Pilih Kategori Artikel

4 Pertimbangan saat Menentukan Harga Cincin Lamaran. Mending Mahal Sekalian atau Standar Aja?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Cincin lamaran menjadi simbol pengikat suatu hubungan yang serius menuju jenjang pernikahan. Cincin ini biasanya dikenakan saat pihak laki-laki melamar pihak perempuan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Sebagai simbol pengikat, tentu ada beberapa pertimbangan saat memilih cincin lamaran. Salah satunya adalah harga cincin lamaran.

Harga memang akan menentukan kualitas baik dari segi bahan, desain, hingga nilai maknanya. Sebagian pasangan memang menganggap harga cincin lamaran harus sesuai dengan makna simbol hubungan, tidak heran bila mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk cincin lamaran.

Namun, sebagian lagi menganggap harga cincin lamaran tidak perlu terlalu mahal karena cepat atau lambat akan digantikan dengan cincin pernikahan yang dianggap lebih bermakna. Pertimbangan memilih harga cincin lamaran memang tergantung preferensi tiap pasangan, ya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus kamu pahami sebagai bahan pertimbangan. Apa saja? Yuk simak informasi selengkapnya!

1. Pertimbangkan Kualitas Cincin Lamaran

wm_article_img
Foto Cincin: Claudia Jewellery

Cincin lamaran yang mahal biasanya terbuat dari bahan-bahan yang lebih berkualitas dengan cincin lamaran yang standar atau harga yang lebih murah. Material cincin seperti emas atau platinum, biasanya banyak dipilih pasangan karena kualitasnya. Selain itu, cincin lamaran yang mahal juga biasanya memiliki finishing dan detail yang lebih halus, bahan eksklusif.

Jika kamu memerlukan cincin lamaran dengan kualitas bahan yang bagus untuk menunjang pekerjaan ataupun penampilan, maka memilih cincin dengan kualitas terbaik harus jadi pertimbangan.

2. Nilai Investasi Cincin Lamaran

Harga memang akan menentukan kualitas, terutama dari segi material. Semakin mahal cincin, maka materialnya semakin bagus, misalnya emas, berlian atau batu permata. Material tersebut memiliki nilai yang tinggi dan bisa menjadi barang investasi.

Jika kamu ingin menjadikan cincin lamaran sebagai investasi jangka panjang, maka memilih cincin lamaran yang mahal bisa jadi pilihan. Sebab, selain jadi simbol hubungan juga bisa jadi investasi untuk masa depan.

3. Kebutuhan dan Preferensi

wm_article_img
Cincin: Reine Jewelery

Selain kualitas dan investasi, pertimbangan soal kebutuhan dan preferensi jadi salah satu hal yang penting. Jika kamu dan pasanganmu suka tampil mewah dan cincin tersebut bisa menunjang penampilan, maka kamu bisa memilih cincin lamaran dengan harga yang mahal. Namun, jika kamu dan pasanganmu lebih suka tampil sederhana atau bahkan tidak terlalu menyukai mengenakan perhiasan yang berlebihan, maka cincin lamaran dengan harga yang standar bisa jadi pilihan yang tepat dan bijaksana.

4. Makna Emosional

Sebagian orang menganggap bahwa cincin lamaran bukan hanya sekadar tentang nilai materi, tapi juga memiliki makna emosional yang sangat penting. Memilih cincin lamaran yang mahal atau standar saja seharusnya bukan hanya berdasarkan pada harga, tetapi juga pada makna dan simbolisasi yang ingin disampaikan oleh pasangan.

Cincin lamaran yang mahal mungkin saya tidak selalu menjadi simbol cinta yang besar, tapi jika kamu merasa jika cincin itu bisa mewakili rasa cinta pada pasangan, maka harga cincin yang mahal jadi begitu penting.

Pertimbangan Menentukan Harga Cincin Lamaran dari Segi Fisik

wm_article_img
Cincin: Yls Jewellery

Selain pertimbangan kualitas, nilai investasi, kebutuhan dan makna atau simbolis sebuah cincin lamaran, pertimbangan dari segi fisik juga harus kamu perhatikan. Bagaimanapun, harga yang kamu bayarkan harus sesuai dengan barang yang kamu dapatkan. Berikut ini beberapa pertimbangan harga cincin lamaran dari segi fisik.

  • Material Cincin

Material cincin adalah faktor pertama yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga cincin yang akan kamu beli. Hal ini karena material akan menentukan kualitas dan juga tampilannya. Beberapa jenis material yang umum digunakan untuk cincin lamaran seperti emas, perak, platinum, palladium, dan titanium.

Material tersebut memiliki karakteristik dan harga yang berbeda-beda. Maka dari itu, harus kamu pertimbangkan secara matang untuk menyesuaikan kebutuhan dan anggaran.

  • Karat Emas

Jika kamu memilih emas sebagai bahan cincin lamaran, maka karat emas menjadi faktor penting lainnya yang harus dipertimangkan saat menentukan harga cincin lamaran. Karat emas merupakan tingkat kemurnian emas dalam campurannya dengan logam lain. Semakin tinggi karat emas, maka semakin murni dan mahal harganya.

wm_article_img
Cincin: The Finard

  • Ukuran Cincin

Selain material dan kandungannya, ukuran cincin juga bisa mempengaruhi harganya. Semakin besar ukurannya, maka material yang digunakan semakin banyak dan membuat cincin tersebut semakin mahal. Maka dari itu, harus dipertimbangakn soal ukuran karena akan berpengaruh juga pada kenyamanan saat digunakan. Jangan sampai memilih cincin dengan ukuran yang lebar dan mahal, tapi tidak nyaman saat digunakan, ya!

  • Jenis Batu Permata

Selain material utama, cincin biasanya juga memiliki material tambahan sebagai bagian dari desainnya. Batu permata ini juga bisa menjadi simbol atau nilai makna tersendiri, lho. Beberapa jenis batu permata yang biasanya digunakan pada cincin lamaran antara lain berlian, zamrud, safir, dan ruby. 

Penambahan batu permata tentu akan berpengaruh pada harganya dan sesuai dengan kualitas, karat dan juga sertifikatnya. Jika kamu ingin menjadikan cincin lamaran sebagai barang investasi, tidak ada salahnya memilih cincin dengan batu permata yang mahal, ya.

wm_article_img
Cincin: Moissani moissanite jewelery

  • Merek dan Pembuat Cincin

Selain dari segi material dan desain tambahan, merek dan pembuat cincin juga akan berpengaruh pada harga, lho. Merek-merek terkenal tentu akan membandrol cincin dengan harga yang mahal, daripada merek-merek lain. Jika merek cincin bisa menambah nilai saat kamu gunakan, maka tidak ada salahnya memilih cincin lamaran dari merek-merek ternama.

Namun, jangan lupa pastikan bahwa cincin yang kamu beli asli atau original dari merek tersebut, ya. Jangan tergiur dengan klaim barang asli dengan harga yang lebih murah. Pastikan kamu memerikasi reputasi merek dan penjual dari review pelanggan dan usahakan membeli langsung di official store.

Setiap pasangan memang punya pertimbangan masing-masing saat memilih cincin lamaran. Baik itu yang mahal atau standar saja, cincin lamaran memang harus sesuai anggaran, kebutuhan, tujuan dan kenyamanan saat digunakan. Tenang saja, harga cincin lamaran tidak menentukan keseriusan hubungan, kok. Jadi, pilihlah harga yang paling sesuai dengan preferensimu dan pasangan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...