Perbedaan utama dari pernikahan rustic tradisional adalah penggunaan elemen modern yang memberikan nuansa yang lebih segar dan kekinian. Misalnya, penggunaan lampu gantung modern, aksen logam, atau furnitur minimalis yang dapat memberikan sentuhan modern pada dekorasi rustic.

Beberapa ciri berikut ini bisa disontek jika ingin menerapkan tema rustic modern.

  • Lokasi pernikahan

Biasanya lokasi yang memiliki nuansa pedesaan atau alam seperti taman, kebun, atau bangunan bersejarah bisa dipilih. Namun, penggunaan elemen modern seperti arsitektur minimalis atau sentuhan industri juga bisa diterapkan.

  • Desain undangan

Kamu bisa memilih tipografi yang modern dengan gaya huruf yang unik dan jelas untuk memberikan kesan kontemporer. Tidak lupa tambahkan ilustrasi atau gambar alam seperti bunga, dedaunan, atau pemandangan alam untuk mencerminkan tema rustic.

  • Gaun pengantin

Gaun pengantin dengan potongan simpel, tapi elegan dari bahan renda atau brokat dan aksen alami seperti pita atau hiasan bunga kecil bisa dipilih. Aksesori alami seperti crown bunga, hiasan rambut berbahan kayu, atau anting-anting dengan desain alami juga bisa ditambahkan.

  • Dekorasi

Kayu mentah, kayu palet, atau serat alami seperti rami menjadi elemen dekoratif penting dalam tema ini. Misalnya, meja kayu, kursi rotan, atau backdrop kayu. Gunakan palet warna hangat seperti cokelat, krem, oranye, hijau daun, atau kombinasi warna bumi lainnya untuk memberikan tampilan yang alami.

  • Pencahayaan dan tata letak ruangan

Pilih pencahayaan dengan cahaya hangat, seperti lilin, lentera, atau lampu gantung dengan bohlam berwarna hangat untuk menciptakan suasana yang intim dan hangat. Jangan lupa untuk mengatur tata letak ruangan dengan rapi, tetapi terlihat tidak terlalu kaku atau formal. Misalnya, meja tamu dengan dekorasi minimalis, tatanan bunga yang terlihat alami, atau kursi yang dihiasi dengan kain atau hiasan alami.

3. Minimalis modern

Dekorasi pernikahan minimalis
Dekorasi: Bloomsville

Pernikahan minimalis modern adalah kombinasi antara tema minimalis yang mengutamakan kesederhanaan dan tema modern yang menampilkan sentuhan kontemporer. Tema ini menekankan pada keindahan desain yang bersih, tampilan yang segar, dan estetika yang modern.

Dengan menggabungkan kesederhanaan desain dan elemen modern, tema pernikahan minimalis modern memberikan tampilan yang segar, bersih, dan sangat sesuai dengan tren saat ini.

Ada beberapa ciri konsep pernikahan modern yang membuatnya mudah dikenali.

  • Dekorasi

Pilih dekorasi dengan garis-garis, bentuk geometris, dan elemen minimalis. Hindari dekorasi yang berlebihan atau terlalu rumit. Gunakan palet warna netral seperti putih, abu-abu, hitam, atau warna pastel sebagai warna dominan. Hal ini menciptakan tampilan yang elegan dan modern.

  • Desain undangan

Pilih undangan dengan desain yang minimalis, font yang jelas, dan elemen grafis yang sederhana. Hindari terlalu banyak dekorasi atau hiasan yang rumit. Pilih kertas berkualitas tinggi dengan sentuhan finishing yang modern, seperti laminasi atau emboss untuk memberikan tampilan yang mewah.

  • Tata letak ruangan

Pilih ruangan yang memiliki desain minimalis dengan ruang terbuka dan sirkulasi udara yang baik. Hindari furnitur atau dekorasi yang berlebihan. Gunakan pencahayaan modern seperti lampu gantung dengan desain unik, lampu LED, atau lampu sorot yang menghasilkan efek dramatis.

  • Gaun pengantin

Pilih gaun pengantin dengan siluet yang simpel dan modern. Misalnya, gaun dengan garis lurus, potongan A-line, atau jumpsuit. Pilih bahan dengan tekstur licin seperti satin, organza, atau chiffon yang memberikan sentuhan modern pada gaun.

  • Makeup dan rambut

Pilih tata rias yang alami dengan penekanan pada riasan mata yang dramatis, seperti smokey eyes atau bibir bold. Gaya rambut yang simpel dan teratur, seperti ponytail rendah, rambut yang dijepit, dan tambahan aksesori minimalis akan membuat tampilanmu semakin paripurna.

4. Etnik modern

Dekorasi pernikahan adat Jawa
Photo by Rangga Ispraditya

Pernikahan etnik modern adalah perpaduan antara elemen-elemen tradisional dari suatu budaya atau etnis dengan sentuhan modern yang menciptakan suasana yang unik dan segar. Tema ini menggabungkan kekayaan warisan budaya dengan gaya masa kini untuk menciptakan pernikahan yang autentik dan kreatif.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri pernikahan etnik modern.

  • Dekorasi

Gunakan elemen tradisional seperti kain etnik, ornamen khas, atau aksesori tradisional sebagai bagian dari dekorasi. Sentuhan ini akan memberikan tampilan yang autentik dan memperkuat nuansa etnik. Pilih kombinasi warna yang unik dan berani yang mencerminkan tradisi dan budaya tertentu. Kombinasi warna ini dapat disesuaikan dengan palet warna yang lebih modern dan segar.

  • Desain undangan

Gunakan motif atau ornamen tradisional yang merepresentasikan budaya atau etnis tertentu dalam desain undangan untuk memberikan kesan etnik yang kuat pada undangan. Padukan motif tradisional dengan desain yang lebih modern dan minimalis untuk memberikan tampilan yang segar dan kontemporer.

  • Tata letak ruangan

Gunakan meja atau tempat duduk dengan motif etnik atau ukiran tradisional yang biasanya ditemui di rumah-rumah yang sudah tua. Gunakan pencahayaan yang hangat, seperti lilin atau lampu dengan cahaya kuning lembut untuk menciptakan suasana yang intim.

  • Gaun pengantin

Pilih gaun pengantin dengan potongan modern yang disempurnakan dengan sentuhan tradisional, seperti motif bordir atau aksen etnik pada detail gaun. Kamu juga bisa mengenakan pakaian khas daerahmu yang dimodifikasi lebih modern. Tambahkan aksesori etnik seperti perhiasan tradisional, mahkota atau sanggul dengan hiasan khas budaya tertentu. 

  • Makeup dan rambut

Pilih tata rias wajah yang sesuai dengan tradisi budaya tertentu, seperti riasan mata khas atau pewarnaan bibir yang khas. Padukan gaya rambut yang modern dengan elemen tradisional, seperti sanggul dengan hiasan etnik atau tatanan rambut yang dihiasi dengan ornamen khas.

5. Konsep teknologi modern

wm_article_img
Photo by Caleb Oquendo

Pernikahan dengan tema teknologi modern adalah pernikahan yang menekankan penggunaan teknologi sebagai bagian dari berbagai elemen pernikahan. Tema ini menciptakan suasana yang futuristik, inovatif, dan interaktif di sepanjang acara pernikahan.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri tema pernikahan teknologi modern.

  • Undangan digital

Ganti Undangan fisik dengan undangan digital atau e-invitation. Undangan ini bisa berupa undangan elektronik yang dikirim melalui email atau aplikasi undangan online yang memungkinkan para tamu mengakses informasi pernikahan dengan mudah.

  • Photobooth interaktif

Kamu bisa memasukkan photobooth yang didukung oleh teknologi modern, seperti GIF booth, foto 360 derajat, atau augmented reality booth. Para tamu dapat mengambil foto kreatif dan interaktif dengan berbagai efek digital yang menarik.

  • Penggunaan aplikasi pernikahan

Menggunakan aplikasi pernikahan yang memungkinkan para tamu untuk memperoleh informasi tentang acara, lokasi, jadwal, dan mengunggah foto mereka selama pernikahan. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pasangan pengantin dan tamu lainnya.

  • Proyeksi mapping

Membuat proyeksi mapping yang menampilkan efek visual di dinding atau langit-langit ruangan pernikahan juga bisa dilakukan untuk menciptakan suasana magis dan futuristik yang memukau.

  • Pencahayaan LED

Gunakan pencahayaan LED dengan berbagai efek dan warna yang dapat diatur secara dinamis. Pencahayaan ini dapat memberikan suasana yang berbeda-beda selama berlangsungnya acara sehingga menciptakan atmosfer yang dramatis dan modern.

  • Live streaming

Menyediakan live streaming pernikahan bisa membuat orang-orang yang tidak dapat hadir secara fisik dapat tetap menyaksikan acara secara langsung melalui platform online. Hal ini memungkinkan pasangan pengantin untuk berbagi momen bahagia mereka dengan keluarga dan teman yang jauh.

  • Hashtag Pernikahan

Membuat hashtag khusus untuk pernikahan dapat digunakan oleh para tamu untuk berbagi foto dan cerita tentang pernikahan di media sosial. Hal ini menciptakan pengalaman berbagi yang modern dan memudahkan pasangan pengantin untuk melihat kembali momen spesial melalui perspektif tamu.

Dengan tema pernikahan teknologi modern, pasangan pengantin dapat menciptakan pengalaman pernikahan yang interaktif, inovatif, dan berkesan.

Nah, itu dia beberapa inspirasi tema pernikahan modern beserta beberapa cirinya sehingga lebih mudah untuk diikuti. Jika ingin menggunakan jasa wedding planner atau organizer, pastikan untuk mendiskusikan detailnya dengan mereka, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...