Pilih Kategori Artikel

Apa Saja Hiburan Pernikahan? Berikut Daftar dan Tips Memilihnya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan biasanya identik dengan acara yang sakral dan penuh dengan prosesi demi prosesi yang dilakukan dengan khidmat. Namun, pernikahan juga dirayakan dengan pesta yang menyenangkan bahkan kadang meriah. Hal ini untuk menunjukkan bahwa pengantin juga ingin membagi kebahagiaan yang baru mereka rasakan kepada para tamu yang datang. Makanya, dalam rangkaian acara khususnya saat resepsi, pihak pengantin biasanya akan menyisipkan hiburan.

Lalu, apa saja hiburan pernikahan?

Hiburan dalam pernikahan ini memiliki berbagai jenis yang tentunya juga harus disesuaikan dengan tema pernikahan yang dipilih. Ada berbagai macam hiburan, mulai dari band yang sering ditemui hingga permainan unik yang bisa melibatkan para tamu yang datang. Sebelum memutuskan apa hiburan yang akan dipilih, yuk simak dulu tips dan inspirasinya berikut ini!

Tips memilih hiburan dalam pernikahan

wm_article_img
Foto: Ahmet Kucukkara Photography (pexels)

1. Sesuaikan dengan tema pernikahan 

Pilihlah hiburan yang sesuai dengan tema pernikahan kalian. Jika pernikahan kalian memiliki tema tradisional, maka pertunjukan musik atau tarian tradisional bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, jika tema pernikahan kalian modern, maka hiburan seperti DJ, band atau pertunjukan modern lainnya bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

2. Pertimbangkan selera yang universal

Pastikan hiburan yang dipilih sesuai dengan selera musik dan tarian kebanyakan orang. Jangan memilih hiburan yang hanya memenuhi selera satu pihak saja, tetapi coba cari hiburan yang dapat dinikmati oleh semua tamu yang hadir.

3. Sesuaikan dengan budget

Tentukan budget yang bisa kalian keluarkan untuk hiburan pernikahan dan carilah hiburan yang sesuai dengan anggaran tersebut. Ada banyak pilihan hiburan yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki, bahkan kamu bisa menekan seminimal mungkin dengan berbagai trik seperti mencari hiburan yang bisa dibuat sendiri tanpa mengundang penghibur berbayar.

4. Pilih hiburan yang dapat membangun suasana

Hiburan seperti penampilan musisi solo atau pertunjukan tari romantis dapat menambah suasana romantis pada pernikahan kalian. Pasangan juga dapat memilih lagu-lagu yang memiliki makna khusus untuk dinyanyikan pada momen tertentu seperti saat prosesi pernikahan atau ketika penyampaian janji suci.

5. Tanyakan referensi dari vendor atau rekan yang sudah menikah

Tanyakan referensi hiburan dari vendor atau rekan yang sudah menikah sebelumnya. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan rekomendasi yang tepat dan bisa menghindari kekecewaan pada hari pernikahan.

7. Pertimbangkan durasi hiburan

Tentukan durasi hiburan yang sesuai dengan jadwal acara pernikahan. Pastikan hiburan yang dipilih tidak terlalu lama atau terlalu pendek sehingga bisa membuat tamu merasa bosan atau terlalu terburu-buru.

Jenis-jenis hiburan pernikahan

wm_article_img
Foto: Yeremia Krisnamurti (pexels)

1. Band 

Band merupakan pengisi hiburan paling umum yang kita lihat di acara pernikahan. Mereka umum ditemui karena sifatnya yang fleksibel dalam membangun mood acara dengan memainkan berbagai jenis musik. Umumnya, mereka bisa memainkan musik pop, klasik, jazz, hingga dangdut koplo untuk membangun suasana. Namun, hal ini perlu dipastikan dulu sebelum menentukan vendor karena ada kemungkinan mereka tidak ahli memainkan genre tertentu.

Ada hal lain yang juga perlu dipastikan saat akan memilih sebuah band, yaitu jumlah anggota mereka. Hal ini akan mempengaruhi peralatan apa saja yang dibawa sehingga kita juga memiliki gambaran area yang akan digunakan. Semakin banyak orang dan instrumen tentunya tempat yang digunakan juga semakin luas. 

Pengalaman juga tak kalah penting untuk memastikan bahwa mereka memang terpercaya. Untuk hal yang satu ini, kamu bisa melihat portofolio mereka, bisa melalui media sosial atau bahkan bertanya langsung kepada mereka yang sudah menikah.

2. Organ tunggal

Hiburan yang satu ini merupakan bentuk lebih simpel dari sebuah band. Sesuai dengan namanya, organ tunggal dilakukan oleh satu orang saja. Namun, biasanya akan ada satu tambahan penyanyi yang akan membawakan lagu-lagunya.

Meskipun terdiri dari lebih sedikit orang, mereka tetap bisa menghibur karena mampu membawakan berbagai jenis lagu yang sering kali lintas genre juga. Mereka juga cenderung bisa lebih interaktif dengan para tamu yang hadir sehingga acara bisa lebih cair.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari pengisi hiburan yang satu ini, yaitu lebih hemat ruang, hemat uang, dan tidak perlu repot dalam mempersiapkannya. 

3. Musik tradisional

Musik tradisional biasanya akan dipilih jika pernikahan digelar dengan konsep tradisional pula. Biasanya hiburan yang satu ini akan membutuhkan segala sesuatu dengan ekstra. Area khusus yang dibutuhkan untuk para pengisi acara ini cenderung lebih besar karena peralatan yang juga berjumlah banyak. Personil yang datang pun biasanya lebih banyak, bahkan biasanya mereka sudah berada satu paket dengan para penyanyi yang jumlahnya lebih dari satu. 

Mereka yang sudah berpengalaman biasanya sudah mengetahui apa saja musik latar yang harus dimainkan di prosesi tertentu, tapi juga mampu membawakan lagu yang memang untuk tujuan hiburan. 

Ada berbagai jenis musik tradisional yang bisa dipilih, seperti campursari dengan berbagai gamelannya, keroncong dengan lagu-lagu romantis yang khas dengan gitar dan ukulelenya, serta yang paling populer saat ini adalah dangdut. Dangdut ini memiliki lagu romantis, tapi juga bisa digunakan untuk memeriahkan acara pernikahan dengan beat yang lebih seru.

4. Tarian

wm_article_img
Foto: Amar Preciado (pexels)

Selain hal yang berkaitan dengan musik, tarian juga menjadi salah satu alternatif hiburan yang bisa disediakan. Tarian ini bisa dalam bentuk tarian modern, bisa juga tarian tradisional. Di beberapa tradisi di Indonesia, tarian malah masuk ke dalam prosesi, misalnya tari piring di Minangkabau. 

Selain tarian tradisional, semua yang datang juga bisa terlibat dalam tarian yang dilakukan, lo. Ada beberapa tarian dalam bentuk dansa yang bisa dilakukan oleh pengantin dan anggota keluarga. Ada juga tarian yang bisa dilakukan oleh tamu yang datang dalam bentuk flashmob. Namun, jika ingin membuat flashmob berhasil, sebaiknya rencanakan dulu dengan matang dan kumpulkan orang yang bisa diajak melakukannya.

5. Games

Games atau permainan dalam acara pernikahan menjadi salah satu hiburan murah meriah yang akan membuat acara pernikahan menjadi semakin seru. Hal ini semakin menyenangkan karena lebih banyak tamu yang akan terlibat daripada hanya menonton saja dari kejauhan. Pengantin juga bisa menjadi lebih membaur dalam acara yang satu ini.

Ada berbagai permainan yang bisa dipilih untuk acara resepsi pernikahanmu, seperti permainan jenga, kuis trivia seputar pengantin, permainan sepatu, dan board game yang lain.

6. DJ

Mengundang DJ untuk acara pernikahan biasanya diterapkan oleh mereka yang menggelar pesta dengan konsep lebih bebas, seperti di hotel,  pantai, atau acara outdoor lainnya. Pastikan kamu sudah mendapatkan izin untuk membuat kebisingan ya, salah-salah nanti malah ada tetangga venue yang protes.

Jika tidak ingin menaruh DJ di acara resepsi pernikahan, kamu bisa membuat acara after party hanya dengan teman-teman dekat saja jika ingin mengundang DJ. Musik yang meriah dari penampil ini memberikan sentuhan yang berbeda terhadap acara pernikahanmu.

Beberapa hiburan tersebut bisa kamu gunakan sebagai jawaban dari apa saja hiburan pernikahan untuk membuat pesta resepsi menjadi lebih berkesan. Detail tambahan kecil seperti kembang api juga bisa kamu tambahkan jika acara digelar di malam hari supaya lebih meriah. Kamu bisa menyesuaikan hiburan dan detail ini dengan budget, preferensi, dan konsep pernikahanmu supaya lebih maksimal.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...