Pilih Kategori Artikel

10 Tips Bulan Madu Romantis dengan Budget yang Tipis
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pasangan yang sudah menikah pasti banyak yang menginginkan bepergian untuk melakukan bulan madu. Sayangnya, tak semua bisa melakukannya dengan alasan waktu maupun budget yang terbatas. Dana mungkin ada, tapi skala prioritas yang dipilih antara pasangan satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda. 

Ada yang memilih menggunakan budget untuk keperluan rumah tangga yang selama ini belum dimiliki. Hal ini membuat bulan madu ada di daftar prioritas nomor sekian. Lalu, apakah pasangan tetap bisa melakukan bulan madu dengan budget yang tipis?

Sebelum menjawabnya, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan bulan madu. Menurut beberapa sumber, bulan madu merupakan sebuah perjalanan yang biasanya dilakukan pasangan setelah menikah dengan tujuan untuk refreshing sekaligus membangun bonding yang lebih kuat. 

Jadi, tidak secara khusus disebutkan bahwa bulan madu harus bersifat perjalanan yang mewah dengan jarak yang jauh. Artinya, kamu dan pasangan tetap bisa menghabiskan waktu bersama sekaligus untuk mengenal lebih dalam satu sama lain melalui bulan madu walau memiliki budget tipis. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini, yuk!

1. Rencanakan bulan madu jauh-jauh hari

wm_article_img
Foto: Rumahkita Travel

Seperti yang kita semua tahu, pernikahan akan memakan cukup banyak biaya. Maka dari itu, sebaiknya rencanakan bulan madu jauh-jauh hari supaya bisa sekaligus merencanakan budget yang akan dianggarkan hingga kapan cuti yang harus diambil jika perlu. 

Hal ini juga akan membantumu mencari tiket dan penginapan yang relatif lebih murah, apalagi jika sudah memiliki incaran. Jika melakukan booking dalam jangka waktu dekat atau bahkan saat hari-H, kemungkinan tiket dan penginapan sudah tidak tersedia atau jika masih tersedia biasanya harga sudah semakin mahal.

2. Sebaiknya hindari peak season saat memilih tanggal untuk melangsungkan bulan madu

wm_article_img
Foto: Travellove

Jika ingin lebih hemat, sebaiknya hindari bepergian pada saat peak season, misalnya saat akhir pekan atau musim liburan panjang. Biasanya pada masa-masa ini, harga tiket perjalanan, penginapan, hingga tiket masuk tempat wisata akan cenderung lebih mahal. 

Pertimbangkan untuk memilih melakukan perjalanan pada hari biasa di hari kerja jika memungkinkan untuk mengambil cuti. Selain membuatmu dan pasangan lebih hemat budget, kalian juga bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan karena bisa lebih nyaman mengeksplorasi destinasi ketika tidak ada banyak pengunjung yang datang. Bulan madu jadi lebih romantis, deh.

3. Destinasi yang dipilih tak harus selalu jauh

wm_article_img
Foto: MesaStila Resort and Spa

Tujuan dari bulan madu adalah refreshing dan saling mengenal satu sama lain dengan pasangan. Tidak ada aturan bahwa destinasi yang dituju harus jauh. Biasanya, perjalanan jauh membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk tiket perjalanan, belum lagi waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih lama sehingga lebih lama pula kamu akan meninggalkan pekerjaan. 

Jika memiliki budget dan jatah cuti yang cukup, hal ini tak masalah untuk dilakukan. Namun, jika ada keterbatasan tertentu, mengunjungi tempat yang dekat pun tidak masalah. Lakukan survey kecil-kecilan letak tempat-tempat terdekat dengan suasana romantis yang bisa kamu kunjungi dengan pasangan. Pilih yang belum dikunjungi sebelumnya jika ingin suasana yang baru.

Pastikan riset yang dilakukan mendalam untuk menghindari terjadinya kekecewaan setelah sampai di sana, ya. Kamu juga bertanya kepada orang-orang terdekat yang pernah ke sana sebelumnya untuk mengetahui kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dan mana tempat yang harus dihindari karena memasang tarif yang mahal, termasuk tempat makan.

4. Pilih pos bagian mana yang akan kamu tekan

wm_article_img
Foto: Rumahkita Travel

Dalam mengalokasikan budget, kamu bisa membaginya ke beberapa pos, misalnya untuk tiket perjalanan, penginapan, masuk tempat wisata, makanan, transportasi, hingga berbelanja. Kamu mungkin bisa memaksimalkan satu pos, tapi dengan menekan biaya yang lainnya. 

Misalnya, jika kamu akan menghabiskan banyak waktu di penginapan karena memilih bulan madu dengan konsep staycation, kamu bisa memilih penginapan dengan harga yang lebih mahal dan menyimpan alokasi uang untuk transportasi. Namun, sebaliknya, jika ingin lebih banyak jalan-jalan, pos untuk penginapan bisa dikurangi untuk dialokasikan ke pos yang lain, seperti transportasi.

5. Saat jalan-jalan, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum atau jalan kaki

wm_article_img
Foto: VC Tailormade Travel

Hal ini bisa kamu pertimbangkan saat menyusun itinerary. Pilih tempat bulan madu yang berdekatan dengan tempat lain yang ingin dikunjungi sehingga bisa dijangkau dengan jalan kaki. Selain lebih hemat, kamu dan pasangan bisa lebih romantis dengan berjalan bersisian. 

Selain itu, opsi naik kendaraan umum akan lebih menghemat budget. Namun, tak semua kota memiliki akses yang satu ini sehingga kamu bisa mempertimbangkan opsi lain. Menyewa kendaraan mungkin akan menguntungkan jika agendamu banyak bepergian daripada sering memesan taksi online. Naik motor akan memberikan pengalaman seru, lo. 

Melalui berbagai pertimbangan tersebut, kamu bisa memilih mana kendaraan yang paling cocok dan menguntungkan.

6. Bandingkan berbagai situs untuk mendapatkan harga terbaik

wm_article_img
Foto: Yourmoon

Inti dari menghemat budget saat bepergian termasuk bulan madu adalah dengan banyak melakukan riset. Alih-alih hanya mengecek harga tiket perjalanan atau penginapan melalui satu aplikasi saja, kamu bisa membandingkannya dengan aplikasi lain yang serupa. 

Biasanya akan ada perbedaan harga dengan fasilitas dan tanggal yang sama sehingga kamu bisa memilih yang paling murah. Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa aplikasi yang kamu gunakan terpercaya. Cek juga pengalaman pengguna sebelumnya untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

7. Kamu bisa menggunakan agen liburan

wm_article_img
Foto: VC Tailormade Travel

Jika kamu terlalu sibuk untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan bulan madu hanya dengan pasangan, meminta bantuan jasa agen liburan mungkin akan membantu. Selain tidak perlu repot mempersiapkan segala hal dengan pasangan, biasanya mereka juga akan memberikan harga yang lebih murah karena sudah memiliki berbagai koneksi.

8. Kontrol pengeluaran dengan tidak melakukan hal di luar rencana

wm_article_img
Foto: Yourmoon

Kadang-kadang dengan prinsip “hidup cuma sekali” atau “kegiatan seperti ini jarang dilakukan”, banyak orang yang melakukan segala sesuatu secara impulsif. Misalnya, melakukan kegiatan berbayar tanpa ada budget yang disediakan atau berbelanja melewati batas yang sudah ditentukan. 

Sebaiknya, persiapkan matang-matang budget yang memang akan digunakan ketika menyusun rencana di awal. Bocor halus ini akan membuat budget membengkak tanpa disadari. Makanya, kunci paling penting untuk menghemat budget saat bulan madu adalah kontrol diri.

9. Cobalah untuk melakukan tawar menawar

wm_article_img
Foto: Yourmoon

Sebuah rahasia umum bahwa banyak harga yang dinaikkan berkali lipat untuk turis yang berkunjung ketika kita datang ke tempat untuk berwisata. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memiliki teknik yang bagus untuk melakukan tawar menawar sehingga tidak mengalami pengalaman tersebut. 

Kamu juga bisa datang ke tempat-tempat yang sudah memberikan daftar harga yang jelas supaya tidak mendapatkan “kejutan” ketika membayarnya. Jangan lupa melakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan bocoran harga dan tips khusus di tempat yang akan kamu kunjungi.

10. Jika ada teman yang bertanya terkait kado yang kamu inginkan, kamu bisa meminta voucher liburan

wm_article_img
Foto: Yourmoon

Saat ini sudah ada banyak orang yang lebih terbuka menanyakan apa yang diinginkan pasangan untuk kado pernikahan. Alih-alih memberikan barang yang mungkin sudah kamu miliki atau kemungkinan besar diberikan oleh orang lain, kamu bisa meminta untuk diberikan voucher liburan saja. Tentu saja ini akan sangat membantumu untuk menghemat pengeluaran ketika bulan madu.

Nah, itu dia beberapa tips bulan madu romantis dengan budget yang tipis. Tak harus selalu bermewah-mewahan, yang terpenting adalah kamu bisa menghabiskan waktu secara romantis dengan pasangan.

Nah, buat kamu dan pasangan yang masih dalam tahap merencanakan pernikahan, kamu juga bisa temukan berbagai kebutuhan untuk hari bahagiamu kelak dari vendor-vendor pernikahan profesional berpengalaman dengan mengunjungi pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom. Pesan Tiket Masuk Gratis dengan klik di tautan ini.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...