Pilih Kategori Artikel

20 Inspirasi Suvenir Pernikahan untuk Intimate Wedding
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Kini intimate wedding semakin banyak digemari oleh calon pengantin, bukan karena lebih hemat saja, tapi banyak juga yang memilihnya karena merasa bahwa konsep pernikahan seperti ini akan membuat suasana terasa lebih sakral dan akrab. Calon pengantin juga bisa mempersiapkan segala sesuatunya secara lebih detail karena jumlah tamunya relatif lebih kecil. Budget bisa dialokasikan ke sesuatu yang lebih eksklusif dan istimewa. 

Salah satu detail yang bisa dipikirkan dengan matang-matang adalah suvenir pernikahan untuk intimate wedding. Alih-alih memberikan suvenir murah dengan kualitas yang kurang awet, calon pengantin bisa memilih dengan lebih baik. Apakah kamu tertarik untuk menggelar pernikahan intimate juga? Jika iya, berikut ini beberapa inspirasi suvenir pernikahan intimate yang bisa kamu pertimbangkan. Simak sampai habis, ya!

Tips memilih suvenir pernikahan intimate

wm_article_img

Sebelum ke inspirasi barang-barangnya, kamu bisa menyimak dahulu beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan barang terbaik. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Tambahkan kesan personal

Salah satu ciri dari pernikahan intimate adalah kedekatan. Hal ini bisa diwujudkan dengan melakukan personalisasi terhadap barang yang akan diberikan untuk membuat tamu merasa istimewa. Pertimbangkan untuk menambahkan inisial, tanggal pernikahan, atau pesan khusus pada suvenir.

  1. Kualitas di atas kuantitas

Jumlah tamu yang diundang pada pernikahan ini lebih sedikit daripada pernikahan biasanya. Makanya, budget bisa digunakan untuk mencari suvenir dengan kualitas yang bagus daripada berfokus pada kuantitas. Pilih hadiah yang lebih elegan dan tahan lama.

  1. Sesuai tema

Untuk membuat pernikahanmu secara keseluruhan semakin berkesan, pilih suvenir yang relevan dengan tema pernikahan atau lokasi acara. Misalnya, jika kamu menikah di pantai, pertimbangkan memberikan suvenir seperti kipas tangan atau handuk kecil.

  1. Praktis dan berguna

Biasanya orang memberikan suvenir hanya sekadar untuk memberikan oleh-oleh saja dari pernikahan sehingga kurang dipikirkan kegunaannya. Untuk pernikahan tema intimate, usahakan untuk memberikan sesuatu yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti lilin aromaterapi, sabun handmade, atau tas kanvas. Suvenir yang berguna akan lebih dihargai dan dikenang.

  1. DIY atau handmade

Suvenir buatan tangan atau DIY memberikan sentuhan personal yang lebih kuat. Jika kamu memiliki waktu yang cukup dan kemampuan untuk membuat sesuatu, saatnya kamu memanfaatkannya dengan membuat sendiri suvenirmu. Kamu bisa membuat lilin, sabun, atau selai buatan sendiri untuk memberikan sentuhan yang unik.

  1. Sentuhan lokal

Mungkin tidak semua tamumu berasal dari daerah yang sama denganmu. Ada yang berasal dari luar kota atau bahkan luar pulau. Apabila ada barang tertentu yang menjadi ciri khas daerah pernikahanmu, pertimbangkan memberikan suvenir yang mencerminkan budaya atau produk lokal tersebut.

  1. Kemasan yang menarik

Kemasan yang cantik dan menarik dapat membuat suvenir sederhana menjadi lebih istimewa. Alih-alih hanya membungkusnya menggunakan plastik, gunakan kotak, tas, atau pembungkus yang elegan dan sesuai dengan tema pernikahan. Bungkus ini juga akan membuat para tamu semakin penasaran.

  1. Ukuran yang pas

Meskipun bersifat eksklusif dan mungkin memiliki ukuran yang lebih besar dari suvenir biasanya, tetap pertimbangkan bagaimana tamu akan membawanya. Pilih ukuran yang pas dan tidak terlalu besar, apalagi jika tamu banyak yang berasal dari luar kota atau daerah.

  1. Eksklusivitas

Karena pernikahan intimate biasanya memiliki jumlah tamu yang terbatas, kamu bisa memilih suvenir yang lebih eksklusif dan spesial, yang mungkin sulit didapatkan di tempat lain sehingga saat tamu menerimanya, mereka akan lebih terkesan.

  1. Mengandung kenangan

Pilih suvenir yang dapat mengingatkan tamu akan momen spesial di pernikahanmu, seperti foto-foto atau sesuatu yang berhubungan dengan kisah cintamu selama ini. Misalnya, jika suatu hari pasanganmu memenangkan hati orang tua dengan makanan, seperti cookies bikinan sendiri, kamu bisa memberikan cookies ini sebagai suvenir juga.

Rekomendasi suvenir pernikahan intimate

wm_article_imgwm_article_img

Setelah mengetahui tipsnya, berikut ini ada beberapa rekomendasi suvenir yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk di acara pernikahan nantinya. 

  1. Ilustrasi custom

Hal ini tentu akan menjadi suvenir yang sangat istimewa karena setiap tamu akan mendapatkan hasil yang berbeda. Kamu bisa menggunakan jasa ilustrator yang bisa menggarap hadiah ini atau membuatnya sendiri jika bisa. Untuk referensi, minta para tamu untuk mengumpulkan foto portrait mereka sehingga bisa kamu kirimkan ke ilustrator. Jangan lupa untuk mengirimkannya jauh-jauh hari, ya.

  1. Mini terrarium

Alih-alih memberikan tanaman sukulen di dalam pot yang sudah biasa, kamu bisa mempertimbangkan untuk memberikan mini terrarium kepada tamu. Isi dengan tanaman kecil dan dekorasi unik di dalamnya yang bisa digunakan sebagai hiasan rumah.

  1. Infused olive oil

Suvenir yang satu ini masih jarang diberikan, tapi sebenarnya akan bermanfaat untuk para tamu, lo. Berikan botol kecil berisi minyak zaitun atau cuka yang diinfus dengan rempah-rempah khusus. Suvenir ini bisa menjadi tambahan yang elegan untuk dapur para tamu.

  1. Puzzle yang dipersonalisasi

Buat puzzle dengan gambar pasangan pengantin atau tema pernikahan sehingga tamu bisa merangkainya dan menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Buat dengan ukuran yang agak besar supaya tidak langsung jadi dalam beberapa waktu saja, biarkan mereka berpikir untuk menyusunnya.

  1. DIY kit

Suvenirmu bisa menjadi sebuah hal yang akan menjadi hobi para tamu nantinya jika kamu memberikan mereka DIY kit. Sediakan satu set untuk membuat sesuatu, seperti kit untuk membuat lilin, bath bombs, atau planting kit untuk menanam bunga atau tanaman lainnya.

  1. Cokelat artisan

Siapa yang tidak menyukai makanan manis yang satu ini? Kita hampir bisa menemukannya di beragam toko. Namun, untuk membuatnya lebih istimewa, tak ada salahnya memberikan cokelat dari artisan yang memiliki proses pembuatan istimewa dan rasa yang unik sehingga lebih eksklusif.

  1. Handcrafted leather keychains

Gantungan kunci telah menjadi sebuah suvenir yang tak lekang oleh waktu. Masih banyak yang memberikan barang ini sebagai suvenir pernikahan sampai sekarang. Jika kamu juga ingin memberikan barang yang satu ini, sebaiknya buat naik kelas dengan memberikan gantungan kunci yang lebih elegan, yaitu gantungan kunci dari kulit yang dibuat dengan tangan pengrajin lokal.

  1. Teh yang dipersonalisasi

Biasanya orang yang memberikan teh akan memberikan sesuai yang tersedia di toko saja. Namun, ternyata kamu juga bisa ‘membuat’ tehmu sendiri, lo. Teh bisa dipersonalisasi dengan rasa favorit pengantin. Dengan begitu, rasanya pun akan khas dan berbeda dari yang lain. Kemasan teh bisa dilengkapi dengan label yang indah dan pesan khusus dari pasangan.

  1. Resep yang ditulis tangan

Apakah kamu memiliki resep turun temurun dari keluarga yang memiliki citarasa istimewa? Selain menyajikannya sebagai makanan di acara pernikahan, kamu juga bisa memberikan kumpulan resepnya untuk para tamu sehingga mereka juga bisa membuat ulang di rumah. Untuk membuatnya semakin personal, kamu bisa menulis tangan dan menyetaknya sejumlah tamu yang datang. Setiap tamu akan membawa pulang sepotong warisan kuliner keluarga.

  1. CD atau kartu berisi playlist musik

Buat playlist musik yang menceritakan kisah cinta pasangan dan bagikan kepada tamu dalam bentuk CD atau barcode yang bisa di-scan digital dengan cover yang dipersonalisasi. Pastikan para tamu bisa memutarnya dengan player yang mudah dijangkau, seperti Spotify atau YouTube Music.

  1. Keramik yang dipersonalisasi

Jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat keramik, inilah saat yang cocok untuk menghadiahi para tamu hasil karyamu. Namun, tentunya butuh waktu yang lama untuk membuatnya dalam jumlah tertentu. Untuk itu, cicil untuk membuatnya jauh-jauh hari. Berikan piring atau mug yang memiliki desain berbeda. Tak hanya praktis dan bisa digunakan dalam keseharian, barang ini juga akan mengingatkan mereka padamu dan pernikahanmu.

  1. Tas yang dipersonalisasi

Totebag juga menjadi salah satu suvenir yang banyak diberikan kepada para tamu. Namun, kamu harus membuatnya naik kelas dengan melakukan personalisasi dan membuatnya terlihat lebih artistik sehingga para tamu akan lebih percaya diri ketika akan memakainya. Tas pun lebih berguna karena dipakai sehari-hari.

  1. Selimut kecil

Selain handuk, kamu juga bisa memberikan selimut kecil yang bisa digunakan oleh satu orang. Pilih warna yang sesuai dengan warna pernikahanmu atau yang bersifat netral sehingga bisa digunakan di mana saja. Jangan lupa personalisasi dengan memberikan inisial nama pengantin dan tanggal kalian menikah.

  1. Bookmark 

Barang yang satu ini cenderung bersifat kecil dan sering terlupakan. Jika kamu dan pasangan merupakan dua orang yang memiliki hobi membaca buku, kamu bisa memberikan benda yang satu ini sebagai suvenir.  Kalian juga bisa meningkatkan minat baca dengan memberikan bookmark yang berbeda dari biasanya. Misalnya, bookmark bahan berkualitas tinggi seperti kulit atau logam yang diukir dengan nama pasangan atau kutipan favorit. Berikan satu set berisi beberapa bookmark sekaligus.

  1. Parfum buatan sendiri

Parfum merupakan sebuah hal yang personal. Wangi-wangian tertentu akan direkam dalam memori sehingga jika menciumnya, orang akan teringat pada momen tertentu. Untuk membuat para tamu selalu teringat padamu dan acara pernikahanmu, kamu bisa memilih parfum sebagai suvenir. Untuk membuatnya memiliki wangi yang unik, buat sendiri parfum tersebut.

  1. Jurnal personal

Sajikan jurnal buatan tangan dengan sampul yang dipersonalisasi. Suvenir ini akan menjadi hadiah yang indah bagi tamu yang suka menulis atau mencatat. Kesan estetik yang diberikan juga bisa membantu mereka memulai menuangkan perasaan mereka melalui media yang satu ini.

  1. Fortune cookies

Berikan fortune cookies yang diisi dengan pesan yang berisi tulisan khusus yang dibuat dengan personal oleh pengantin. Selain memberikan mereka kenang-kenangan dari acara pernikahan, cookies ini juga akan menjadi media bagimu dan pasangan untuk menyampaikan harapan baik kepada semua tamu yang datang.

  1. Pewangi lemari

Berikan sebuah gantungan yang diisi dengan bunga kering dan rempah-rempah harum, seperti lavender atau kelopak bunga mawar yang bisa digunakan tamu untuk mengharumkan lemari atau kamar tidur para tamu.

  1. Soap bars

Sabun batang masih menjadi salah satu suvenir yang bukan hanya berguna, tapi juga memiliki bentuk unik yang bisa dipersonalisasi. Kamu bisa menggunakan permukaannya untuk membuat ilustrasi dengan hal yang sesuai dengan tema pernikahanmu. Jangan lupa untuk menambahkan wangi yang juga khas.

  1. Hiasan dinding

Ada berbagai macam hiasan dinding yang bisa diberikan kepada para tamu, salah satunya adalah lukisan atau ilustrasi. Selain artistik, hiasan dinding juga akan berfungsi dengan baik. Hal yang satu ini akan semakin berkesan apabila kamu dan pasangan menggambarnya sendiri. 

Dari beberapa rekomendasi suvenir pernikahan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan mana yang paling cocok dengan acara pernikahan dan kepribadianmu. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan budget dan kemampuan menyediakannya.


Foto cover: Book Idea

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...