Pilih Kategori Artikel

18 Ide Souvenir Pernikahan Bertema Rustic, Natural dan Cantik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tema rustic pada pernikahan menjadi makin populer beberapa tahun ke belakang. Tema ini menonjolkan sisi alami dan natural. Digelar di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, salah satu hal yang paling diandalkan biasanya adalah bagian dekorasi yang terdiri sebagian besar dari elemen kayu. Meskipun begitu, bukan berarti konsep acara ini hanya bergantung dari dekorasi semata, bagian lain juga mengambil bagian yang tak kalah penting. Salah satunya adalah pemilihan suvenir. 

Ada beragam suvenir yang tersedia di luar sana dengan berbagai variasi harga. Jika ingin menyesuaikan dengan tema, pastikan untuk tidak sampai salah memilih. Tak perlu bingung karena banyaknya opsi, kamu bisa kok melihat beberapa ide suvenir pernikahan bertema rustic berikut ini dan mempertimbangkan mana yang kira-kira paling cocok dengan seleramu dan pasangan. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Tanaman berukuran kecil seperti succulent

wm_article_img
Souvenir: Fine Souvenir

Rustic yang kental dengan alam tak hanya didominasi elemen kayu, tapi juga tanaman berwarna hijau. Salah satu tanaman yang praktis untuk dijadikan suvenir adalah succulent karena ukurannya yang kecil akan terlihat cantik di pot. Namun, jangan salah. Dengan perawatan yang benar, tumbuhan ini akan bertahan dalam waktu yang lama dan bisa menghiasi taman dengan cantik saat ukurannya semakin membesar. Memberikan suvenir ini artinya kamu juga meminta doa supaya kebahagiaanmu dalam pernikahan bisa terus bertumbuh layaknya tumbuh-tumbuhan. 

Jika ingin membuatnya lebih unik, selain memilih succulent, kamu juga bisa memberikan satu set untuk bercocok tanam yang biasanya berisi biji-bijian, media tanam, dan sekop kecil untuk para tamu undangan. Tak perlu repot mengepak sendiri, sudah banyak kok vendor suvenir yang menjual paket ini.

2. Alat makan dari kayu

wm_article_img
Souvenir: Lucklig

Alat makan mungkin sudah biasa dijadikan suvenir pernikahan. Nah, untuk membuatnya cocok dengan tema rustic, kamu bisa mengganti peralatan yang biasanya menggunakan bahan stainless menjadi bahan kayu seperti ini. Kamu bisa memilih isian berupa sendok, garpu, sumpit atau sedotan. Selain memberikan suvenir unik dan cantik, kamu sudah ikut mengikuti kampanye melestarikan alam, apalagi dengan wadah dari kain kanvas berisi tulisan penuh pesan untuk para tamu yang menerimanya agar mereka tak lupa membawa peralatan ini ke mana pun pergi.

3. Gelas dari kayu

wm_article_img
Souvenir: One Last Fling

Selain peralatan makan, kamu juga bisa memilih perlengkapan minum seperti gelas dari kayu. Walaupun bentuknya sederhana, dijamin barang yang satu ini akan berguna dan menjadi favorit para tamu untuk minum di rumah. Jika pernikahanmu digelar dengan intimate dan hanya memiliki jumlah tamu yang sedikit, tak ada salahnya untuk custom dengan mengukirkan nama mereka supaya terkesan lebih personal.

4. Tatakan tempat minum

wm_article_img
Souvenir: One Last Fling

Walaupun mungkin terkesan kecil dan sepele, orang akan senang kok menerima barang kecil yang satu ini. Pasalnya, mereka mungkin juga tak kepikiran untuk membelinya sendiri karena merasa tak terlalu butuh. Padahal, saat sudah memilikinya, barang ini akan sangat berguna. Ada berbagai bentuk yang bisa kamu pilih, mulai dari yang dibuat natural layaknya potongan dari cabang pohon maupun yang sengaja dibentuk dengan bentuk tertentu. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan preferensi.

5. Vintage mug

wm_article_img
Souvenir: Lucklig

Selain gelas kayu, tak ada salahnya memberikan cangkir jadul yang menjadi primadona ini. Kabarnya, cangkir vintage ini menjadi best seller karena selain cantik dan cocok untuk pernikahan bertema rustic, barang ini juga memiliki harga yang affordable. Nah, untuk membuatnya semakin lekat lagi dengan nuansa rustic, kamu bisa membukusnya dalam kotak bambu anyaman dengan tali goni berbentuk pita yang menghiasi. Tidak lupa tambahkan aksesori tambahan, misalnya berupa bunga padi kering.

6. Talenan kayu

wm_article_img
Souvenir: Wood Love

Talenan kayu sering dijadikan suvenir karena selain fungsinya sebagai alat yang digunakan untuk menjadi tatakan ketika memotong sesuatu, barang yang satu ini juga memiliki bentuk unik yang sering dijadikan plakat. Tersedia berbagai bentuk mulai dari bundar seperti pada gambar maupun persegi panjang. Ukurannya biasanya cukup lebar sehingga tak perlu memasukkannya ke dalam kotak atau wadah yang spesial. Membungkusnya dengan plastik atau bahkan hanya menaruh pita di bagian pegangannya saja sudah bagus kok.

7. Kipas kayu bulat

wm_article_img
Souvenir: Red Ribbon Gift

Kipas angin menjadi salah satu suvenir yang mungkin paling sering kamu jumpai. Pasalnya, barang yang satu ini bisa langsung digunakan selama acara pernikahan khususnya jika venue memiliki suhu yang panas. Untuk membuat kipas dengan model berbeda, kamu bisa memilih bentuk bulat seperti pada gambar. Alih-alih memilih kipas dengan permukaan dari kain, kamu bisa memilih kipas yang full dibuat dari kayu. Untuk detail dan kualitas yang lebih terjaga, beberapa vendor membuatnya secara handmade, lo.

8. Gantungan baju

wm_article_img
Souvenir: Wood Love

Siapa sangka hanger atau gantungan baju ternyata juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh dari pernikahan yang unik? Pastikan untuk memilih gantungan baju yang terbuat dari bahan kayu supaya tetap cocok dengan tema acara pernikahanmu, ya. Tak perlu mengukir namamu dan pasangan seperti pada gambar, kamu bisa menggantinya dengan memberikan cap nama dan tanggal pernikahan di permukaan gantungan saja kok. Kamu bisa juga memberikan tag kecil dari kertas untuk menuliskannya. Sebagai hiasan, pilih pita dengan warna earth tone yang netral.

9. Bath salt atau garam mandi

wm_article_img
Souvenir: Tiloolah

Tema relaksasi belakangan ini semakin populer, termasuk untuk pemilihan hadiah. Kamu bisa memberikan bath salt atau garam mandi pada tamumu yang mungkin saja kelelahan setelah menghadiri pesta pernikahanmu. Garam mandi akan memberikan efek relaksasi yang mampu menghilangkan stres dan mengurangi pegal-pegal. Pastikan untuk memberikan label “garam mandi” supaya tamumu menggunakannya khusus untuk mandi karena garam jenis ini biasanya hanya untuk penggunaan luar dan tidak bisa dikonsumsi.

10. Sabun batang handmade

wm_article_img
Souvenir: Nonanistya Souvenir

Masih seputar barang yang digunakan untuk mandi. Sabun batang handmade biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang lebih natural sehingga memberikan efek yang bagus. Sabun ini juga memiliki aroma yang lebih memberikan efek relaksasi. Dibuat secara handmade, kamu bisa memesan untuk mengkustomisasi sabun dengan namamu dan pasangan serta tanggal kalian menikah. Dijamin tamu senang dengan suvenir unikmu ini!

11. Loofah

wm_article_img
Souvenir: Sey Loofahsouvenir

Masih asing dengan benda yang satu ini? Loofah adalah alat mandi yang digunakan sebagai pengganti spons yang terbuat dari bahan alami, yaitu oyong yang dikeringkan. Meskipun unik, barang ini banyak gunanya lho, misalnya seperti untuk eksfoliasi kulit. Bentuknya yang unik dan bahannya yang natural akan sangat cocok dengan tema rustic.Kamu bisa menaruhnya ke dalam kotak maupun menghiasnya dengan batang dan memberikan pita seperti pada gambar.

12. Wax sachet

wm_article_img
Souvenir: Eclat Candle

Baru sekilas dilihat saja, benda yang satu ini sudah sangat kental dengan nuansa rustic, kan? Sekilas dilihat lagi, kamu mungkin akan mengira bahwa barang ini adalah sabun batang seperti sebelumnya. Namun, suvenir yang satu ini berbeda, lo. Namanya adalah wax sachet, sebuah pewangi aromaterapi yang terbuat dari paraffin wax atau lilin dan pewangi. Tak perlu dibakar, wax sachet bisa digantung saja layaknya pengharum ruangan biasanya. Makanya, selain fungsinya, suvenir ini akan indah saat digantung di rumah dengan berbagai bunga kering yang menghiasi.

13. Sestoples madu

wm_article_img
Souvenir: Rusticlatte

Madu mungkin jarang dijadikan suvenir untuk pernikahan padahal banyak sekali manfaat yang dimiliki. Selain itu, madu juga bisa disimpan dalam waktu yang relatif lama apabila disimpan dengan benar. Rasanya yang manis juga akan membuat para tamu senang mencampurnya dengan makanan dan minuman atau memakannya begitu saja. Kamu bisa menaruh madu di dalam stoples dan memberikan hiasan kain goni pada tutupnya untuk memberikan kesan rustic yang kuat. 

14. Teh dari berbagai bunga

wm_article_img
Souvenir: Nonanistya Souvenir

Teh menjadi minuman favorit banyak orang yang kini sering dikirimkan sebagai hampers. Makanya, kamu juga bisa menggunakannya sebagai suvenir pernikahan bertema rustic. Tak hanya dibuat dari daun teh biasa, kini ada bermacam-macam bahan teh yang sering digunakan termasuk bunga-bungaan. Teh ini bisa ditaruh di dalam botol transparan agar bisa dilihat dari luar. Kemudian, kamu bisa memberikan hiasan berupa tali goni hingga baby’s breath kering.

15. Empon-empon dalam pouch

wm_article_img
Souvenir: Lucklig

Empon-empon adalah seduhan khas Indonesia yang terdiri dari bahan herbal seperti kunyit, jahe, kayu manis, dan sereh kering. Bahan ini banyak dikonsumsi saat pandemi karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan imun tubuh hingga meredakan peradangan atau inflamasi. Nah, cocok sekali untuk para tamu undangan supaya mereka selalu sehat. Kamu bisa meletakkannya di dalam pouch sehingga tamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus dalam sebuah suvenir.

16. Totebag

wm_article_img
Souvenir: Lucklig

Totebag memiliki berbagai manfaat, salah satunya sebagai tas belanja yang bisa digunakan berulang kali sehingga mampu mengurangi sampah plastik. Kampanye ini akan membuat pernikahanmu jadi lebih go green. Selain itu, kamu bisa memilih totebag yang memiliki warna broken white yang akan sangat cocok dengan tema pernikahan rustic. Sementara, untuk gambarnya kamu tak harus selalu mengikuti pakem dengan gambar pengantin Jawa berhadapan. Kamu bisa juga menggantinya dengan pengantin ala Star Wars atau berkreasi sesuai kehendak. Jika kamu pandai mendesain, kamu juga bisa mengkustomisasi sesuai dengan desain yang dibuat sendiri.

17. Card holder

wm_article_img
Souvenir: Rove Gift

Suvenir yang satu ini akan cocok untukmu yang menggelar pernikahan dengan konsep intimate atau memang ingin memberikan suvenir eksklusif bagi para tamu yang datang. Pasalnya, bukan hanya card holder saja yang indah, tapi juga wadahnya dari kotak kayu yang membuatnya terlihat semakin eksklusif. Selain inisial nama pengantin dan pasangan, kamu juga bisa menggantinya dengan nama-nama tamu yang datang. Namun, sebelumnya berarti kamu sudah harus memastikan list tamu dengan benar, ya.

18. Handsanitizer

wm_article_img
Souvenir: Fine Souvenir

Walaupun kini pandemi berangsur-angsur memulih, hand sanitizer tetap dibutuhkan oleh banyak orang untuk menjaga kebersihan tangan. Kamu bisa membuatnya masuk ke konsep rustic dengan pemilihan wadahnya. Pilih warna netral seperti putih, cokelar, atau warna-warna dengan earth tone. Selain itu, pilih juga desain simpel dengan sentuhan grafis dan bunga di setiap sudut seperti pada gambar.

Nah, itu dia 18 ide suvenir rustic untuk pernikahanmu yang dekat dengan alam. Untuk membuat kesan rustic yang semakin kuat, kamu bisa memilih bungkus yang kental dengan aksen kayu, kain kanvas, kain goni, atau bunga-bunga kecil kering. Kamu juga bisa mengkustomisasi desainnya agar semakin sesuai. Untuk itu, diskusikan dengan vendor suvenir yang kamu pilih, ya.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...