Pilih Kategori Artikel

Tips Membuat Kado Pernikahan DIY dan Inspirasi Hadiah Istimewa yang Bisa Kamu Buat Sendiri!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Mencari kado pernikahan untuk teman atau kerabat merupakan sebuah pekerjaan yang cukup menguras tenaga, waktu, dan biaya. Pasalnya, kita harus mengira-kira apa barang yang dibutuhkan oleh pasangan baru dan menebak apa yang kira-kira akan diberikan oleh orang lain kepadanya sehingga kadomu tidak sama dengan yang diberikan oleh orang lain.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya ada satu jalan keluar yang bisa dipertimbangkan, yaitu membuat kado secara DIY (Do It Yourself) atau membuatnya sendiri. Kado DIY akan memberikan kesan yang lebih personal dan eksklusif. Tidak akan ada orang lain yang memberikan kado yang sama dengan yang kita buat.

Kelihatannya menyiapkan kado pernikahan DIY untuk pernikahan akan memusingkan, tapi dengan beberapa tips dan ide kado berikut ini, semoga kamu bisa terbantu.

Tips menyiapkan kado pernikahan DIY

wm_article_img
Foto: pexels/Karolina Grabowska

Beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kado pernikahan yang berkesan.

1. Kenali pengantin dengan sungguh-sungguh

Kamu mungkin sudah kenal dengan pengantin. Namun, saat akan memberikan kado, level ‘mengenal’ ini harus ditingkatkan. Bukan sekadar mengerti nama, alamat, atau sekolah di mana, kamu juga perlu tahu apa minat, hobi, dan kesukaan dari pengantin. Dari sana, kamu bisa mulai mengira-kira apa saja yang ia butuhkan atau inginkan ketika menikah nanti. 

Kamu juga bisa membuat kado yang lebih sesuai dengan selera mereka. Ada banyak cara untuk melakukan riset ini, misalnya dengan melihat kegiatannya di media sosial atau bertanya kepada orang terdekatnya.

2. Rencanakanan dengan baik

wm_article_img
Foto: unsplash/Wijdan Mq

Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pengantin, kamu bisa mulai melakukan perencanaan. Perencanaan ini meliputi desain, bahan, dan alat apa saja yang akan dibutuhkan untuk membuat kado. Jangan lupa untuk menyusun budget juga sehingga berbagai harga kebutuhan tersebut bisa disesuaikan. 

Pastikan apakah kamu sudah memiliki berbagai bahan yang dibutuhkan atau harus membelinya. Sebaiknya gunakan bahan dengan kualitas yang tinggi untuk mendapatkan hasil akhir kado yang juga bagus.

3. Luangkan waktu

Salah satu hal yang harus disiapkan saat memutuskan untuk membuat kado sendiri adalah menyiapkan waktu. Waktu yang diluangkan akan cukup banyak apabila kamu tidak memiliki keterampilan untuk membuat kado sebelumnya sehingga ada hal baru yang harus dipelajari. 

Kesabaran juga sangat diperlukan karena kadangkala sesuatu yang kita pelajari tidak akan berjalan dengan mulus dalam sekali coba. Waktu juga harus disediakan jika ingin mendapatkan hasil kado yang bagus supaya kamu tidak perlu terburu-buru dalam menyiapkannya.

4. Berikan sentuhan pribadi

wm_article_img
Foto: pexels/Castorly Stock

Memberikan sentuhan pribadi akan meningkatkan kesan personal pada kadomu. Selain itu, hal ini akan menjadi signature dari kado DIY. Sentuhan pribadi yang bisa ditambahkan berupa pesan khusus, gambar, atau elemen lain yang memiliki kesan tersendiri bagimu dan pengantin yang mana tidak akan ditemukan pada berbagai jenis kado yang lain.

Inspirasi kado pernikahan DIY

Jika sudah melakukan beberapa tips tersebut, kamu bisa mulai menentukan kira-kira apa saja kado pernikahan DIY yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi pengantin yang menerimanya. Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Hiasan dinding

wm_article_img
Foto: unsplas/Mieke Campbell

Pengantin yang baru menikah kemungkinan akan menempati rumah baru yang mungkin saja masih kosong atau baru diisi dengan perlengkapan yang penting saja. Untuk membantu memenuhi rumah ini, kamu bisa memberikan hiasan dinding yang dibuat sendiri.

Ada berbagai macam hiasan dinding yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi pengantin. Berbagai hiasan tersebut adalah lukisan yang bisa kamu lukis sendiri, sulaman yang memiliki gambar tertentu, atau hiasan dari kayu.

2. Scrapbook 

wm_article_img
Foto: pexels/Kristyna Vyvolejto

Scrapbook merupakan buku kreatif yang berisi foto-foto kenangan yang dihias menjadi sesuatu yang menarik. Berbagai tulisan yang menjelaskan berbagai memori dari foto yang ditempel juga bisa ditambahkan ke dalam buku ini,

Jika penerima kado atau pengantin ini adalah temanmu, kamu juga bisa menambahkan screenshot berisi curhatan saat dia sedang dekat dengan calon pasangannya kepadamu untuk menambahkan cerita lucu pada kado ini.

3. Piring atau mug hias 

wm_article_img
Foto: pexels/Anastasia Shuraeva

Pengantin akan menerima banyak hadiah dalam bentuk perabotan rumah tangga, termasuk alat makan dan minum. Jika ingin tetap memberikannya, kamu harus membuatnya berbeda. Salah satunya adalah dengan membuat piring atau mug hias yang tidak bisa ditemukan di toko perabotan rumah tangga. 

Kamu bisa membuat piring atau mug lukis dengan gambar karakter favorit pengantin atau wajah pengantin itu sendiri. Kado ini akan semakin sempurna apabila kamu melakukan semua prosesnya sendiri dari awal.

4. Hampers DIY

wm_article_img
Foto: unsplash/Brigitte Tohm

Banyak yang menyediakan hampers, tapi belum tentu memiliki isi sesuai dengan yang disukai oleh pengantin. Kamu bisa membuat hampers sendiri berisi makanan atau item favorit yang disukai oleh pasangan pengantin. Isi dari hampers tersebut bisa berupa kopi, teh, cokelat, atau berbagai voucher yang bisa digunakan setelah pasangan pengantin selesai menggelar acara pernikahan.

5. Buket berisi perlengkapan yang dibutuhkan pengantin 

Jika dahulu buket hanya berisi bunga saja, kini ada semakin banyak isian yang bisa ditaruh dan ditata dalam buket. Untuk momen pernikahan, isi ini bisa disesuaikan, misalnya peralatan memasak berukuran kecil seperti sendok dan spatula, tas, satu set perawatan, buku panduan dalam menghadapi permasalahan rumah tangga, dan juga voucher

Tentu saja untuk memperindah kado ini, kamu tetap bisa menaruh bunga-bunga asli dengan berbagai warna di sana. Namun, dengan demikian, kamu harus menyiapkannya dekat dengan tanggal pernikahan digelar sehingga bunga tidak layu.

6. Wewangian bikinan sendiri

wm_article_img
Foto: pexels/Elina Fairytale

Seperti yang kita tahu, wewangian akan meninggalkan kesan tersendiri yang akan teringat dalam waktu lama bagi pemakai maupun orang di sekitarnya. Bayangkan apabila kamu bisa meninggalkan kesan ini kepada pengantin dalam bentuk kado.

Dengan mengenali karakter pengantin, kamu bisa membuat wewangian yang mencerminkan kepribadian mereka. Bentuk wewangian ini bisa beragam macamnya, mulai dari lilin aromaterapi, sabun batang, hingga racikan parfum. 

7. Buku resep andalanmu

wm_article_img
Foto: unsplash/s-o-c-i-a-l-c-u-t

Jika kamu memiliki hobi atau keahlian memasak, senang bereksperimen, dan cukup percaya diri dengan kemampuanmu, kamu bisa membuat buku resep yang dibuat berdasarkan pengalamanmu memasak selama ini. Buku resep andalan ini akan cocok untuk pengantin yang memiliki kemampuan memasak yang minim. 

Jangan lupa untuk memberikan foto demi foto masakanmu untuk memperlihatkan hasilnya. Desain yang cantik juga akan membuat kado ini terlihat lebih menarik dan lebih niat dibuat.

8. Perlengkapan rumah tangga dengan desain sendiri

wm_article_img
Foto: pexels/Vladimir Gladkov

Apabila kamu memiliki keahlian membuat desain yang bagus, kamu bisa memberikan berbagai perlengkapan rumah tangga, seperti keset, selimut, sprei, hingga bantal dengan desain yang dibuat sendiri. Walaupun mungkin banyak tamu lain yang memberikan hal serupa, dijamin kado darimu akan meninggalkan kesan yang lebih mendalam. Desain bisa disesuaikan dengan sesuatu yang disukai oleh pengantin

9. Kalender custom

Alih-alih memesannya, kamu bisa membuat kalender ini sendiri apabila memiliki kemampuan desain yang bagus. Selain foto-foto yang digunakan sebagai hiasan, kamu juga bisa menambahkan detail yang lebih personal seperti menandai tanggal-tanggal penting, misalnya tanggal lahir masing-masing pengantin, kapan mereka jadian, kapan pernikahan digelar, dan tanggal penting yang lainnya.

10. Kalung dengan pendant custom

wm_article_img
Foto: unsplash/Tara Yates

Selain berbagai barang yang bisa digunakan untuk perlengkapan rumah tangga, kamu juga bisa memberikan sesuatu yang bisa dikenakan seperti kalung. Bentuk kalung mungkin begitu-begitu saja, tapi kamu bisa melakukan kustomisasi di bagian pendant

Bagian ini bisa dibuat dengan wajah kedua pasangan dan tanggal pernikahan mereka berdua. Dengan demikian, meskipun kalung tidak selalu dipakai oleh pengantin, mereka tetap bisa menyimpannya sebagai kado yang berharga.

Membuat kado pernikahan DIY memang membutuhkan waktu dan dedikasi yang lebih. Namun, hasilnya tidak akan menghianati. Kamu bisa memberikan kado pernikahan yang berkesan dan beda dari yang lain. Semoga beberapa tips dan inspirasi kado pernikahan tersebut bisa membantumu, ya!

Anyway, WeddingMarket kembali menyelenggarakan pameran WeddingMarket Fair pada tanggal 4-5 November 2023 nanti. Berlokasi di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace, akan ada 100+ vendor pernikahan terbaik dari 15 kategori untuk memenuhi segala kebutuhan persiapan pernikahanmu!

Kamu juga akan menemukan berbagai penawaran istimewa, potongan harga, hadiah langsung, dan kesempatan untuk memenangkan grand prize senilai ratusan juta rupiah. Di WeddingMarket Fair, kamu juga berkesempatan untuk free test food alias menikmati berbagai hidangan pernikahan yang disajikan oleh para vendor catering terkemuka secara cuma-cuma, lo!

Selain itu, pameran pernikahan yang mengadopsi tema nasional dan tradisional ini juga akan menampilkan dekorasi yang memikat berkonsep "Infinity Garden." Kamu dan pasangan akan merasakan pengalaman perencanaan pernikahan yang seru dan menggembirakan. Langsung saja daftarkan dirimu dan pasangan, yuk, melalui link ini. See you!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...