Pilih Kategori Artikel

20 Kado Anniversary Pernikahan untuk Tahun Pertama biar Makin Mesra
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Meskipun bulan madu bagi pasangan mungkin hanya terdiri dari beberapa hari saja, nyatanya fase ini bisa bertahan sampai beberapa tahun pertama pernikahan. Makanya, tidak heran jika masih ada banyak hal yang dirayakan, termasuk ulang tahun pernikahan atau lebih sering disebut sebagai anniversary. Pada saat ini, kamu dan pasangan bisa menyediakan waktu untuk merayakannya dengan berbagai hal, bisa makan bersama, menghabiskan waktu untuk berlibur, atau sekadar bertukar kado.

Bertukar kado ini menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya, di tahun pertama kalian tinggal bersama mungkin sudah ada beberapa kebiasaan yang mulai diketahui. Meskipun begitu, memilih kado terkadang masih terasa membingungkan. Untuk membantu hal ini, beberapa rekomendasi barang berikut ini bisa kamu berikan untuk kado anniversary tahun pertama supaya tahun-tahun selanjutnya kalian bisa semakin mesra. Apa saja? Berikut ini jawabannya!

1. Set untuk melakukan olahraga

wm_article_img
Foto: pexels/Shotpot

Tahun-tahun pertama pernikahan mungkin membuat kamu dan pasangan masih berusaha untuk menyesuaikan diri satu sama lain sehingga banyak kegiatan yang mungkin kalian lewatkan, salah satunya adalah olahraga. Menjaga kebugaran fisik juga menjadi suatu hal yang harus dilakukan setelah menikah, lo. Mumpung ada teman baru untuk melakukan olahraga di rumah, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah set olahraga. Bentuknya bisa beraneka ragam, mulai dari set pakaian olahraga baru, gym set, atau bahkan paket berlangganan ke tempat gym, pilates, atau yoga terdekat.

2. Mesin espresso

Saat baru menikah dan tinggal di rumah baru, kalian mungkin masih fokus terhadap perabotan yang primer dan penting untuk mengisi rumah. Mesin espresso pun menjadi prioritas ke sekian. Jika kalian  merupakan sepasang suami istri yang sama-sama menyukai kopi, mesin espresso akan menjadi hadiah yang bukan hanya berkesan, tapi juga berguna. Bahkan, mesin ini bisa jadi akan menghemat pengeluaranmu untuk membeli kopi dari luar.

3. Jurnal resep

Di tahun-tahun pertama, kalian berdua mungkin juga masih senang mengeksplorasi berbagai jenis makanan untuk dimasak. Untuk tetap menyalakan semangat eksplorasi ini, jurnal resep akan menjadi sebuah catatan penemuan makanan yang berharga. Kalian bisa mencatat resep yang berhasil dibuat pada hari tersebut. Selain itu, ada juga berbagai jurnal yang dilengkapi dengan catatan untuk diet, resep dari chef, dan informasi yang lainnya. Untuk membuatnya lebih spesial, pilih jurnal yang bagian cover-nya bisa dikustomisasi dengan warna kesukaan pasangan atau detail lain yang menggambarkannya.

4. Perhiasan

wm_article_img
Foto: pexels/Karolina Grabowska

Salah satu kado yang tidak pernah salah adalah perhiasan. Layaknya hari pernikahan di mana kamu memberikan cincin, perhiasan dalam bentuk lain juga akan menjadi kado yang berkesan. Sesuaikan bentuk, warna, dan bahan sesuai dengan preferensi pasangan dan budget yang dimiliki. Walaupun mungkin perhiasan ini tidak bisa dikenakan sehari-hari, barang ini bisa dipakai di momen spesial maupun disimpan sebagai barang  berharga.

5. Kerajinan yang dibuat sendiri

Jika merasa bahwa semua hadiah terlalu biasa, kamu bisa memberikan sentuhan yang lebih personal untuk membuatnya terasa jauh lebih spesial. Salah satunya adalah dengan memberikan kerajinan tangan yang dibuat sendiri. Bentuknya bisa bermacam-macam dan disesuaikan dengan kemampuan, mulai dari rajutan, keramik, anyaman, hingga aksesori dari manik-manik. Jangan lupa untuk menyematkan nama, ciri khas, atau tanggal pernikahan ke dalam kerajinan ini supaya membuatnya terlihat lebih unik.

6. Parfum

Bau parfum merupakan sebuah signature dari seseorang. Setelah tinggal bersama selama satu tahun, kamu mungkin sudah hafal bau dari pasanganmu termasuk jenis parfum favoritnya. Untuk itu, akan lebih mudah untukmu dalam memilih parfum yang cocok untuknya sebagai kado pernikahan. Kamu bisa memberikan hadiah parfum dengan bau yang mirip, tapi dari merek yang berbeda atau justru kamu mungkin bisa memberikan jenis parfum baru untuk ia coba jika ingin memberikan suasana yang berbeda pada pernikahan kalian. Untuk membuatnya lebih personal lagi, kamu juga bisa membuat parfum sendiri.

7. Buket dengan berbagai isian yang kreatif

wm_article_img
Foto: pexels/Vija Rindo Pratama

Sebagian besar wanita menyukai bunga karena warnanya yang cantik dan baunya yang wangi. Makanya, rasanya hadiah yang satu ini akan selalu ada dalam berbagai perayaan. Biasanya bunga ini akan diberikan dalam bentuk buket yang lebih cantik dan handy. Tentu saja buket bunga bisa diberikan saat anniversary. Namun, jika kamu merasa bahwa rangkaian bunga ini masih kurang berkesan, isinya bisa diganti. Ada macam-macam isian yang bisa ditaruh di dalamnya, mulai dari seperangkat snack favorit hingga uang yang dibentuk layaknya bunga supaya pasanganmu tetap merasakan keromantisan, tapi juga bisa membelanjakannya sendiri.

8. Tiket konser

Setelah menikah mungkin ada banyak kesibukan baru yang membuat kalian sulit untuk mencari waktu bersantai. Tidak ada salahnya datang ke acara favorit untuk melepas stres sejenak. Salah satunya adalah datang ke konser. Cobalah untuk mencari informasi mengenai musisi yang akan menggelar konser mereka. Usahakan untuk memilih musisi yang menjadi favorit dari pasangan atau kalian berdua. Kamu bisa membeli tiket diam-diam dan mengatur perjalanan apabila konser ini digelar di luar kota atau luar negeri.

9. Jam tangan

wm_article_img
Foto: pexels/Antony Trivet

Walaupun mungkin banyak orang yang memberikan hadiah yang satu ini kepada pasangannya, memberikan jam tangan rasanya memang tidak pernah salah. Selama satu tahun tinggal bersama seharusnya kamu sudah bisa mulai memahami selera dari pasanganmu. Seperti apa model jam tangan yang menjadi favorit pasangan, apa merek kesukaannya, bahkan bahan seperti apa yang ia sukai.

10. Lagu atau puisi

Banyak yang bilang bahwa kebanyakan orang lebih menyukai barang nyata daripada sekadar kata-kata. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki love language yang berbeda-beda dan salah satunya adalah words of affirmation. Alih-alih mendapatkan hadiah berupa barang, hadiah dalam bentuk lagu atau puisi yang dibuat khusus untuk pasangan merupakan hal yang bisa dipertimbangkan. Pasalnya, sesuatu yang dibuat khusus untuk pasangan tentunya akan memberikan kesan tersendiri bersama ketulusan di dalamnya.

11. Push pin world map

Hadiah yang satu ini akan cocok untuk pasangan yang senang jalan-jalan ke kota atau bahkan negara baru. Melalui peta ini, kalian bisa memulai perjalanan baru dengan menandai kota mana saja yang sudah dikunjungi dan mana yang akan kunjungi bersama. Peta ini biasanya dibuat dari bahan yang tahan lama dengan figura yang kokoh sehingga bisa dipasang menjadi hiasan juga. Pin yang digunakan untuk menandai lokasi dan bendera kecil juga disediakan. Selain itu, biasanya ada nama dan detail yang bisa disesuaikan dengan personalisasi.

12. Kupon date night

Jika kamu bingung untuk memutuskan satu hadiah saja, kamu bisa menyiapkan 52 kartu yang menandakan jumlah malam minggu dalam setahun yang berisi ide untuk berkencan. Isinya bisa beragam, mulai dari piknik bersama, camping, makan malam romantis, hingga sebuah kartu kosong yang bebas diisi oleh pasangan. Kartu tersebut bisa digunakan satu minggu sekali selama satu tahun ke depan. Selain menjadi sebuah hadiah yang menarik, kalian tidak perlu bingung lagi memutuskan untuk melakukan apa di kencan berikutnya. Seru, bukan?

13. Jam yang berbentuk origami (origami clock)

Tahukan kamu bahwa ternyata ada kado tradisional yang bisa diberikan untuk anniversary tahunan? Anniversary pada tahun pertama identik dengan kertas yang dianggap sebagai sesuatu yang rapuh, tapi akan semakin kuat jika diperlakukan dengan baik. Sementara itu, kado yang lebih modern adalah jam dinding yang memiliki arti berlalunya waktu dan berbagai perubahan yang mengiringinya. Untuk mendapatkan dua hal ini sekaligus, kamu bisa membeli sebuah jam dinding yang terbuat dari kertas dengan bentuk origami. Tentunya kertas yang digunakan merupakan kertas yang kuat sehingga lebih awet.

14. Puzzle

Supaya quality time bisa jadi lebih seru, kalian bisa mengobrol sambil melakukan sesuatu, termasuk menyelesaikan permainan. Salah satu permainan yang seru untuk dilakukan adalah puzzle. Namun, alih-alih memilih puzzle yang biasa saja, kamu bisa menggunakan puzzle yang memiliki gambar unik, seperti foto kalian berdua. Untuk membuatnya memiliki level kesulitan yang lebih tinggi, kamu bisa memilih puzzle dengan potongan yang lebih kecil.

15. Buku parenting

wm_article_img
Foto: pexels/Lina Kivaka

Apakah kamu dan pasangan sedang menanti buah hati di ulang tahun pernikahan pertama kali ini? Jika iya, buku parenting akan menjadi sebuah hadiah yang berkesan dan juga bermanfaat untuk kalian berdua. Pilih buku dengan gaya parenting yang paling cocok dengan kalian berdua. Bahasan ini akan lebih baik jika sudah dilakukan jauh hari sebelum kalian menantikan buah hati.

16. Turntable

Jika kalian berdua penyuka musik dan barang-barang vintage, hadiah dalam bentuk turntable akan menjadi sebuah barang yang terasa berharga. Kalian bisa mendengarkan musik favorit melalui pemutar vinyl ini. Jangan lupa, jika belum memilikinya, kamu bisa membeli satu atau dua vinyl dengan lagu romantis di dalamnya untuk diputar. Tak hanya itu saja, kado yang satu ini juga bisa menjadi penghias ruangan yang cantik.

17. Massage gun

Setelah menikah, kamu mungkin akan merasa tubuhmu tidak seperti dahulu lagi yang kuat. Makanya, massage gun akan menjadi sebuah kado yang sangat menyenangkan bagi pasangan. Massage gun adalah alat yang digunakan untuk memijat badan dengan getaran. Setelah menyelesaikan pekerjaan rumah atau setelah pulang kerja, barang yang satu ini akan menjadi barang yang dicari-cari.

18. Jubah dari sutra

wm_article_img
Foto: pexels/анна хазова

Kado yang satu ini memberikan sentuhan yang lebih personal karena pakaian ini hanya dikenakan di rumah saja. Alih-alih memberikan jubah handuk, kamu bisa memberikan jubah dari kain sutra yang lembut. Pilih warna hitam untuk memberikan kesan yang mewah dan elegan. Kamu juga bisa membeli versi couple sehingga bisa dikenakan bersama.

19. Desk set up

Apakah kamu dan pasangan memiliki pekerjaan yang dikerjakan dari rumah? Namun, selama ini mungkin kalian hanya menggunakan meja dan kursi biasa tanpa ada penataan tertentu. Jika demikian, desk set up akan menjadi sebuah kado yang bisa dipertimbangkan. Sediakan ruangan atau area khusus untuk menata meja, kursi, perangkat teknologi yang kalian gunakan untuk bekerja. Kemudian, kamu juga bisa menghias area ini dengan berbagai printilan hobi yang membuat bekerja terasa lebih semangat. Selain menyenangkan, kalian juga bisa lebih produktif setelah ulang tahun pertama ini.

20. Tanyakan apa yang ia butuhkan

Memberikan kado tanpa diketahui oleh pasangan sebelumnya memang akan memberikan kesan kejutan yang membuat berdebar-debar. Namun, dalam beberapa kasus, kado ini bisa saja kurang cocok dengan kebutuhan pasangan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya menanyakan secara langsung mengenai apa yang sedang dibutuhkan oleh pasangan.

Nah, itu dia beberapa kado anniversary pertama yang bisa kamu berikan kepada pasangan supaya hubungan kalian berdua bisa terasa lebih mesra di tahun-tahun selanjutnya. Selain kado tersebut, tidak ada salahnya untuk menyusun rencana makan malam romantis atau melakukan kegiatan untuk quality time lainnya di hari-H anniversary.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...