Pilih Kategori Artikel

14 Rekomendasi Suvenir Pernikahan yang Sedang Tren!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Setiap tahunnya, selalu ada tren dalam pernikahan, baik itu tema secara keseluruhan maupun berbagai printilannya. Salah satunya ada suvenir yang sedang tren. Memilih souvenir yang sedang digemari oleh banyak orang, baik pengantin maupun para tamu yang datang, akan membantumu dalam mengatasi kebingungan memilih hal yang satu ini. Para tamu yang datang akan menyukai suvenir yang berguna maupun menghibur ini.

Mengutip beberapa sumber vendor suvenir, berikut ini beberapa suvenir yang sedang tren yang bisa kamu pertimbangkan untuk acara pernikahanmu nanti. Simak yuk apa saja!

1. Tanaman hias mini

wm_article_img

Semenjak pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang memiliki hobi berkebun. Ternyata hobi yang satu ini masih digemari hingga sekarang. Semakin ada banyak orang yang senang melihat tanamannya tumbuh dengan indah. Pilih tanaman hias berukuran mini supaya lebih mudah dibawa dan dirawat oleh para tamu. 

Beberapa pilihan tanaman hias mini yang bisa kamu pertimbangkan meliputi kaktus atau sukulen. Perawatan tanaman ini relatif lebih mudah dan penempatannya bisa di dalam ruangan, seperti dekat jendela kamar atau ruang tamu. 

Selain kaktus, tanaman herbal seperti basil, mint, atau rosemary juga bisa diberikan sebagai suvenir yang tidak hanya cantik, tetapi juga fungsional. Tamu bisa menanamnya di dapur. Kedua tanaman ini bisa diberikan dalam pot kecil dan dihias dengan pita yang cantik.

2. Produk-produk eco-friendly

Semakin ke sini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga keseimbangan alam. Oleh sebab itu, produk-produk yang eco-friendly semakin banyak diminati. Tumbler menjadi salah satu barang yang populer untuk dijadikan suvenir jenis ini di berbagai acara, termasuk pernikahan. 

Produk lain yang juga berguna adalah tas belanja kain yang bisa digunakan berulang kali dan mengurangi penggunaan plastik. Tas-tas ini bisa dihias dengan desain yang menarik dan dipersonalisasi dengan nama pengantin dan tanggal pernikahan. Namun, usahakan untuk membuat tumbler dan tas memiliki desain kekinian dan fungsi yang baik supaya tidak hanya menumpuk dan tidak digunakan oleh para tamu yang menerima karena desainnya yang terlalu menyolok.

3. Makanan dan minuman

wm_article_img

Makanan dan minuman ternyata tetap menjadi salah satu suvenir yang populer hingga sekarang. Bentuknya bisa berupa produk homemade seperti madu atau selai yang dikemas dalam botol kecil dengan menampilkan nama pengantin dan tanggal pernikahan. 

Selain itu, teh atau kopi premium dalam kemasan yang cantik adalah pilihan  yang bukan hanya bermanfaat, tapi juga elegan. Kamu bisa bekerja sama dengan produsen lokal untuk memberikan teh dan kopi dengan rasa yang lebih autentik sekaligus membantu bisnis lokal.

4. Aksesori unik

Gelang atau kalung handmade merupakan sebuah suvenir yang memberikan sentuhan personal. Suvenir ini bisa dibuat dengan bahan seperti tali, manik-manik, atau logam, dan bisa juga dipersonalisasi dengan inisial atau simbol tertentu yang berkaitan dengan pernikahanmu.

Selain gelang atau kalung, gantungan kunci ternyata masih menjadi sebuah barang yang digemari sebagai suvenir pernikahan. Namun, bentuknya jangan yang pasaran, ya. Pilih gantungan kunci yang memiliki desain unik atau personal yang bisa digunakan oleh tamu untuk menghiasi tas mereka.

5. Barang rumah tangga berukuran kecil

Alih-alih memilih suvenir berupa alat makan dari bahan plastik, peralatan yang dibuat dari bahan alami seperti kayu atau bambu menjadi tren karena ramah lingkungan dan estetik apalagi jika barang ini dihias dengan ukiran bentuk tertentu. 

Selain peralatan makan, hiasan kulkas  dengan desain lucu atau foto pasangan pengantin menjadi suvenir yang menarik. Setiap kali tamu undangan melihat magnet tersebut di kulkas mereka, mereka akan teringat pada hari spesialmu. Pastikan desainnya cocok dengan berbagai konsep rumah supaya bisa dipasang, ya.

6. Barang yang dikustomisasi

wm_article_img

Meskipun terdengar pasaran, nyatanya kipas tangan masih menjadi sebuah suvenir yang terus populer apalagi jika acara pernikahan digelar di luar ruangan. Benda yang satu ini bukan hanya cantik, tapi juga memiliki fungsi yang baik. Untuk membuatnya lebih berkesan, jangan lupa untuk membuat desain kipas yang sesuai dengan tema pernikahan. 

Barang kustomisasi lainnya adalah notebook atau planner. Semakin ke sini, hobi journaling juga menyita banyak perhatian orang.  Buku catatan kecil atau planner dengan desain yang cantik menjadi pilihan yang bermanfaat dan estetis. Tamu undangan bisa menggunakannya untuk mencatat kegiatan sehari-hari atau sebagai planner pribadi.

7. Produk DIY kit

Terlalu banyak orang yang menghabiskan waktu secara daring membuat kita ingin mencari hobi menyenangkan yang tidak selalu menatap layar. Membuat produk secara DIY pun kini semakin banyak diminati. Suvenir DIY kit jadi salah satu barang yang populer dan membuat tamu bisa menemukan hobi baru.

Suvenir DIY ini bisa berupa kit menanam yang berisi bibit tanaman, tanah, dan pot kecil. Ajak tamu undangan untuk menanam sendiri di rumah dan merawat tanaman tersebut sebagai kenangan dari pernikahanmu. Paket kecil berisi benang dan jarum rajut atau renda dengan panduan sederhana untuk membuat barang seperti gantungan kunci atau hiasan dinding juga menjadi kado kecil menyenangkan yang lainnya.

8. Produk aromaterapi

wm_article_img

Banyak orang yang merasakan stres akibat banyaknya tekanan kehidupan. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah dengan memasang aromaterapi di rumah. Kantong kecil berisi campuran herba kering seperti lavender atau bunga mawar yang bisa digunakan sebagai pewangi lemari atau tas akan menjadi pilihan suvenir yang bermanfaat.

Selain itu, ada bentuk lain yang bisa diberikan, yaitu botol kecil berisi essential oil dengan berbagai aroma yang menenangkan, disertai kartu kecil tentang manfaat dan cara penggunaannya. Lilin yang memiliki berbagai wangi juga bisa menjadi suvenir kecil yang cantik.

9. Personal care

Jika dahulu personal care lebih banyak diberikan dalam bentuk sabun dan sejenisnya, kini ada personal care yang lebih populer. Hand sanitizer masih menjadi salah satu barang esensial yang praktis untuk dibawa oleh orang ketika bepergian. Berikan barang ini dengan wadah cantik yang dihias sedemikian rupa. 

Selain itu, lip balm atau lip exfoliator juga menjadi salah satu personal care yang bisa kamu pertimbangkan. PIlih bahan-bahan yang alami supaya tidak menimbulkan efek samping pemakaian pada tamu.

10. Suvenir kreatif

wm_article_img

Selain bermanfaat, suvenir juga bisa bersifat lebih menghibur. Salah satunya adalah dalam bentuk suvenir kreatif, seperti puzzle kecil yang memiliki gambar pengantin atau sesuatu yang berhubungan dengan tema pernikahan. Bentuk lainnya adalah kartu pos atau printed art dengan desain indah dan dipersonalisasi. Suvenir ini akan cocok untuk disimpan maupun dijadikan pajangan.

11. Suvenir digital

Memberikan QR code yang dapat dipindai untuk mengakses galeri foto pernikahan adalah ide yang inovatif. Tamu undangan bisa menyimpan kenangan pernikahan dalam bentuk digital dan mengaksesnya kapan saja. 

Kartu hadiah digital untuk layanan streaming atau belanja online menjadi pilihan modern dan praktis. Pasangan pengantin bisa memilih layanan atau toko yang sesuai dengan minat tamu.

12. Card holder

wm_article_img

Kini orang lebih memilih untuk melakukan pembayaran secara cashless. Hal ini memengaruhi kebiasaan mereka yang jarang menyimpan uang di dompet. Dompet berukuran kartu pun lebih banyak diminati. Makanya, card holder menjadi salah satu suvenir yang semakin laris manis dan akan bermanfaat untuk para tamu. Pilih desain sederhana yang bisa dibawa ke mana-mana oleh para tamu, ya.

13. Kalender

Barang yang satu ini menjadi suvenir yang populer untuk acara pernikahan di awal tahun. Sudah pasti benda yang satu ini akan bermanfaat apalagi jika dibuat dengan desain estetis yang bisa ditaruh di meja atau dibuat foldable sehingga bisa ditempel karena satu halaman saja. 

Usahakan untuk tidak menaruh fotomu supaya para tamu tidak terlalu canggung jika ingin memasangnya, alih-alih kamu bisa menggantinya dengan kutipan atau kamu juga bisa membuat gambar sendiri jika ingin membuat kalender ini semakin memiliki kesan yang personal.

14. Sajadah

Sajadah menjadi salah satu barang yang digunakan untuk melakukan ibadah salat. Seringnya, orang melupakan kebutuhan yang satu ini dan lebih fokus dengan yang lainnya, seperti mukenah yang mudah dibawa. Untuk melengkapi peralatan ibadah para tamu, kamu bisa menyediakan sajadah traveling size yang bisa didbawa ke mana-mana. Suvenir ini juga bisa bermanfaat baik tamu laki-laki maupun perempuan.

Itu dia beberapa suvenir yang sedang tren dan populer sehingga sering dijadikan pilihan oleh para calon pegantin. Kamu bisa memilihnya dengan menyesuaikan budget dan konsep acara. Jika ingin memberikan sentuhan yang lebih personal, kamu juga bisa memilih desain yang dipersonalisasi.


Foto cover: pexels/Burak Evlivan

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...